Connect with us

News

Ledakan Bom di Sibolga, Satu Terduga Pelaku Teroris Ditangkap

Published

on


Ledakan Bom di Sibolga, Satu Terduga Pelaku Teroris Ditangkap

Finroll.com – Kadiv Humas Polri Irjen Pol Muhammad Iqbal membenarkan ada ledakan diduga bom di Sibolga, Medan, Sumatera Utara, Selasa (12/3/2019). Polisi menangkap satu orang terduga teroris dalam peristiwa tersebut.

“Benar pada hari ini, pukul 14.23 WIB, polisi telah menangkap terduga pelaku tindak pidana terorisme atas nama Husain alias Abu Hamzah di Sibolga,” kata dia ketika dikonfirmasi, hari ini, Selasa (12/3).

Iqbal menambahkan, bom itu meledak saat petugas akan melakukan pengecekan awal di rumah pelaku, sekitar pukul 14.50 WIB. Ledakan bom itu melukai petugas. Di dalam rumah pelaku diduga ada istri dan anak pelaku.

“Sekarang Tim Densus 88 Antiteror dan polres setempat dibantu oleh tokoh masyarakat melakukan upaya negosiasi agar istri dan anak pelaku menyerahkan diri,” sambung Iqbal. Kini kepolisian masih mengusut kasus tersebut.

Beredar di media sosial, akun Instagram medanheadlines.news menyebutkan ada ledakan bom di Jalan Cenderawasih, Kota Sibolga. Diduga bom yang meledak adalah bom rakitan.

sumber: Tirto

Politik

Arti Pertemuan Anies-AHY dan Peluang Berduet di Pilpres 2024

Published

on

By

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bertemu dengan Gubernur DKI Anies Baswedan. Dalam pertemuan itu, AHY sempat menyinggung terkait nostalgia keduanya. Lantas apa sebetulnya arti dari pertemuan keduanya?

Keduanya diketahui sempat maju memperebutkan kursi nomor 1 di DKI Jakarta dalam Pilgub DKI Jakarta 2017. Namun saat itu pasangan Anies-Sandiaga Uno unggul jauh dari pasangan AHY-Sylviana, yang kalah pada putaran pertama.

Pakar politik Universitas Paramadina Hendri Satrio mencoba mengartikan maksud pertemuan keduanya setelah persaingan 4 tahun silam. Hensat, panggilan akrab Hendri, menyebut pertemuan keduanya wajar diartikan untuk membahas Pilpres 2024.

“Kemarin menarik pembahasannya bisa macem-macem, karena dua-duanya tokoh politik dan sering disebut-sebut oleh banyak lembaga survei sebagai calon presiden, ya wajar kalau kemudian banyak pihak yang lagi-lagi menduga-duga bahwa perbincangannya salah satunya tiket capres-cawapres, gitu,” kata Hensat saat dihubungi, Jumat (7/5/2021).

Hensat menilai kemungkinan pembahasan Pilpres 2024 menguat antara Anies dan AHY lantaran keduanya memiliki elektabilitas dan popularitas di masyarakat. Terlebih lagi, kata dia, AHY bisa dipastikan di atas kertas memegang tiket Pilpres 2024.

“Apalagi kan Mas AHY di atas kertas ya, salah satu pemegang tiket yang sudah pasti gitu lo, kecuali ada perubahan-perubahan tentang koalisi di ujung. Tapi, sebagai Ketua Umum Demokrat, dia pegang tiket nih ketimbang dibandingkan dengan Mas Anies, yang memang menurut hasil survei kedaiKOPI hasil elektabilitasnya tertinggi di antara kepala daerah di wilayah barat Indonesia,” ucapnya.

Lantas mungkinkah keduanya bersanding di Pilpres 2024? Hensat menyebut kemungkinan tersebut terbuka untuk keduanya berpasangan. Pasalnya, keduanya bisa saling mendompleng popularitas dan elektabilitas.

“Kalau apakah mungkin bersanding, ya semuanya masih mungkin saat ini, apakah keduanya saling mendompleng popularitas dan elektabilitas ya dua-duanya populer walaupun elektabilitas Mas Anies lebih tinggi kan dibandingkan pemimpin wilayah barat lainnya. Tapi harus dipupuk terus supaya namanya berada di permukaan,” jelasnya.

Meski begitu, Hensat menilai peluang keduanya akan diduetkan pada Pilpres 2024 cenderung tipis. Dia beralasan Anies hingga kini belum masuk ke salah satu partai, sedangkan Demokrat masih butuh dukungan dari partai lain.

“Berpeluang berduet, tapi tetap butuh partai lain. Anies kan belum ada partainya, kalau Demokrat sendiri kan masih susah ya, jadi berpeluang tapi mungkin kecil kemungkinannya terjadi di 2024, karena Anies masih menimbang-nimbang, salah satu yang bisa didapat Anies kan mungkin konvensi NasDem. Makanya kecuali kan kalau PDIP, Gerindra, Golkar, mungkin cuma butuh 1 partai saja, kalau Demokrat dia butuh 2 partai tambahan. Jadi berpeluang tapi tipis peluangnya kemungkinan terjadinya,” ungkapnya.

Lebih lanjut Hensat mengatakan posisi Partai Demokrat saat ini tidak terlalu menguntungkan Anies jika maju pada Pilpres 2024. Skenario yang paling mungkin menurutnya adalah Demokrat mendorong Anies Baswedan maju Pilpres 2024 dengan pasangan lain.

“Ya posisi Demokrat yang tidak terlalu menguntungkan gitu ya, yang bisa terjadi menurut saya gini, kalau terjadi kerja sama atau ya kerja sama saling menguntungkan antara AHY dan Anies ya kemungkinan justru Demokrat ikut mendorong Anies sebagai capres, nah itu kan menguntungkan juga untuk Demokrat sehingga mempunyai calon presiden yang bisa dijual nantinya dan bisa menambah elektabilitas Demokrat juga nantinya, tapi kalau berpasangan saya rasa agak kecil kemungkinannya,” jelasnya.

Continue Reading

Daerah

Depok Kembali Heboh Setelah Disebut Sebagai Kantor Kekaisaran Sunda Nusantara

Published

on

By

Pascapenangkapan kendaraan milik Rusdi Karepesina yang merupakan Jenderal Kekaisaran Sunda Nusantara, sempat menyebutkan nama Panglima Kekaisaran Sunda Nusantara, yakni Alex Ahmad Hadi Ngala. Diketahui Alex Ahmad Hadi Ngala merupakan warga RT5/1, Kelurahan Kemirimuka, Kecamatan Beji, Kota Depok.

Saat ditemui, lokasi rumah Panglima Kekaisaran Sunda Nusantara, Alex Ahmad Hadi Ngala terlihat sepi. Terlihat, sosok perempuan yakni isteri dari Alex yaitu Muniroh. Dirinya tampak kaget saat rumahnya didatangi sejumlah media untuk meminta klarifikasi terhadap Alex terkait Kekaisaran Sunda Nusantara.

“Maaf bapak sedang tidak ingin ditemui,” ujar Muniroh, Kamis (6/5/2021).

Muniroh mengatakan, tidak ingin memberikan informasi apapun terkait Kekaisaran Sunda Nusantara. Bahkan saat disinggung suaminya menjadi panglima Kekaisaran Sunda Nusantara, dirinya enggan untuk dimintai keterangan.

“Maaf saya ga mau ada kamera ya, intinya bapak ga mau ditemui dulu terima kasih ya,” tegas Muniroh sambil berlalu masuk ke dalam rumah.

Rumah milik Alex sempat disebut menjadi kantor sekaligus kediaman Kekaisaran Sunda Nusantara. Dilihat dari secara detail, rumah tersebut tidak menampakkan sebuah rumah besar. Rumah yang dibangun pada 1950 merupakan rumah milik orang tua Muniroh.

10 Tahun Bergabung

Adik Ipar Alex, Jayadi mengatakan, Alex sudah sekitar 10 tahun mengikuti Kekaisaran Sunda Nusantara. Namun dirinya sempat mengingatkan Alex untuk tidak mengikuti Kekaisaran Sunda Nusantara. Larangan tersebut Jayadi lontaran karena melihat Sunda Empire telah di tangkap polisi.

“Ya dibilangin sih udah tapi lebih galakan dia, merasa itu benar, ya diemin aja,” tutur Jayadi.

Jayadi mengungkapkan, beberapa orang dari luar wilayah Kemirimuka sesekali mendatangi rumah Alex. Dirinya memperkirakan orang yang datang merupakan anggota Kekaisaran Sunda Nusantara. Bahkan Jayadi sempat mendengar percakapan Alex dengan tamunya yang kerap membicarakan Kekaisaran Sunda Nusantara.

“Saya pernah dengar, omongannya ya itu membicarakan Kekaisaran Sunda Nusantara,” pungkas Jayadi.

Continue Reading

News

Mengintip Harga Vaksin Gotong Royong, Rp1 Juta 2 Kali Suntik

Published

on

By

Vaksin gotong royong akan dimulai pada 17 Mei 2021 menggunakan Sinopharm. Harga yang ditetapkan adalah sebesar Rp 1 juta untuk dua kali suntik termasuk untuk jasa perawatan kesehatan.

“1 juta 2 kali suntik sudah termasuk biaya kesehatan,” ungkap Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia
Rosan Perkasa Roeslani kepada CNBC Indonesia, Jumat (7/5/2021)

Vaksin gotong royong merupakan program yang digagas oleh pemerintah bersama dunia usaha dalam rangka mempercepat herd immunity dan pemulihan ekonomi nasional. Program ini sempat terlambat, namun dipastikan akan dimulai pada pertengahan Mei.

Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia Shinta Kamdani mengungkapkan minat dunia usaha begitu besar. Tercatat sudah ada lebih dari 17 ribu perusahaan yang sudah mendaftarkan diri.

“Jadi memang ini sudah kami tunggu-tunggu ya tadi sudah disampaikan yang mendaftar melalui Kadin di bulan Februari sampai Maret itu 17.832 perusahaan, 8,6 juta peserta. Jadi memang jumlahnya sudah banyak yang mendaftar sebagai peserta. Jadi mereka sudah menunggu untuk mendapatkan vaksinasi ini,” ujar Shinta beberapa waktu lalu.

Vaksin yang digunakan nantinya adalah Sinopharm. Vaksin Sinopharm merupakan jenis vaksin dengan platform virus yang di-inaktifkan. Vaksin telah didaftarkan di Indonesia dengan nama Sars-Cov-2 Vaccine Vero Cell Inactivated.

Satu kemasan vial vaksin jadi berisi 0,5 ml untuk 1 dosis vaksin dan diberikan sebanyak 2 dosis dengan jarak penyuntikkan 21-28 hari. Vaksin ini ditujukan untuk orang dewasa lebih dari 18 tahun.

BPOM terbitkan EUA tanggal 29 April 2021 dengan efikasi mencapai 78%. Komisi Fatwa MUI Hasanuddin menegaskan vaksin ini ketentuannya sama seperti vaksin (Covid-19) AstraZeneca, haram tapi bisa digunakan dalam kondisi darurat.

Hingga saat ini sudah datang sebanyak 500 ribu dosis. Diharapkan hingga September akan tersedia 7,5 juta vaksin China itu.

“Kami harapkan 7,5 juta sampai bulan September. Datang secara bertahap,” kata Juru Bicara Bio Farma, Bambang Heriyanto.

Continue Reading

Trending