Connect with us
[adrotate group="1"]

E-Sports

Angka Fantastis Jumlah Gamer Indonesia Pada 2024

Published

on


Finroll.com, Jakarta – Industri gim di Indonesia semakin bergairah. Kondisi tersebut selaras dengan kemunculan varian esports, yang membuat seluruh kalangan semakin aktif berpartisipasi.

Seperti dirilis Moonton, sinyal tersebut sudah terlihat sejak grand final Mobile Legends : Bang Bang Professional League (MPL) Indonesia Season 1. Pada perhelatan 1 April 2018 tersebut, panggung utama Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) sanggup membuat Mall Taman Anggrek Jakarta, penuh sesak dengan para gamer.

BACA JUGA : 

Setelah 2 musim berjalan, MPL Indonesia Season 4 masih mendatangkan fans fanatik. Pada pekan lalu, yang jadi hari terakhir pertandingan regular, sebanyak 2 ribu fans MLBB menyerbu MPL Arena. Mereka datang demi melihat pertandingan panas EVOS kontra RRQ.

Padahal, momen tersebut bukan puncak dari gelaran MPL Indonesia Season 4. Acara grand final bakal berlangsung di Stadion Tennis Indoor Gelora Bung Karno, pada 26-27 Oktober 2019.

Fakta tersebut menunjukkan secuil dari kegairahan perkembangan industri gim dan esports di Indonesia. Selaras dengan itu, MPL Indonesia Season 4 dan Mobile Legends : Bang Bang menjadi trendsetter di industri esports dan gim Indonesia.

Faktor MPL Season

Industri gim di Indonesia akan terus berkembang. Pada lima tahun ke depan, jumlah gamer di Tanah Air akan menembus angka 187 juta. (FOTO / Moonton)

DANA, sistem pembayaran nontunai yang berstatus sponsor MPL Indonesia Season 4, melihat peluang besar dari pasar gamer di Indonesia. Menurut mereka, gim online menjadi komunitas dengan pertumbuhan tercepat di Indonesia.

Sebelumnya, komunitas ini terlalu tersegmentasi, dengan sebagian besar penggunanya anak laki-laki. Sekarang, kelompok ini sudah jauh lebih luas dengan anak perempuan dan orang tua yang bisa ikut serta.

Selain perkembangan yang cepat, pasar gamer tidak asing lagi dengan perkembangan teknologi. Pihak DANA merilis, setidaknya ada 42,9 juta gamer yang ada di Indonesia saat ini. Padahal, pada 2015, hanya ada setengah dari jumlah tersebut. Mereka memrediksi, 5 tahun lagi, jumlah gamer di Tanah Air akan menjadi 3 kali lipat alias berkisar di angka 128,7.

Angka fantastis tersebut bisa terjadi berkat gim online yang akan lebih terjangkau dan dekat dengan masyarakat. Dukungan esports akan menjadi ajang kompetitif yang lebih populer, sehingga mampu memberikan dampak yang lebih besar lagi.

Menurut data Moonton, sebagai publisher dan developer dari Mobile Legends : Bang Bang, pengguna aktif bulanan gim ini di Indonesia mencapai 31 juta orang. Angka tersebut bisa menjadi gambaran tentang seberapa besar pasar gamer di Indonesia.

Peran Esports

Secara khusus, ada 2 peran besar dari esports dalam mengembangkan industri gim di Indonesia. Menurut DANA, tantangan terbesar adalah persepsi publik yang masih negatif terhadap kegiatan bermain gim.

Pada segmen mengubah paradigma negatif ini, esports bisa berperan besar. Satu cara paling efektif untuk mengkomunikasikan sisi positif dari bermain gim adalah dengan menunjukkannya langsung kepada para orang tua.

Contoh nyata terjadi di nomor esports MLBB. Sosok Muhammad Ikhsan alias Lemon adalah ‘korban positif’ dari esports. Jenis olah raga ini dapat menghantarkannya meraih banyak prestasi. Begitu juga JessNoLimit, yang menjadi bintang baru di YouTube karena memainkan Mobile Legends : Bang Bang.

Selain dua sosok tadi, ada banyak nama-nama pemain lain yang berhasil menjadikan esports sebagai sebuah jalan baru menuju kesuksesan. Selain berguna mengubah paradigma publik, ambisi para gamer untuk masuk dalam jajaran pemain paling bergengsi juga berguna menjadi penggerak industri ini.

Hasrat kompetitif di pasar gamer muncul dengan ekosistem esports yang berkembang pesat. Padahal hasrat kompetitif alias gengsi itu yang mampu mendongkrak daya beli pasar, di banyak industri.

Data Gamer

Industri gim di Indonesia akan terus berkembang. Pada lima tahun ke depan, jumlah gamer di Tanah Air akan menembus angka 187 juta. (FOTO / Moonton)

Data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), pengguna internet di Indonesia mencapai 171,17 juta jiwa atau 64,8% dari total penduduk. Walhasil, pengguna internet yang masuk ke pasar gim adalah 24 persen.

Latar itu pula yang membuat para pelaku industri gim dan esports masih optimistis dengan laju pertumbuhan sektor ini. Secara kuantitatif, angka tersebut akan semakin menaik seiring peningkatan penetrasi internet, penambahan infrastruktur, dan pengenalan teknologi.(bola.com)

E-Sports

Fitur Baru PUBG untuk Batasi Waktu Main Gim

Published

on

By

Fitur Baru PUBG untuk Batasi Waktu Main Gim

Finroll.com, Jakarta – Aplikasi gim Player Unknown Battleground (PUBG) Mobile resmi memperkenalkan sebuah fitur baru bernama Healthy Gameplay System bagi pemain di Indonesia.

Fitur ini dapat mengukur lamanya waktu bermain. Sehingga, para pemain bisa mendapat peringatan secara langsung untuk beristirahat jika aplikasi mencatat waktu bermain yang berlebihan.

“Kami mengenalkan pranata permainan yang sehat di Indonesia untuk mempromosikan gim yang seimbang dan bertanggung jawab, termasuk membatasi waktu bermain untuk pemain di bawah umur,” kata Kepala PUBG Mobile eSports Asia Tenggara Gaga Lie, melansir Antara, Rabu (22/7).

Lie menyampaikan fitur itu sudah diuji coba di India sejak bulan Maret. Selain membantu pemain menjaga kesehatannya, fitur itu juga diklaim bisa membantu pemain agar dapat lebih kompetitif. Sebab, pembatasan waktu permainan bisa menciptakan kondisi fisik yang baik.

Terdapat sejumlah tahapan untuk menggunakan fitur Healthy Gameplay System.

Pada saat login untuk bermain PUBG Mobile di ponsel pintar, fitur Healthy Gameplay System akan muncul dan menanyakan apakah usia calon pemain di bawah 18 tahun. Calon pemain harus menjawab ‘ya’ atau ‘tidak’, yang kemudian akan diikuti oleh sebuah catatan mengenai hal bermain gim yang sehat.

Selanjutnya, calon pemain akan diminta untuk membaca catatan tersebut secara rinci dan mengonfirmasi bahwa telah mengerti apa yang telah dibacanya. Fitur itu akan bekerja dengan mempertimbangkan usia pemain dan lama permainan yang sudah dilakukan.

Apabila pemain melampau batas waktu bermain dan tidak menghentikan permainan, maka pranata gim akan memberikan pesan pemberitahuan untuk beristirahat.

Jika dalam kurun waktu tertentu pemain tidak mengindahkan pesan peringatan maka secara otomatis pranata gim akan menolak pemain untuk bisa memasuki permainan.

SUmber : CNN Indonesia

Continue Reading

E-Sports

Mobile Legends Luncurkan Proyek Baru Bertajuk NEXT

Published

on

By

Distributor Mobile Legends : Bang Bang meluncurkan proyek baru untuk merevitalisasi hero-hero klasik.

Finroll.com, Jakarta – Mobile Legends : Bang Bang (MLBB) memberikan hadiah istimewa bagi para penggemar setia di Indonesia. Yup, Mobile Legends merealisasikan proyek baru nan futuristik bertajuk NEXT.

Program NEXT ini menjadi bukti eksisteni Mobile Legends : Bang Bang di Indonesia. Seperti diketahui, MLBB sudah empat tahun meramaikan kancah esports di Tanah Air.

Berstatus pioner gim MOBA, Mobile Legends selalu memberikan sekaligus merilis kabar terbaru agar para pemain semakin piawai dalam menggunakan hero. Selain itu, kabar teranyar juga menjadi standart bagi para pemain agar bisa mengoperasionalkan fitur-fitur canggih di dalam gim.

Nah, aktivitas tersebut berkaitan dengan program NEXT. Mobile Legends : Bang Bang akan merombak beberapa hero klasik agar dapat menunjukkan sifat unik mereka.

Pihak Mobile Legends : Bang Bang sudah meluncurkan logo NEXT. Warna emas adalah simbol kemenangan, keadilan, dan semangat. Sementara itu, warna biru permata, terinspirasi dari menara di dalam permainan, yang tidak hanya mewakilkan harapan, tetapi juga sebagai mercusuar yang memandu melangkah maju.

Arti Logo

Peserta eSports game Mobile Legends berkonsentrasi dalam Indonesia Banten Esport Competition (IBEC) 2019 di BSD, Tangerang Selatan, Sabtu (2/11/2019). Pemprov Banten menggelar turnamen IBEC 2019 untuk mendukung olahraga esport yang tengah diminati kalangan muda. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Pada sisi lain, bentuk “V” di bagian bawah, lebih merupakan refleksi dari puncak gunung. Arti bagian tersebut juga menyimbolkan pencapaian yang lalu dan petualangan baru menanti di depan, seperti halnya nama NEXT.

Mobile Legends: Bang Bang bertekad mencapai dua tujuan. yaitu kualitas yang lebih baik dan pengalaman bermain yang semakin oke. Oleh karena itu, proyek NEXT menjadi jawaban yang sangat cocok.

“Project NEXT diharapkan menjadi proyek jangka panjang, yang bertujuan untuk menyediakan pengalaman bermain game yang baru melalui penyesuaian Hero, tampilan dan juga pembaharuan musik serta visual,” ujar Brand Director Moonton Indonesia Aswin Atonie.

Sumber : Bola.com

Continue Reading

E-Sports

Kalahkan Tim Singapura, RRQ Hoshi Juara Turnamen MPL Invitational 4 Nation Cup

Published

on

By

RRQ Hoshi juara MPL Invitational 4 Nation Cup 2020. (Dok. MPL ID)

Finroll.com, Jakarta – Usai sudah turnamen MPL Invitational 4 Nation Cup 2020. Seperti sudah diprediksi sejak awal, RRQ Hoshi keluar sebagai juaranya.

Tidak tanggung-tanggung, RRQ Hoshi menumpas perlawanan tim kuat asal Singapura, Singapore Resurgence, dengan skor telak 3-0.

Perjalanan panjang harus dilewati RRQ Hoshi sebelum menjadi yang terbaik di MPL Invitational 4 Nation Cup 2020. Lawan-lawan berat pun dihadapi, seperti musuh bebuyutannya, EVOS Legends.

Sementara itu, Resurgence melewati hadangan tim dari Myanmar, Burmese Ghouls pada babak playoff. Perlu diketahui bahwa Burmese Ghouls adalah tim terbaik di Myanmar.

RRQ Hoshi sempat berjumpa Resurgence pada match 5 upper bracket. Konsistensi menjadi kunci kemenangan RRQ Hoshi setelah bejumpa di grand final.

Atas keberhasilan yang diraihnya di MPL Invitational 4 Nation Cup 2020, RRQ Hoshi berhak mendapatkan hadiah uang tunai senilai 100.000 dolar Amerika Serikat atau setara Rp1,4 miliar.

MPL Invitational 4 Nation Cup 2020

MPL Invitational 4 Nation Cup merupakan turnamen Mobile Legends: Bang Bang yang digelar sebagai pengganti MSC (Mobile Legends Southeast Asia Championship) 2020.

Selain dari Indonesia, MPL Invitational 4 Nation Cup 2020 diikuti oleh tim-tim dari Malaysia, Singapura, dan Myanmar.

Mengenai kenapa tidak ada tim dari negara Asia lainnya, sebab keempat negara itu berada satu server yang sama, sehingga turnamen yang digelar secara online ini bisa terselenggara tanpa hambatan.

Sumber : Bola.com

Continue Reading
Advertisement

Advertisement
Advertisement

Trending