Connect with us

News

2 Putri Bos Media Besar Disekitar Jokowi

Published

on


Presiden Joko Widodo tak main-main dengan niatnya memberi kesempatan kepada generasi milenial untuk duduk di kursi pemerintahan.

Tak hanya kursi menteri dan wakil menteri, kini jabatan staf ahli presiden juga diberikan kepada sejumlah anak muda, termasuk putri sulung Chairul Tanjung, Putri Tanjung.

Lahir di keluarga konglomerat, perempuan kelahiran 22 September 1996 ini justru sukses dengan usahanya sendiri. Di usia 15 tahun, ia sudah mulai mendirikan event organizer bersama dua temannya, CreativePreneur Event Creator.

Awalnya, usaha Putri Tanjung hanya menangani acara-acara kecil seperti pesta ulang tahun saja. Namun, setelah ia mengikuti berbagai seminar bisnis, Putri mulai mencoba mengembangkan bisnisnya lebih besar lagi.

Di usia 17 tahun, Putri dan teman-temannya mengajukan bantuan sponsor dari berbagai perusahaan. Meski sering ditolak, namun Putri tetap bertekad untuk tidak meminta bantuan orang tua.

Usaha Putri tidak sia-sia. Lima tahun setelah didirikan, CreativePreneur kini sudah menggelar berbagai seminar bergengsi yang menghadirkan pembicara-pembicara berkualitas.

Kanal bisnis ini juga menjadikan nama Putri masuk dalam bursa menteri Kabinet Indonesia Maju 2019. Tak hanya soal jerih payahnya membangun EO saja, menurut sumber di Istana, nama Putri bisa masuk bursa juga berkat nama besar ayahnya, Chairul Tanjung.

Siapa yang tak kenal dengan Chairul Tanjung, si Anak Singkong. Meski lahir di keluarga menengah ke bawah, Chairul Tanjung berhasil menjadi salah satu konglomerat ternama di Indonesia yang berpengaruh melalui perusahaannya, CT Corp.

CT Corp membawahi beberapa anak perusahaan seperti Trans Corp, Bank Mega, dan CT Globar Resources. Berkat kesuksesannya itu pula, Chairul Tanjung sempat ditunjuk menjadi Menko Perekonomian menggantikan Hatta Rajasa di masa pemerintahan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Sama-sama perempuan, muda, dan lahir di keluarga konglomerat, Angela Tanoesoedibjo punya nasib yang hampir serupa dengan Putri Tanjung. Sebelum dilantik menjadi Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Angela dikenal sebagai salah satu petinggi di MNC Group.

MNC merupakan gurita bisnis yang dibangun ayah Angela, Hary Tanoesoedibjo. Angela, pertama kali menjabat di perusahaan ini pada tahun 2010 silam sebagai staf keuangan.
Memulai karier dari bawah di perusahaan ayahnya, dua tahun berikutnya Angela dipercaya menjadi co-managing director di MNC Chanel. Hanya dalam satu setengah tahun, ia mampu merebranding beberapa saluran lama dan membuat 10 saluran baru.

Di pertengahan 2014, Angela dipindah menjadi managing director Global TV. Di masa jabatannya itu, nama Global TV yang tadinya berada di peringkat terbawah, menjadi lima besar stasiun televisi terbesar.

Melalui tangan dinginnya, Angela juga berhasil mengembalikan RCTI yang sempat terlempar dari posisi 3 besar klasemen televisi nasional. Salah satunya adalah dengan memperkuat program pencarian bakat yang membuat RCTI kembali di peringkat teratas.

Meski tak memulai bisnis dari nol seperti Putri Tanjung, namun kiprah Angela tak main-main. Berbekal label ‘anak pemilik perusahaan’, tak membuatnya bersantai-santai dan hanya menikmati hasil saja.

Nasional

Baduy Minta Dihapus dari Tempat Wisata, Lebak Belum Bersikap

Published

on

By

Warga Baduy Luar saat antre untuk melakukan pencoblosan Pemilu 2019 di Desa Kanekes, Lebak, Banten, 17 April 2019. Kini warga Baduy minta dihapus dari tujuan lokasi wisata. (ANTARA FOTO/ Dziki Oktomauliyadi)

Finroll.com, Jakarta – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak, Banten, belum bisa bersikap mengenai surat terbuka dengan cap jempol tiga jaro (kepala desa) Suku Baduy minta dihapus sebagai tujuan lokasi wisata.

Alasannya, pemkab belum menerima surat penghapusan perkampungan Baduy dari destinasi wisata di Indonesia tersebut.

“Kita kan belum dikasih tembusannya, kita baru tahu dari media nih, jadi langkah kami nanti kita konfirmasi dulu ke Jaro pemerintah, ke Puun, dari situ kita secepatnya konfirmasi ke mereka,” kata Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Lebak, Imam Rismahayadi, ditemui di ruangannya, Rabu (8/7).

Para Jaro dan Puun Kampung Adat Baduy itu berada di Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak.

Menyikapi permintaan dari suku Baduy tersebut, Pemkab Lebak mengapresiasi atas surat terbuka yang juga dikirimkan ke Gubernur Banten dan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) itu. Pasalnya surat itu bertujuan untuk memperbaiki kawasan Adat Baduy.

“Semoga ini jadi awal yang baik bagi Baduy ke depan. Kita serap dulu aspirasi mereka, nanti kami tindak lanjuti, kita ikuti. Kalau melihat kinten-nya untuk kebaikan, menjaga alam, menjaga tradisi, sesuai aturan adat,” terangnya.

Sementara itu, pihak tour and travel yang biasa melayani perjalanan ke perkampungan Suku Baduy mengaku kecewa andai kawasan adat itu ditutup sebagai destinasi wisata. Pasalnya, minat orang untuk mengetahui Baduy dan menikmati keindahan alamnya dinilai sangat tinggi.

“Kalau benar ditutup sayang banget, karena itu asetnya orang Lebak, kalau Baduy ditutup. Baduy itu identik dengan Lebak. Jangan ditutup, harusnya diberi arahan yang betul, agar [wisatawan] tidak membawa sampah ke atas,” kata pengelola tour and travel Alenta Jaya, Agus Solihan di tempat yang sama.

Agus mengaku kerap membawa wisatawan ke Baduy, bahkan sampai 300 orang. Sedangkan untuk wisatawan mancanegara, dia membatasinya hanya boleh empat orang saja untuk satu kali perjalanan.

Dia mengklaim selalu menyarankan wisatawan yang dibawanya untuk tidak menggunakan tempat minum plastik dan harus memakai botol/gelas sendiri (tumbler). Kemudian pemandu wisata (guide), harus mengingatkan para wisatawan yang dituntunnya agar membawa kembali sampah masing-masing ke bawah dan tidak membuangnya di wilayah perkampungan Baduy sekitarnya.

“Di Baduy sebenernya bersih, kalau sekarang termakan zaman, berubah karena ulah wisatawan juga, karena akses bisa masuk siapa saja. Untuk menjaga wisatawan itu kan sebenarnya ada di guide. Harusnya sih masyarakat adat mereka itu yah, harusnya pemerintah masuk ke dalam, mengelola sampah,” kata Agus.

Sebelumnya, empat perwakilan lembaga adat Baduy mengirim surat terbuka ke Presiden Jokowi. Surat tertanggal 6 Juli 2020 tersebut berisi tentang Baduy minta dihapus dari destinasi wisata Indonesia.

Sumber : CNN Indonesia

Continue Reading

International

China Buka Kantor Intelijen di Hong Kong usai Sahkan UU Baru

Published

on

By

Kantor perwakilan intelijen China di Hong Kong. (Foto: AP/Kin Cheung)

Finroll.com, Jakarta – China secara resmi membuka kantor baru untuk aktivitas intelijen di Hong Kong pada Rabu (8/7). Pembukaan ini dilakukan setelah pemberlakuan undang-undang keamanan nasional pada 1 Juli lalu.

Kantor ini berlokasi di sebuah hotel yang dikonversi dan menghadap langsung ke Taman Victoria yang kerap menjadi lokasi protes pro-demokrasi tahun lalu.

Sebuah plakat bertuliskan nama badan keamanan dipajang di halaman depan kantor tersebut. Pemimpin Hong Kong Carrie Lam bersama sejumlah pejabat China hadir untuk meresmikan kantor tersebut.

Dalam sambutannya, Lam memuji pembukaan kantor tersebut sebagai sebuah ‘momen bersejarah’. Ia juga mengatakan bahwa aparat intelijen China akan menjadi ‘mitra penting’ dalam membantu menjaga keamanan nasional.

Mengutip AFP, utusan China untuk Hong Kong, Luo Huining mengatakan pembukaan kantor ini menjadi awal bagi ‘keamanan nasional’ di kota tersebut.

China mengesahkan UU Keamanan Nasional yang memasukkan empat kategori kasus kriminal yakni subversi, pemisahan diri, terorisme, dan kolusi dengan kekuatan asing sebagai tanggapan atas aksi gelombang protes yang kerap berakhir kekerasan pada 2019 lalu. Hukuman bagi pelanggarnya beragam, salah satunya vonis penjara seumur hidup.

Undang-undang ini merupakan perubahan paling radikal dalam kebebasan dan otonomi Hong Kong sejak Inggris mengembalikan ke tangan China pada 1997.

Menurut undang-undang baru, pandangan politik yang menganut independensi atau otonomi akan dianggap ilegal. Aktivis pro-demokrasi menilai uu keamanan nasional bisa mengikis otonomi dan kebebasan di Hong Kong.

China mengatakan pemberlakuan UU keamanan nasional justru untuk melindungi dan menyejahterakan Hong Kong.

Sumber : CNN Indonesia

Continue Reading

Nasional

200 Siswa Positif, Secapa TNI AD Bandung Jadi Klaster Baru

Published

on

By

Petugas kesehatan mengambil sampel darah warga saat Rapid Test covid-19 secara Drive-Thru di Taman Balai Kota Bandung. (ANTARA FOTO/NOVRIAN ARBI)

Finroll.com, Jakarta – Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengumumkan klaster baru Covid-19 di dua zona, yakni industri dan institusi pendidikan kenegaraan. Kedua klaster itu kini menjadi perhatian serius pemerintah provinsi Jabar.

Klaster industri berada di pabrik Unilever di Kabupaten Bekasi. Sedangkan, klaster kedua merupakan klaster institusi pendidikan di Bandung raya dengan 200 siswa terkonfirmasi positif berdasarkan pemeriksaan Swab.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Jabar Berli Hamdani menuturkan, untuk klaster institusi pendidikan yang dimaksud salah satunya terjadi di Sekolah Calon Perwira TNI Angkatan Darat (Secapa TNI AD) yang berlokasi di kawasan Hegarmanah, Kota Bandung.

“Institusinya saat ini baru yang teridentifikasi baru di Secapa Sukajadi. Saat ini sudah dilakukan pemeriksaan mulai dari rapid test kemudian dari hasil rapid test sudah di tes swab oleh tim Kesdam (Kesehatan Daerah Militer),” ucap Berli dalam jumpa pers di Bandung, Rabu (8/7).

Tak hanya pemeriksaan corona, Berli menyampaikan bahwa tim Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jabar dan Kota Bandung sudah meminta para siswa Secapa AD yang terpapar virus untuk melakukan isolasi mandiri. Kawasan Secapa AD juga sudah melaksanakan penyemprotan disinfektan.

Berdasarkan hasil sementara tes swab di Secapa AD, Berli mengatakan, ada sekitar 200 siswa yang terkonfirmasi positif Covid-19. Beberapa di antaranya ada yang dirawat di Rumah Sakit Dustira dan RSPAD Gatot Subroto.

“Jumlah yang terkena kemarin kita masih belum fix, perkiraan di atas 200 yang terpapar,” ujar Berli.

Kasus positif baru tersebut, lanjut Berli, sudah dimasukkan ke Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Jabar (Pikobar). “Jadi, terakhir ada 105 dari 126 penambahan kasus itu dari Secapa. Itu bukan rapid tapi swab,” ucapnya.

Berdasarkan pemantauan CNNIndonesia.com di situs pantau Pikobar, terjadi kenaikan kasus selama beberapa hari terakhir. Salah satunya terjadi pada 4-6 Juli 2020.

Jika pada sebelumnya atau pada 3 Juli, terdapat 29 kasus baru, pada esoknya atau 4 Juli jumlah kasus meningkat menjadi 93. Pun demikian dengan jumlah kasus pada 5 Juli dilaporkan kembali terjadi peningkatan menjadi 106 kasus. Lalu, pada 6 Juli naik lagi menjadi 126 kasus.

Ketua Gugus Tugas Penanggulangan covid-19 Jabar, Ridwan Kamil sebelumnya mengatakan terdapat dua klaster baru virus corona di Jabar.

“Daerah Industri, kita sedang lakukan tracing yang masif,” kata Ridwan Kamil dalam keterangan pers di Mapolda Jabar, Selasa (7/7).

Klaster industri, kata Ridwan Kamil, merujuk kasus positif corona yang cukup masif di PT Unilever Indonesia di Kabupaten Bekasi. Pelacakan, lanjut Emil, dilakukan hingga ke tempat tinggal para karyawan, baik di kontrakan hingga indekos.

“Karena itu, kita melakukan tracing dan tracking kepada mereka. Itu sudah terkendali dari sisi penyebaran,” tutur Emil.

Selain sektor industri, Emil menuturkan bahwa ada sejumlah institusi pendidikan kenegaraan yang menjadi klaster baru dalam penyebaran Covid-19. Klaster ini berada di wilayah Bandung raya.

“Klaster Kedua ada di institusi pendidikan kenegaraan di Bandung raya. Tidak satu, ada beberapa. Itu juga sudah dikondisikan dan hari ini sampai minggu depan kita akan melakukan tes PCR kepada keluarganya,” ucapnya.

Meski tak merinci institusi yang dimaksud, Emil mengatakan bahwa kemungkinan penyebaran Covid-19 coba diredam dengan pelacakan secara agresif. Untuk satu orang yang positif Covid-19, pihaknya akan melakukan pelacakan minimal kepada 1-4 orang anggota keluarga.

“Kita tes keluarga terdekatnya atau riwayat kontaknya untuk memastikan hal tersebut bisa dikendalikan,” tegasnya.

Sumber : CNN Indonesia

Continue Reading
Advertisement

Advertisement
Advertisement

Trending