Connect with us

Science & Technology

Samsung Luncurkan Smartwatch Galaxy Fit, Harga Mulai Rp 650 Ribu

Published

on


Finroll.com – Samsung meluncurkan smartwatch Galaxy Fit dan Galaxy Fit-e, jam pintar pelacak kebugaran yang tidak selengkap Samsung Gear namun sudah dilengkapi parameter dasar seperti detak jantung, denyut nadi, dll.

Jam pintar ini dijual US$ 45 (sekitar Rp 650 ribu) untuk Galaxy Fit-e dan US$ 100 (Rp 1,4 juta) untuk Galaxy Fit, demikian dikutip dari laman Gizmochina, Kamis, 16 Mei 2019.

Galaxy Fit e memiliki fitur layar PMOLED monokrom 0,74 inci. Layar ini menunjukkan waktu dan penghitung langkah, tetapi juga dapat menampilkan pemberitahuan dan acara kalender dari ponsel Anda. Menggunakan prosesor Cortex M0 dengan hanya 128KB RAM.

Selain itu, Galaxy Fit-e memiliki fitur deteksi gerakan otomatis, analisis tidur, dan pelacakan detak jantung, yang mengemas baterai 70 mAh dan bisa digunakan selama 10 hari dengan sekali pengisian daya. Dilengkapi pula pelacak detak jantung, ketahanan air 5ATM, berat hanya 15 gram dan Bluetooth 5.0.

Galaxy Fit memiliki layar 0,95 inci AMOLED berwarna. Seri Fit lebih besar dan beratnya 24 gram. Fungsi dan kelengkapan sama dengan seri Fit-e, namun batere Fit lebih besar yakni 120 mAH.

International

Mengenal Teknologi Kereta Peluru Jepang Shinkansen Terbaru

Published

on

By

Ilustrasi kereta cepat Jepang Shinkansen. (Rsa via Wikimedia Commons (CC-BY-SA-3.0)

Finroll.com, Jakarta – Jepang baru saja meluncurkan kereta Shinkansen N700S yang mulai beroperasi pada 1 Juli. Kereta ini disebut telah memecahkan rekor dari sisi kecepatan dan kelancaran perjalanan.

Kereta juga disebut mampu mengangkut penumpang dengan aman ketika terjadi gempa bumi. Kereta ini didukung oleh teknologi termutakhir Jepang sehingga mampu memberikan performa di atas rata-rata.

Kereta memiliki kecepatan maksimal 360 kilometer per jam, rekor baru yang ditetapkan selama uji coba pada 2019, menjadikannya salah satu kereta tercepat di dunia. Namun dari sisi operasional, kecepatan akan dibatasi di 285 kilometer per jam.

Perusahaan perakit  kereta baru ini sangat menekankan keamanan. Kereta ini memiliki sistem kendali dan rem otomatis yang ditingkatkan sehingga  berhenti lebih cepat jika terjadi keadaan darurat.

Kereta juga dilengkapi dengan sistem self-propulsion baterai lithium-ion  yang pertama dari jenisnya di dunia. Sistem ini memungkinkan kereta tetap berjalan meski saat listrik padam.

Kereta juga mampu berjalan ke lokasi yang lebih aman dengan kecepatan rendah apabila kereta berhenti di daerah berisiko tinggi, misalnya di jembatan atau di terowongan saat gempa bumi.

Dilansir dari Japan Times, lebih banyak kamera juga telah dipasang di setiap gerbong, ditingkatkan dari  dua kamera menjadi enam di setiap gerbong.

Beberapa komponen juga ditingkatkan sehingga akan memakan lebih sedikit di bawah kereta dibandingkan dengan  model yang lama. Hal ini membuat jumlah gerbong bisa ditingkatkan dari 4 menjadi 16 gerbong.

Desain Ini juga mengurangi konsumsi energi sekaligus mempercepat waktu produksi, menjadikannya pilihan yang lebih menarik bagi operator internasional.

“Dengan membuat mekanisme di bawah lantai N700S lebih ringan dan lebih ringkas, kami menciptakan standar baru. Standar baru ini juga akan membantu dalam mengembangkan bisnis kami ke luar negeri,” ujar wakil kepala departemen bisnis kereta  Central Japan Railway (JR Central), Masayuki Ueno.

Dilansir dari CNN, penampilan N700S tidak terlihat terlalu berbeda dari model N700 atau N700A yang lama.

Tapi apabila dilihat lebih dekat, kereta baru memiliki hidung yang lebih bersudut, ‘pipi’ yang lebih lebar dan desain lampu yang lebih ramping.

Di bagian interior, kursi yang dirancang baru memungkinkan penumpang untuk berbaring lebih jauh, menawarkan kenyamanan lebih terutama untuk pengendara jarak jauh. Setiap kursi juga memiliki colokan listrik tersendiri.

Pencahayaan interior telah dirancang untuk menciptakan suasana yang lebih lembut dan lebih santai. Rak bagasi di atas kepala akan menyala di setiap pemberhentian untuk mengingatkan penumpang terhadap barang-barang mereka.

Sistem suspensi aktif baru dapat membantu menyerap gerakan kereta sehingga perjalanan akan terasa lebih mulus dan minim getaran.

Huruf ‘S’ dari N700S adalah singkatan dari ‘Supreme’ melayani jalur Tokaido Shinkansen, yang menghubungkan Stasiun Tokyo dan Stasiun Shin-Osaka di Osaka.

Ini adalah model kereta peluru baru pertama yang ditambahkan ke jalur Tokaido Shinkansen oleh JR Central dalam 13 tahun, Peluncuran yang semula dijadwalkan bertepatan dengan Olimpiade Tokyo pada 2020 yang ditunda menjadi 2021 akibat pandemi Covid-19.

Sumber : CNN Indonesia

Continue Reading

Science & Technology

Jelang Pemilu AS, Facebook Pertimbangkan Larang Iklan Politik

Published

on

Finroll – Jakarta, Facebook dikabarkan sedang mempertimbangkan untuk memberlakukan larangan iklan politik di jejaring sosialnya menjelang Pemilihan Presiden 2020 di Amerika Serikat yang berlangsung pada 3 November.

Kabar ini bocor dari sumber terdekat yang kerap berhubungan dengan perusahaan Facebook. Namun kabar untuk melarang iklan politik di lamannya, Facebook belum membuat keputusan akhir dilansir CNN, Minggu (12/7).

Seorang juru bicara Facebook menolak berkomentar terkait kabar tersebut.



Perusahaan media sosial itu dikecam karena kebijakannya mengecualikan iklan dan konten politis dari cek fakta. Tahun lalu, pesaingnya, Twitter, melarang iklan politik pada platformnya, sementara Facebook menyatakan bahwa pihaknya tidak ingin menekan konten politik.

Bulan lalu, juru kampanye kandidat presiden Partai Demokrat Joe Biden menerbitkan surat terbuka kepada CEO Facebook Mark Zuckerberg yang meminta perusahaan untuk memeriksa fakta iklan politik dalam dua pekan menjelang pemilu.

Dalam unggahan Twitter pada Jumat (10/7), direktur digital tim kampanye Biden, Rob Flahtery, memperlihatkan adanya masalah misinformasi dalam konten yang belum dibayar di situs web Facebook.

“Ini mengingatkan bahwa masalah Facebook adalah 80 persen tentang konten yang belum dibayar dan segala sesuatu yang mereka lakukan tentang konten berbayar adalah upaya untuk mengalihkan perhatian Anda,” cuit dia mengutip Antara.

Facebook beberapa pekan terakhir telah membuat geram karyawan dan anggota parlemen atas keputusannya untuk tidak bertindak pada unggahan presiden AS Donald Trump.

Lebih dari 900 pengiklan telah menandatangani boikot iklan di Facebook, yang diinisiasi oleh kelompok pembela hak sipil untuk mendorong raksasa media sosial itu mengambil langkah-langkah konkret untuk memblokir ujaran kebencian dan misinformasi, salah satunya soal unggahan terkait kematian George Floyd.

Sumber : CNN Indonesia

Continue Reading

Science & Technology

Lenovo Akan Umumkan Ponsel Gaming Legion Usung Chipset Snapdragon 865 Plus Pada 22 Juli

Published

on

By

Finroll.com, Jakarta – Qualcomm secara resmi umumkan jajaran ponsel gaming yang turut menggunakan chipset terbarunya yakni Snapdragon 865 Plus yang diantaranya Lenovo Legion dan Asus ROG Phone 3.

Dikutip dari GSMArena, Lenovo telah mengumumkan tanggal peluncuran dari ponsel gaming Lenovo Legion akan tiba pada 22 Juli bersamaan dengan hari peluncuran Asus ROG Phone 3.

Snapdragon 865 Plus akan menghadirkan 10 persen peningkatan kecepatan clock dari core CPU utama, dan GPU yang sedikit overclock. Dan juga terdapat dukungan untuk WiFi 6E, Bluetooth 5.2, serta dukungan tampilan refresh rate 144Hz.

Ponsel gaming Lenovo legion diharapkan datang dengan refresh rate yang sama, sesuai dengan dukungan refresh rate dari Snapdragon 865 Plus. Sementara itu, Lenovo Legion dikabarkan akan dibekali layar resolusi Full HD Plus, dengan tingkatan pengambilan sampel sentuh 270Hz.

Serta dukungan penyimpanan RAM 16GB LPDDR5 dan ROM 512GB dengan dukungan UFS 3.1.

Foto : Liputan6|GoogleSearch

Continue Reading
Advertisement

Advertisement
Advertisement

Trending