Connect with us
[adrotate group="1"]

International

Sebagian Kawasan Amerika Serikat Dilanda Cuaca Dingin Ala Kutub

Published

on


Amerika Serikat

Sejumlah kota di kawasan tengah barat Amerika Serikat dilanda cuaca dingin ala kutub yang menyebabkan suhu menembus minus 54 derajat Celsius.

Finroll.com – Selain itu, angin yang berhembus begitu luar biasa dingin dan berbahaya. Di Chicago, misalnya, suhu mencapai minus 21 derajat Fahrenheit. Angka tersebut mendekati rekor suhu terdingin yang pernah tercatat di kota itu pada 1985, dengan -27 derajat Fahrenheit.

Kondisi itu memaksa Layanan Pos AS (UPS) tidak beroperasi secara total di enam negara bagian. Dan beberapa wilayah di empat negara bagian lainnya. Layanan Pos AS menyatakan di Facebook bahwa karena prediksi kondisi cuaca memburuk di Midwest, pengiriman paket dan surat akan dihentikan di beberapa wilayah.

Daftar wilayah dan negara bagian yang terkena dampak penghentian operasional Layanan Pos itu adalah Illinois, Iowa, Minnesota, Dakota Utara, Dakota Selatan, Wisconsin, dan beberapa bagian Kansas, Missouri, Montana dan Nebraska.

Amerika Serikat

Para petugas di Chicago berupaya membuat transportasi umum seperti kereta komuter tetap beroperasi di tengah suhu udara yang sangat dingin. Api tampak membara di rel pada Selasa lalu untuk menjaga kereta komuter tetap dapat beroperasi.

Tapi tunggu dulu, laporan CNN menyebut petugas di Metra tidak sungguh-sungguh membakar rel. Nyala api itu berasal dari pemanas gas di sepanjang rel agar menjaganya tetap hangat.

Nyala api di rel komuter berasal dari pemanas gas di sepanjang rel agar menjaganya tetap hangat. Metra memakai sistem pemanas tubular dan peniup udara untuk menghangatkan lintasan yang dingin.

“Kapan saja ketika berada di bawah titik beku, alat ini digunakan,” ujar juru bicara Metra, Michael Gillis. Menurutnya, teknologi serupa juga sudah digunakan di wilayah Amerika Utara.

Pada akhir pekan ini, sebanyak 20 juta orang di daratan AS diperkirakan akan mengalami suhu minus 28 derajat Celsius atau lebih rendah.

Bagaimana kematian bisa terjadi dalam cuaca ini?

Pada Rabu (30/1), dua warga Michigan ditemukan meninggal dunia di kawasan permukiman mereka, sebagaimana dilaporkan kantor berita Associated Press.

Salah seorang di antara mereka, menurut aparat, mengalami disorientasi dan berjalan di tengah cuaca ekstrem tanpa busana yang mampu menahan dingin.

Sehari sebelumnya, pria berusia 55 tahun ditemukan meninggal dalam kondisi membeku di Milwaukee, Wisconsin. Bagian forensik menyatakan orang tersebut “tampaknya kolaps setelah menyekop salju”.

Penyebab dari udara dingin ini dikabarkan karena adanya pusaran udara Arktik yang memisahkan diri dari pusaran kutub yang terdapat pada kutub utara.

“Angin dingin yang berbahaya dapat menyebabkan radang dingin pada kulit yang terpapar dalam waktu lima menit,” kata NWS.

Gubernur Michigan Gretchen Whitmer mengatakan kantor pemerintah akan tetap ditutup hingga Kamis. Karyawan yang tidak memiliki kepentingan diminta untuk tetap tinggal di rumah.

“Layanan Cuaca Nasional terus memprediksi suhu dingin di bawah nol yang berbahaya dan prioritas harus terus dipertahankan agar orang tetap aman,” kata Whitmer dalam sebuah pernyataan.

Namun, pusat-pusat pemanasan dibuka untuk penghuni rentan seperti lansia, tunawisma hingga 16.000 orang yang diperkirakan tinggal di jalanan Chicago. Di Chicago dan Minneapolis, beberapa bus berkeliling untuk digunakan sebagai tempat penampungan pemanasan untuk para tunawisma.

International

Peretas Korea Utara Meretas Sistem Pembuat Vaksin Virus Corona AstraZeneca

Peretas Korea Utara diduga berupaya membobol sistem pembuat vaksin virus corona, AstraZeneca. Alat dan tekniknya dinilai mirip dengan pembobolan sistem perusahaan pertahanan di AS sebelumnya.

Published

on

FINROLL.COM – Peretas Korea Utara diduga berupaya membobol sistem pengembang vaksin virus corona di Inggris, AstraZeneca dalam beberapa pekan terakhir.

Dua sumber Reuters mengatakan, hacker menyamar sebagai perekrut di situs jejaring LinkedIn dan WhatsApp untuk mendekati staf perusahaan.

Mereka menawarkan pekerjaan palsu kepada para karyawan AstraZeneca. Mereka kemudian mengirimkan dokumen deskripsi pekerjaan yang memuat kode berbahaya yang dirancang untuk mendapatkan akses ke komputer korban.

“Upaya peretasan menargetkan sekelompok besar orang termasuk staf yang mengerjakan penelitian Covid-19,” kata salah satu sumber dikutip dari Reuters, akhir pekan lalu (28/11). Namun, pembobolan ini diperkirakan gagal.

Misi Korea Utara untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di Jenewa tidak menanggapi permintaan komentar. Namun, Pyongyang sebelumnya membantah telah melakukan serangan siber. AstraZeneca juga tak merespons.

Sumber, yang berbicara dengan syarat anonim, mengatakan bahwa alat dan teknik yang digunakan dalam peretasan tersebut mirip dengan serangan siber sebelumnya yang menyasar perusahaan pertahanan dan organisasi media.

Tiga orang yang menyelidiki kasus itu mengatakan, para peretas beralih ke pembuata vaksin virus corona. Sedangkan Microsoft mencatat ada dua kelompok peretas Korea Utara yang menargetkan pengembang vaksin di banyak negara.

Salah satunya, dengan mengirim pesan deskripsi pekerjaan palsu. Pada akhir pekan lalu (27/11), anggota parlemen Korea Selatan mengatakan bahwa badan intelijen negara telah menggagalkan beberapa dari upaya peretasan.

Sebelumnya, Reuters juta melaporkan bahwa peretas dari Iran, Tiongkok, dan Rusia berusaha membobol pembuat obat dan organisasi kesehatan dunia (WHO) tahun ini. Namun, Teheran, Beijing dan Moskow membantah tuduhan itu.

Sedangkan salah satu sumber Reuters menyampaikan, beberapa akun yang digunakan dalam serangan di AstraZeneca didaftarkan ke alamat email Rusia. Ia menilai, ini upaya untuk membingungkan penyelidik.

Di satu sisi, Korea Utara disalahkan oleh jaksa AS atas beberapa serangan siber seperti kebocoran email Sony Pictures pada 2014, pencurian US$ 81 juta dari Bank Sentral Bangladesh di 2016, dan penyebaran ransomware Wannacry virus pada 2017.

Pyongyang menggambarkan tuduhan itu sebagai bagian dari upaya Washington untuk mencoreng citranya.

Sumber Berita : Katadata.co.id

Continue Reading

International

Mengapa Luhut Temui Trump di Gedung Putih

Published

on

FINROLL.COM – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan menemui Presiden AS Donald Trump di Gedung Putih pada Selasa (17/11) kemarin.

Dalam pernyataan yang dikeluarkan di Jakarta, Rabu (18/11) ini, Luhut menjelaskan pertemuan dilakukan untuk menyampaikan salam dan terima kasih dari Presiden Jokowi atas dukungan Trump terhadap kerja sama RI dan AS selama ini.

“Saya atas nama Presiden Joko Widodo menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Presiden Donald Trump. Apapun hasil resmi pemilu AS, pertemanan tetap perlu dijaga,” katanya dalam pernyataan yang dikeluarkan di Jakarta, Rabu (18/11).

Selain itu, pertemuan juga dilakukan untuk menyampaikan terima kasih pemerintah Indonesia terhadap pemberian fasilitas pembebasan bea masuk atau GSP atas beberapa produk ekspor Indonesia ke AS.

Sebagai informasi, AS melalui Kantor Perwakilan Dagang mereka (USTR) beberapa waktu lalu memutuskan memperpanjang pemberian fasilitas pembebasan bea masuk atas produk asal Indonesia.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan keputusan itu diambil setelah USTR melakukan peninjauan terhadap fasilitas GSP selama 2,5 tahun sejak Maret 2018. Peninjauan dilakukan sejak pemerintahan Presiden AS Donald Trump.

Retno mengatakan sejak diberlakukan pada 1980, sudah ada 3.572 pos yang diklasifikasi oleh US Customs and Border Protection (CBP) pada level Harmonized System (HS) 8-digit yang mendapatkan pembebasan tarif melalui skema GSP 3.572 pos tarif.

Menurutnya ini merupakan bukti konkret dari komitmen pemerintah terhadap hubungan bilateral dan perdagangan Indonesia-AS. AS sendiri, sambungnya, merupakan negara tujuan ekspor non migas terbesar Indonesia kedua setelah China.

Selain dengan Trump, dalam lawatan itu,Luhut juga bertemu dengan

Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence di kantornya. Dalam pertemuan itu, Pence menawarkan kerja sama produksi vaksin bersama antara perusahaan Amerika Serikat dan Indonesia.

Luhut juga bertemu dengan National Security Advisor (NSA) Robert O’ Brien. Dalam pertemuan itu Luhut melakukan pembahasan kemitraan strategis antara Indonesia dan Amerika Serikat di bidang. (CNN INDONESIA.COM)

Continue Reading

International

Harapan Presiden Jokowi untuk Kemitraan ASEAN – Selandia Baru di Pasifik

Published

on

Presiden Jokowi mengikuti Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-37 ASEAN yang digelar secara virtual, Kamis (12/11). Biro Pers Sekretariat Presiden

FINROLL.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendorong adanya penguatan kemitraan ASEAN – Selandia Baru di kawasan Pasifik. Hal itu disampaikan Presiden Ketujuh RI ini ketika mengikuti Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN – Selandia Baru yang digelar secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Sabtu (14/11).

Di awal sambutannya, Kepala Negara mengucapkan selamat atas terpilihnya kembali Jacinda Ardern sebagai Perdana Menteri (PM) Selandia Baru.

“Saya ingin mulai dengan menyampaikan ucapan selamat atas mandat baru PM Jacinda sebagai PM Selandia Baru,” kata Jokowi. Selanjutnya saat memberikan sambutan di forum itu, Presiden Jokowi mendorong penguatan kemitraan ASEAN-Selandia Baru dalam beberapa isu. Terlebih, pada hari ini ASEAN – Selandia Baru merayakan 45 tahun kemitraannya.

“Ke depan, saya ingin kemitraan kita dapat diperkuat terutama di beberapa isu,” ucap suami Iriana itu. Baca Juga: Begini Nasib 24 Moge Milik Pengeroyok Anggota TNI di Bukittinggi Pertama, Jokowi mendorong penguatan kemitraan di Pasifik.

Dia menilai hubungan Selandia Baru dengan negara-negara Pasifik Selatan cukup kuat. Untuk itu, Indonesia dan ASEAN juga ingin memperkuat kemitraan dengan negara-negara Pasifik Selatan.

Hubungan baik kita dapat kita gunakan untuk perkuat kemitraan dengan Pasifik Selatan termasuk di bidang perikanan dan perubahan iklim,” kata Jokowi.

“ASEAN Outlook on the Indo – Pacific tentunya dapat dijadikan pijakan bagi pengembangan kerja sama dengan Pasifik Selatan,” lanjut mantan gubernur DKI Jakarta itu. Kedua, Jokowi memandang ASEAN – Selandia Baru perlu memperkuat kerja sama untuk penguatan multilateralisme. Hal itu dinilai penting dilakukan bersama-sama.

“Kita harus pastikan, multilateralism delivers for all,” imbuhnya. Terakhir, sebagai salah satu perwujudan multilateralisme, maka ASEAN – Selandia Baru perlu memperkuat integrasi ekonomi kawasan yang saling menguntungkan. Oleh karena itu, Indonesia menyambut baik keputusan Selandia Baru untuk menandatangani Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP). (tan/jpnn)

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

Trending