Connect with us

News

Fakta Baru MRT: Bisa Bayar Pakai HP dan Akan Punya Jalur Bertingkat

Published

on


PT MRT Jakarta menyampaikan perkembangan terkini terkait pembangunan transportasi massalnya pada Kamis (31/10). Sepanjang Oktober 2019, ada beberapa proyek yang dikerjakan mulai dari pengembangan sistem pembayaran QR code hingga pengerjaan rute fase II dari Bundaran HI ke kawasan Kota, Jakarta.

Apa saja yang menarik? Berikut kumparan rangkum, Jumat (1/11).

1. Bayar MRT Jakarta Bisa Pakai HP
PT MRT Jakarta membuat aplikasi baru untuk mendukung sistem pembayaran digital mereka. Dengan aplikasi baru ini, nantinya pengguna semakin dimudahkan membayar moda transportasi massal ini hanya dengan scan QR code di smartphone atau ponsel.

Aplikasi ini memang masih dalam tahap pengembangan. Jika sudah jadi, otomatis aplikasi MRT Jakarta sebelumnya akan dihapus. Aplikasi ini ditargetkan bisa digunakan paling cepat awal akhir November atau Desember tahun ini.

Sementara itu, untuk bisa menggunakan aplikasi ini, pengguna harus unduh dan daftar dulu di smartphone masing-masing. Di dalamnya, sudah ada tiga dompet digital yang bisa digunakan untuk bayar MRT Jakarta yaitu Ovo, Dana, dan LinkAja. Ada peluang GoPay milik Gojek juga akan ikut dalam aplikasi baru MRT Jakarta, tapi proses kerja samanya masih belum final.

2. Jumlah Penumpang Sempat Turun
PT MRT Jakarta mencatat adanya penurunan jumlah penumpang selama Oktober 2019. Hingga kemarin, penumpang MRT Jakarta mencapai 2.663.741 orang atau sekitar 88.791 orang per hari.
Angka ini mengalami penurunan dibandingkan bulan jumlah penumpang pada September yang mencapai 2.729.780 orang atau rata-rata sekitar 90.993 ribu penumpang per hari.

Direktur Utama MRT Jakarta William Sabandar mengatakan, penurunan penumpang terjadi karena selama bulan kemarin ada acara besar yakni Pelantikan Anggota DPR RI 2019-2024 dan Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden 2019-2024. Meski begitu, dia menegaskan penurunan tersebut masih terpantau normal.

“Ada penurunan sedikit tapi kita masih prediksi normal. Kemaren ada event pelantikan Presiden dan Wakil Presiden masyarakat Jakarta lebih memilih tidak keluar rumah,” katanya.
Jika dilihat secara harian, William mengatakan selama Oktober 2019, puncak dari daya angkut penumpang MRT Jakarta terjadi pada hari Jumat. Berdasarkan data MRT, pada hari Jumat MRT pernah mengangkut hingga 109.000 penumpang.

3. Bangun 5 TOD, MRT Jakarta Bikin Anak Usaha
PT MRT Jakarta berencana bikin anak usaha yang bakal mengurusi pembangunan Transit Oriented Development atau TOD. Rencananya, bakal ada 5 TOD yang dibangun di Jakarta.
TOD merupakan pembangunan yang menggunakan pendekatan tata ruang terintegrasi antara transportasi massal seperti MRT Jakarta, Transjakarta (BRT), dan Kereta Api Ringan atau LRT Jabodebek.

“Dengan bangun 5 TOD, MRT akan bangun anak usaha,” kata Direktur Utama MRT Jakarta, William Sabandar, dalam konferensi pers di Cipete, Jakarta.
Kelima TOD yang dimaksud adalah Kawasan Dukuh Atas, Kawasan Istora Senayan, Kawasan Blok M Asean, Kawasan Fatmawati, dan Kawasan Lebak Bulus. Kelima TOD ini memiliki tema berbeda, sesuai dengan kebutuhan.

Misalnya, TOD Kawasan Dukuh Atas mengangkat tema poros transit internasional. Di dalamnya bakal dibangun perluasan pedestrian deck, menjadi hub transportasi beberapa kendaraan umum, revitalisasi area tepian air dan taman, pengembangan jalur sepeda, hingga pengembangan hunian terjangkau.

Pembangunan TOD bakal dimulai pada awal 2020 selama tiga tahun ke depan. Tapi, karena anak usaha belum terbentuk, William belum mau membeberkan mitra yang bakal digandeng hingga investasi yang dibutuhkan untuk membangun lima TOD.

4. MRT Fase II Bakal Ada Jalur Kereta Bertingkat
Usai menyelesaikan pembangunan jalur MRT fase II, PT MRT Jakarta bersiap mengerjakan rute fase II yang melingkupi Bundaran HI hingga Kota. Saat ini, baru paket CP 200 yang tengah dikerjakan, yakni membangun fasilitas aliran listrik Monas.

Direktur Utama MRT Jakarta William Sabandar mengatakan pada rute fase II terdiri atas tujuh stasiun tambahan yakni Sarinah, Monas, Harmoni, Sawah Besar, Mangga Besar, Glodok dan Kota. Dari tujuh stasiun, bakal dibangun jalur kereta bertingkat.

Jalur bertingkat ini nantinya dibangun dari Stasiun Harmoni hingga Glodok. Sedangkan dari Bundaran HI hingga Harmoni serta dari Stasiun Glodok hingga Kota akan dibangun sejajar lagi.

“Lebih dalam di bawah tanah semua 17-36 meter. Nantinya karakter terowongan, sampe harmoni sejajar, harmoni sampe Glodok bertingkat. Kota sejajar lagi,” terangnya.
Secara keseluruhan, nantinya rel MRT ini akan memiliki panjang 5,8 kilometer dengan lebar jalur 1.067 Mm. Selain CP 200, ada beberapa paket CP yang bakal dilelang untuk konstruksi seperti CP 201, CP 202, CP 203, CP 205, dan CP 206.

Dari semua paket yang dilelang tersebut sudah didapatkan desainnya. Sedangkan untuk paket CP 204, William mengatakan hingga saat ini belum bisa dipastikan lelangnya karena perusahaan baru mendapatkan izin untuk membangun depo di Ancol Barat.

Nasional

Keberangkatan Belum Jelas, Kuota Haji Sisa 11 Ribu Orang

Published

on

Finroll – Jakarta, Kementerian Agama (Kemenag) mencatat kuota haji untuk Indonesia masih tersisa sekitar 11 ribu jelang penutupan pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahap kedua pada Rabu (20/5).

Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Muhajirin Yanis mengatakan hingga Selasa (19/5) sore, baru 188.375 orang dari kuota 221 ribu yang telah melakukan pelunasan biaya haji dan siap diberangkatkan.

“Masih ada 11.143 kuota jemaah haji reguler yang belum terlunasi,” kata Yanis dalam keterangan tertulis di situs kemenag.go.id seperti dikutip CNNIndonesia.com, Rabu (20/5).

Yanis menuturkan sebanyak 179.584 orang melakukan pelunasan pada tahap pertama yang tutup 15 April. Sementara 10.014 baru melakukan pelunasan pada tahap kedua.

Dia juga menyampaikan masih ada sekitar 1.700 petugas haji yang belum melunasi BPIH. Jumlah itu terdiri dari 198 orang Pembimbing Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU) dan 1.478 Petugas Haji Daerah (PHD).

Meski proses pelunasan berjalan, Yanis mengaku belum tahu terkait keputusan pemberangkatan haji tahun ini. Pemerintah masih menunggu pengumuman dari Arab Saudi.

“Semoga segera ada keputusan. Apapun keputusannya, dana jemaah haji aman,” ucap Yanis.

Dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi VIII DPR RI bersama Kemenag, Rabu (15/4), Kepala BPKH Anggito Abimanyu mengatakan ada tren penurunan jemaah haji di Indonesia dalam kondisi pandemi virus corona.

Anggito menduga penurunan pendaftar haji terjadi karena dampak ekonomi dari pandemi. Saat itu, baru baru sekitar 160 ribu orang yang telah melunasi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH).

“Pada saat ini kami harus akui pimpinan bahwa pendaftar haji tahun ini turunnya hampir 50 persen karena kondisi ekonomi masyarakat kita memang tertekan,” kata Anggito dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi VIII DPR RI bersama Kemenag, Rabu (15/4).

Jika haji digelar, Indonesia rencananya akan mengirim 221 ribu orang jemaah mulai 26 Juni. Namun Presiden Joko Widodo belum memutuskan apakah akan memberangkatkan jemaah atau tidak di tengah pandemi. Ia masih menunggu kabar dari Saudi hingga 1 Juni.

Sumber : CNN Indonesia

Continue Reading

International

Sumpah Xi Jinping: China Siap Sebar Vaksin ke Dunia!

Published

on

Presiden China Xi Jinping buka suara merespons sederet tudingan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump. Dalam sejumlah kesempatan, Trump menuding China gagal menangani virus corona baru penyebab Covid-19 sehingga menjadi pandemi.

FINROLL.COM — Dalam pidato untuk Majelis Kesehatan Dunia (WHA), Xi mengatakan China sudah sangat transparan terkait Covid-19. Ia bahkan menyebut Negeri Tirai Bambu sudah melakukan berbagai cara menolong negara lain.

“China selalu memiliki sikap terbuka, transparan dan bertanggung jawab,” ujarnya sebagaimana dikutip AFP, Senin (18/5/2020).

Xi menambahkan China juga mendukung evaluasi komprehensif terhadap pandemi. Tapi, ia meminta penyelidikan harus dipimpin oleh WHO dan memegang prinsip objektivitas.

Di kesempatan yang sama, dia menjanjikan bakal membagikan vaksin segera setelah ditemukan. Vaksin, kata dia, ketika sukses dibuat akan menjadi barang umum milik global. “Ini akan menjadi kontribusi China untuk memastikan aksesibilitas dan keterjangkauan vaksin di negara-negara berkembang,” katanya sebagaimana ditulis juga oleh The Strait Times, Selasa (19/5/2020)

Xi pun akan memberi bantuan pada WHO hingga US$ 2 miliar.

Sebelumnya Trump menuding China gagal membendung Covid-19. Ia pun sempat berujar memiliki bukti, yang bisa mengaitkan awal COVID-19 dengan sebuah laboratoriun virologi di Wuhan. Wuhan sendiri adalah ibu kota provinsi Hubei, di China tengah. Kota itu menjadi pusat pertama penyebaran virus corona baru itu di akhir 2019.

Trump pun sempat berujar enggan berkomunikasi dengan Xi. Ia bahkan mengancam memutus hubungan dengan China. Hal itu membuat global khawatir akan ancaman babak baru perang dagang.

Hingga kini, berdasarkan data Worldometers, total kasus Covid-19 global mencapai 4,8 juta jiwa. Di mana sebanyak 212 negara dan teritori terinfeksi. (CNBCIndonesia.com)

Continue Reading

International

India Perpanjang Lockdown, dalam 24 Jam Ada 4.987 Kasus Corona

Published

on

Finroll – Jakarta, Pemerintah India menyatakan lockdown atau penguncian masih berlanjut hingga 31 Mei mendatang. Kementerian Dalam Negeri India mengatakan, perpanjangan ini menyusul kasus infeksi virus corona yang masih tinggi.

Hingga Minggu (17/5), dilaporkan terjadi lonjakan terbesar kasus infeksi dengan rekor 4.987 kasus hanya dalam 24 jam terakhir.

Di bawah pedoman baru yang dikeluarkan oleh Kementerian Dalam Negeri, pemerintah India memberikan kepada negara-negara bagian dan wilayah untuk membuat keputusan dalam fase keempat penguncian India.

Pergerakan kendaraan penumpang dan bus di seluruh negara akan diizinkan di daerah-daerah yang tidak terkontaminasi virus, tentu dengan persetujuan bersama dari negara bagian dan wilayah serikat pekerja.

Pun demikian dengan daerah zona merah, hijau, dan oranye keputusannya diambil oleh masing-masing pemerintah negara bagian dan wilayah serikat pekerja berdasarkan pedemoan dari Kementerian Kesehatan India.

Pedoman baru yang dikeluarkan oleh Departemen Dalam Negeri pada hari Minggu juga mengimbau agar masyarakat bekerja dari rumah.

Menurut perintah Kementerian sebelumnya, perpindahan orang akan tetap dilarang keras sejak pukul 19.00 hingga 07.00 pagi, kecuali untuk kegiatan penting.

Sekolah dan perguruan tinggi akan tetap ditutup dengan dialihkan ke belajar online.

Pemerintah juga menutup perjalanan jalur udara untuk domestik dan internasional, kecuali jika diizinkan oleh Departemen Kesehatan.

Juga layanan kereta api, bioskop, pusat perbelanjaan akan tetap ditutup. Termasuk tempat pertemuan sosial, politik, olahraga, agama dan budaya juga tetap dilarang di India.

India telah melakukan lockdwon di seluruh negeri sejak akhir Maret.

India juga menjadi negara tertinggi kedua kasus infeksi corona di Asia, melampaui China. Dengan tambahan 4.987 kasus pada Minggu (17/5), maka total kasus infeksi di India tembus 90.927 kasus.

Sumber : CNN Indonesia

Continue Reading
Advertisement

Advertisement

Trending