Connect with us

Sports

Masa Pandemi Corona, Atlet Pelatnas Mengadu ke Menpora

Published

on


Finroll – Jakarta, Para atlet pelantas yang masih menjalani latihan di masa pandemi wabah virus corona mengadu kepada Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali.

Atlet menembak, Fathur Gustavian yang mengaku sempat melaksanakan turnamen secara online. Fathur mengaku banyak peserta yang hadir dalam turnamen tersebut.

“Atlet menembak sampai sekarang masih semangat berlatih di rumah masing-masing. Baik pelatda, mandiri, dan kami tetap menjaga kesehatan,” ucap Fathur.

Begitu juga dengan David Armandoni, pelatih timnas renang asal Prancis yang mengaku mengalami kesulitan karena para atlet yang sudah pulang ke kampung halaman masing-masing tidak memiliki kolam untuk latihan.

Armandoni meminta jika memungkinkan untuk dibuat protokol khusus untuk pelatnas renang supaya bisa kembali berlatih.

“Sebab tidak memungkinkan renang latihan lewat zoom tapi harus menyentuh air. Jadi mohon bantuan Kemenpora untuk bisa membantu dibuat protokol latihan di GBK. Virus tidak bisa masuk ke kolam karena ada komposisi kimia yang bisa menetralisir air dan itu aman,” ungkap Armandoni.

Namun ada kemungkinan paparan virus di ruang ganti dan tempat lain. Armandoni yakin, jika protokol yang diberikan bisa dipatuhi seperti yang dilakukan di luar negeri, kondisi kesehatan atlet bakal aman.

Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PB PRSI) juga akan menyampaikan rencana latihan untuk menyesuaikan dengan protokol yang dibuat jika nantinya disetujui.

Sementara itu, manajer timnas dayung Budiman Setiawan melaporkan kepada Menpora bahwa saat ini pemusatan latihan tidak terpencar seperti sebelumnya. Pemusatan latihan dipindah semuanya ke Waduk Jatiluhur untuk mempermudah koordinasi.

Meski tetap digelar, pelatnas dayung tetap dijalankan sesuai protokol pemerintah, seperti penyemprotan dan penggunaan masker.

“Kami usul jika PON (Pekan Olahraga Nasional 2021) dimajukan ke September sebab November ada SEA Games. Dayung harus mempertahankan posisi. Kami takut ini akan jadi terganggu,” ujar Budiman.

Budiman juga melaporkan rencana Indonesia untuk mengajukan diri sebagai tuan rumah World Beach Games 2023. Wacana itu muncul setelah multievent itu batal digelar tahun ini.

World Beach Games semula dijadwalkan berlangsung pada 2021. Namun, mengikuti besarnya dampak dari wabah Covid-19 dan penjadwalan ulang Olimpiade Tokyo 2020 hingga 2021, Asosiasi Komite Olimpiade Nasional (ANOC) memutuskan untuk menunda ajang itu hingga tiga tahun ke depan.

Budiman menyarankan kepada Kemenpora untuk mengikuti bidding lebih awal jika memang berniat untuk menjadi tuan rumah World Beach Games 2023. Sebab, sampai saat ada dua kota yang mengajukan diri jadi tuan rumah, Hong Kong dan Los Angeles.

Menpora Zainudin Amali menyambut positif saran dari cabor dayung dan mengatakan akan segera berkoordinasi dengan Ketua National Olympic Committee (NOC) Raja Sapta Oktohari.

“Tadinya memang kami berharap bisa digelar 2021. Tapi karena mundur saya akan komunikasi dengan Okto karena yang bidding nanti adalah NOC atas nama negara. Apalagi sudah ada dua negara yang mengajukan diri. Jika tiga tahun lagi pas 2023, tapi di saat itu ada FIBA Basketball World Cup,” kata Amali.

Sementara terkait penetapan jadwal baru penyelenggaraan PON 2020 ke Oktober 2021, Menpora mengatakan sudah diputuskan dalam rapat terbatas kabinet berdasarkan usulan dari stakeholder olahraga yang dihimpun KONI Pusat.

Bahkan KONI Pusat sudah menentukan tanggal baru gelaran PON yakni pada 2-13 Oktober 2021. Penetapan tanggal tersebut juga disebut sudah dikoordinasikan dengan KONI Daerah dan cabang olahraga.

“Jadi coba didiskusikan dengan KONI, karena PON ini areanya banyak di KONI,” ujarnya.

Sumber : CNN Indonesia

Sepakbola

Dortmund vs Munchen Duel Pemain Kunci di Liga Jerman

Published

on

Finroll – Jakarta, Pertandingan Borussia Dortmund vs Bayern Munchen bakal menghadirkan perjumpaan tak terelakkan bagi pemain-pemain kunci kedua klub.

Die Borussen bakal berupaya meraih tiga poin di kandang demi memangkas jarak dengan Munchen sekaligus menjauh dari RB Leipzig. Sebaliknya Die Rotten tak mau terpeleset ketika bermain di Stadion Westfallen guna melanjutkan dominasi.

Pelatih Lucien Favre dan Hansi Flick tak bisa memainkan seluruh pemain andalan, namun kedalaman skuat bisa menenangkan keduanya dan tetap berharap poin maksimal pada pekan ke-28.

Berikut duel pemain kunci dalam laga Dortmund vs Munchen yang bakal mempertemukan nama-nama tenar

1. Roman Burki dan Manuel Neuer

Roman Burki menjadi salah satu pilar Dortmund dalam lima musim terakhir. Penjaga gawang asal Swiss ini sudah menunjukkan keandalan di bawah mistar dan membuat Dortmund menjadi salah satu tim kokoh di lini belakang.

Munich's goal keeper Manuel Neuer enters the stadium prior to the German Bundesliga soccer match between Bayern Munich and Eintracht Frankfurt in Munich, Germany, Saturday, May 23, 2020. (Andreas Gebert/pool via AP)
Manuel Neuer masih menjadi pilihan nomor satu di bawah mistar gawang Bayern Munchen. (Andreas Gebert/pool via AP)

Di sisi seberang, Manuel Neuer, yang baru menandatangani perpanjangan kontrak dengan Munchen akan menjadi tembok bagi tuan rumah. Tak hanya bermodal nama besar, Neuer pun menunjukkan masih piawai kendati kian menua.

2. Mats Hummels dan David Alaba

Pernah menjadi bagian Bayern Munchen, bisa menjadi keuntungan bagi Mats Hummels membaca serangan-serangan tim tamu. Pengalaman Hummels di laga-laga besar juga akan menjadi penopang pertahanan Dortmund.

Menghadapi kecepatan dari penyerang-penyerang tuan rumah akan menjadi ujian bagi David Alaba. Tak hanya bisa menentukan kerapatan pertahanan, pemain asal Austria ini bisa turut berperan dalam melancarkan serangan balik.

3. Jadon Sancho dan Thomas Muller

Kreativitas di lini tengah bakal menjadi kunci kemenangan. Di Dortmund, Sancho memegang peranan tersebut. Usia muda bukan halangan bagi Sancho memegang peranan vital tim Kuning Hitam dengan mengoptimalkan sayap.

Thomas Muller pernah menjadi andalan di depan, namun kini tugasnya berubah. Kemampuan menyediakan umpan di waktu dan posisi yang tepat kerap menguntungkan rekan-rekannya untuk membobol gawang lawan.

4. Erling Haaland dan Robert Lewandowski

Erling Haaland adalah sensasi baru sepak bola Eropa. Produktivitasnya membuat Haaland dielu-elukan sebagai bintang baru Dortmund yang mendukung keberadaan Sancho, Thorgan Hazard, Raphael Guerreiro, dan Achraf Hakimi.

Kedatangan Haaland tak membuat Robert Lewandowski kehilangan panggung. Bintang senior Bundesliga itu tetap menjadi pemain berbahaya bagi kesebelasan manapun lantaran kemahiran menyelesaikan peluang.

Sumber : CNN Indonesia

Continue Reading

Sepakbola

Lionel Messi Minta Lautaro Martinez Segera Gabung Barcelona

Published

on

Finroll – Jakarta, Megabintang sepak bola Lionel Messi diklaim meminta penyerang Inter Milan Lautaro Martinez segera bergabung dengan Barcelona untuk musim depan.

Barcelona masih mencari pemain yang cocok dengan Messi sekaligus pengganti Luis Suarez. Salah satu nama yang santer dikaitkan dengan Blaugrana adalah, Lautaro Martinez.

Rumor Martinez ini diperkirakan bakal alot, karena Inter tidak ingin melepas bintangnya dengan harga murah. Akan tetapi, peluang Matinez ke Barcelona terbuka lebar setelah Messi diklaim menginginkan pemain asal Argentina itu pindah ke Camp Nou.

Keinginan Messi bermain dengan Martinez diungkapkan Presiden Racing Club Avellaneda, Adrian Ruben Fernandez.

“Messi memanggilnya, dan ingin dia [Martinez] segera di sampingnya. Saya tidak ragu,” ucap Fernandez kepada Sport.

“Untuk alsan itu, kesepakatan merekrutnya hampir tiba. Saya tahu segalanya akan berjalan baik di Barcelona, dan Lautaro akan jadi pengganti yang sangat baik bagi Suarez,” kata Fernandez menambahkan.

Fernandez yakin Martinez memiliki banyak kesamaan dengan Suarez yang dianggap sebagai penyerang lengkap. Mulai dari dribel yang baik, piawai mencetak gol, hingga bisa menjaga bola.

“Dia adalah pewaris yang ideal. Terima kasih kepada Barcelona, dia akan terus berkembang sebagai pemain dan juga laki-laki,” tutur Fernandez.

Selain sama dengan Suarez, Martinez juga disebut mirip dengan striker Manchester City, Sergio Aguero. Fernandez optimistis Martinez bisa memiliki karier yang bagus seperti Aguero.

“Saya bahkan akan mengatakan Lautaro lebih bagus di udara dan jauh lebih baik dengan kaki kirinya. Tetapi dia harus membuktikannya dengan waktu. Saya harap dia bisa,” ujar Fernandez.

Sumber : CNN Indonesia

 

Continue Reading

Bulutangkis

Tontowi Ahmad Umumkan Gantung Raket dari Dunia Bulutangkis

Published

on

Finroll – Jakarta, Juara Olimpiade 2016 Tontowi Ahmad resmi pensiun dari dunia badminton.

Pengumuman dan keputusan pensiun tersebut disampaikan Tontowi lewat akun instagram miliknya.

“Ini saatnya mengucapkan selamat tinggal untuk sesuatu yang saya tekuni lebih dari setengah umur saya, yang membuat hidupku menjadi lebih berwarna, kadang susah kadang senang tetapi saya bangga dengan apa yang sudah saya capai, di mana saya bisa meraih puncak prestasi yang saya dan orang tua juga keluarga harapkan,” tulis Tontowi.

“Memang saya mengharapkan saya bisa menyudahi ini di puncak podium tetapi inilah hidup tidak selalu apa yang kita inginkan bisa tercapai seperti situasi dan kondisi saat ini. Tetapi apapun yang terjadi, saya sangat bersyukur bisa berada di posisi saya sekarang ini,” kata Tontowi melanjutkan.

View this post on Instagram

ini saatnya mengucapkan selamat tinggal untuk sesuatu yang saya tekuni lebih dari setengah umur saya,yang membuat hidupku menjadi lebih ber warna,kadang susah kadang senang tapi saya bangga dengan apa yang sudah saya capai ,dimana saya bisa meraih puncak prestasi yang saya dan orangtua juga keluarga harapkan. memang saya mengharapkan saya bisa menyudahi ini di puncak podium tapi inilah hidup tidak selalu apa yang kita inginkan bisa tercapai seperti situasi dan kondisi saat ini.tapi apapun yang terjadi saya saya sangat bersyukur bisa berada di posisi saya sekarang ini. saya juga mau berterimakasih untuk semua yang sudah mendukung karir saya di bukutangkis selama ini yang tidak bisa saya sebut satu per satu. dan sekarang waktunya saya melanjutkan hidup untuk meraih kesuksesan di bidang lain 🙏🏾 #goodbye #retired #athlete #lifemustgoon💪 #thanksforallthesupport

A post shared by tontowi ahmad (@tontowiahmad_) on

Tontowi mencapai puncak prestasi saat berpasangan dengan Liliyana Natsir sejak 2010. Dalam periode 2010-2019, Tontowi/Liliyana mampu jadi juara dunia dua kali yaitu pada 2013 dan 2017.

Tontowi/Liliyana juga mampu menorehkan hattrick gelar All England pada periode 2012-2014 serta bertengger di posisi nomor satu dunia. Prestasi puncak Tontowi/Liliyana tentu ketika mereka berhasil jadi juara Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro, Brasil.

Menilik performa Tontowi/Liliyana, mereka layak dianggap sebagai ganda campuran terbaik sepanjang sejarah Indonesia. Liliyana Natsir sudah lebih dulu pensiun usai Indonesia Masters pada Januari 2019.

Sumber : CNN Indonesia

 

Continue Reading
Advertisement

Advertisement

Trending