Connect with us

Entertainment

Idola K-pop di Pusaran Dugaan Plagiarisme

Published

on


Isu plagiarisme kembali menjadi sorotan di tengah dunia K-pop pada 2020. Sejumlah musisi asing diduga menjiplak video musik Korea, tapi ada pula tim kreatif idola K-pop yang dituding meniru karya artis mancanegara.

Salah satu kasus terbaru adalah video debut STAYC yang dituduh menjiplak Midnight Sky milik Miley Cyrus. Perusahaan produksi video itu, Rigend Film, akhirnya meminta maaf dan menegaskan bahwa mereka tak pernah berniat menjiplak apa pun dalam proses pembuatan video musik STAYC, SO BAD.

“Kami juga ingin meminta maaf kepada penggemar dan publik karena mengonfirmasi detail terkait seni dan visual selama tahap produksi tanpa penelitian yang sesuai. Kami memohon maaf,” demikian pernyataan mereka seperti dilansir DongA via Naver.

Tak hanya STAYC, aespa juga harus terlibat dugaan plagiarisme menjelang debut mereka. Dugaan tersebut muncul setelah SM Entertainment merilis video teaser Black Mamba pada Minggu (15/11) malam waktu Indonesia.

Sejumlah bagian dari teaser tersebut diduga hasil menjiplak karya seni beberapa orang, salah satunya seniman asal Jerman, Timo Helgert.

Helgert menyoroti beberapa adegan, seperti ketika ular hitam besar (mamba) melintas di dalam kereta bawah tanah. Ada pula adegan bunga-bunga di dalam subway seperti di video musik NCT beberapa waktu lalu.

Seniman Bryan Huynh juga sempat mengunggah kemiripan antara karya seninya dengan foto teaser member aespa di Instagram Stories-nya beberapa waktu lalu.

Namun, hingga kini SM Entertainment belum memberikan keterangan resmi terkait dugaan plagiarisme tersebut.

Mengutip berbagai sumber, CNNIndonesia.com merangkum beberapa isu dugaan plagiarisme yang beredar di tengah idol K-pop pada 2020.

IU – Above Time

Via Vallen menarik perhatian ketika video untuk lagunya, Kasih Dengarkanlah Aku, diduga merupakan hasil jiplak klip musik IU, Above Time.

Label musik Via, Ascada Musik, menyatakan video itu sepenuhnya buah pemikiran sang sutradara. Mereka juga menyatakan Via dan Dyrga Dadaly hanya menjalankan tugas sebagai pemeran video.

Video asli Kasih Dengarkanlah Aku telah dihapus dan diganti dengan yang baru. Namun, Via Vallen secara pribadi meminta maaf kepada semua orang, terutama penggemar IU.

Isin aku, rek (malu aku). Dilokno koyok ngono (diledek seperti itu), karena memang salah ya mau bagaimana? Ya aku bisa apa? Terus fans-nya (penggemarnya) marah, merasa dijiplak videonya. Wajar gitu lho, wajar banget, karena memang salah posisinya. Makanya, aku sampai bikin story minta maaf,” kata ViaVallen beberapa waktu lalu.

GOT7 (Just Right) dan BTS (Boy with Luv)

Video musik Just Right milik GOT7 juga diduga pernah ditiru secara keseluruhan dalam video klip Hold Me Down yang dipopulerkan Lyta.

Setiap bagian dari awal hingga akhir klip yang dirilis pada 14 Agustus 2020 itu terlihat serupa dengan video musik GOT7 yang dirilis pada 12 Juli 2015 tersebut.

Warganet juga menuding Lyta menjiplak beberapa bagian klip Boy with Luv karya BTS untuk video musiknya, Hold Me Down.

Alih-alih memberikan keterangan resmi terkait dugaan plagiat tersebut, labelLyta,Naira Marley, hanya menuliskan video musik tersebut terinspirasi dari GOT7 danBTS. Kolom komentar untuk video musik tersebut juga telah ditutup.

BIGBANG – Bad Boy

Rapper asal Filipina, Flow-G dan Skusta Clee, beberapa kali diduga menjiplak musik dari idol Korea, seperti BIGBANG dan BTS.

Mereka awalnya diduga menjiplak musik Bad Boy yang dirilis BIGBANG pada 28 Februari 2012 dengan merilis Wag Ka Nang Magalit sekitar dua tahun lalu. Video musik asli Wag Ka Nang Magalit kini telah dihapus.

BTS – DDAENG

Skusta Lee dan Flow-G kembali tersandung masalah plagiarisme. Ia kali ini diduga menjiplak lagu DDAENG dari BTS dalam lagu DEYM.

Dalam unggahan di Facebook, Flow-G menjelaskan lagu itu dibuat dengan beat dan flow yang umum. Ia juga menegaskan DEYM tak mirip dengan DDAENG.

“Semua hanya kebetulan,” tulis Flow-G.

Pernyataan tersebut membuat fan BTS mendesak Big Hit Entertainment selaku agensi mengambil langkah hukum terkait dugaan plagiat itu.

Agust D (Suga BTS) – Daechwita

Rapper asal Ukraina, Alllex Black, diduga menjiplak lagu Daechwita (Agust D) dalam lagunya yang bertajuk 10K. Awalnya, 10K dirilis sebagai single.

Namun, banyak warganet yang menyadari kemiripan lagu tersebut dengan Daechwita dan melaporkan hal tersebut kepada Big Hit Entertainment.

Tak lama setelah itu, mereka merilis ulang lagu tersebut dengan keterangan 10K merupakan cover dariDaechwita.

Advertisement

Entertainment

Marcos Tjung Gelar Konser Virtual Artis Mandarin Indonesia

Published

on

By

Pandemi Covid-19 membuat seluruh kegiatan yang mengumpulkan banyak orang harus mandek total. Sektor hiburan menjadi salah satu yang paling terdampak, terutama acara live yang mengundang banyak penonton seperti konser.

Sepanjang tahun 2020, para musisi di seluruh dunia pun memutar otak agar tetap bisa berkarya sembari tetap terhubung dengan para penggemar mereka.

Salah satu alternatif yang mulai banyak dilakukan adalah menggelar konser virtual lewat live streaming. Belakangan konser macam ini kian populer dan diprediksi akan berlanjut menjadi tren.

Salah satu konser virtual yang dinantikan di tahun 2021 ini adalah konser virtual yang digagas oleh Marcos Tjung.

Melalui Mtjung Production konser virtual ini bertajuk Pulihkan Dunia. Konser ini ditujukan untuk menggalang dana yang ditujukan untuk membantu para pekerja seni yang terdampak pandemi.

“Kita ingin memberikan sebuah spirit yang besar agar mereka (yang terdampak) bisa lebih semangat dan mau bangkit lagi,” kata Marcos Tjung kepada redaksi finroll.com.

Konsep konser ini sangat spektakuler karena seluruh Artis & Host serta Crew sangat totalitas dalam mempersiapkan Konser ini selama berbulan bulan. tentunya selama persiapan dan proses Shooting kita semua mematuhi Protokol Kesehatan yang ada.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Marcos Tjung (@marcostjung)

Bukan hanya industri hiburan secara umum, namun industri musik Mandarin juga merasakan dampak yang sangat significant. Hal inilah yang membuat Marcos Tjung memiliki ide untuk konser amal tersebut.

“Industri musik Mandarin Indonesia terkena dampak negatif yang luar biasa akibat pandemi berkepanjangan ini. Saya harus melibatkan mereka semua untuk bisa saling membantu di situasi serba sulit seperti sekarang ini,” lanjutnya.

Konser virtual yang digelar pada 6 Mei 2021 kemari menampilkan sejumlah artis dan musikus seperti Feline Xiao, Anna Polnaya, Rani Pancarani, Dea Mirella, Sarwana, Calvin Qiu, Darwis Lim, Miss Elvin, Dede Loo, Huang Licia, Yezqie Quo, Wynna Jap, Andre Loong dan masih banyak lagi.

Acara dipandu oleh Bryant, Fera Chai, Denise Chariesta, Wina, Toni Huang, Malinda Nenie, dan juga Leny Rafael.

Acara tersebut juga bakal dihadiri oleh Brigjen (P) Bambang Sudono beserta Vina Bambang Sudono.

Continue Reading

Entertainment

Masalah Setia, Dul Jaelani Yakin Ia dan Kakaknya Tidak seperti Ahmad Dhani

Published

on

Dul Jaelani saat ini sedang sangat berbahagia bersama pacar barunya, Tissa Biani. Mulanya malas berpacaran, Dul justru kini terlihat sangat sayang pada Tissa.

Namun, Dul selalu ingin menikah muda. Lantas, bagaimana jadinya jika Tissa baru diizinkan oleh ibunya untuk menikah setelah berusia 25 tahun?
“Nunggulah. Ya, sembari mematangkan finansial gitu,” ungkap Dul saat menjadi bintang tamu di program Rumpi yang tayang pada Rabu (5/5).

Meski ingin menikah muda, Dul Jaelani tetap sadar bahwa kondisi ekonominya sendiri belum terlalu mapan.
“Ya, mau nabung untuk karier di musik aja gitu. Aku, kan, punya label musik sendiri, jadi uang untuk produksi atau apa pun itu sendiri semua,” tuturnya.

Lucunya, Dul mengatakan bahwa Tissa tidak perlu mempertanyakan apakah dirinya akan setia atau tidak. Ia pun menjelaskan masalah itu dengan sebuah kelakar yang menyinggung sang ayah, Ahmad Dhani.

“Al, El, Dul itu setia semua loh. Kalau enggak punya pacar memang ke sana, ke sini, tapi kalau sudah punya satu enggak,” kata Dul Jaelani seraya tertawa.
“Coba lihat, Bang Al sama Kak Alyssa setia, El berapa tahun, tuh, sama Marsha. Masalah ini enggak ada keturunan Ahmad Dhani-nya, kita setia,” sambungnya.

Sumber : Kumparan. com

Continue Reading

Entertainment

Reza Arap Stres Usai Menikah dengan Wendy Walters: Dua Minggu Awal Gue Bengong

Published

on

Muhammad Reza Oktovian alias Reza Arap dan Wendy Walters tengah menjalani kehidupan baru sebagai suami istri. Keduanya resmi menikah pada Januari lalu.

Ketika menjadi bintang tamu dalam konten YouTube Boy William, Reza Arap menceritakan apa yang dirasakannya jelang menikah dengan Wendy Walters. Awalnya, Boy, yang tak lama lagi bakal menikahi Karen Vendela, mengaku merasa deg-degan dan takut.

“Kok, gue enggak (merasa deg-degan dan takut), ya, waktu itu,” sahut Reza Arap
Wendy Walters langsung menyanggah. Ia mengungkap bahwa Reza Arap merasakan hal yang sama dengan Boy William, bahkan sampai menangis.
“Enggak mungkin gue sampai nangis. Reza Arap nangis? Ha ha ha. But, I cried,” ujar musisi berusia 33 tahun itu disambut tawa Boy William.
Wendy Walter kemudian membocorkan bahwa ketakutan yang dirasakan Reza Arap jelang pernikahan pernah membuat mereka bertengkar.
“Dia (Reza Arap) dulu juga takut. Gue sampai berantemin. Gue bilang kayak, ‘Lo, kalau enggak siap, enggak usah nikah,’ karena gue ngelihatnya kayak, pas mau nikah, ‘Kenapa lo malah kayak stres banget?’ gitu, kan. Tapi, setelah gue tanya ke beberapa teman cowok gue yang memang sudah menikah, ternyata semuanya memang melewati itu,” tutur Wendy Walters.
Reza Arap lalu berkisah, ia malah sempat merasa sangat stres usai menikah. Mendengar itu, Wendy Walters membenarkan.
“Oh, gue stres parahnya pas setelah nikah justru, dua minggu awal nikah. Man, gue bengong, man. Dua minggu awal setelah menikah, gue bengong. Literally, gue kayak, ‘Ini gue apa, ya? Ini gue ngapain, ya?'” pungkas Reza Arap.
Sumber : Kumparan.com
Continue Reading

Trending