Connect with us

Science & Technology

Selain Tokopedia, Peretas Juga Jual 1,2 Juta Data Bhinneka.com

Published

on


Kelompok peretas alias hacker ShinyHunters, yang juga disebut jadi biang kebocoran data pengguna Tokopedia, mengklaim telah meretas dan menjual puluhan juta data pengguna 10 perusahaan, termasuk e-commerce berbasis di Indonesia Bhinneka.com.

Dikutip dari ZDNet, Minggu (10/5), kelompok ini mengklaim memiliki 1,2 juta data pengguna Bhinneka.com. “Bhinneka, toko daring Indonesia (1,2 juta data pengguna),” tertulis dalam 10 daftar perusahaan yang datanya dibocorkan itu.

Secara keseluruhan, basis data yang dijual mencapai 73,2 juta pengguna dan dijual seharga sekitar US$18 ribu di dark web. Setiap basis data dijual terpisah.

Rincian 10 situs yang dibobol kelompok ini antara lain:

1. Aplikasi kencan online Zoosk (30 juta data pengguna)
2. Perusahaan percetakan Chatbooks (15 juta pengguna)
3. Platform mode Korea Selatan, SocialShare (6 juta data pengguna)
4. Layanan pengiriman makanan, Home Chef (8 juta data pengguna)
5. Toko daring Minted (5 juta data pengguna)
6. Surat kabar online Chronicle of Higher Education (3 juta data pengguna)
7. Majalah furnitur Korea Selatan, GGuMim (2 juta data pengguna)
8. Majalah kesehatan Mindful (2 juta data pengguna)
9. Bhinneka, toko daring Indonesia (1,2 juta data pengguna)
10. Surat kabar AS, StarTribune (1 juta data pengguna)

Pengguna Tokopedia bertransaksi melalui gawai di Jakarta, Senin (4/5/2020).

Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama BSSN dan Tokopedia akan melakukan evaluasi, penyelidikan, dan mitigasi teknis terhadap upaya peretasan data pengguna sebanyak 91 juta akun dan 7 juta akun merchant, serta akan terus memastikan ekonomi digital khususnya e-commerce tetap berjalan dengan baik dan lancar tanpa diganggu peretas data.

Hal itu disebut tak lepas dari kesuksesan penjualan data milik Tokopedia, pekan lalu.

Awalnya, para peretas membocorkan 15 juta catatan pengguna secara gratis. Namun, mereka kemudian menjual 91 juta data pengguna seharga US$5.000 di dark web alias internet bawah tanah.

Grup peretas ini telah membagikan sampel dari beberapa database yang dicuri. ZDNet kemudian memverifikasinya dengan memasukkan catatan pengguna yang sah yang memiliki rincian. Hasilnya, keaslian beberapa database yang terdaftar tidak dapat diverifikasi.

Namun, sumber-sumber di komunitas intelijen ancaman seperti Cyble, Nightlion Security, Under the Breach, dan ZeroFOX percaya bahwa ShinyHunters adalah ancaman yang sah.

Beberapa pihak percaya kelompok ShinyHunters memiliki hubungan dengan Gnosticplayers, kelompok peretas yang aktif tahun lalu, yang menjual lebih dari satu miliar kredensial pengguna di pasar web gelap. Alasannya, kedua kelompok ini beroperasi dengan pola yang nyaris identik.

ZDNet juga secara bertahap menghubungi korporasi yang menjadi korban peretasan itu. Hingga berita ini ditulis, hanya Chatbooks yang membalas surel dan menyatakan perusahaan itu secara resmi mengumumkan pelanggaran keamanan di situs webnya.

Ubah Kata Sandi

Dihubungi terpisah, Group Head Brand Communication & PR (BCPR) Bhinneka.com, Astrid Warsito, mengatakan pihaknya masih melakukan penyelidikan atas dugaan peretasan situsnya.

“Hingga saat ini, kami masih melakukan investigasi yang mengenai kebenaran berita tersebut dan juga melakukan investigasi di sistem internal Bhinneka sehubungan dengan dugaan tersebut,” kata dia, dalam pesan singkatnya, Minggu (10/5).

Infografis Barang Konsumsi Impor dan Lokal via Belanja OnlineFoto: CNNIndonesia/Asfahan Yahsyi
Terkait keamanan pembayaran pelanggan, Astrid menyebut pihaknya tak menyimpan data pembayaran itu di database-nya.

“Kami tidak menyimpan data kartu kredit ataupun debit. Semua data pembayaran langsung terkoneksi dengan payment gateway,” tuturnya.

“Selain itu tidak ada uang elektronik atau digital goods lainnya yang datanya tersimpan di sistem kami,” imbuh dia.

Ia mengaku pihaknya selalu memprioritaskan keamanan dan kenyamanan pelanggan lewat penerapan standar keamanan global Payment Card Industry Data Security Standard (PCI DSS) dari TUV Rheinland.

“Kami informasikan juga bahwa password pelanggan di database selalu dienkripsi,” aku dia.

“Namun ada baiknya, kita bersama-sama menghindari segala niat yang kurang baik dan mencegahnya bersama,” tukasnya.

Untuk itu, Astrid menghimbau pelanggan untuk segera melakukan penggantian kata sandi atau password sebagai langkah pencegahan kebocoran data. Tahapannya antara lain:

1. Mengganti password secara berkala dan ini saat yang tepat untuk mengganti yang baru.

2. Tidak menggunakan password yang sama untuk berbagai layanan.

3. Menggunakan email yang berbeda untuk aktivitas transaksi online.

4. Segera gunakan strong password: minimum 8 (delapan) karakter, kombinasi huruf besar dan kecil, kombinasi angka, jangan gunakan identitas atau informasi terkait dengan diri Anda, dan kombinasi simbol.

Advertisement Valbury

Science & Technology

Permudah Pengguna, WhatsApp Akan Rilis 5 Fitur Baru

Published

on

By

Finroll.com, Jakarta –  WhatsApp kembali merilis fitur terbaru. Setidaknya ada lima fitur yang akan dirilis dalam beberapa minggu mendatang lewat versi terbaru WhatsApp.

Pertama

Stiker Animasi. Rencananya WhatsApp akan meluncurkan paket stiker animasi baru agar membuat komunikasi Anda lebih menyenangkan dan ekspresif.

Kedua

Kode QR. Fitur ini dirilis untuk membuat proses penambahan kontak baru jadi sangat mudah. Dengan fitur ini, pengguna WhatsApp yang mendapat kenalan baru cukup memindai kode QR untuk menambahkan kontak mereka.

Dengan fitur ini, pengguna nantinya tidak perlu lagi mengetik satu per satu nomor telepon untuk menyimpan kontak.

Ketiga

Mode gelap untuk web dan desktop WhatsApp. Fitur yang disukai ini kini berekspansi ke layar komputer pengguna WhatsApp.

Keempat

Pembaruan panggilan video grup. Dengan fitur ini, pengguna dapat melakukan panggilan video dengan hingga 8 orang.

Ketika ingin fokus ke layar peserta tertentu, pengguna WhatsApp bisa menekan dan menahan video peserta tersebut untuk memaksimalkan videonya ke layar penuh. WhatsApp juga telah menambahkan ikon video di chat grup dengan 8 peserta atau kurang.

Dengan tambahan ini, pengguna akan lebih dimudahkan untuk memulai panggilan video grup dengan sekali ketuk.

kelima

‘Status’ hadir di KaiOS. Dengan fitur ini, pengguna KaiOS  dapat menikmati fitur populer yang berbagi status terbaru mereka, yang akan hilang setelah 24 jam.

Dalam pernyataannya yang dikutip Kamis (2/7), WhatsApp menyatakan fitur baru ini dirilis untuk mempermudah dan memenuhi kebutuhan para pengguna dalam berkomunikasi.

Fitur-fitur baru ini hadir melengkapi fitur-fitur WhatsApp sebelumnya, seperti menyematkan obrolan, membalas pesan tertentu, serta menujukan pesan dengan simbol ‘@’ kepada orang tertentu dalam obrolan grup.(cnnindonesia.com)

Continue Reading

Science & Technology

Google Indonesia Siap Pungut Pajak 10 Persen ke Pengguna

Published

on

By

Finroll.com, Jakarta – – Google Indonesia mengaku siap memungut pajak pertambahan nilai (PPN) sebesar 10 persen kepada klien jika diminta oleh pemerintah. Pemungutan akan dilakukan setelah aturan pajak digital ini diberlakukan, yakni Agustus 2020.

“Kami akan menagihkan pajak layanan sebesar 10 persen kepada para klien kami di Indonesia setelah ketentuan yang relevan mulai berlaku,” ucap Head of Corporate Communication Google Indonesia Jason Tedjasukmana kepada CNNIndonesia.com, Rabu (1/7).

Jason mengklaim Google selalu mematuhi hukum pajak yang berlaku di seluruh negara. Oleh karena itu, perusahaan juga akan mengikuti kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia.

Sementara, Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan Hestu Yoga Saksama mengatakan ada beberapa kriteria yang ditetapkan untuk pelaku e-commerce untuk memungut PPN produk digital luar negeri.

Salah satunya adalah pelaku usaha yang memiliki nilai transaksi penjualan produk digital kepada pembeli di Indonesia lebih dari Rp600 juta dalam setahun atau Rp50 juta dalam sebulan.

“Kriteria juga bisa memiliki jumlah traffic atau pengakses di Indonesia melebihi 12 ribu dalam satu tahun atau 1.000 dalam satu bulan dapat ditunjuk sebagai pemungut PPN,” ucap Hestu.

Nantinya, DJP Kemenkeu akan menunjuk pelaku usaha e-commerce yang wajib memungut PPN. Namun, perusahaan yang tidak ditunjuk bisa mengajukannya kepada DJP Kemenkeu.

“Dengan kriteria tersebut di atas maka penunjukan pemungut PPN didasarkan semata-mata atas besaran nilai transaksi dengan pembeli di Indonesia, atau jumlah traffic atau pengakses dari Indonesia tanpa memandang domisili atau yurisdiksi tempat kedudukan pelaku usaha,” jelas Hestu.

Ia bilang pelaku usaha yang ditunjuk sebagai pemungut PPN wajib menarik PPN pada bulan berikutnya setelah keputusan diterbitkan. Hanya saja, Hestu menyatakan pemungutan PPN tak berlaku untuk barang atau jasa yang kalau berdasarkan undang-undang (uu) dikecualikan atau dibebaskan dari pengenaan PPN.(cnnindonesia.com)

Continue Reading

Science & Technology

MediaTek Helio G35 dan G25, Chipset Gaming Dibawah G70

Published

on

By

Finroll.com, Jakarta – MediaTek meluncurkan chipset gaming terbarunya, yakni MediaTek Helio G35 dan G25. Dari segi spesifikasi performa, kinerja chipset ini ada di bawah seri G70 dan G80 yang sebelumnya meluncur.

Menurut Mediatek, G70 ditujukan untuk ponsel kelas menengah. Sementara G35 yang punya spesifikasi dibawah G70 bakal ditujukan untuk ponsel mainstream.

Kedua chipset gaming ini ditujukan untuk ponsel mainstream yang diklaim bakal hadir untuk ponsel dengan harga terjangkau.

Ketika ditanya soal rentang harga ponsel yang akan disasar, perwakilan Mediatek enggan menjelaskan lebih jauh soal rentang harga ponsel mainstream ini.

“Kalau berdasarkan spek sih memang di bawahnya G70. Tapi, MediaTek gak punya data harga kisaran ponselnya,” jelas perwakilan Mediatek di Indonesia saat dihubungi, Rabu (1/7).

Sebab, menurutnya harga yang akan dibanderol dengan chipset ini akan tergantung dengan fitur lain yang disematkan dalam ponsel itu.

“Soalnya khan fitur2 sama kelengkapan (RAM, memori internal, dll) khan ngaruh ke harga juga, di luar chipset,” tuturnya.

Jika dilihat di pasar, Mediatek Helio G70 memang ada yang menjual di rentang harga Rp1 jutaan. Contohnya Realme C3 yang menggunakan Helio G70 dan dilego Rp1,699 juta. Sementara kemarin, Realme juga baru meluncurkan C11 yang menggunakan Mediatek G35 yang dilego di harga yang tak jauh beda Rp1,499 juta.

Chipset ini dibekali dengan teknologi HyperEngine yang menawarkan performa lebih tinggi, sebab bisa bekerja lebih cepat dan efisien dan peningkatan grafis.

“MediaTek memperluas seri G untuk memenuhi kebutuhan yang besar akan smartphone gaming mainstream dengan harga bersaing,” kata Deputy General Manager, Wireless Communications Business Unit MediaTek, Yenchi Lee dalam keterangan yang diterima CNNIndonesia.com, Selasa (30/6).

Kemarin, Realme baru saja meluncurkan ponsel Realme C11 yang menggunakan chipset Mediatek Helio G35. Ponsel itu dilego di harga Rp1,499 juta.

Kedua chipset ditenagai CPU Arm Cortex-A53. Helio G25 mampu beroperasi hingga 2GHz, sementara G35 bisa beroperasi hingga 2,3 GHz.

Kedua chipset juga memiliki  GPU IMG PowerVR GE8320. Kecepatan GPUS G25 bisa mencapai 650MH, sedangkan G35 bisa menghasilkan kecepatan 680MHz.

Kedua cip memiliki efisiensi daya optimal konstruksi FinFet 12nm tingkat lanjut. Konstruksi juga dikombinasikan dengan HyperEngine yang membuat  umur baterai panjang dan efisiensi daya, bahkan ketika bermain game dalam waktu lama tanpa henti.

“MediaTek Helio G25 dan G35 menawarkan fitur-fitur smartphone premium yang sudah ada di lini seri G kami lainnya, termasuk efisiensi daya yang lebih tinggi, kinerja optimal, permainan yang lebih mulus, dan fotografi lebih baik,” kata Lee.

HyperEngine ini mampu mengaktifkan konkurensi Wifi dan LTE dalam waktu mili detik apabila sinyal Wifi sedang lemah. Teknologi memastikan koneksi tanpa lag.

MediaTek HyperEngine juga memungkinkan pengguna untuk menunda panggilan ketika bermain game, mencegah putusnya koneksi atau berhentinya permainan untuk menerima panggilan. Teknologi ini juga memastikan pengelolaan cerdas dan dinamis akan CPU, GPU, dan memori.

Dari sisi koneksi jaringan, kedua chipset menawarkan pengalaman gaming dengan latensi paling rendah untuk menjaga jaringan yang lebih stabil.

Kedua chipset mengedepankan modem 4G LTE WorldMode terintegrasi, termasuk dukungan SIM 4G ganda, memungkinkan VoLTE/ViLTE di kedua koneksi.

Pencarian sinyal ponsel menjadi salah satu alasan kenapa ponsel boros baterai. Chipset ini disebut mampu menyediakan kualitas sinyal yang baik dengan konsumsi daya yang rendah dengan teknologi antena cerdas MediaTek TAS 2.0.

G25 mendukung kamera tunggal hingga 21MP di 30fps. Sementara G35 chipset mendukung smartphone multi-kamera dengan resolusi maksimal 25MP. Sehingga chipset G35 sudah bisa menggunakan fitur kamera ganda dimana kamera kedua digunakan untuk menghasilkan bokeh.

Teknologi Electronic Image Stabilization (EIS) dan Rolling Shutter Compensation (RSC) secara pintar mengurangi video melengkung (‘efek jello’) ketika merekam aksi cepat atau video panning.

G25 dan G35 juga mampu memproses kemampuan AI untuk kamera. Sehingga, bisa memberikan fitur AI untuk mempercantik (efek beauty), album foto cerdas, dan meningkatkan presisi blur saat melakukan foto bokeh.(cnnindonesia.com)

Continue Reading
Advertisement

Advertisement
Advertisement

Trending