Connect with us
[adrotate group="1"]

Automotive

PSBB DKI, Ojol Minta Aplikator Ubah Bagi Hasil Jadi 90:10

Published

on


Finroll – Jakarta, Komunitas ojek online Garda Indonesia meminta aplikator menurunkan potongan pendapatan pengemudi Jakarta menjadi 10 persen selama pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar di DKI Jakarta.

Selama ini aplikator menerapkan skema bagi hasil 80 persen pengemudi, dan 20 persen aplikator.

Ketua Presidium Garda Indonesia Igun Wicaksono mengatakan potongan 20 persen sangat memberatkan, terutama saat Pemprov DKI menerapkan kebijakan PSBB hingga 23 April nanti. Selama kebijakan PSBB diterapkan, ojek online memang dilarang untuk mengangkut penumpang dan hanya bisa beroperasi untuk mengirimkan barang.

“Agar perusahaan aplikator turunkan potongan menjadi 10 persen untuk sementara di masa pandemi ini, atau hilangkan potongan pendapatan ojek online,” kata Igun melalui pesan singkat, Sabtu (11/4).

Igun mengatakan selama ini pendapatan harian pengemudi paling besar berasal dari mengangkut penumpang yaitu sekitar 70 persen, meski saat ini jumlahnya terus turun menyusul kebijakan bekerja dan belajar dari rumah yang telah berlangsung tiga pekan.

Lebih lanjut ia mengatakan bila ojek online tidak diizinkan menarik penumpang, maka ia meminta pemerintah memberi bantuan uang tunai sebesar Rp100 ribu per pengemudi.

“Apabila pembuat kebijakan tetap memaksakan ojek online dilarang membawa penumpang, maka berikan kompensasi berupa uang tunai, bukan hanya sembako. Karena kebutuhan kami ini berbeda-beda, dan agar ekonomi rakyat tetap berjalan,” kata Igun.

Igun juga menyerukan agar pengemudi tetap mengangkut penumpang, tapi dengan standar keamanan dan kesehatan pencegahan penularan corona.

“Kami menuntut kepada pembuat kebijakan agar mengijinkan ojek online dapat membawa penumpang kembali,” kata Igun.

Penghentian, izin mengangkut penumpang untuk ojek online ini sesuai dengan Permenkes No. 9 tahun 2020, yang merupakan peraturan lebih tinggi ketimbang peraturan gubernur.

Sumber : CNN Indonesia

Automotive

China akan kembali rajai pasar kendaraan listrik pada akhir 2020

Published

on

China akan kembali merajai pasar kendaraan listrik pada akhir tahun ini, menurut analisis pasar yang dirilis oleh Pusat Riset Otomotif Jerman (Center for Automotive Research/CAR) pada Senin (7/9).

FINROLL.COM – Penjualan mobil listrik di Eropa pada paruh pertama tahun ini naik tipis, namun “faktor (Elon) Musk” akan mendukung perkembangan pasar China yang tidak akan melepaskan posisi puncaknya di pasar mobil listrik untuk 50 tahun ke depan, menurut perkiraan CAR.

Secara total, hampir 400.000 mobil yang sepenuhnya ditenagai listrik (fully electric) dan hybrid plug-in terjual di Eropa pada paruh pertama tahun ini. Sementara di China, kendaraan listrik yang terjual pada periode yang sama hanya memiliki selisih 7.200 unit lebih sedikit dibandingkan Eropa, sebut CAR.

China membuat “lompatan besar” dalam kendaraan yang sepenuhnya menggunakan listrik bersama Tesla. Menurut CAR, gigafactory Tesla di Shanghai menyumbang penjualan hampir 50.000 mobil listrik di China pada paruh pertama tahun ini.

Berkat premi pembelian yang tinggi untuk mobil listrik di banyak negara Eropa, penjualan kendaraan fully electric dan hybrid plug-in di Eropa “meningkat secara signifikan,” ungkap CAR.

China dan Eropa “sangat menentukan terobosan global dalam mobilitas listrik,” kata Direktur CAR Ferdinant Dudenhoefer dalam sebuah pernyataan, menyebut bahwa kedua kawasan itu “secara signifikan mendukung mobilitas nol emisi.”

Sang direktur mengatakan kepada Xinhua bahwa 1,2 juta kendaraan listrik telah terjual di China pada 2019, terbanyak di dunia.

Dalam hal penjualan kendaraan fully electric pada paruh pertama tahun ini, China telah menjadi pemimpin pasar, sementara penjualan mobil hybrid plug-in di Eropa semakin meningkat, imbuh CAR. (Xinhua)

Continue Reading

Automotive

Varian Baru CBR250RR SP Quick Shifter, Lebih Mahal Rp15 juta

Published

on

Finroll – Jakarta, Astra Honda Motor (AHM) merespons peluncuran Kawasaki Ninja ZX-25R dengan meluncurkan varian baru CBR250RR dengan tambahan fitur Quick Shifter dan Assist/Slipper Clutch pada Jumat (24/7). Varian baru bernama CBR250RR SP ini dijual Rp76,7 juta, lebih mahal Rp10 jutaan dari varian lainnya.

AHM menjelaskan Quick Shifter ‘mengoptimalkan perpindahan gigi sehingga mengurangi kemungkinan motor kehilangan tenaga saat berakselerasi dan penggantian gigi tanpa menarik tuas kopling’.

Honda CBR250RR SP yang dibekali quick shifter dan assist/slipper clutch meluncur pada 24 Juli 2020.(Astra Honda Motor)

Secara umum quick shifter adalah fitur yang membuat penggantian gigi transmisi manual ke atas dan ke bawah tanpa perlu menekan pedal kopling. Fitur yang diadaptasi pada motor produksi massal dari teknologi balapan ini memudahkan pengendara karena penggantian gigi bisa dilakukan lebih cepat dan bisa tanpa jeda.

Quick Shifter pada CBR250RR SP punya empat mode, yaitu untuk naik dan turun gigi, naik gigi saja, turun gigi saja, dan bisa tidak diaktifkan.

Sementara Slipper Clutch dijelaskan AHM sebagai fitur yang ‘berfungsi untuk mencegah ban belakang selip yang disebabkan oleh engine brake saat penurunan gigi secara ekstrim’.

Slipper Clutch atau yang dikenal juga dengan sebutan back-torque limiter adalah kopling spesial yang berguna mencegah efek engine brake saat kecepatan motor berkurang drastis. Fitur yang juga dikembangkan di arena balap ini bertugas mencegah kelebihan putaran mesin dan roda belakang mengunci saat pengereman.

Selain kedua fitur tersebut AHM juga terpantau telah menambah sedikit tenaga dan torsi pada mesin 2-silinder 250 cc DOHC milik CBR250RR. Kini tenaganya diklaim 40 hp dan torsi 25 Nm, pada versi mesin sebelumnya menghasilkan 38 hp dan torsi 23 Nm.

Honda CBR250RR SP yang dibekali quick shifter dan assist/slipper clutch meluncur pada 24 Juli 2020.(Astra Honda Motor)

CBR250RR SP tersedia tiga pilihan warna, yakni Bravery Red Black, Honda Racing Red dan juga Special Edition Garuda x Samurai buat memperingati 17 Agustus. Kedua warna pertama dijual Rp76,7 juta, namun khusus untuk harga pilihan warna perayaan Hari Kemerdekaan akan diumumkan kemudian.

Harga CBR250RR SP lebih mahal Rp15 juta ketimbang varian paling rendah CBR250RR, STD Black Freedom, yang dilego Rp61,6 juta. Sedangkan varian lain CBR250RR, yaitu STD Man Gunpowder, STD Bravery Mat Red, STD Honda Racing Red masing-masing dijual Rp66,1 juta.

Sumber : CNN Indonesia

Continue Reading

Automotive

Goda Konsumen Ningrat, BMW Rilis Seri 8 Gran Coupe

Published

on

Finroll – Jakarta, BMW Indonesia kembali menggoda konsumen ningrat melalui sedan terbaru 840i Gran Coupé M Technic. Sedan empat pintu yang berukuran besar ini bakal jadi barang langka sebab cuma dipasarkan tidak sampai 10 unit.

Sebelum 840i Gran Coupé M Technic mendarat di dalam negeri, BMW Indonesia sudah pernah menjual 8 Series versi coupe atau dua pintu pertama pada tahun lalu, yakni M850i xDrive Coupe seharga Rp3,479 miliar dan M850i xDrive Coupe M Carbon Rp3,709 miliar.

BMW 840i Gran Coupé M Technic dikatakan Presiden Direktur BMW Indonesia Ramesh Divyanathan lahir dari pengembangan mobil sport dua pintu M8 GTE, unit gran tourer yang membawa bendera BMW di balap ketahanan.

Produksinya dilakukan pabrik BMW di Dingolfing di Lower Bavaria, Jerman sama seperti Seri 8 Coupe.

840i Gran Coupé M Technic merupakan sedan paling besar BMW saat ini, ukuran jarak sumbu rodanya 3.023 mm atau lebih panjang 201 mm dari BMW 8 Series Coupé. Sedangkan panjang keseluruhannya 5.082 mm, lebar 1.932 mm, dan tinggi 1.407 mm.

Beda dari M850i Coupe yang memakai mesin V8 4.000 cc, 840i Gran Coupé M Technic menggendong mesin enam silinder 3.000 cc yang menghasilkan 340 hp dan torsi 500 nm. Akselerasi mobil ini cukup mumpuni, hanya 5,2 detik untuk menempuh 100 km per jam dari posisi diam.

840i Gran Coupé M Technic telah disematkan BMW Live Cockpit Professional. Ini terdiri dari sistem navigasi dan multimedia, ditambah cluster instrumen resolusi tinggi full digital dengan layar diagonal 12,3 inci dan Control Display 10,25 inci.

Sistem operasional BMW 7.0 pada mobil ini hadir dengan banyak fungsi digital modern yang disesuaikan kebutuhan pengemudi.

Terdapat juga fitur bantuan pengemudi yakni Driving Assistant yang hadir dengan Lane Departure Warning, Lane Change Warning dan Crossing traffic warning rear, Rear collision prevention, juga Active cruise control dengan fungsi Stop & Go, sistem bantuan pengemudi berbasis kamera dan radar yang terdiri dari Cruise control with approach control dan front collision warning with brake intervention.

840i Gran Coupé M Technic meluncur di Indonesia pada 23 Juli 2020.

840i Gran Coupé M Technic meluncur di Indonesia pada 23 Juli 2020.

Sedangkan untuk melengkapi tampilan sporty, mobil ini menggunakan pelek light-alloy 20 inci BMW M Y-spoke.

BMW 840i Gran Coupé M Technic dibanderol Rp2,735 miliar, BMW Indonesia juga menjual versi dua pintu 840i Gran Coupé M Technic yang juga cuma tersedia 10 unit dengan harga Rp2,8 miliar. Kedua harga itu berlaku on the road dan unit sudah bisa didapatkan di dealer resmi BMW mulai 23 Juli.

“Dengan hadirnya varian empat pintu BMW Seri 8 Coupé, BMW Group secara sistematis perluas portofolio BMW di kelas sports car mewah,” kata Divyanathan.

Sumber : CNN Indonesia

Continue Reading
Advertisement

Advertisement
Advertisement

Trending