Connect with us

Ragam

3 Hal yang Perlu Diketahui soal UMP 2020 Naik 8,51 Persen

Published

on


Menteri Ketenagakerjaan, Hanif Dhakiri, menetapkan kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) pada tahun depan sebesar 8,51 persen, lebih besar ketimbang besaran kenaikan UMP 2019 yang hanya sekitar 8,03 persen.

Hal itu tertuang dalam Surat Edaran Menteri Ketenagakerjaan Bernomor dengan Nomor B-m/308/HI.01.00/X/2019 kepada para gubernur se-Indonesia. Surat edaran yang dirilis 15 Oktober 2019 itu menyangkut soal penyampaian data tingkat inflasi nasional dan pertumbuhan produk domestik bruto tahun 2019.

Dalam surat edaran tersebut, Hanif menyampaikan persentase angka kenaikan UMP tahun 2020.

Berdasarkan pada pasal 44 ayat (1) dan ayat (2) PP Nomor 78 Tahun 2015, penetapan UMP dan UMK tahun 2020 menggunakan formula perhitungan upah minimum tahun berjalan, ditambah inflasi periode September dan pertumbuhan PDB yang mencakup periode kuartal III dan IV tahun sebelumnya dan periode kuartal I dan II tahun berjalan.

Mengacu data Badan Pusat Statistik (BPS), data inflasi nasional di September sebesar 3,39 persen. Sementara itu, pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 5,12 persen. Sehingga UMP 2020 naik sebesar 8,51 persen atau lebih besar dari nilai kenaikan UMP 2019 yang hanya 8,03 persen.

“Dengan demikian, kenaikan UMP dan/atau UMK tahun 2020 berdasarkan data inflasi nasional dan pertumbuhan ekonomi nasional yaitu 8,51 persen,” demikian ditulis dalam surat edaran tersebut, seperti dikutip Kamis (17/10).

Berikut fakta lain terkait kenaikan UMP 2020 yang dirangkum kumparan:

1. UMP DKI Jakarta Diramal Jadi Rp 4,27 Juta
Mengacu tingkat kenaikan UMP yang dirilis Menteri Ketenagakerjaan, kenaikan UMP DKI Jakarta untuk tahun 2020 sekitar Rp 335.376,80 atau menjadi Rp 4.276.349,86.

Wakil Ketua Apindo DKI Jakarta Bidang Pengupahan, Nurjaman, sudah memprediksi kenaikan UMP DKI Jakarta hanya berada di kisaran Rp 300 ribu.

Hal ini bisa dilihat dari hasil survei 60 item Kebutuhan Hidup Layak (KHL) di 15 pasar yang ternyata tidak mengalami kenaikan signifikan. Perhitungan KHL hanya menjadi gambaran, bukan penentu perhitungan UMP.

“Ada kenaikan (harga barang) tapi standar aja. Dari perhitungan KHL tafsirannya (UMP) Rp 4,2 juta, itu maksimal atau naik Rp 300 ribu,” ungkap Nurjaman saat dihubungi kumparan.

Perhitungan KHL yang sudah dilakukan nantinya akan dirapatkan bersama-sama antara perwakilan pengusaha, serikat pekerja, dan unsur pemerintah dalam hal ini Pemprov DKI Jakarta. Baik pekerja, pemerintah, dan pengusaha memiliki perhitungan sendiri.

2. Kenaikan UMP 2020 Diumumkan 1 November 2019
Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri, meminta gubernur seluruh Indonesia mengumumkan kenaikan UMP 2020 pada 1 November 2019.

Saat ini masing-masing pemerintah provinsi diminta untuk segera menghitung besaran kenaikan UMP dan Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK).

“UMP tahun 2020 ditetapkan dan diumumkan oleh masing-masing gubernur secara serentak pada tanggal 1 November 2019,” demikian bunyi surat edaran yang ditandatangani Hanif itu.

Masih berdasar surat edaran itu, gubernur memiliki opsi untuk tidak menetapkan UMK bagi kabupaten/kota tertentu yang mampu membayar upah minimum yang lebih tinggi dari UMP.

3. Daya Saing RI Bisa Menurun
Direktur Eksekutif Institute for Development of Economic and Finance (Indef) Tauhid Ahmad mengatakan, UMP yang meningkat di tengah perlambatan ekonomi bisa berdampak pada penurunan daya saing. Bahkan harga produk-produk Indonesia bisa lebih mahal dan kalah saing dengan negara lain.

“UMP naik sebenarnya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama situasi saat ini bisa dibilang ekonomi tengah kontraksi, sehingga kalau UMP naik, harga produk kita akan lebih tinggi, akibatnya daya saing bisa turun,” ujar Tauhid di Hotel Westin, Jakarta, Kamis (17/10).

Peringkat daya saing Indonesia dalam laporan Global Competitiveness Index (GCI) 2019 yang dirilis World Economic Forum (WEF) turun ke posisi 50, dari posisi 45 pada tahun lalu. Tak hanya penurunan peringkat, skor daya saing Indonesia juga turun meski tipis 0,3 poin ke posisi 64,6.

Berdasarkan daftar tersebut, Indonesia juga makin tertinggal jauh dari Singapura yang menempati posisi pertama. Demikian pula dari Malaysia dan Thailand yang sebenarnya juga turun masing-masing dua peringkat tetapi mash di posisi 27 dan 40.

Agar daya saing tak semakin merosot, Tauhid menyarankan kenaikan UMP seharusnya tak dipatok di seluruh sektor industri. Pemerintah perlu memberi ruang kepada pelaku usaha dan pekerja agar mencapai kesepakatan.

“Jadi harusnya diberikan pemahaman juga ke pekerja, kalau tidak semua perusahaan bisa kasih kenaikan UMP 8,5 persen itu. Kan beberapa industri juga lagi tertekan, seperti tekstil, besi dan baja, perlu dipahami. Cari win-win solution,” jelasnya.

Sementara itu, Ekonom Senior Indef Aviliani menjelaskan, kenaikan UMP juga bukan jaminan ekonomi Indonesia membaik. Bisa saja, pengusaha akan melakukan pengurangan jumlah karyawan jika tak mampu membayar UMP tersebut.

“Kalau dia enggak bisa bayar, bukan enggak mungkin akan lakukan pengurangan jumlah karyawannya. Makanya ini harus diperhatikan betul pemerintah,” kata Aviliani.

Dia khawatir, nantinya pekerja di sektor formal akan beralih ke sektor informal. Akibatnya sektor industri justru akan semakin tertekan.

“Saya khawatirnya pekerja-pekerja yang dia enggak menerima kenaikan UMP, ini akan beralih ke sektor informal, freelance, bisa saja kerja di startup yang jumlahnya makin banyak kan. Akibatnya, ya semakin tertekan industrinya karena pekerjanya juga berkurang,” tambahnya.

Advertisement

Ragam

Kementerian BUMN: Rudiantara Jadi Dirut Baru PLN

Rudiantara pernah menjadi Wakil Direktur Utama PLN pada 2008-2009.

Published

on

Mantan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Rudiantara di acara Kementrian Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia bersama Katadata mengadakan diskusi dan peluncuran buku Indonesia Menuju 5 Besar Dunia di The Ballroom Theater XXI, Jakarta Pusat (12/9).

FINROLL.com, Jakarta — Joko Widodo telah menunjuk Rudiantara menjadi Direktur Utama PT PLN (Persero). Staf khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga membenarkan kabar tersebut. Rudiantara akan mengisi posisi direktur utama yang ditinggalkan oleh Sofyan Basir.

“Yap Pak Erick juga sudah sampaikan. Pak Rudi yang terbaik,” ujarnya speperti di lancir CNNIndonesia.com, Senin (9/12).

Sebagai informasi, posisi direktur utama PLN saat ini memang kosong. Tugas utama direktur utama perusahaan setrum negara tersebut saat ini dipegang oleh pelaksana tugas.

Kekosongan terjadi setelah Sofyan Basir ditetapkan menjadi tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam kasus korupsi pembangunan PLTU Riau -1.

Sebelum dipastikan menjadi direktur utama PLN, Rudiantara merupakan Menteri Komunikasi dan Informatika. Posisi menteri dipegangnya pada masa Kabinet Kerja.

Rudiantara juga pernah menjabat sebagai wakil direktur utama PLN.

Selama menjabat orang kedua di PLN, Rudiantara berperan besar dalam pencarian pendanaan perusahaan, terutama pinjaman untuk proyek pembangkit listrik 10 ribu megawatt. Namun, ia mengundurkan diri pada 22 Desember 2009 lantaran merasa telah cukup berkarier di PLN dan ditawari posisi lain yang patut dipertimbangkan.

Sebelum menjadi Wakil Direktur Utama PLN, Rudiantara sempat mencicipi jabatan di BUMN lain, yakni sebagai Wakil Presiden Direktur PT Semen Gresik Persero. Manuvernya di BUMN juga kentara saat ia menjabat sebagai bos Telkomsel.

Lulusan Universitas Padjajaran itu juga pernah mengecap kursi bos Indosat selama 10-an tahun sejak 1990-an. Dari pengalamannya itu, Rudiantara lalu ditunjuk menjadi Menteri Komunikasi dan Informatika pada 2014 lalu untuk melengkapi Kabinet Kerja Jokowi.

Sumber Berita : Tempo

Continue Reading

Ragam

Rekap Medali SEA Games 2019: Perebutan Posisi Kedua Super Ketat

Published

on

By

Logo Sea Games 2019 (Bola.com/Adreanus Titus)

Finroll.com, Jakarta – Indonesia bertahan di peringkat dua klasemen medali SEA Games 2019 setelah merebut 15 medali emas, Minggu (8/12/2019). Namun, Kontingen Garuda justru kini terancam digusur.

Setelah unggul lima medali emas sehari sebelumnya, Indonesia kini hanya berjarak satu emas dan dua perak atas Vietnam pada tabel sementara SEA Games 2019.

BACA JUGA : 

Indonesia sebenarnya punya satu medali emas dan perak dari cabang kano yang hingga sekarang belum masuk rekap panitia (PHISGOC).

Tidak hanya Vietnam, Thailand yang menghabiskan mayoritas waktu di luar tiga besar klasemen medali kini makin mengancam.

Negeri Gajah Putih kemarin mendulang 18 emas sehingga kini hanya tertingal enam keping di belakang Indonesia dan Vietnam. Berikut klasemen sementara medali SEA Games 2019 yang segera berakhir.(bola.com)

 

Klasemen Medali

Klasemen Medali SEA GAMES 2019

 

Sumber: PHISGOC

Continue Reading

Ragam

Jokowi Minta Bantuan Orang Terkaya ke-3 RI Lawan Penyakit CAD

Permintaan dikemukakan Jokowi saat meresmikan pabrik polyethylene PT Chandra Asri Petrochemical Tbk, di Cilegon, Banten.

Published

on

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo FOTO | ISTIMEWA

Jakarta, Firoll.com — Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara lugas meminta bantuan kepada taipan Prajogo Pangestu untuk menyelesaikan masalah defisit transaksi berjalan (current account deficit/CAD).

Permintaan tersebut dikemukakan Jokowi saat meresmikan pengoperasian pabrik baru polyethylene PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (CAP II), di Kota Cilegon, Provinsi Banten, Jumat (6/12/2019).

“Kita tahu semuanya PT Chandra Asri pionir industri petrokimia di tanah air,” kata Jokowi.

“Kita mengharap, karena impor kita di petrokimia masih besar, kita harapkan bahwa investasi penanaman modal yang terus menerus di bidang ini harus terus kita berikan ruang,” tegasnya.

Chandra Asri saat ini mengoperasikan pabrik baru polyethylene yang mampu memproduksi 400 ribu ton dan yang akan menjadikan total produksi polyethylene perusahaan menjadi 736 ribu ton per tahun.

Hingga 2024, perusahaan juga akan membangun kawasan pabrik petrokimia dengan investasi sekitar Rp 60 – Rp 80 triliun. Target pembangunannya, diharapkan bisa dieksekusi selama empat tahun ke depan.

“Kalau kita bisa membuat sendiri kenapa harus impor. Segera selesaikan. Kalau bisa jangan 4 tahun, 2 tahun selesai. Dikebut,” tegas Jokowi.

Permintaan Jokowi sejatinya tak mengherankan. Pasalnya, impor produk-produk dari industri petrokimia merupakan salah satu komponen terbesar penyumbang defisit neraca perdagangan Indonesia, setelah impor minyak dan gas.

Catatan Jokowi, defisit barang petrokimia sepanjang 2018 mencapai Rp 193 triliun. Tahun lalu, ekspor petrokimia Indonesia berbanding terbalik dengan impor petrokimia yang justru melonjak.

“Ekspor bahan kimia Rp 124 triliun, sementara impor Rp 317 triliun. Jadi defisitnya 193 triliun. Ini gede banget dan kita biarkan bertahun-tahun tidak ada perubahan,” tegasnya.

“Begitu juga dengan kebutuhan yang mencapai 2,3 juta ton per tahun. Kapasitas produksi nasional baru 780 ribu ton. Artinya kita masih impor 1,52 juta ton per tahunnya. Jangan berikan peluang seperti ini ke negara lain,” katanya.

Sebagai informasi, Prajogo Pangestu merupakan pemilik Chandra Asri, yang merupakan salah satu perusahaan petrokimia terbesar. Chandra Asri sendiri tergabung dalam grup Barito Pacific.

Prajogo Pangestu baru saja dinobatkan sebagai orang terkaya ke-3 di Indonesia dengan kekayaan bersih US $7,6 miliar atau setara dengan Rp 106 triliun, dari US $3 miliar tahun lalu.

Sebelumnya, Jokowi yakin masalah CAD bisa ditangani dalam masa 4 tahun dengan mengurangi segala impor terutama sektor miga. “Saya meyakini penyakit ini bisa kita selesaikan dalam 3-4 tahun mendatang,” ujar Jokowi. (CNBC INDONESIA)

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

Asco Global

Trending