Connect with us

Science & Technology

Daftar Fitur dan iPhone yang Bisa Pakai Apple iOS 14

Published

on


Daftar fitur baru iOS 14 yang bisa dipasang di beberapa iPhone dan iPod (Dok.Apple)

Finroll.com, Jakarta – Apple meluncurkan sistem operasi iOS14 dalam pegelaran Worldwide Developers Conference (WWDC) 2020. Pembaruan dalam sistem operasi ini termasuk halaman Home Screen, Apple Library, hingga Messages.

Aplikasi lainnya yang mendapat pembaruan adalah fitur Translate, Siri, Air Pods, Digital car keys Find My, Safari, Health, Weather, dan Accessibility.

Anda bisa melihat fitur-fitur terbaru di iOS 14 di sini (https://www.apple.com/ios/ios-14-preview/).

Fitur-fitur baru ini dapat digunakan untuk beberapa seri iPhone dan iPod. Berikut daftar iPhone dan iPod yang dapat pembaruan iOS14:

iPhone 11
iPhone 11 Pro
iPhone 11 Pro Max
iPhone XS
iPhone XS Max
iPhone XR
iPhone X
iPhone 8
iPhone 8 Plus
iPhone 7
iPhone 7 Plus
iPhone 6s
iPhone 6s Plus
iPhone SE (1st generation)
iPhone SE (2nd generation)
iPod touch (7th generation)

Berikut penjelasan dari sejumlah fitur baru di iOS14 tersebut.

1. Home Screen Widget

Home Screen Widget (kiri) di iOS14 diperbarui. Apple juga memperbarui fitur privasi (kanan) agar pengguna lebih mudah mengawasi privasi mereka. (Dok.Apple).

Apple mendesain ulang widget yang berada di halaman muka (Home). Widget didesain agar bisa diletakkan dalam berbagai ukuran pada halaman Home.

Pengguna juga dapat menggunakan fitur Smart Stack of widget, yang menggunakan AI pada perangkat untuk memunculkan widget yang berdasarkan waktu, lokasi, dan aktivitas.

Halaman Home dapat menampilkan widget yang disesuaikan untuk pekerjaan, perjalanan, olahraga, hiburan, dan topik lainnya.

2. App Library

App Clip (kiri) yang merupakan fitur aplikasi mini sebuah aplikasi dan App Library (kanan) (Dok.Apple).

Pada halaman akhir Home Screen, Apple menyematkan fitur App Library. Fitur ini akan otomatis mengatur semua aplikasi pengguna menjadi satu tampilan sederhana.

Fitur ini menggunakan AI yang bisa memprediksi aplikasi apa yang akan digunakan pengguna.Pengguna dapat memilih berapa banyak halaman Home Screen untuk menampilkan App Library.

3. Tampilan panggilan FaceTime dan telepon baru

Tampilan baru pada panggilan Face Time (kiri) serta tampilan baru pada aplikasi pesan (Messeges). (Dok.Apple)

FaceTime, panggilan telepon dan Siri juga didesain ulang agar pengguna tetap bisa melakukan aktivitas. Dengan dukungan Picture-in-Picture, pengguna iPhone sekarang dapat menonton video atau melakukan panggilan FaceTime saat menggunakan aplikasi lain.

4. App Clip

App Clip dibuat agar pengguna bisa membuka versi mini dari sebuah aplikasi. Fitur dikaitkan dengan produk atau bisnis tertentu, dan bisa terbuka dalam hitungan detik.

Fitur dikhususkan untuk menyelesaikan tugas tertentu, seperti menyewa skuter, membeli kopi, atau membayar meteran parkir. Aktivitas tersebut dapat dengan mudah ditemukan dan diakses dengan memindai kode App Clip yang dirancang Apple, baik dengan menggunakan NFC, QR Code, atau melalui Messages.

5.Pembaruan di Messages

Fitur Messages juga turut mendapatkan pembaruan di Apple. Pengguna dapat menyematkan atau pinned percakapan ke bagian atas daftar pesan. Pengguna juga dengan mudah mengikuti percakapan melalui mention dan replies.

Pengguna juga bisa menggunakan gambar atau emoji untuk foto profil grup. Memoji terbaru lebih beragam dengan berbagai tambahan gaya rambut, topi, penutup wajah, dan lain-lain.

6. Peningkatan fitur privasi

Dalam pembaruan iOS, aplikasi akan diminta untuk mendapatkan izin pengguna sebelum melakukan pelacakan. Akhir tahun ini, halaman produk App Store akan menampilkan ringkasan dari praktik privasi yang dilaporkan sendiri oleh pengembang, ditampilkan dalam format yang sederhana dan mudah dipahami.

Selain itu, pengguna dapat memperbarui akun  Apple. Pengguna dapat memilih untuk membagikan perkiraan lokasi pengguna dengan pengembang aplikasi daripada lokasi spesifik  dan mendapatkan lebih banyak transparansi dalam penggunaan aplikasi terhadap mikrofon dan kamera.(cnnindonesia.com)

Science & Technology

Bocoran Spesifikasi Samsung Galxaxy Tab S7 Plus

Published

on

By

Finroll.com – Samsung Galaxy Tab S7 Plus telah terungkap mengenai spesifikasinya, menurut orang dalam yang dekat dengan SamMobile Galaxy Tab S7 Plus akan hadirkan pengisian daya cepat hingga 45W, selengkapnya !

Dikutip dari GSMArena, Galaxy Tab S7 Plus akan ditenagai oleh Snapdragon 865 SoC serta versi tablet yang mendukung konektivitas 5G sub-6Ghz 5G. Bagian depan ponsel teradapat layar Super AMOLED 12,4 inci dengan resolusi 2800×1752 piksel serta dukungan Pena S tentunya.

Chipset Snapdragon 865 Plus ini akan dipasangkan dengan konfigurasi memori 6GB atau 8GB RAM sedangkan untuk bagian penyimpanan terdapat dua pilihan 128GB dan 256 GB.

Menurut kabar sebelumnya, Galaxy Tab S7 Plus ini akan dibekali baterai 10.090 mAh yang memungkinkan akan dapat mengisi daya hingga 45W.

Selain itu, Samsung Galaxy Tab S7 Plus ini akan membawa dua kamera di bagian belakang diantaranya 13 MP dan 5 MP serta kamera selfie 8 MP. sementara untuk software, Tab S7 Plus akan dijalankan oleh Samsung One UI 2.5 berbasis Andorid 10.

Continue Reading

Science & Technology

Resmi Meluncur ! Ini Cara Pakai Fitur Animated Sticker Baru di WhatsApp

Published

on

By

Finroll.com – WhatsApp secara resmi meluncurkan fitur terbaru stiker animasi (animated sticker) pada 8 Juli 2020. Pengguna aplikasi WhatsApp kini dapat mengirimkan stiker bergerak kepada pengguna WhatsApp lainnya.

Sebenarnya fitur stiker animasi ini sudah terlebih dahulu dipakai oleh aplikasi lain seperti Instagram, Line, dan Telegram. Hanya saja, WhatsApp baru memakai fitur tersebut. Selain itu, bagi para pengguna aplikasi WhatsApp di seluruh Indonesia sudah dapat menggunakan fitur terbaru ini.

Fitur animasi ini sudah tersedia di semua platform termasuk dekstop (Windows dan macOS). Serta pengguna aplikasi harus memperbaharui aplikasi ke versi v2.20194.16 di Android dan v2.20.70. di iOS.

Berikut beberapa cara menggunakan fitur animated sticker di aplikasi WhatsApp :

  1. Pilih ikon ‘emoji’ di bagian kiri bawah yang terletak di sebelah kolom chat.
  2. Lalu pilih ikon ‘stiker’ di sebelah kanan ikon ‘gif’.
  3. Pilih ikon ‘+’ untuk mengunduh berbagai paket animated sticker. Anda dapat melihat ikon ‘Play’ di animated stickers untuk membedakannya dengan stiker biasa.
  4. Kemudian, Anda bisa melihat terlebih dahulu stiker dengan mengetuk stiker tersebut untuk melihat animasi.
  5. Setelah di unduh, stiker akan muncul di ‘My Stickers’.
  6. Nah, ketika sudah muncul di tabel stiker anda sudah bisa menggunakannya.

Namun, pergerakan animasi stiker ini tidak akan berulang-ulang. Apabila ingin animasi bergerak, pengguna mesti scroll ke atas dan ke bawah, dilansir dari Gadgets360.

Dan dilansir dari Gizmochina, stiker ini muncul di aplikasi dekstop setelah stiker di unduh di ponsel. Harus diingat, aplikasi WhatsApp untuk dekstop tidak memiliki opsi untuk mengakses Toko Sticker yang berisi kumpulan stiker.

Continue Reading

Science & Technology

Ninja ZX-25R Siap Rilis, Dealer Sebut Harga Rp90 Jutaan

Published

on

By

Finroll.com, Jakarta – Kabar peluncuran Kawasaki Ninja ZX-25R sudah santer di kalangan penggemar motor sport 250 cc dalam negeri. Info seputar penantang Honda CBR250RR dan Yamaha R25 itu bahkan sudah beredar di dunia maya.

Berdasarkan keterangan tenaga penjual dealer Kawasaki di Jakarta, harga motor tersebut berkisar Rp90 jutaan ketika resmi diluncurkan pada Jumat (10/7).

“Harga resmi memang belum diumumkan. Tapi kisarannya mungkin sekitar Rp90 jutaan,” kata tenaga penjual yang namanya enggan disebutkan, pada Rabu (8/7).

Ia mengaku belum memperoleh informasi lain seputar Kawasaki Ninja 250 cc empat silinder, namun keterangan dia menerima informasi motor akan diluncurkan pekan ini.

Tenaga penjual Kawasaki lainnya juga masih menutup rapat informasi resmi Ninja 250 cc baru. Ia mengaku belum memperoleh rincian produk, termasuk lamanya inden motor ini usai dipesan konsumen.

Calon konsumen dijelaskan belum bisa melakukan pemesan sampai motor resmi diluncurkan di Indonesia.

“Belum ada informasi resmi ke kami, mungkin bisa ditunggu saat peluncurannya tanggal 10 Juli. Karena di dealer kami juga belum buka pemesanan motor itu,” kata dia.

Sebelumnya sempat beredar di media sosial mengenai harga resmi motor dengan nama lain ZX25R tersebut. Harga dikatakan Rp98 juta varian non ABS, sedangkan Ninja 250 4 silinder ABS banderolnya Rp114 juta.

Namun harga tersebut lantas dibantah pihak Kawasaki Indonesia. Menurut agen pemegang merek Kawasaki, Kawasaki Motor Indonesia (KMI), informasi tersebut tidak benar alias hoaks.

“Salah itu. Hoax. Beda lumayan,” kata Head Sales and Promotion Kawasaki Motor Indonesia (KMI) Michael C. Tanadhi saat dikonfirmasi soal bocoran harga, Senin (6/7).

Sumber : CNN Indonesia

Continue Reading
Advertisement

Advertisement
Advertisement

Trending