Connect with us

Science & Technology

Sabtu 27 Juni, Puncak Hujan Meteor Bootids

Published

on


Finroll – Jakarta, Puncak hujan meteor Bootid akan terjadi besok, Sabtu (27/6) di Indonesia. Namun, pengamat sebenarnya sudah bisa menikmati hujan meteor ini sejak 22 Juni hingga 2 Juli mendatang.

Tapi, pada periode puncak, pengamat bisa melihat lebih banyak meteor yang jatuh per menit. Dari Jakarta, hujan meteor akan aktif setiap hari dari senja hingga sekitar 02:04 WIB.

Hujan meteor akan menampilkan hujan meteor terbaik pada sekitar pukul 20.00 WIB. Saat itu, titik radiant berada di titik paling tinggi di langit. Hujan meteor Bootid pada bulan ini Juni bisa di lihat ke arah rasi Bootes.

Hujan meteor Bootids dikenal sebagai hujan meteor yang lambat dan terang. Kecepata meteor ini sekitar 64 ribu kilometer perjam. Sepertiga lebih lambat dari hujan meteor tahunan lainnya.

Dilansir dari In The Sky, rotasi Bumi saat ini membuat pengamat di Indonesia, atau Jakarta khususnya menghadap ke arah optimal menuju ke arah meteor yang masuk.

Di lain waktu, akan ada lebih sedikit meteor yang terbakar di Jakarta, dan mereka akan cenderung memasuki atmosfer pada sudut miring, sehingga menghasilkan meteor yang mungkin melintasi langit sebelum benar-benar terbakar.

Sementara itu, hujan meteor diprediksi berada pada puncak sekitar pukul 11.00 WIB pada 27 Juni. Tampilan terbaik akan berada sejak senja di utara-timur laut hingga terbenam pada 01.59 WIB.

Hujan Meteor Bootid berada di dekat konstelasi Bootes. Bootid dapat diamati tanpa alat bantu dalam kondisi langit gelap.

Dilansir dari National Geographic, Bootid menghasilkan kurang dari 12 meteor per jam. Kalah jauh dibandingkan hujan meteor Perseid yang menghasilkan rata-rata 50 hingga 60 meteor per jam.

Hujan meteor Bootids merupakan peristiwa tahunan yang kerap berulang. Sebab, hujan meteor ini terjadi akibat sisa debu komet yang melintas. Ketika komet mendekat ke Matahari, lapisan es komet tersebut menguap dan melepas butiran debu hingga batuan kecil.

Debu dan es itu lantas tertinggal di jalur orbit Bumi. Sehingga, ketika revolusi Bumi memasuki wilayah yang dipenuhi dengan sisa batuan dan es ekor komet, terjadilah hujan meteor. Hujan meteor ini terjadi karena debu dan batuan itu terbakar ketika memasuki atmosfer Bumi.

Para ahli memperkirakan hujan meteor Bootids merupakan jejak debu dan es dari komet Pons-Winnecke.

“Ini adalah komet yang mendekati Matahari tiap 6,4 tahun sekali, jelas Raminder Singh Samra, astronom residen H.R. MacMillan Space Centre di Vancouver, Kanada.

Hujan meteor ini sempat menampikan pertujukan menarik pada 1916, 1921, dan 1926. Saat itu, komet tersebut baru saja melintas dekat orbit Bumi.

Setelah tujuh dekade, hujan meteor Bootids menakjubkan lain terekam pada Juni 1998. Ketika itu, segerombolan meteor dan bola api terlihat di langit belahan bumi utara.

Untuk mengamati hujan meteor ini, Samra menyarankan agar pengamat menjauh dari daerah perkotaan.

“Jauhkan peralatan elektronik yang memancarkan cahaya dan menjauh dari cahaya apapun. Biarkan mata beradaptasi dengan kegelapan,” tuturnya.

Sumber : CNN Indonesia

Advertisement Valbury

Science & Technology

Bocoran Spesifikasi Samsung Galxaxy Tab S7 Plus

Published

on

By

Finroll.com – Samsung Galaxy Tab S7 Plus telah terungkap mengenai spesifikasinya, menurut orang dalam yang dekat dengan SamMobile Galaxy Tab S7 Plus akan hadirkan pengisian daya cepat hingga 45W, selengkapnya !

Dikutip dari GSMArena, Galaxy Tab S7 Plus akan ditenagai oleh Snapdragon 865 SoC serta versi tablet yang mendukung konektivitas 5G sub-6Ghz 5G. Bagian depan ponsel teradapat layar Super AMOLED 12,4 inci dengan resolusi 2800×1752 piksel serta dukungan Pena S tentunya.

Chipset Snapdragon 865 Plus ini akan dipasangkan dengan konfigurasi memori 6GB atau 8GB RAM sedangkan untuk bagian penyimpanan terdapat dua pilihan 128GB dan 256 GB.

Menurut kabar sebelumnya, Galaxy Tab S7 Plus ini akan dibekali baterai 10.090 mAh yang memungkinkan akan dapat mengisi daya hingga 45W.

Selain itu, Samsung Galaxy Tab S7 Plus ini akan membawa dua kamera di bagian belakang diantaranya 13 MP dan 5 MP serta kamera selfie 8 MP. sementara untuk software, Tab S7 Plus akan dijalankan oleh Samsung One UI 2.5 berbasis Andorid 10.

Continue Reading

Science & Technology

Resmi Meluncur ! Ini Cara Pakai Fitur Animated Sticker Baru di WhatsApp

Published

on

By

Finroll.com – WhatsApp secara resmi meluncurkan fitur terbaru stiker animasi (animated sticker) pada 8 Juli 2020. Pengguna aplikasi WhatsApp kini dapat mengirimkan stiker bergerak kepada pengguna WhatsApp lainnya.

Sebenarnya fitur stiker animasi ini sudah terlebih dahulu dipakai oleh aplikasi lain seperti Instagram, Line, dan Telegram. Hanya saja, WhatsApp baru memakai fitur tersebut. Selain itu, bagi para pengguna aplikasi WhatsApp di seluruh Indonesia sudah dapat menggunakan fitur terbaru ini.

Fitur animasi ini sudah tersedia di semua platform termasuk dekstop (Windows dan macOS). Serta pengguna aplikasi harus memperbaharui aplikasi ke versi v2.20194.16 di Android dan v2.20.70. di iOS.

Berikut beberapa cara menggunakan fitur animated sticker di aplikasi WhatsApp :

  1. Pilih ikon ‘emoji’ di bagian kiri bawah yang terletak di sebelah kolom chat.
  2. Lalu pilih ikon ‘stiker’ di sebelah kanan ikon ‘gif’.
  3. Pilih ikon ‘+’ untuk mengunduh berbagai paket animated sticker. Anda dapat melihat ikon ‘Play’ di animated stickers untuk membedakannya dengan stiker biasa.
  4. Kemudian, Anda bisa melihat terlebih dahulu stiker dengan mengetuk stiker tersebut untuk melihat animasi.
  5. Setelah di unduh, stiker akan muncul di ‘My Stickers’.
  6. Nah, ketika sudah muncul di tabel stiker anda sudah bisa menggunakannya.

Namun, pergerakan animasi stiker ini tidak akan berulang-ulang. Apabila ingin animasi bergerak, pengguna mesti scroll ke atas dan ke bawah, dilansir dari Gadgets360.

Dan dilansir dari Gizmochina, stiker ini muncul di aplikasi dekstop setelah stiker di unduh di ponsel. Harus diingat, aplikasi WhatsApp untuk dekstop tidak memiliki opsi untuk mengakses Toko Sticker yang berisi kumpulan stiker.

Continue Reading

Science & Technology

Ninja ZX-25R Siap Rilis, Dealer Sebut Harga Rp90 Jutaan

Published

on

By

Finroll.com, Jakarta – Kabar peluncuran Kawasaki Ninja ZX-25R sudah santer di kalangan penggemar motor sport 250 cc dalam negeri. Info seputar penantang Honda CBR250RR dan Yamaha R25 itu bahkan sudah beredar di dunia maya.

Berdasarkan keterangan tenaga penjual dealer Kawasaki di Jakarta, harga motor tersebut berkisar Rp90 jutaan ketika resmi diluncurkan pada Jumat (10/7).

“Harga resmi memang belum diumumkan. Tapi kisarannya mungkin sekitar Rp90 jutaan,” kata tenaga penjual yang namanya enggan disebutkan, pada Rabu (8/7).

Ia mengaku belum memperoleh informasi lain seputar Kawasaki Ninja 250 cc empat silinder, namun keterangan dia menerima informasi motor akan diluncurkan pekan ini.

Tenaga penjual Kawasaki lainnya juga masih menutup rapat informasi resmi Ninja 250 cc baru. Ia mengaku belum memperoleh rincian produk, termasuk lamanya inden motor ini usai dipesan konsumen.

Calon konsumen dijelaskan belum bisa melakukan pemesan sampai motor resmi diluncurkan di Indonesia.

“Belum ada informasi resmi ke kami, mungkin bisa ditunggu saat peluncurannya tanggal 10 Juli. Karena di dealer kami juga belum buka pemesanan motor itu,” kata dia.

Sebelumnya sempat beredar di media sosial mengenai harga resmi motor dengan nama lain ZX25R tersebut. Harga dikatakan Rp98 juta varian non ABS, sedangkan Ninja 250 4 silinder ABS banderolnya Rp114 juta.

Namun harga tersebut lantas dibantah pihak Kawasaki Indonesia. Menurut agen pemegang merek Kawasaki, Kawasaki Motor Indonesia (KMI), informasi tersebut tidak benar alias hoaks.

“Salah itu. Hoax. Beda lumayan,” kata Head Sales and Promotion Kawasaki Motor Indonesia (KMI) Michael C. Tanadhi saat dikonfirmasi soal bocoran harga, Senin (6/7).

Sumber : CNN Indonesia

Continue Reading
Advertisement

Advertisement
Advertisement

Trending