Connect with us

Kuliner

Korean Garlic Bread, dari Kaki Lima sampai Viral di Indonesia

Published

on


Finroll – Jakarta, Setelah kopi dalgona, kini muncul kuliner Korea Selatan lainnya yang viral di Indonesia yakni Korean garlic cheese bread atau cream cheese garlic bread.

Jangan salah, Korean garlic cheese bread berbeda dengan garlic bread ala Eropa. Garlic bread Korea memiliki tekstur yang empuk dan creamy sedangkan garlic bread Eropa punya tekstur yang renyah dan gurih.

Sejumlah sumber menyebut Korean cheese garlic berawal dari Kota Gangneung yang berada di Provinsi Gangwon. Makanan ini awalnya merupakan kuliner kaki lima Korea atau street food.

Toko roti Pain Famille membuat olahan roti menyerupai bawang putih yang terdiri dari enam siung, dikenal juga dengan bawang putih enam sisi. Ada juga yang mengirisnya melintang seperti sosis dengan menggunakan roti yang agak panjang. Namun yang populer saat ini adalah roti bulat dengan irisan yang seperti bintang.

Dari Kota Gangneung, roti krim keju bawang putih itu dibawa ke pusat kuliner Gangnam, sebuah distrik hype dan terkenal di Seoul. Dari situ cheese garlic bread semakin diminati orang Korea dan masuk dalam daftar menu baru di banyak cafe.

“Dari tahun lalu sudah tren dan ada toko yang sampai jualan di mal-mal besar Korea. Sampai sekarang masih tren, di cafe-cafe lain juga mulai jualan,” kata salah seorang warga Korea Selatan Ryu Hanna kepada CNNIndonesia.com, Kamis (16/7).

Cream cheese garlic bread merupakan olahan roti, seperti roti burger, tapi dipotong enam sisi yang saling menyilang menyerupai siung bawang putih yang diberi keju dan dilumuri bumbu dan dipanggang. Krim keju yang meleleh dengan sensasi rasa bawang putih yang gurih memberikan sensasi yang berbeda dengan jenis roti lainnya.

Alasan Korean Garlic Cheese Bread jadi tren

Sebagai warga Korea, Hanna mengungkapkan ada beberapa alasan mengapa roti ini jadi tren di negaranya.

Alasan pertama adalah karena berbagai varian roti merupakan panganan yang sudah lama akrab dengan orang Korea Selatan. Sedangkan bawang putih adalah bumbu wajib yang tak pernah absen dalam setiap makanan baik dimakan mentah atau dipanggang.

“Roti sudah lama disukai orang Korea. Bawang putih banyak digunakan di masakan Korea jadi sudah sangat akrab, apalagi kalau panggang daging selalu ada entah dimakan mentah atau dipanggang juga.”

Begitu pula dengan keju yang kerap ditambahkan pada setiap makanan, seperti tteokbokki, ramen, dan ayam. Perpaduan roti, bawang putih, dan keju ini menciptakan rasa gurih yang nikmat.

Selain rasa yang nikmat dan bentuk yang unik, pemasaran yang tepat membuat kuliner ini semakin populer. Pemasaran yang mengandalkan media sosial seperti Instagram juga membuat panganan ini viral bahkan sampai ke Indonesia. Apalagi kini Korea tengah menjadi sorotan di dunia hiburan lewat K-Pop.

Di Indonesia, Korean cream cheese garlic banyak dijajakan di media sosial dan semakin diminati banyak orang. Selain itu Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah.

Proses membuatnya tak rumit, Anda hanya butuh butter, saus keju, roti bun, dan bawang putih.

Sumber : CNN Indonesia

Advertisement

Kuliner

Sawaregmoe Resto

Published

on

finroll_sawaregmoe_resto

Resto ini mempunyai pilihan menu / lauknya ada banyak (ada ayam goreng serai, ayam serundeng, ayam asap rempah, bebek asap serundeng, bebek asap taliwang, daging sapi asap, dendeng asap balado,lidah sapi asap)

sudah termasuk pilihan sayur yang mau dipesan seperti : tumis kecipir,tumis buncis bawang putih,tumis daun pucuk labu,dan oseng toge)

sambalnya juga ada banyak pilihan (sambal bawang,terasi,matah,kecomrang,hijau dan kecap)

Resto ini juga terkenal dengan minumannya  ES KEMBANG DESA (perpaduan jus nanas,jeruk,lemon dan kecombrang)

disini juga ada menu baru aneka macam pasta cuma 30ribuan saja, paket hemat lainnya juga ada start dari 30ribuan aja uda bisa makan kenyang

Continue Reading

Kuliner

Hadir Burger Berbahan Nabati Asli Pertama di Indonesia

Published

on

Mereka yang ingin mengurangi konsumsi daging, Burger King Indonesia hadirkan menu baru, namanya plant based Whooper. Sebelumnya, burger berbasis nabati tersebut telah diluncurkan di negara-negara Barat dan di beberapa negara Asia.

Peluncuran menu baru tersebut dilaksanakan secara virtual, Rabu, 5 Mei 2021. Menurut CEO Burger King Indonesia, Vaibhav Punj, menu terbaru tersebut akan hadir di 35 gerai Burger King Indonesia di Jabodetabek mulai, Jumat, 7 Mei 2021.

“Kami ingin memberikan pilihan bagi para konsumen dengan menu plant-based Whooper yang 100 persen dengan panggang api. Pelanggan menginginkan opsi menu berbasis nabati,” ujar Vaibhav.

Meski berbasis bahan nabati, kehadiran plant-based Whopper tanpa mengurangi rasa atau “Serupa Tapi Tak Sama”. Untuk membuktikan itu, dalam acara itu juga diperlihatkan sebuah tantangan kepada konsumen antara yang berbahan 100 persen sapi dan nol persen daging sapi. Hasilnya, rasa burger daging sapi dan daging nabati sulit untuk dibedakan.

“Kami bekerja sama dengan The Vegetarian Butcher selama beberapa waktu sebelum kami meluncurkan plant-based Whopper. Hal itu untuk memastikan rasanya sesuai dengan rasa patty daging sapi panggang, yang merupakan rasa khas dari Whopper dan bahwa produk digunakan tepat untuk restoran kami,” ungkap Head of Supply Chain & Innovation di Burger King, Natalia Purwati.

Serupa Tapi Tak Sama

The Vegetarian Butcher adalah perusahaan milik Unilever yang memproduksi bahan pangan pengganti daging yang berbasis di Belanda. Perusahaan tersebut memperhatikan tren yang berkembang menuju produk nabati tanpa mengurangi rasa yang ditujukan bagi para pecinta daging dan flexitarian.

Plant Based Whooper menggunakan patty dengan bahan utama kedelai yang diproses secara berkelanjutan. Selain itu, minyak sayur, dan rempah-rempah.

Patty berbahan dasar nabati ini akan diletakkan diantara roti dengan biji wijen panggang, tomat yang baru diiris, selada segar, krim mayones, saus tomat, acar renyah, dan irisan bawang bombay untuk menciptakan Plant-Based Whopper. Plant Based Whopper ini tak menggunakan pewarna sintetis, melainkan berbahan alami 100 persen.

“Sekarang konsumen kami dapat memperoleh rasa patty daging panggang kami yang terkenal, tenpa menggunakan daging,” imbuh Natalia.

Selain di Jabodetabek, pada pertengahan bulan depan, menu ini akan tersedia secara nasional diseluruh 175 gerai Burger King. Para konsumen dapat membeli Serupa Tapi Tak Sama Box hanya dengan harga Rp 45.000 yang berisikan Plant-Based Whopper (nol persen daging sapi) dan Whopper (100 persen daging sapi).

Sumber : Liputan6.com

Continue Reading

Kuliner

Rendang Kembali Masuk Daftar 50 Makanan Terbaik di Dunia Versi CNN

Published

on

Salah satu kuliner khas Indonesia, rendang, sudah dikenal luas di banyak negara. Masakan khas Sumatra Barat ini memang jadi favorit banyak orang karena rasanya yang enak dan bumbunya yang khas. Tak hanya diakui di Indonesia, rendang juga sudah beberapa kali masuk daftar makanan terbaik atau terenak di dunia.

Begitu juga di tahun ini. Dari banyaknya sajian makanan autentik di semua negara, ada sekitar 50 makanan utama yang dipilih CNN sebagai makanan terbaik di dunia.

Menariknya, makanan dari wilayah Asia Tenggara, yaitu kari massaman (Massaman Curry) asal Thailand berhasil menempati urutan nomor satu di tahun 2021 ini.

Sedangkan popcorn atau berondong jagung yang seringkali dijadikan sebagai camilan saat menonton, masuk sebagai urutan terakhir dari daftar tersebut. Yang menarik lagi, rendang kembali masuk dalam daftar tersebut.

Dilansir dari laman resmi CNN, Selasa, 4 Mei 2021, makanan yang umumnya terbuat dari daging sapi ini menempati peringkat ke-11 di dunia.

Dalam laporannya, CNN menulis bahwa rendang merupakan;“daging sapi yang direbus perlahan dengan santan dan campuran (rempah) serai, lengkuas, bawang putih, kunyit, jahe, dan cabai. Lalu, dibiarkan direbus selama beberapa jam untuk membuat sajian yang empuk dan lezat.”

Mereka juga menyarankan, untuk mengonsumsi rendang ketika baru matang akan membuat kamu ketagihan. Namun, beberapa orang justru menyukai rendang kalau sudah didiamkan semalaman. Rendang juga bisa disimpan selama berhari-hari dan rasanya tetap enak.

Thailand Jadi yang Terbaik

Popularitas rendang makin mendunia saat chef terkenal dari Inggris, Gordon Ramsay, membuat tayangan khusus tentang rendang yang ditayangkan di National Geographic Channel di tahun lalu. Ramsay bahkan datang langsung ke Sumatra Barat untuk belajar masak rendang dan kuliner khas lainnya di sana.

Selain rendang, ada beberapa makanan khas Asia lainnya yang masuk dalam daftar, seperti Penang Asam Laksa dari Malaysia dan Tom Yum Goong juga dari Thailand. Uniknya lagi, ada kuliner yang sudah umum seperti es krim dan jagung rebus, tapi tidak disebutkan dari negara mana karena dianggap sudah mendunia.

Untuk lebih lengkapnya, simak dafatr 50 makanan terbaik dunia versi CNN 2021.

1. Kari massaman, Thailand

2. Pizza neapolitan, Italia

3. Cokelat, Meksiko

4. Sushi, Jepang

5. Bebek peking, Tiongkok

6. Hamburger, Jerman

7. Penang asam laksa, Malaysia

8. Tom yum goong, Thailand

9. Es krim

10. Ayam muamba, Gabon

11. Rendang, Indonesia

12. Ayam piri-piri, Mozambik

13. Jagung rebus

14. Donat, Amerika Serikat

15. Pierogi, Polandia

16. Pastel de nata, Portugal

17. Lobster

18. Kebab shish

19. Bunny chow, Afrika Selatan

20. Arepas, Venezuela

21. Croissant, Perancis

22. Poke, Amerika Serikat

23. Lasagna, Italia

24. Champ, Irlandia

25. Kepiting mentega bawang, India

26. Fajitas, Mexico

27. Lechon, Filipina

28. Pho, Vietnam

29. Steik Oh-mi gyu, Jepang

30. Summer roll, Vietnam

31. Parma ham, Italia

32. Ankimo, Jepang

33. Fish and Chips, Inggris

34. Sirup maple, Kanada

35. Chilli crab, Singapura

36. Humus, Timur Tengah

37. Chicken parm, Australia

38. French toast, Hong Kong

39. Saus tomat, Amerika Serikat

40. Marzipan, Jerman

41. Stinky tofu, Asia Tenggara

42. Roti panggang marminte, Inggris

43. Taco, Mexico

44. Poutine, Kanada

45. Nasi ayam, Singapura

46. Som tam, Thailand

47. Seafood paella, Spanyol

48. Keripik kentang, Inggris

49. Masala dosa, India

50. Popcorn, Amerika Serikat.

Continue Reading

Trending