Connect with us

Ragam

Bekerja Sama dengan NBA, Pemprov DKI Menerapkan Kurikulum Basket di Sekolah

Published

on


Finroll.com, Jakarta – Murid-murid sekolah dari SD hingga SMA di Jakarta bakal memiliki kesempatan berlatih olahraga bola basket ala pemain NBA. Kesempatan itu akan datang setelah NBA lewat program Jr. NBA bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk memadukan kurikulum olahraga basket dan pengembangan kebugaran.

Nantinya akan ada perpaduan antara kurikulum Jr. NBA dengan kurikulum pendidikan jasmani dan ekstrakurikuler di sekolah mulai 2020. Program ini targetnya bakal menjangkau 1,5 juta siswa.

Bukan hanya para siswa, para pelatih dan guru olahraga juga akan dibekali video tutorial dan kurikulum yang dapat diakses melalui situs jrnba.asia atau lewat aplikasi Jr. NBA Coaches Academy di AppStore dan Google Playstore.

Acara penandatanganan kerjasama NBA dan Pemprov DKI berlangsung di GOR Soemantri Brodjonegoro, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (17/10/2019). Turut hadir sejumlah siswa dari beberapa sekolah yang juga akan ikut dalam coaching clinic.

“Kami menaruh perhatian sangat besar kepada pendidikan olahraga dan kami menyadari potensi signifikan dari kurikulum Jr. NBA dalam membentuk generasi masa depan Indonesia,” kata Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

“Kami bersyukur telah resmi ditandatangani kerjasama kurikulum pendidikan basket dengan sekolah di Jakarta. Kami berharap ini babak baru untuk menghasilkan pribadi yang sehat dan prestasi yang membanggakan,” kata Anies menambahkan.

Kolaborasi Pertama

Ratusan anak-anak dari berbagai sekolah di Jakarta mengikuti acara penandatanganan kerjasaman Jr. NBA dengan Pemprov DKI di GOR Soemantri Brodjonegoro, Kuningan (Liputan6.com/Luthfie Febrianto)

Sementara itu, Managing Director NBA Asia, Scott Levy menuturkan, ini adalah kali pertama kurikulum Jr. NBA masuk ke dalam kurikulum pendidikan jasmani dan ekstrakurikuler di sekolah. Menurut Scott, target dari program ini bukan sekadar supaya para siswa dapat mahir bermain basket.

“Ini adalah sebuah langkah baru untuk memastikan para siswa mendapat kesempatan belajar kurikulum NBA junior yang membantu mereka mengembangkan gaya hidup sehat,” kata Scott.

Atlet NBA

Program Jr. NBA sendiri telah berlangsung sejak 2014 dan telah menjangkau lebih dari 16,5 juta anak-anak di seluruh Indonesia. Tak hanya itu, sebanyak 44 ribu guru dari 35 ribu sekolah di 21 kota dan provinsi juga telah mencicipi program ini.

“Semakin banyak yang ikut program ini.Harapannya suatu saat tentu akan ada pemain nba dari indonesia. Tetapi tujuan utamanya adalah agar anak2 mengembangkan gaya hidup sehat di hidup mereka,” kata Scott.(bola.com)

Ragam

Jokowi Minta Bantuan Orang Terkaya ke-3 RI Lawan Penyakit CAD

Permintaan dikemukakan Jokowi saat meresmikan pabrik polyethylene PT Chandra Asri Petrochemical Tbk, di Cilegon, Banten.

Published

on

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo FOTO | ISTIMEWA

Jakarta, Firoll.com — Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara lugas meminta bantuan kepada taipan Prajogo Pangestu untuk menyelesaikan masalah defisit transaksi berjalan (current account deficit/CAD).

Permintaan tersebut dikemukakan Jokowi saat meresmikan pengoperasian pabrik baru polyethylene PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (CAP II), di Kota Cilegon, Provinsi Banten, Jumat (6/12/2019).

“Kita tahu semuanya PT Chandra Asri pionir industri petrokimia di tanah air,” kata Jokowi.

“Kita mengharap, karena impor kita di petrokimia masih besar, kita harapkan bahwa investasi penanaman modal yang terus menerus di bidang ini harus terus kita berikan ruang,” tegasnya.

Chandra Asri saat ini mengoperasikan pabrik baru polyethylene yang mampu memproduksi 400 ribu ton dan yang akan menjadikan total produksi polyethylene perusahaan menjadi 736 ribu ton per tahun.

Hingga 2024, perusahaan juga akan membangun kawasan pabrik petrokimia dengan investasi sekitar Rp 60 – Rp 80 triliun. Target pembangunannya, diharapkan bisa dieksekusi selama empat tahun ke depan.

“Kalau kita bisa membuat sendiri kenapa harus impor. Segera selesaikan. Kalau bisa jangan 4 tahun, 2 tahun selesai. Dikebut,” tegas Jokowi.

Permintaan Jokowi sejatinya tak mengherankan. Pasalnya, impor produk-produk dari industri petrokimia merupakan salah satu komponen terbesar penyumbang defisit neraca perdagangan Indonesia, setelah impor minyak dan gas.

Catatan Jokowi, defisit barang petrokimia sepanjang 2018 mencapai Rp 193 triliun. Tahun lalu, ekspor petrokimia Indonesia berbanding terbalik dengan impor petrokimia yang justru melonjak.

“Ekspor bahan kimia Rp 124 triliun, sementara impor Rp 317 triliun. Jadi defisitnya 193 triliun. Ini gede banget dan kita biarkan bertahun-tahun tidak ada perubahan,” tegasnya.

“Begitu juga dengan kebutuhan yang mencapai 2,3 juta ton per tahun. Kapasitas produksi nasional baru 780 ribu ton. Artinya kita masih impor 1,52 juta ton per tahunnya. Jangan berikan peluang seperti ini ke negara lain,” katanya.

Sebagai informasi, Prajogo Pangestu merupakan pemilik Chandra Asri, yang merupakan salah satu perusahaan petrokimia terbesar. Chandra Asri sendiri tergabung dalam grup Barito Pacific.

Prajogo Pangestu baru saja dinobatkan sebagai orang terkaya ke-3 di Indonesia dengan kekayaan bersih US $7,6 miliar atau setara dengan Rp 106 triliun, dari US $3 miliar tahun lalu.

Sebelumnya, Jokowi yakin masalah CAD bisa ditangani dalam masa 4 tahun dengan mengurangi segala impor terutama sektor miga. “Saya meyakini penyakit ini bisa kita selesaikan dalam 3-4 tahun mendatang,” ujar Jokowi. (CNBC INDONESIA)

Continue Reading

Ragam

5 Fakta Anjing Pitbull yang Mesti Kamu Ketahui

Published

on

By

Anjing Pitbull kerap dipersepsi sebagai anjing yang galak dan lebih agresif sehingga kerap menggigit manusia. Sebelumnya, seorang anak berusia 8 tahun berinisial M, mengalami luka serius di bagian wajah dan kepala akibat digigit anjing jenis Pitbull.

Bocah perempuan warga Medan Deli, Sumatera Utara, ini lantas dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Pirngadi Medan. Dari informasi yang diperoleh, kejadian itu berawal saat korban sedang bermain dengan anjing tersebut. Tiba-tiba korban lalu diserang hingga mengalami luka-luka di bagian wajah dan kepala, seperti dilansir dari Antara.

Berikut sejumlah fakta terkait anjing Pitbull.

1. Ada banyak jenis Pit Bull

Kata Pit Bull kerap digunakan untuk berbagai jenis anjing berbeda dengan tampilan yang mirip. Istilah ini digunakan untuk menyebut jenis anjing American pit bull terrier, American Staffordshire terrier, Staffordshire bull terrier, Dogo Argentino, dan ratusan ras campuran lain.

Sehingga kata pit bull kerap digunakan pada anjing dengan tampilan yang kurang lebih sama. Apalagi banyak orang tak bisa membedakan ras-ras anjing yang punya tampilan serupa ini.

2. Kerap dipakai berburu

Anjing-anjing ini biasa digunakan sebagai anjing untuk berburu dan menyerang hewan besar seperti babi hutan. Anjing ini juga kerap digunakan untuk menggembalakan ternak dan berkelahi, mengutip One Green Planet.

3. Rahang mengunci

Terdapat mitos yang menyebut kalau pit bull punya rahang yang bisa mengunci. Rahang ini akan mencengkram korbannya saat menggigit. Namun, menurut ASPCA secara anatomi rahang anjing ini tak beda dari anjing-anjing lain.

Hal ini juga diamini oleh Dr. Howard Evans and Dr. Sandy deLahunta dari Universitas Cornell. Menurutnya, “tak ada rahang mengunci di jenis anjing apapun,” terangnya, seperti dilaporkan Pusat Penyelamatan Pit Bull.

Meski demikian, Pit Bull memang punya otot rahang yang kuat. Selain itu cara bertarung mereka kerap dilakukan sembari meraup dan menggoyangkan kepala, sehingga menimbulkan cedera yang parah. Tapi tidak berarti begitu mereka menggigit mereka tak akan melepaskan gigitan itu.

4. Tempramen buruk

Mengutip Live Science, anjing Pit Bull tergolong salah satu anjing agresif. Sifatnya yang agresif membuat anjing ini lebih memiliki kecenderungan untuk menyerang dan menyebabkan cedera bagi korban.

Menurut Komunitas Pengetes Tempramen Amerika, American Pit Bull Terrier adalah jenis Put Bull punya tempramen paling buruk di angka 82,6 p-ersen. Jenis ini memang yang paling sering digunakan untuk perkelahian anjing.

Para penggemar pit bull juga menyebut kalau anjing jenis ini berbeda dari anjing lainnya.

“Saya memberitahu orang-orang kalau ingin anjing yang bisa diajak jalan-jalan di taman […] jangan ambil pit bull,” jelas Ami Ciontos, founder dan presiden kelompok penyelamat Pit Bull dari Atlanta Underdog Initiative, kepada CNN.

5. Binatang jahat, galak, dan berbahaya

Tak semua Pit Bul adalah binatang yang galak dan jahat. Seperti anjing lain, Pit Bull bisa menjadi sangat agresif jika kurang dilatih, mendapat kekerasan, ditelantarkan.
Pemeliharaan yang kurang bertanggung jawab juga ikut meningkatkan agresivitas anjing ini, seperti kurang diperhatikannya kesehatan dan tempramen anjing tersebut. Jika anjing ini diperlakukan dengan kasih sayang dan latihan yang baik, mereka bisa menjadi peliharaan yang baik.

6. Gigitan Pitbull tak mungkin tanpa sebab

Menurut dokter hewan di Amerika Serikat, Ilana Reisner, anjing tak akan menyerang tanpa sebab. Menurutnya, anjing akan menyerang kalau ia dalam keadaan sakit atau mendapat provokasi.

“Kebanyakan gigitan anjing dilakukan untuk mempertahankan diri karena takut atau tentang hal yang mereka butuhkan seperti makanan, tempat tidur, dan pemilik,” tulisnya di laman Psycology Today.

Lebih lanjut menurutnya persepsi anjing dan manusia berbeda. Jika kita anggap perilaku kita sebagai keramahan, tapi anjing mungkin mempersepsinya sebagai tindakan yang mengancam mereka.

Biasanya anjing merasa terancam jika manusia langsung berhadapan dengan mereka, menatap, menjangkau di depan atau di atas mereka, menyentuh bagian atas kepala, atau membayangi mereka. Anjing tak suka merasa dipojokkan.

Continue Reading

Ragam

Siapa Untuk dari Minyak Suriah

Published

on

By

Presiden Amerika Serikat Donald Trump ingin agar negaranya mendapat bagian keuntungan jutaan dolar per bulan dari pendapatan minyak Suriah selagi tentara AS berada di sana menjaga ladang-ladang minyak itu.

Presiden Suriah Bashar al-Assad menanggapi keinginan Trump itu dengan menuduh AS “mencuri minyak” dari negaranya.

Sedangkan Rusia, sekutu dekat Assad, menanggapi dengan menyebutnya sebagai “negara bandit internasional”.

Siapa sebenarnya yang menguasai produksi minyak Suriah dan mendapat keuntungan?
Hak atas foto Reuters
Image caption Presiden Amerika Serikat Donald Trump ingin agar negaranya mendapat bagian keuntungan jutaan dolar per bulan dari pendapatan minyak Suriah.
Kekuatan besar berlomba

AS mengumumkan penarikan pasukan dari Suriah bulan Oktober 2019, tapi hingga kini masih menempatkan 500 serdadu untuk menjaga fasilitas minyak bersama dengan pasukan Kurdi yang kini merupakan penerima manfaat utama dari produksi minyak itu.

Siapa sesungguhnya bangsa Kurdi yang dimusuhi di berbagai negara?
Kurdi berkongsi dengan militer Suriah untuk hadapi serangan Turki
Konflik Suriah: Erdogan dan Putin sepakat gelar gencatan senjata

Menteri Pertahanan AS Mark Esper menyatakan pasukan AS berada di sana untuk menjaga minyak, tak hanya dari kelompok yang menamakan diri negara Islam atau ISIS, tetapi juga dari pasukan Rusia dan Suriah.

Suriah dan Rusia berupaya untuk mengambil alih produksi minyak serta fasilitas-fasilitasnya.

Kedua negara telah menandatangani kesepakatan kerja sama energi tahun 2018 yang memberi hak eksklusif kepada Moskow untuk membangun kembali sektor minyak dan gas Suriah.

Dalam konteks inilah, Trump mengumumkan keinginannya untuk ikut mendapat keuntungan dari minyak yang menurutnya turut dijaga oleh pasukan AS.
Hak atas foto Reuters
Image caption Presiden Suriah Bashar al-Assad menanggapi keinginan Trump itu dengan menuduh AS “mencuri minyak” dari negaranya.
Berapa produksi minyak Suriah?

Sektor minyak dan gas merupakan penyumbang penting bagi penghasilan pemerintah Suriah, sekalipun kecil dibandingkan dengan negara-negara lain di Timur Tengah.

Tahun 2018, diperkirakan ada 2,5 milyar barel cadangan minyak di Suriah.

Bandingkan dengan Arab Saudi yang punya cadangan minyak 297 milyar barel, Iran 155 milyar barel dan Irak 147 milyar barel.

Ladang minyak terpusat sekitar provinsi Deir al-Zor di Suriah bagian timur dekat perbatasan Irak, dan Hasakah di timur laut.
Hak atas foto Getty Images
Image caption Kekuatan Kurdi bekerjasama dengan pasukan Amerika untuk menjaga fasilitas produksi minyak di Suriah utara.

Namun produksi minyak Suriah turun sejak konflik terjadi di tahun 2011.

Tahun 2008, Suriah memproduksi 406.000 barel per hari (bph), menurut British Petroleum Statistical Review of World Energy 2019.

Tahun 2011 produksi jatuh ke 353.000 bph, lalu terjun ke 24.000 bph tahun 2018.

Damaskus kehilangan kendali produksi

Pemerintah Suriah kehilangan kendali atas ladang minyak yang jatuh ke tangan kelompok oposisi, dan kemudian ke tangan ISIS seiring meningkatnya perang.

Tahun 2014 ISIS berhasil merebut ladang minyak di Suriah Timur, termasuk yang terbesar yaitu ladang al-Omar di provinsi Deir ez-Zor.

Penjualan minyak menjadi sumber pemasukan utama bagi ISIS, dengan nilai US$40 juta per bulan di tahun 2015, menurut Kementrian Pertahanan AS.

Mereka yang terperangkap di tengah perang di Suriah utara
Pemerintah Suriah dan ‘oposisi bersenjata’ sepakai gencatan senjata
10 Perkara yang perlu diketahui tentang Aleppo

Ketika ISIS kalah tahun 2017, mereka kehilangan kendali ladang minyak yang jatuh ke tangan pasukan Kurdi yang didukung AS, Syrian Democratic Forces (SDF).

Ladang minyak Suriah rusakan parah akibat serangan udara AS dalam upaya mereka mengganggu sumber pemasukan utama ISIS.

ISIS sendiri kemudian menghancurkan infrastruktur minyak ketika semakin jelas bahwa ladang-ladang itu bakal jatuh ke tangan kekuatan Kurdi.

Kekuatan Kurdi masih mendapat keuntungan dari minyak

Kelompok Syrian Democratic Forces (SDF) mulai mengambil alih ladang minyak di Suriah timur laut dan sepanjang sungai Eufrat dari tangan ISIS pada tahun 2017.

Mereka berhasil memperbaiki kerusakan dan mulai memulihkan sebagian produksi.

Jonathan Hoffman, asisten Menteri Pertahanan AS mengatakan “keuntungan dari ladang minyak tidak didapatkan Amerika, tapi beralih ke SDF”.

“SDF dan sekutunya di Suriah timur sekarang ini menguasai sekitar 70% cadangan minyak Suriah dan sejumlah fasilitas pengolahan gas,” menurut Charles Lister dari Middle East Institute.
Hak atas foto Getty Images
Image caption Penghasilan minyak membantu kekuatan Kurdi untuk keperluan militer dan pemerintahan sipil mereka.

“Produksi di fasilitas ini jauh di bawah produksi sebelum perang, tapi tetap merupakan sumber pemasukan penting bagi SDF,” katanya.

Sekalipun serangan Turki di utara Suriah membuat pasukan Kurdi kehilangan wilayah yang mereka kuasai, kebanyakan ladang minyak di sisi timur Sungai Eufrat masih berada di bawah penguasaan SDF.

Presiden Assad sangat menginginkan akses kepada ladang-ladang minyak itu, dan tanpa hal ini pemerintahannya harus mengimpor dalam jumlah besar.

Namun, sebagai konsekuensi dari AS dan Uni Eropa, bahkan sulit bagi Damaskus untuk mendapatkan pasokan dari impor.

Pemasok minyak utama mereka kini adalah Iran, tetapi pasokan ini juga semakin terbatas seiring sanksi sekunder yang diterapkan AS terhadap negara ataupun perusahaan yang terlibat perdagangan dengan Suriah.

Continue Reading
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Asco Global

Trending