Connect with us

Business

Ini Perbedaan Saham BP Jamsostek dengan Asabri dan Jiwasraya

Published

on


PT Asuransi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia atau Asabri (Persero) dan PT Jiwasraya (Persero) belakangan ini tengah menjadi perhatian publik. Kedua BUMN ini dikabarkan merugi akibat salah kelola dana penempatan.

Usai ditelusuri, penyebab ambruknya kinerja dua BUMN ini karena pengelolaan penempatan dana investasi. Baik Jiwasraya maupun Asabri, sama-sama tersandung saham gorengan.

Namun, berbeda dengan kedua perusahaan plat merah tersebut, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Tenaga Kerja (BP Jamsostek) memastikan bahwa dana yang dikelola tidak di tempatkan pada saham gorengan.

Direktur Pengembangan Investasi BP Jamsostek Amran Nasution memastikan bahwa dana kelolaan yang ditempatkan di pasar saham seluruhnya berstasus LQ45 atau saham blue chip.

“Saham kita LQ45. Full LQ 45. Jadi kami enggak mau main yang goreng-gorengan,” kata dia di Jakarta, Selasa (14/1/2020).

Amran menjelaskan, meskipun ada saham yang saat ini tidak berstatus LQ45, ia memastikan bahwa saham tersebut sebelumnya sempat masuk ke daftar saham LQ45.

Salah satu contoh saham yang tidak lagi berstatus LQ45 adalah PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA).

“Kami ada (saham) di Garuda kecil, terus terang dikit karena BUMN kan. Dulu dia LQ45 sekarang udah enggak, keluar. Itu jumlahnya 1,89 persen,” ujarnya.

Menurut Amran, saham berstatus LQ45 memiliki kepastian return alias imbal hasil yang jelas. Berbeda dengan saham gorengan yang memiliki risiko jauh lebih besar. Pada tahun lalu, total dana kelola BP Jamsostek mencapai Rp 431 triliun.

Sebanyak 18 persen dana kelola diinvestasikan ke pasar saham. Lain halnya dengan BP Jamsostek, mengutip Kontan, Hingga November 2019, berdasarkan data Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), Asabri punya portofolio di 14 saham dengan kepemilikan di atas 5 persen.

Berikut portofolio saham Asabri antara lain Bank Yudha Bhakti (BBYB) sebanyak 20,13 persen, Alfa Energi Investama (FIRE) sebanyak 23,60 persen, Hartadinata Abadi (HRTA) sebanyak 5,26 persen, dan Island Concept Indonesia (ICON) sebanyak 5,02 persen.

Kemudian Asabri juga memiliki saham di Inti Agri Resources (IIKP) sebanyak 11,58 persen, Indofarma (INAF) sebanyak 13,92 persen, Hanson Internasional (MYRX) sebanyak 5,40 persen, Pelat Timah Nusantara (NIKL) sebanyak 10,31 persen dan Proma Cakawala Abadi (PCAR) sebanyak 25,14 persen.

Adapula kepemilikan saham Asabri di Pool Advista Finance (POLA) sebanyak 7,65 persen, Pool Advista Indonesia (POOL) sebanyak 7,43 persen, PP Property (PPRO) sebanyak 5,33 persen, Sidomulyo (SDMU) sebanyak 18,06 persen dan SMR Utama (SMRU) sebanyak 6,61 persen.

Sementara itu, Jiwasraya tercatat memiliki saham PT PP Properti Tbk (PPRO). Dimana pada 1 Januari 2018 bernilai Rp 1,03 triliun. Nilai saham itu tinggal Rp 556,7 miliar pada 10 Oktober 2018. Artinya nilai saham PPRO milik Jiwasraya turun sekitar Rp 473,21 miliar.

Jiwasraya juga memiliki saham PT Semen Baturaja Tbk (SMBR). Pada 1 Januari 2018, nilai SMBR milik Jiwasraya sekitar Rp 3,46 triliun. Nilai saham itu menjadi Rp 2,09 triliun pada 10 Oktober 2018 atau turun sekitar Rp 1,37 triliun.

Dalam laporan keuangan yang Jiwasraya, aset berupa saham pada Desember 2017 tercatat sebesar Rp 6,63 triliun, menyusut drastis menjadi Rp 2,48 triliun pada September 2019.

Merosotnya aset paling dalam terjadi pada aset yang ditempatkan di reksa dana. Pada Desember 2017 tercatat sebesar Rp 19,17 triliun, nilainya anjlok menjadi Rp 6,64 triliun pada September 2019.

Advertisement Valbury

Business

Ketua Sapuhi : Kami Bangga PT Garuda Wujudkan Komitmen Kerjasamanya

Published

on

Finroll.com — Direktur Utama dan Direksi PT. Garuda Indonesia mengunjungi Travel – travel yang menggunakan PT. Garuda Indonesia sebagai Jasa Angkutannya. Hal itu dilakukan sebagai wujud komitmennya untuk melakukan kerjasama kepada Mitra -mitraya yang lebih baik ke depannya.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Umum Sarikat Penyelenggara Umrah dan Haji Indonesia (Sapuhi), Syam Resfiadi melalui pesan tertulisnya di Jakarta, Selasa (25/2/2020).

Menurutnya, PT. Garuda Indonesia berkomitmen dengan semua Travel mitra yang mendukung untuk bekerjasama dengan lebih baik, dan membesarkan pangsa pasar Umroh dan Haji Khusus di Indonesia. Begitu juga dengan Sarikat Penyelenggara Umrah dan Haji Indonesia (Sapuhi), jika dapat mendukung penjualan Garuda Indonesia,” tuturnya.

“Kami (Anggota Sapuhi) sudah berkerjasama dengan PT. Garuda Indonesia, dan akan kami kembangkan ke daerah – daerah lainnya di Indonesia,” tambah Syam.

Syam mengaku sangat bangga dengan jajaran CEO dan Direksi Garuda Indonesia yang baru. Ini betul – betul komit dengan pernyataannya. Dan kita akan kerjasama yang lebih maju lagi untuk kedepannya.

“Terimakasih dan salam saya untuk para CEO dan Direksi Garuda yang baru. Ini luar biasa,” pungkasnya.

Perlu diketahui sebelumnya, pada Desember lalu, Menteri BUMN Erick Thohir telah melakukan perombakan dalam struktur tubuh Garuda Indonesia, dengan mencopot direktur utama dan sejumlah direktur lainnya.

Menteri BUMN Erick Thohir resmi menunjuk Irfan Setiaputra sebagai direktur utama Garuda Indonesia yang baru.

Erick berharap Direktur Garuda Indonesia Irfan Setiaputra dapat menjalankan amanahnya dan bisa membawa Garuda lebih baik lagi.

Continue Reading

Business

PT. Hassana Boga Sejahtera Luncurkan Produk Makanan Pendamping ASI (MPASI)

Published

on

Finroll.com — PT. Hassana Boga Sejahtera meluncurkan produk terbarunya jenis makanan pendamping ASI (MPASI) dalam sajian Bubur Bayi yang diberi nama Nayz.

Founder & CEO PT. Hassana Boga Sejahtera (Nayz), Lutfiel Hakim mengatakan, hari ini kita launching satu produk baru yang merupakan hasil dari pengembangan produk sebelumnya yang dinamakan MPASI bubur bayi 3.0. Dengan mengusung konsep produk homemade, Nayz ingin dikenal sebagai pelopor dalam makanan pendamping ASI non instan,” katanya dalam peluncuran Nayz di JSC HIVE, Jl. Prof Dr. Satrio Karet Kuningan Jakarta Selasa (25/2/2020).

“Nayz telah mendapatkan izin resmi BPOM, dengan memproduksi MPASI berkonsep homemade organik pertama di Indonesia dan juga di Asia tenggara,” tambahnya.

Lutfiel Hakim menjelaskan bahwa, komposisi MPASI Bubur Bayi Nayz dirancang secara khusus, dengan bahan dasar yang diseleksi dari material yang paling berkualitas yang didapatkan dari tangan-tangan tulus petani Indonesia,” jelasnya.

Keunggulan dan perbedaan produk MPASI Nayz lanjut Lutfiel adalah, bahan dasarnya berasal dari beras asli yang utuh. Diperkaya campuran sayuran hijau seperti brokoli, wortel, buncis dan lainnnya sebagai protein nabati dan ikan sebagai protein hewani,” jelas Lutfiel.

MPASI homemade menjadi trend yang banyak sekali dilakukan para Ibu dengan balita yang masih membutuhkan Makanan Pendamping ASI (MPASI). Sementara, organik adalah gaya hidup kekinian. Gaya hidup yang selaras dengan alam, dalam arti mendukung kelestarian dan menjaga alam dari kerusakan. Bebas pestisida. Homemade atau rumahan, artinya dibuat dirumah, oleh tangan Bunda sendiri.

“nilah wujud cinta kasih Ibu. Karena memang sejarah Nayz berawal dari konsumsi untuk anak anak kami sendiri. Nayz pasti memberikan yang terbaik, seperti memberikan MPASI kepada anak kami sendiri,” imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama Dr. Ameetha Drupadi selaku Konselor Laktasi, yang juga aktif sebagai Dokter pada yayasan perlindugan anak menjelaskan bahwa, ada beberapa hal yang perlu diingat dalam pemberian MPASI pada bayi.

“Sebaiknya berikan makanan bergizi seimbang sejak usia 6 bulan, makanan yang diberikan terbuat dari bahan lokal, terjangkau, dan mudah disiapkan,” jelasnya.

Menurutnya, pastikan kebersihan tangan serta peralatan MPASI. Minyak, Mentega, dan Santan dapat digunakan sebagai penambah kalori. Tidak terlalu manis, tidak terlalu asin, dan tidak terlalu pedas,” tuturnya.

Pemberian makanan bayi dan anak berdasarkan rekomendasi, anjuran WHO menurutnya adalah, sebaiknya biarkan bayi menyusui sendiri dalam 1 jam setelah persalinan (IMD). Susui secara eksklusif sampai bayi berumur 6 bulan (Asi Eksklusif).

Berikanlah makanan pendamping Asi (MPASI) pada saat bayi berusia 6 bulan, dan biarkan bayi menyusui sampai berumur 2 tahun keatas,” pungkasnya.

Continue Reading

Business

Ruas Tol Cikunir dan Bekasi Barat 2 Ditutup Sementara

Published

on

By

Ilustrasi. Sebagian tol milik Jasa Marga terendam banjir. (ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah)

Finroll – Jakarta, PT Jasa Marga (Persero) Tbk merinci sejumlah titik di ruas tol daerah Jakarta dan sekitarnya yang terkena banjir, Selasa (25/2). Banjir muncul usai hujan yang terus mengguyur Jakarta dan sekitarnya sejak Senin (24/2) malam.

Dari beberapa daftar titik genangan yang dirilis PT Jasa Marga, beberapa di antaranya masih dapat dilewati oleh pengendara. Namun, ada pula ruas tol yang tidak dapat dilewati dan ditutup sementara, di antaranya Gerbang Tol Bekasi Barat 2, Pondok Gede Timur (Km 8), Cikunir 4, dan gerbang keluar tol Rorotan.

Jalan Tol menuju Cikampek dari arah Jakarta sebagian besar tergenang banjir. Beberapa jalur tol masih dapat dilewati kendaraan pribadi. PT Jasa Marga mengimbau pengguna kendaraan pribadi untuk melewati jalan alternatif.

Adapun untuk jalur tol Jakarta-Tangerang atau sebaliknya terpantau tak ada genangan. Begitu pula untuk jalan tol JORR bagian Utara, sehingga dapat dilalui seluruh kendaraan.

Berikut update informasi titik genangan di Jalan Tol Jasa Marga:

Jalan Tol Jakarta-Cikampek
Arah Cikampek
– Km 8 terdapat genangan di seluruh lajur, namun masih dilintasi seluruh jenis kendaraan.
– Km 19 dapat dilintasi semua kendaraan.
– Km 34 dapat dilintasi seluruh kendaraan.
Arah Jakarta
– Km 34 dapat dilintasi seluruh kendaraan.
– Km 19 pengguna jalan dapat melintasi dengan menggunakan lajur 3 dan lajur 4.
– Km 8 (Jatibening) saat ini terdapat genangan di seluruh lajur dan hanya dapat dilintasi kendaraan besar.

Jalan Tol Jakarta-Tangeran
Arah Tangerang nihil genangan, bisa dilalui seluruh kendaraan.

Jalan Tol Jagorawi
Arah Jakarta terdapat genangan air di Kali Cipinang Km 3+800 di lajur 1 dan lajur 2 setinggi 15-20cm.

Jalan Tol JORR
Arah Rorotan:
– Km 44+700 masih aman dilalui oleh pengguna jalan. Genangan di 3 lajur dengan tinggi 15-20 cm.
– Keluar Rorotan ditutup karena jalan nasional Kawasan Berikat Nusantara (KBN) terdapat genangan 45-50cm.
Arah Jatiasih:
– Terowongan dari GT Cikunir 4 arah Jatiasih ditutup sementara karena ada genangan air, dialihkan ke GT Kalimalang 2.
– Km 44+600 ada genangan air 10-15cm, masih aman dilalui pengguna jalan.

Jalan Tol JORR W2 Utara
– Nihil genangan, bisa dilalui seluruh kendaraan.

Sementara itu, update gerbang tol yang ditutup sementara akibat genangan adalah:
– GT Bekasi Barat 2
– GT Pondok Gede Timur (Km 8)

PT Jasa Marga juga menempatkan petugas di beberapa lokasi dekat banjir untuk memastikan kondisi jalan tetap aman untuk pengguna jalan. Mereka juga mengimbau pengguna jalan agar dapat mengurangi kecepatan kendaraan dan mengantisipasi genangan air ini.

Sumber : CNN Indonesia

Continue Reading
Advertisement

Advertisement

Trending