Connect with us

News

Running Text Puskemas Diretas, Muncul Tulisan Pilih No.2

Published

on


Running Text Puskemas Diretas, Muncul Tulisan Pilih No.2

Diretasnya LED running text Puskesmas Srondol, Kota Semarang menjadi tulisan yang mengajak mendukung Prabowo-Sandi pada Pilpres, diklaim bukan ulah orang dalam. Pernyataan ini disampaikan oleh Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, Selasa (5/3).

Wali Kota yang akrab disapa Hendi itu berujar, pihaknya telah mendapat keterangan dari Kepala Puskesmas Srondol terkait peristiwa itu. Yang katanya, itu bukanlah perbuatan pegawai sana.

“Dia mengatakan, ini bukan dilakukan orang dalam pak. Ini murni ada upaya dari pihak lain untuk mengganggu running text-nya puskesmas,” kata Hendi, Selasa (5/3).

Politisi PDIP itu pun mengaku juga sudah meminta pihak Puskesmas melakukan klarifikasi lewat media maupun media sosial. Mengeluarkan pernyataan bahwa mereka bukan pihak yang bertanggung jawab atas peristiwa itu.

Disinggung apakah Pemkot Semarang bakalan membawa permasalahan ini ke ranah hukum, Hendi menjawab untuk sementara belum. Terpenting adalah membuat masyarakat paham terlebih dahulu kalau itu bukan bagian dari kerja pemerintah dan tak lupa mengedepankan pelayanan publik.

“Saya rasa nggak lah, ini ruang energi. Tapi kalau sudah kebangetan, masif di mana-mana, baru kita laporkan. Ini cuma satu, saya anggap saja ini kelalaian dari petugas puskesmas,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, sistem pada fasilitas LED running text di Puskesmas Srondol, Kota Semarang diretas, Senin (4/3) pagi. LED yang biasanya menampilkan tulisan berjalan mengenai pesan-pesan kesehatan serta program puskesmas, malah diganti ajakan untuk mendukung paslon Pilpres nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Peristiwa ini mulanya diketahui dari postingan instagram @portalsemarang. Nampak potongan video berdurasi kurang lebih sepuluh detik menampilkan LED running text Puskmesmas Srondol yang telah berubah menjadi kalimat kampanye.

Bunyi tulisan running text tersebut adalah, hacked by: Sir.Kz0L|-L4EFY-| Ha Ha in Your System :v Pilih No. 2 PRABOWO SUBIANTO-SANDIAGA UNO. Dilanjutkan tulisan yang cukup panjang dengan berbagai macam pesan, termasuk untuk meng-unsubscribe Youtuber, Atta Halilintar. Dan saat ini, sistem pada LED running text itu sudah dimatikan.

sumber: Jawapost

Advertisement Valbury

International

Kasus Baru Corona Melonjak, Australia Isolasi Victoria

Published

on

By

Ilustrasi tenaga medis yang menangani virus corona. (AP Photo/Domenico Stinellis)

Finroll.com, Jakarta – Pemerintah Australia akan mengisolasi negara bagian Victoria dengan menutup akses keluar masuk wilayah itu setelah menemukan lonjakan kasus virus corona dalam beberapa pekan terakhir.

Victoria merupakan rumah bagi sekitar 6,6 juta penduduk. Negara bagian terpadat kedua di Negeri Kanguru itu mendeteksi 127 kasus baru virus corona pada Minggu (5/7).
Sebagian besar kasus baru itu terdapat di Melbourne yang berasal dari klaster sejumlah kompleks apartemen.

Pemerintahan Perdana Menteri Scott Morrison berencana menutup perbatasan Victoria mulai Selasa (7/7) tengah malam. Langkah isolasi ini merupakan yang pertama dilakukan Australia sejak pandemi corona pertama kali terdeteksi di negara tersebut.

Dikutip dari AFP, Menteri Utama Victoria, Daniel Andrews, menggambarkan keputusan isolasi sebagai “langkah pintar dan tepat” di tengah tantangan yang dihadapi pemerintah untuk mengendalikan Covid-19. Dengan penguncian wilayah ini, rencana membuka perbatasan Victoria dengan kawasan selatan Australia kembali tertunda.

Sebelum mengisolasi Victoria, pemerintah Australia telah lebih dulu menerapkan lockdown Kota Melbourne.
Penguncian diberlakukan setelah ditemukan 73 kasus baru virus corona di Melbourne dalam 24 jam hingga Rabu (1/6). Angka ini naik dari 64 kasus yang dilaporkan pada Selasa.

Beberapa infeksi baru menyebar dari staf hotel yang menampung karantina wisatawan yang baru tiba dari perjalanan luar negeri. Wisatawan tersebut menjalani karantina di hotel selama dua pekan. Kasus baru itu diperoleh setelah pihak berwenang melakukan tes Covid-19 terhadap lebih dari 20 ribu orang pada Selasa (30/6).

Hingga kini Australia memiliki 8.586 kasus virus corona dan 106 kematian.

(cnnindonesia.com)

Continue Reading

Nasional

Kepala Dinas di Jabar Wafat Positif Corona, 134 PNS Tes PCR

Published

on

By

Finroll.com, Jakarta –  Pemerintah Provinsi Jawa Barat melakukan tes swab polymerase chain reaction (PCR) terhadap 134 pegawai negeri sipil (PNS) di Dinas Kelautan dan Perikanan Jabar. Tes ini dilakukan menyusul meninggalnya Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Jabar, Mochamad Solihin karena positif virus corona awal bulan ini.

“Jadi sekarang kita ada tes untuk ratusan pegawai. Untuk hasil swab belum bisa didapatkan hari ini, kemungkinan baru besok hasil swab perlahan didapatkan,” kata Eri, Senin (6/7).

Adapun pengetesan swab dilakukan oleh tim dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jabar.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Jabar Daud Achmad mengatakan, pihaknya juga sudah melakukan tes kepada anggota keluarga Solihin. Dari pengetesan tersebut hasilnya dua anggota keluarga almarhum turut positif Covid-19.

“Dua orang yang positif,” kata Daud.

Ia pun memastikan anggota keluarga yang positif telah diisolasi di Gedung Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM). Sedangkan, anggota keluarga lainnya yang dites swab turut diisolasi namun di kediamannya masing-masing.

Saat ini, kata dia Gugu Tugas akan terus melakukan pelacakan kontak dalam kasus Solihin.

“Tracing terus dilakukan dan ditindaklanjuti dengan langkah yang diperlukan misalnya swab, isolasi, dan sebagainya,” ujar Daud.

Diketahui Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Mochamad Solihin meninggal dunia pada 1 Juli 2020 lalu. Ia sempat merasakan gejala demam pada 26 Juni lalu kemudian dirujuk ke rumah sakit sesuai prosedur penanganan Covid-19.

Sehari setelahnya, Solihin menjalani tes swab dan hasilnya keluar pada 29 Juni, yakni positif virus corona. Ia lalu menjalani isolasi di RS Santo Borromeus dan meninggal dunia pada 1 Juli.

Penjabat sementara Wali Kota Bandung pada 2018 itu kemudian dimakamkan dengan menggunakan protokol Covid-19.(cnnindonesia.com)

Continue Reading

News

Bus Listrik Transjakarta Gratis Selama 3 Bulan Saat Uji Coba

Published

on

By

Bus listrik BYD untuk Transjakarta yang disediakan Bakrie Autoparts resmi diuji coba mengangkut penumpang pada Senin (6/7). (Dok. Transjakarta)

Finroll.com, Jakarta – Transjakarta melakukan uji coba bus listrik dengan mengangkut penumpang umum pada rute Blok M – Balai Kota mulai hari ini, Senin (6/7), hingga tiga bulan ke depan. Masyarakat yang mencoba bus listrik bakal merasakan sensasi baru tanpa suara deru mesin dan knalpot secara gratis.

Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas Transjakarta Nadia Diposanjoyo mengatakan meski gratis, untuk menumpangi bus sampai titik yang dituju masyarakat tetap harus menggunakan kartu uang elektronik serta diwajibkan tap in dan tap out.

“Namun tetap diwajibkan untuk melakukan tap in dan tap out pada alat Tap On Bus (TOB) yang tersedia di dalam bus,” kata Nadia dalam keterangan tertulisnya, Senin (6/7).

Kata Nadia pihaknya punya petugas yang berjaga di dalam bus untuk mengatur posisi penumpang. Pengaturan itu diperlukan supaya masyarakat ikut menerapkan protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19, yakni jaga jarak fisik.

“Kami juga menghimbau pelanggan untuk terus bekerjasama dengan mematuhi batas jarak aman, yaitu minimal satu lengan tangan antara satu pelanggan dengan pelanggan lainnya,” ucap dia.

Bus ini dijelaskan Nadia mengacu pada protokol Covid-19 terkait kapasitas daya angkutnya. Ada dua bus listrik BYD yang disediakan Bakrie Autoparts, yakni tipe single low entry K9 yang hanya untuk 25 orang duduk dan berdiri serta bus medium C6 yang memiliki kapasitas 11 orang duduk.

Layanan ini akan beroperasi setiap hari, mulai pukul 10.00 WIB – 22.00 WIB dengan jarak keberangkatan setiap 45 menit sekali dan berhenti di halte-halte Non-BRT di sepanjang rute Blok M hingga Balai Kota Jakarta.

Sebelumnya, bus listrik Transjakarta yang menggunakan produk BYD sudah diuji coba pada 2019. Pada masa pra uji coba itu bus listrik hanya dioperasikan dengan mengangkut galon air dan masyarakat di tempat-tempat wisata. Tercatat ada 13 ribu masyarakat yang sudah menjajal bus listrik pada masa pra uji coba itu.

Bus yang Diuji dan Tujuan

Bus BYD yang diuji Transjakarta ada dua unit. Pertama single bus BYD tipe K9 dengan panjang 12 meter, lebar 2,5 meter, dan tinggi 3,3 meter.

Bus dengan nomor polisi B 7003 STX ini secara normal dapat mengangkut penumpang 28 orang duduk dan berdiri 20 orang. Bus ini dilengkapi baterai berkapasitas 324 kWh.

Satu bus lainnya yaitu tipe C6 dengan panjang tujuh meter, lebar 2,1 meter, dan tinggi 3 meter. Bus bernomor polisi B 7002 STX ini dapat menampung 18 orang duduk dan tidak ada yang berdiri, sementara baterainya berkapasitas 135 kWh.

Masing-masing bus dikatakan memiliki jarak tempuh sekitar 250 km sebelum harus diisi ulang dengan durasi pengecasan kurang dari empat jam setiap harinya.

Menurut Nadia perusahaan memiliki target dalam percobaan ini. Pertama memastikan unit dapat beroperasi pada standar operasional Transjakarta. Kedua mendapat spesifikasi teknis yang sesuai dengan operasional Transjakarta dan regulasi.

Kemudian proses yang bakal dilakukan yakni beroperasi 10 jam hingga nantinya 17 jam pada rute yang ditentukan. Selanjutnya memonitor perawatan dan biaya perbaikan selama tiga bulan percobaan, serta memperoleh hitung-hitungan biaya operasional, perawatan, dan perbaikan.(cnnindonesia.com)

Continue Reading
Advertisement

Advertisement
Advertisement

Trending