Connect with us

MotoGP

Ini yang Harus Dilakukan Fabio Quartararo Sebelum Jadi Rival Terkuat Marc Marquez

Published

on


Pembalap tim Petronas Yamaha, Fabio Quartararo, mulai MotoGP musim depan pindah ke Monster Energy Yamaha (AFP/Lillian Suwanrumpha)

Finroll.com, Jakarta –  Sebelum dianggap sebagai rival terkuat Marc Marquez pada masa depan, Fabio Quartararo harus membuktikan diri terlebih dahulu dengan cara merebut kemenangan di MotoGP. Inilah yang dinyatakan ayah Jorge Lorenzo, Chicho Lorenzo, kepada Paddock GP, Selasa (30/6/2020).

Chicho, yakni sosok yang ‘menggembleng’ Lorenzo sejak anak-anak sampai bisa merebut 5 gelar dunia, tentu tahu banyak soal apa yang harus dan tidak dilakukan oleh seorang pebalap jika ingin merebut kesuksesan.

Mengamati debut Fabio Quartararo di kelas tertinggi pada 2019, di mana ia merebut 7 podium dan 6 pole, Chicho pun yakin kemampuan rider 21 tahun itu hanya tinggal di asah sedikit agar bisa lebih baik lagi tampil di lintasan dan benar-benar menjadi rival berat Marquez.

Gebrakan Quartararo tahun lalu memang membuatnya kembali dijuluki ‘The Next Marc Marquez’, julukan yang pernah diberikan banyak orang padanya saat masih turun di CEV Moto3 pada 2013 dan 2014. Chicho pun mengaku paham mengapa Fabio Quartararo bisa sampai mendapatkan julukan yang cukup ‘serius’ tersebut.

“Kami yakin pada Fabio sampai-sampai menyebutnya sebagai bintang baru MotoGP dan sebagai suksesor Marc Marquez. Di MotoGP, ia terbukti bisa sangat cepat dan meraih hasil baik meski membela tim satelit. Ia bahkan bisa tampil lebih baik dari Rossi dan Vinales pada beberapa kesempatan. Kami sudah lihat ia mampu ‘mengganggu’ Marc,” ungkapnya.

Motor Paling Bersahabat

Marc Marquez (kanan) seolah hendak mencekik leher Fabio Quartararo (kiri) pembalap Petronas Yamaha SRT asal Prancis. (AFP/Jorge Guerrero)

Chicho pun yakin debut gemilang Quartararo juga terbantu fakta bahwa YZR-M1 merupakan motor paling bersahabat di MotoGP, yang cocok dengan segala jenis gaya balap. Meski begitu, untuk benar-benar bersaing sengit dengan Marquez, Quartararo harus bekerja lebih keras lagi.

“Juga benar bahwa Yamaha adalah motor yang mudah dikendarai. Dengan motor itu, pebalap lain juga langsung cepat sekalinya berkendara. Tapi apakah Fabio akan benar-benar bisa melawan Marc?” tutur Chicho, yang juga mentor Lorenzo School, akademi balap yang mengorbitkan Joan Mir.

“Jika Fabio menemukan tombol yang tepat di kepalanya, yang bisa membantunya mendapatkan langkah terakhir untuk mulai meraih kemenangan dan ikut memperebutkan gelar dunia, maka barulah memungkinkan ia bisa menjadi lawan Marc yang sepadan,” pungkasnya. (Bola.com)(GE)

MotoGP

Resmi: Marc Marquez Absen Balapan MotoGP Republik Ceska, Honda Tunjuk Pembalap Pengganti

Published

on

By

Pembalap Repsol Honda Marc Marquez dalam balapan MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, Minggu (19/7/2020).(AP Photo/David Clares)

Finroll.com, Jakarta – Tim Repsol Honda telah mengkonfirmasi bahwa Marc Marquez akan absen balapan pada seri ketiga MotoGP 2020 di Sirkuit Brno, Republik Ceska, akhir pekan ini.

Marc Marquez memang baru saja menjalani operasi kedua pada lengan kanan pada Senin (3/8/2020) malam waktu Spanyol. Operasi tersebut dilakukan lantaran plat titanium yang tertanam di tulang humerus mengalami kerusakan.

Karena sosok juara dunia MotoGP enam kali itu absen, Repsol Honda turut mengumumkan posisi kakak dari Alex Marquez itu akan digantikan pembalap penguji mereka, Stefan Bradl.

Sosok Stefan Bradl sendiri bukan sosok asing di ajang MotoGP. Total ia telah tampil balapan sebanyak sembilan kali sejak kehilangan kursi sebagai pembalap utama tim Aprilia musim 2016.

Rinciannya Bradl tampil sebanyak empat kali musim lalu dan lima balapan di MotoGP 2018. Semua penampilan ini dicatat pembalap asal Jerman itu dengan mengendarai motor Honda RC213V.

Komentar Dokter yang Mengoperasi Marc Marquez

Sebelumnya, Dr. Xavier Mir, dokter yang melakukan operasi pada lengan kanan Marc Marquez, setidaknya butuh waktu 48 jam untuk mengetahui proses pemulihan sang pembalap.

Artinya pada hari Rabu, kakak dari Alex Marquez tersebut baru bisa jelas apakah dirinya bisa tampil pada MotoGP Republik Ceska.

Namun ternyata pada hari ini, kepastian bisa atau tidaknya Marc Marquez mengaspal di MotoGP Republik Ceska sudah diketahui. (Bola.com)(GE)

Continue Reading

MotoGP

Di MotoGP Republik Ceska, Valentino Rossi Kejar Rekor Berusia 54 Tahun

Published

on

By

Pembalap Monster Yamaha, Valentino Rossi, saat beraksi pada MotoGP Andalusia di Sirkuit Jerez, Minggu (26/7/2020). Fabio Quartararo berhasil finis pertama dengan catatan waktu 41 menit 22,666 detik. (AP Photo/David Clares)

Finroll.com, Jakarta – Usia 41 tahun, tapi masih terus produktif mengejar rekor demi rekor. Siapa dia? Adalah pembalap tim pabrikan Yamaha, Valentino Rossi.

Terbaru pada seri kedua MotoGP 2020 di Sirkuit Jerez, Spanyol, Valentino Rossi bisa finis ketiga atau podium ke-199 dirinya di kelas tertinggi Kejuaraan Dunia Balap Motor.

Berkat podium itu juga, Rossi usia 41 tahun 161 hari, jadi pembalap berumur 41 tahun atau lebih yang bisa naik podium kelas tertinggi sejak Jack Findlay pada tahun 1977 (42 tahun 85 hari).

Kini pada seri ketiga di Sirkuit Brno, Republik Ceska, akhir pekan ini, Rossi berpotensi mengejar rekor hebat lainnya berusia 54 tahun.

Jika kembali naik podium, ia bakal jadi pembalap tertua pertama yang bisa berturut-turut finis tiga besar sejak Jack Ahearn pada musim 1966 (41 tahun 282 hari).

Podium ke-200

Jika naik podium MotoGP Republik Ceska, Valentino Rossi juga bakal meraih pencaian hebat. Yaitu podium ke-200 di kelas tertinggi Kejuaraan Dunia Balap Motor.

Hal ini membuatnya semakin kokoh di klasemen teratas soal pembalap paling sering podium di kelas tertinggi atau MotoGP.

Bayangkan pembalap masih aktif yang paling mendekatinya adalah Marc Marquez. Itupun baru 95 podium. (Bola.com)(GE)

Continue Reading

MotoGP

Marquez Diklaim Bakal Absen di MotoGP Ceko

Published

on

By

Finroll.com, Jakarta – Pembalap Honda Marc Marquez diklaim akan absen di MotoGP Ceko di Sirkuit Brno, Minggu (9/8), usai menjalani operasi kedua di musim ini.

Juara bertahan MotoGP itu dioperasi setelah pelat yang menempel di lengannya usai operasi pertama patah.

Dikutip dari Motorsport, pembalap berjuluk The Baby Alien itu sukses menjalani operasi keduanya. Akan tetapi, Marquez disebut akan absen di MotoGP Ceko akhir pekan nanti.

Usai operasi itu Marquez akan tetap di rumah sakit selama 48 jam sebelum dipulangkan.

Menurut Dr Xavier Mir, pelat yang menyangga tulang retak di lengan Marquez rusak karena akumulasi tekanan.

Setelah mengganti pelat tersebut, Honda dan Marquez kini perlu mengatur ulang waktu guna bisa kembali tampil di MotoGP 2020.

Marquez menjadi salah satu pembalap yang belum mendapatkan poin di klasemen MotoGP 2020, selain Iker Lecuona dan Aleix Espargaro.

Pada MotoGP Spanyol  Marquez gagal finis lantaran mengalami kecelakaan di Sirkuit Jerez, Minggu (19/7). Insiden itu membuat tulang lengan kanan Marquez patah dan harus menjalani operasi dengan memasang 12 sekrup dan pelat pada Selasa (21/7).

Pembalap 27 tahun itu sempat memaksakan tampil di MotoGP Andalusia. Hanya saja, lantaran tidak lolos tes kesehatan, Honda melarang Marquez tampil di MotoGP Andalusia meski mengikuti kualifikasi.

Saat ini puncak klasemen pembalap MotoGP 2020 ditempati Fabio Quartararo dengan 50 poin usai memenangi dua balapan awal. Posisi kedua dan ketiga menjadi milik Maverick Vinales dan Andrea Dovizioso.

Live streaming MotoGP Ceko 2020 bisa disaksikan lewat CNNIndonesia.com dan siaran langsung di Trans7.

Sumber : CNN Indonesia

Continue Reading
Advertisement

Advertisement
Advertisement

Trending