Connect with us

Science & Technology

Astronom Temukan Dua Eksoplanet Mirip Bumi Berjarak 10 Tahun Cahaya

Published

on


Finroll – Jakarta, Astronom menemukan dua eksoplanet super di tata surya dengan bintang GJ 887 atau Gliese 887 yang disebut mirip dengan Bumi. Bintang merah kerdil ini memiliki fungsi serupa Matahari. Planet di tata surya itu juga mengelilingi Gliese 887.

Gliese 887 memiliki berat antara 7,5 persen hingga 50 persen dari massa Matahari. Sementara dari jarak, Gliese 887 berjarak sekitar 10,7 tahun cahaya dari Bumi. Gliese merupakan bintang ke 12 yang paling dekat dengan Bumi.

Pada panjang gelombang yang terlihat, Gliese 887 adalah bintang merah kerdil paling terang di langit, dengan hampir setengah massa matahari. Gliese 887 adalah bintang merah kerdil terberat dalam jarak hingga 20 tahun cahaya dari Bumi.

Gliese 887 memiliki setidaknya dua eksoplanet yang mirip Bumi, keduanya dijuluki Gliese 887 b dan Gliese 887 c. Gliese 887 b memiliki massa sekitar 4,2 kali massa Bumi dan mengorbit pada jarak hanya 6,8 persen dari unit astronomi (AU) dari bintangnya (satu unit astronomi adalah jarak rata-rata antara Bumi dan Matahari).

Sementara Gliese 887 c memiliki massa sekitar 7,6 kali massa Bumi dan mengorbit pada Gliese 887 pada jarak 12 persen dari  AU.

Akan tetapi, peneliti mengatakan dua eksoplanet tersebut memiliki suhu yang terlalu panas untuk mendukung kehidupan seperti yang kita ketahui di Bumi.

Di sisi lain, para peneliti juga menemukan bukti kemungkinan adanya planet ketiga lebih jauh dari Gliese 887.  Potensi planet ketiga ini mungkin terletak di dalam zona layak huni di tata surya Gliese 887, di mana permukaan suhu planet cocok untuk menampung air cair.

Dilansir dari Space, cahaya terang dari Gliese 887 bisa membantu para astronom untuk mempelajari lebih lanjut tentang atmosfer di tata surya tersebut.

Selain itu, Gliese 887 memiliki aktivitas yang lebih rendah daripada bintang merah kerdil lainnya. Faktor ini akan membuatnya lebih mudah untuk menganalisis atmosfer planet eksoplanet, karena aktivitas berlebihan dapat dikacaukan dengan sinyal atmosfer.

Temuan ini dipublikasikan dalam jurnal Science pada 26 Juni.

“Bintang Gliese 887 adalah bintang terbaik yang berada di dekat Matahari untuk memahami apakah eksoplanet memiliki atmosfer dan apakah mereka memiliki kehidupan, karena itu adalah bintang yang terang dan senyap,” kata Pemimpin penulis studi Sandra Jeffers, seorang astrofisikawan di Universitas Göttingen Jerman.

Dilansir dari Independent, minimnya aktivitas ini menunjukkan bahwa Gliese 887 memiliki sebuah planet dalam zona layak huni. Sebuah planet tersebut memiliki peluang lebih besar untuk menopang kehidupan dibandingkan planet yang berada di bintang merah kerdil lainnya.

Bintang merah kerdil lainnya sering meledak dengan suar (flare) berbahaya.

Bintang itu ditemukan menggunakan High Accuracy Radial Velocity Planet Searcher (HARPS) yang berbasis di European Southern Observatory di Chile.

Mereka dapat menyimpulkan planet-planet di sekitar bintang dengan menggunakan teknik yang disebut “goyangan Doppler”. Teknik ini memungkinkan mereka menyaksikan pergerakan kecil bintang yang disebabkan oleh tarikan gravitasi planet-planet di sekitar bintang.

Sumber : CNN Indonesia

Advertisement Valbury

Science & Technology

Bocoran Spesifikasi Samsung Galxaxy Tab S7 Plus

Published

on

By

Finroll.com – Samsung Galaxy Tab S7 Plus telah terungkap mengenai spesifikasinya, menurut orang dalam yang dekat dengan SamMobile Galaxy Tab S7 Plus akan hadirkan pengisian daya cepat hingga 45W, selengkapnya !

Dikutip dari GSMArena, Galaxy Tab S7 Plus akan ditenagai oleh Snapdragon 865 SoC serta versi tablet yang mendukung konektivitas 5G sub-6Ghz 5G. Bagian depan ponsel teradapat layar Super AMOLED 12,4 inci dengan resolusi 2800×1752 piksel serta dukungan Pena S tentunya.

Chipset Snapdragon 865 Plus ini akan dipasangkan dengan konfigurasi memori 6GB atau 8GB RAM sedangkan untuk bagian penyimpanan terdapat dua pilihan 128GB dan 256 GB.

Menurut kabar sebelumnya, Galaxy Tab S7 Plus ini akan dibekali baterai 10.090 mAh yang memungkinkan akan dapat mengisi daya hingga 45W.

Selain itu, Samsung Galaxy Tab S7 Plus ini akan membawa dua kamera di bagian belakang diantaranya 13 MP dan 5 MP serta kamera selfie 8 MP. sementara untuk software, Tab S7 Plus akan dijalankan oleh Samsung One UI 2.5 berbasis Andorid 10.

Continue Reading

Science & Technology

Resmi Meluncur ! Ini Cara Pakai Fitur Animated Sticker Baru di WhatsApp

Published

on

By

Finroll.com – WhatsApp secara resmi meluncurkan fitur terbaru stiker animasi (animated sticker) pada 8 Juli 2020. Pengguna aplikasi WhatsApp kini dapat mengirimkan stiker bergerak kepada pengguna WhatsApp lainnya.

Sebenarnya fitur stiker animasi ini sudah terlebih dahulu dipakai oleh aplikasi lain seperti Instagram, Line, dan Telegram. Hanya saja, WhatsApp baru memakai fitur tersebut. Selain itu, bagi para pengguna aplikasi WhatsApp di seluruh Indonesia sudah dapat menggunakan fitur terbaru ini.

Fitur animasi ini sudah tersedia di semua platform termasuk dekstop (Windows dan macOS). Serta pengguna aplikasi harus memperbaharui aplikasi ke versi v2.20194.16 di Android dan v2.20.70. di iOS.

Berikut beberapa cara menggunakan fitur animated sticker di aplikasi WhatsApp :

  1. Pilih ikon ‘emoji’ di bagian kiri bawah yang terletak di sebelah kolom chat.
  2. Lalu pilih ikon ‘stiker’ di sebelah kanan ikon ‘gif’.
  3. Pilih ikon ‘+’ untuk mengunduh berbagai paket animated sticker. Anda dapat melihat ikon ‘Play’ di animated stickers untuk membedakannya dengan stiker biasa.
  4. Kemudian, Anda bisa melihat terlebih dahulu stiker dengan mengetuk stiker tersebut untuk melihat animasi.
  5. Setelah di unduh, stiker akan muncul di ‘My Stickers’.
  6. Nah, ketika sudah muncul di tabel stiker anda sudah bisa menggunakannya.

Namun, pergerakan animasi stiker ini tidak akan berulang-ulang. Apabila ingin animasi bergerak, pengguna mesti scroll ke atas dan ke bawah, dilansir dari Gadgets360.

Dan dilansir dari Gizmochina, stiker ini muncul di aplikasi dekstop setelah stiker di unduh di ponsel. Harus diingat, aplikasi WhatsApp untuk dekstop tidak memiliki opsi untuk mengakses Toko Sticker yang berisi kumpulan stiker.

Continue Reading

Science & Technology

Ninja ZX-25R Siap Rilis, Dealer Sebut Harga Rp90 Jutaan

Published

on

By

Finroll.com, Jakarta – Kabar peluncuran Kawasaki Ninja ZX-25R sudah santer di kalangan penggemar motor sport 250 cc dalam negeri. Info seputar penantang Honda CBR250RR dan Yamaha R25 itu bahkan sudah beredar di dunia maya.

Berdasarkan keterangan tenaga penjual dealer Kawasaki di Jakarta, harga motor tersebut berkisar Rp90 jutaan ketika resmi diluncurkan pada Jumat (10/7).

“Harga resmi memang belum diumumkan. Tapi kisarannya mungkin sekitar Rp90 jutaan,” kata tenaga penjual yang namanya enggan disebutkan, pada Rabu (8/7).

Ia mengaku belum memperoleh informasi lain seputar Kawasaki Ninja 250 cc empat silinder, namun keterangan dia menerima informasi motor akan diluncurkan pekan ini.

Tenaga penjual Kawasaki lainnya juga masih menutup rapat informasi resmi Ninja 250 cc baru. Ia mengaku belum memperoleh rincian produk, termasuk lamanya inden motor ini usai dipesan konsumen.

Calon konsumen dijelaskan belum bisa melakukan pemesan sampai motor resmi diluncurkan di Indonesia.

“Belum ada informasi resmi ke kami, mungkin bisa ditunggu saat peluncurannya tanggal 10 Juli. Karena di dealer kami juga belum buka pemesanan motor itu,” kata dia.

Sebelumnya sempat beredar di media sosial mengenai harga resmi motor dengan nama lain ZX25R tersebut. Harga dikatakan Rp98 juta varian non ABS, sedangkan Ninja 250 4 silinder ABS banderolnya Rp114 juta.

Namun harga tersebut lantas dibantah pihak Kawasaki Indonesia. Menurut agen pemegang merek Kawasaki, Kawasaki Motor Indonesia (KMI), informasi tersebut tidak benar alias hoaks.

“Salah itu. Hoax. Beda lumayan,” kata Head Sales and Promotion Kawasaki Motor Indonesia (KMI) Michael C. Tanadhi saat dikonfirmasi soal bocoran harga, Senin (6/7).

Sumber : CNN Indonesia

Continue Reading
Advertisement

Advertisement
Advertisement

Trending