Connect with us

Traveling

Liburan Akhir Tahun di Candi Plaosan Masih Gratis

Published

on


Mau liburan akhir tahun di sekitar Yogyakarta yang murah meriah? Kawasan wisata Candi Plaosan masih gratis untuk traveler kunjungi hingga Januari 2020.

Mau berwisata di seputaran Klaten atau Yogyakarta tapi isi dompet cekak? Tidak perlu khawatir. Sebab bagi wisatawan, terutama penghobi wisata sejarah dan purbakala bisa memilih Candi Plaosan sebagai destinasi tujuan.

Kompleks candi di Dusun Plaosan, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Klaten itu bisa dinikmati tanpa harus membayar tiket masuk satu sen pun.

“Saat ini masih gratis. Pengunjung cuma menulis identitas di buku tamu,” kata sekuriti pos Candi Plaosan, Tugiya saat ditemui detik travel, Minggu (15/12/2019).

Tugiya mengatakan penggratisan itu berlaku sejak bulan Mei 2019. Awalnya tiket masuk Rp 3.000 per orang tetapi karena masih menunggu MOU baru, digratiskan.

Nantinya menurut informasi tiket baru akan diberlakukan per Januari 2020. Selama digratiskan, jumlah pengunjung naik drastis.

Her Dwiyanto, sekuriti Candi Plaosan mengatakan setelah digratiskan jumlah pengunjung naik 100 persen. Saat ada tiket hanya sekitar 200 orang, setelah tidak bayar tiket jadi 400 orang per hari, terutama di akhir pekan.

“Ramainya pengunjung itu hari Sabtu dan Minggu. Wisatawan dari berbagai daerah,” jelasnya.

Wisatawan akhir-akhir ini juga banyak yang berwisata secara paketan. Mereka datang berombongan ke Candi Plaosan dan juga Sojiwan.

“Di Candi Sojiwan juga masuk gratis sama dengan Candi Plaosan. Biasanya wisatawan satu paket,” lanjut Her Dwi.

Meskipun gratis, wisatawan bisa puas menikmati kemegahan bangunan candi yang dibangun pertengahan abad 9 Masehi (825-850) itu. Begitu masuk pintu, wisatawan cukup melapor pos sekuriti.

Pengunjung akan diminta menulis data diri dan alamat serta diberikan pengarahan larangan. Misalnya tidak boleh berdiri di tumpukan batu candi atau mencorat-coret lokasi.

Setelah itu sepanjang mata memandang, tersaji ribuan keping batu perwara yang runtuh diduga akibat bencana alam di masa lalu. Dari kejauhan 2 candi induk berukuran besar menjulang.

Selain candi induk, ada beberapa candi patok dan deretan candi perwara yang sudah dipugar. Untuk masuk ke kompleks candi induk, pengunjung harus melintasi jalan pintu masuk utama atau selasar gang yang di kanan kiri penuh tumpukan sisa candi perwara.

Setelah itu baru masuk melalui gerbang yang dibangun dengan batu andesit serupa candi induknya. Di halaman candi induk yang luas, wisatawan bisa berswafoto atau memanfaatkan jasa fotografer

Pengunjung boleh masuk ke candi induk jika penasaran suasananya. Bagi penghobi wisata purbakala, dari luar bisa berkeliling ke setiap sudut candi.

Dengan berkeliling wisatawan bisa puas mengulik dengan mata setiap sudut bangun candi yang didirikan Sri Kahulunnan dan Rakai Pikatan itu. Mulai dari makaranya, batu bertakik, kemuncak, hiasan dinding, relief sampai stupa di atasnya.

Menikmati keindahan Candi Plaosan, paling tepat jika sore hari. Saat langit cerah pengunjung bisa menikmati sunset dari kejauhan saat matahari terbenam di sela dua candi induk selatan dan Utara.

Di candi yang hanya berjarak 1 kilometer dari Candi Prambanan dan Candi Sewu itu, pengunjung dimanjakan dengan udara segar pedesaan. Jaraknya dari Jalan utama Jalan Yogya-Solo yang hanya 1 kilometer juga memudahkan dijangkau.

Plt Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Pemkab Klaten Wahyu Prasetyo mengatakan saat ini masuk candi masih gratis. Namun karena MoU Pemkab dan BPCB Jateng sudah disetujui pemerintah pusat tarif akan diberlakukan kembali.

“Awal Desember MoU Pemkab dengan BPCB yang berwenang di Candi Plaosan dan Sojiwan sudah disetujui. Sudah ditandatangni Kemendikbud,” jelasnya melalui pesan singkat pada detik travel.

Lisa, wisatawan asal Semarang mengungkapkan tidak masalah membayar tiket, asalkan ada fasilitas disediakan. Misalnya buat taman atau ditambah kursi taman. Fasilitas perlu agar pengunjung bisa menikmati lebih lama di lokasi.

“Saya nilai fasilitas masih kurang. Mau duduk terpaksa di tanah atau bersandar nebeng candi,” ujarnya.

Kuliner

Trian’s Brownies: Nikmati Sensasi Lembut Fluffy Pancake Ala Jepang Bertabur Boba

Published

on

Finroll.com — Boba, Bola-bola tapioka bertekstur kenyal ini memang sangat menggoda. Apalagi jika dijadikan topping pada minuman atau makanan. Jika biasanya boba jadi pelengkap dalam minuman, kini banyak yang menjadikan boba sebagai topping pada makanan.

Salah satunya adalah @triansbrownies.Trian’s Brownies yang sebelumnya mengandalkan menu kue brownies meleleh ataupun kue balok meleleh, kini meluncurkan menu baru bertema pancake lembut ala jepang dengan berbagai topping kekiniannya, varian yang disajikan untuk menu fluffy pancake ini diantaranya ada, Cheese Cream Bobalicious, Strawberry Miss You, Hawaiian Taro, Japanese Matcha dan Honey Yummy.

Berbeda dengan pancake pada umumnya, fluffy pancake ala Trian’s brownies ini lebih tebal, bertesktur sangat lembut dan ringan jadi tidak membuat konsumen merasa eneg.

Menu Fluffy Pancake dengan boba sendiri merupakan salah satu menu andalan disini. Penyajiannya dengan topping brown sugar dengan boba dan cheese cream lembut dan gurih akan membuat sensasi nagih dilidah.
Sementara menu Strawberry Miss You disajikan dengan jam strawberry segar dan taburan gula salju diatasnya. Menu yang tidak kalah menarik lainnya ada Hawaiian Taro dengan saus meleleh Taro yang legit, Japanese Matcha dengan dengan saus matcha atau greentea yang sangat autenthic ala jepang dalam segi rasanya, dan yang terakhir menu Honey Yummy menggunakan madu yang kaya manfaat sebagai toppingnya.

Pancake dibuat ketika ada pesanan karena pancake harus segera disajikan saat baru matang. Adonan pancake dipanggang di atas pan datar dengan suhu dan teknik tertentu agar bisa matang sempurna dan menghasilkan tekstur super lembut. Setelah pancake matang, kemudian disajikan dengan topping yang dipilih konsumen. Pancake lebih nikmat dimakan dalam keadaan hangat. Teksturnya sangat lembut dan bisa dibuktikan dengan menggoyangkan pancake.

Yuli selaku Manager Marketing www.triansbrownies.com mengatakan penggemar pancake lembut ala jepang ini dipasar sedang sangat antusias. Di antara banyaknya kuliner kekinian, fluffy pancake ini masih sangat diminati. Hal itu dibuktikan dengan tingginya permintaan untuk bermitra waralaba fluffy pancake ini.

“Fluffy Pancake ala Trian`s selain diburu karena sedang viral dan memang fluffy pancake tersebut memiliki rasa yang lezat, bisnis pancake kekinian ini juga memiliki margin atau keuntungan yang potensial” ujarnya

Jika bermitra, Yuli mengatakan akan menyediakan paket usaha yang lengkap termasuk booth kekinian, peralatan, resep rahasia dan video tutorial resep yang siap dikirim ke seluruh Indonesia. Tak hanya itu, bagi para mitra akan diberikan edukasi berpromosi hingga bonus produk digital.

“Harganya terjangkau, dengan booth yang kekinian tentunya mudah menarik konsumen. Khusus untuk Anda yang membaca artikel ini, akan diberikan diskon. Sebutkan kode kupon TRIANFLUFFY saat menghubungi kami (0813 2935 0757), dan dapatkan paket bermitra hanya Rp 6.4 juta saja,” tutup Yuli.

Continue Reading

Kuliner

Tahun ini, Street Boba Targetkan Buka 100 Gerai di Kota-Kota Besar di Indonesia

Published

on

Finroll.com — Nikmat Group melalui produk minuman teh susu mutiara (Boba Drink) atau yang lebih dikenal dengan nama Boba Street tahun ini mentargetkan akan membuka sebanyak 100 gerai store Street Boba yang tersebar di beberapa kota – kota besar yang ada di Indonesia.

Deo Cardi Nathanael selaku Vice President of Marketing Nikmat Group mengatakan, Street Boba merupakan brand minuman lokal yang menyajikan berbagai varian minuman dengan boba brown sugar sebagai bahan utamanya. Tahun ini Street Boba optimis dapat membuka sebanyak 100 gerai store yang tersebar di seluruh kota -kota besar di Indonesia,” kata Deo Cardi Nathanael, VP of Marketing Nikmat Group saat pembukaan gerai keduanya dibilangan Rawamangun, Jakarta Timur, Selasa (4/2/2020).

Deo menjelaskan, kali ini Boba Street kembali membuka gerai keduanya yang terletak di kawasan Rawa Mangun- Jakarta Timur, setelah sebelumnya sukses dengan pembukaan gerai pertamanya yang berlokasi di Ampera Raya Kemang, Jakarta Selatan,” jelasnya.

Kali ini Street Boba menghadirkan gerai yang berbeda dari yang lainya. Street Boba kali ini berkolaborasi dengan Conten Creator Beauty ternama, Jovi Adhiguna,” tambahnya.

“Dengan adanya Jovi, kita sering berdiskusi untuk menciptakan ide baru dan melakukan kolaborasi sehingga memunculkan menu baru sesuai dengan konsep dari Street Boba,” sambung Deo.

Menurut Deo, Street Boba akan terus menciptakan beragam resep otentik yang diolah dari bahan-bahan dengan kualitas premium, dengan harga yang terjangkau oleh berbagai kalangan,” tuturnya.

Sementara itu, Conten Creator Beauty, Jovi Adhiguna mengatakan konsep gerai rawamangun memang sengaja dibuat berbeda, alasanya supaya konsumen dapat menikmati suasana yang lebih menyenangkan dan Instagramable.

“Stret Boba rawamangun memiliki konsep store yang berbeda. Tapi untuk gerai yang lain nanti semua sama seperti yang diampera yang warnanya biru kuning, kalau ini memang konsepnya kita bedain supaya bisa lebih Instagrammable lebih nyaman. Ini memang kemauan saya biar beda aja supaya orang gak cuma bisa beli online tapi juga bisa datang kesini menikmati suasana,” kata Jovi.

Ditanya tentang tren yang sering pasang surut, Jovi mengatakan, pihaknya optimis jika bisnis minuman ini akan terus betahan, terlebih minuman Boba memang sudah eksis sejak lama. Selain itu pihaknya juga akan terus melakukan inovasi varian rasa baru hingga membuat menu limited edition.

“Untuk minuman boba sendiri kita gak takut musiman karena sebenernya boba sendiri itu tren sudah lama, untuk menyiasati hal tersebut kita akan terus melakukan suatu yang baru dengan variasi menu yang telah ada,” kata Jovi.

Street Boba sendiri memiliki 7 Varian rasa yang dibanderol dengan harga mulai dari Rp24 ribu hingga Rp27 ribu, diantaranya ; Shibuya Fresh Milk (Brown Sugar Boba, Fresh Milk With Macchiato), Harajuku Milk Tea (Brown Sugar Boba, Fresh Milk With Milk Tea), Namba Kawaiipon (Brown Sugar Boba, Fresh Milk With Klepon), Hokkaido Choco (Brown Sugar Boba, Fresh Milk With Chocolate), Tokyo Locama (Brown Sugar Boba, Fresh Milk With Biscoff), Osaka Saida (Strawberry, Soda With Grape Jelly), dan juga Kyoto Tiramioishii (Tiramisu, Fresh Milk With Regal).

Continue Reading

Traveling

Meriahkan Imlek Jungleland Adventure Theme Park Sentul dibanjiri Angpao

Published

on

Finroll.com — Dalam rangka menyambut hari besar Imlek 2020, mulai dari tanggal 18 sampai 26 Januari 2020. Jungleland Adventure Theme Park Sentul, menawarkan berbagai pertunjukan menarik, serta kebanjiran hadiah angpau yang akan diberikan kepada para pengunjung setia Jungleland.

General Manager Jungleland Adventure Theme Park Johanna Hehakaja yang diwakili oleh Kepala Divisi Operasional Suryo Rudi Sayudini mengatakan, masih dalam rangka merayakan hari besar Imlek yang jatuh pada 25 Januari 2020 mendatang, Jungleland Adventure Theme Park Sentul menawarkan berbagai macam pertunjukan menarik.

“Berbagai macam pertunjukan seperti Legenda Dewi Bulan, Live Musik, Kesenian China, akan tampil untuk menghibur anda,” kata Suryo kepada insan pers di lokasi Jungleland Adventure Theme Park Sentul Bogor, Sabtu (18/1/2020).

Suryo menjelaskan bahwa, wahana Jungleland Adventure Theme Park yang luasnya 35,7 hektar (ha), sampai saat ini telah dikembangkan sekitar 25,7 hektar atau sekitar 75% nya saja.

Dari 25, 7 hektar tersebut Jungleland Adventure Theme Park memiliki 4 ( Empat) zona yaitu, Zona Carnivalia, Zona Tropicalia, Zona Mysteria, dan Zona Explora. Dengan 33 wahana permainan yang bisa dinikmati oleh pengunjung dari berbagai usia,” jelasnya.

Suryo mengatakan, bagi Jungle land sesuatu yang sangat sosial, tidak hanya merayakan tahun baru saja, tapi juga memberikan kebahagiaan, salah satunya adalah dalam bentuk promo.

“Hanya dengan tambah goceng, pengunjung akan mendapatkan hadiah satu buah ‘Angpao’ yang dapat ditukarkan secara langsung tanpa diundi. Beragam hadiah menarik seperti Payung, Merchendise, Boneka, lunch Box dan masih banyak lagi,” tuturnya.

Selain itu lanjut Suryo, Jungleland Adventure Theme Park Sentul juga telah menyediakan berbagai macam kegiatan edukasi untuk anak-anak, serta berbagai bentuk kegiatan indoor, agar pengunjung tetap merasa nyaman berada di lokasi Jungleland Sentul dikala hujan,” lanjutnya.

Diskon spesialpun diberikan hingga 50 % dari tanggal 23 sampai dengan 26 januari 2020.

Suryo berharap dengan adanya kegiatan ini diharapkan para pengunjung dapat lebih menikmati liburan bersama keluarga,” pungkasnya.

Continue Reading
Advertisement

Advertisement

Trending