Connect with us

INTERNATIONAL

Isu Jerusalem Jadi Ibukota Israel Picu Ketegangan Timur Tengah

Published

on

FINROLL.COM, Anggota komisi I DPR Fraksi PKS, Sukamta menanggapi perkataan DOnald Trum yang ingin menjadikan Jerusalem itu sebagai ibukota Israel. Hal tersebut menurutnya akan memicu ketegangan di kawasan Timur Tengah.

Ia mengatakan dalam pesan singkatnya yang dikutip dari viva, Konflik Palestina merupakan hal yang paling sensitif. Ia menjelaskan semestinya AS konsisten dengan kebijakan untuk melakukan perdamaian dari kedua negara.

Isu Jerusalem sebagai ibu kota Israel akan mementahkan puluhan tahun pembicaraan damai yang sudah dilakukan," lanjutnya.

Sukamta pun mengapresiasikan langkah cepat Menlu RI Retno Marsudi dengan memanggil Dubes AS Joseph R Donovan Jr terkait dengan rencana tersebut.

"Sangat positif yang dilakukan oleh Bu Retno Marsudi. Ini bukti komitmen RI untuk mendukung kemerdekaan Palestina dan proses perdamaian yang berjalan," kata dia.

Ia berharap, pemerintah Indonesia bisa melakukan langkah strategis dengan menggalang dukungan dari negara-negara OKI dan juga negara Eropa untuk menolak gagasan Trump yang sudah diprotes Palestina itu.

Trending Stories