Connect with us

Ragam

Unboxing OPPO F11 Pro: Kamera Tersembunyi dan Pengisian Super Cepat

Published

on


Finroll.com – Kali ini redaksi berkesempatan menjajal smartphone OPPO F11 Pro untuk di-review. Smartphone pabrikan asal Negeri Tirai Bambu itu diluncurkan dengan kamera yang tersembunyi (pop-up camera) dengan sensor 16 megapiksel (MP) dan daya baterai 4.000 mAh dengan pengisian super cepat VOOC Flash Charge 3.0.

Diluncurkan di Indonesia pada 13 Maret 2019, OPPO F11 Pro hadir dengan disenjatai chip MediaTek Helio P70 dengan proses teknologi 12 nanometer.

Selama dua pekan mencoba ponsel OPPO F11 Pro dengan kapasitas RAM 6 gigabita (GB) dan memori internal 64GB, Tempo mencoba berbagai fitur yang dipasang dalam smartphone. Namun, ponsel tersebut masih memiliki kekurangan yang diharapkan menjadi bahan evaluasi untuk perangkat baru ke depannya.

Spesifikasi OPPO F11 Pro:
-Layar: 6,53 inci IPS LCD capacitive touchscreen, 16M color, screen-to-body ratio 84,4 persen, resolusi 1080×2340 piksel dan aspek rasio 19,5:9
-SoC/Processor: Mediatek Helio P70 (12nm), CPU Octa-core (4×2.1 GHz Cortex-A73 & 4×2.0 GHz Cortex-A53)
-Grafis chip: Mali-G72 MP3
-Memory/Storage: 6 GB/64 GB
-Baterai: Baterai Li-Po 4000 mAh, pengisian cepat VOOC Flash Charge 3.0 dengan daya 20W
-Konektivitas: Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by), MicroSD, Wi-Fi 802.11 a/ b/ g/ n/ ac, dual band, WiFi Direct, Hotspot, Bluetooth, GPS, Radio, microUSB 2.0
-Kamera: 48 MP, f/ 1.8, 1/2, PDAF, sensor kedalaman 5 MP f/ 2.4; kamera depan 16 MP, f/ 2.0
-Sistem Operasi: ColorOS 6 berbasis Android 9.0 (Pie)
-Harga Rp 4,999 juta

1. Unboxing

Smartphone dibungkus dalam kotak berwarna putih. Di bagian atas kanan kotak terdapat tulisan OPPO dan di pojok kiri informasi kapasitas RAM dan memori internal 6GB/64GB, kemudian agak sedikit ke bawah terdapat tulisan F11 Pro berwarna emas. Dan terdapat juga gambar smartphone tampak bagian depan layar dan bagian belakangnya, serta sedikit informasi spesifikasi smartphone di bagian belakang kotak.

Di dalam kemasan tersebut terdapat perangkat pendukung, seperti buku panduan, pin ejektor atau pembuka slot kartu SIM atau microSD. Kemudian terdapat juga kabel microUSB 2.0, serta adaptor untuk mengisi daya baterai smartphone, dan earphone dalam kemasan

2. Desain dan layar

OPPO F11 Pro memiliki desain dengan bodi yang cukup berat dengan bobot 190 gram, dengan dimensi 161,3×76,1×8,8 milimeter. Setiap sudut ponsel melengkung membuat nyaman ketika digenggam. Bagian belakangnya didesain dengan warna gradasi yang terinspirasi dari alam, dan terlihat mengkilat seperti kaca. OPPO menghadirkan dua varian warna, Thunder Black dan Aurora Green. Namun, hal itu rentan terhadap bekas sidik jari yang kotor, maka jika tidak sering dibersihkan, ponsel akan terlihat jorok.

Dengan ukuran layar 6,53 inci FHD+, screen-to-body ratio 84,4 persen, smartphone ini memiliki resolusi 1080×2340 piksel dan aspek rasio 19,5:9. Layar dirasa cukup kokoh karena dilapisi dengan Corning Gorilla Glass 5. Di dalam kotak, OPPO menyediakan softcase, sehingga pengguna tak perlu lagi membelinya. Namun, akan lebih baik jika pengguna menggunakan hardcase yang bisa dibeli secara terpisah, sehingga pengguna tidak akan merasa licin ketika menggunakan smartphone dan cukup untuk melindungi bodi.

Bagian layar OPPO F11 Pro tidak memiliki notch. Di bagian atasnya hanya terdapat speaker untuk mendengar komunikasi telepon, tanpa lampu LED penanda pesan. Sementara di bagian bawah terdapat tiga tombol ketika ponsel dalam kondisi menyala atau kunci terbuka, seperti tombol home di tengah, tombol kembali di kanan dan sebelah kiri tombol untuk melihat aplikasi yang pernah Anda buka.

Bagian sisi kiri bodi, OPPO hanya memasang tombol pengaturan volume, sedangkan di bagian sisi kanan terdapat tombol power atau pembuka kunci, dan satu slot tempat dual SIM card dan microSD. Pengguna bisa memasang sekaligus dual SIM Card dan microSD. Sedangkan di bagian sisi bawah bodi terdapat lubang microUSB 2.0 di tengah dan didampingi speaker suara dering pesan dan telfon masuk di kirinya dan di kanan lubang jack berdiameter 3,5 milimeter. Sementara di bagian sisi atas bodi ada kamera yang tersembunyi tepat di tengah dan sedikit ke kiri ada lubang sensor yang bisa membuat smartphone jadi remote control seperti untuk TV, AC dan lainnya.

Di bagian belakang, OPPO memasang tiga kamera belakang dan lampu flash di atas tengah yang dipasang vertikal dan agak muncul menonjol, serta tepat di bawahnya, dan tulisan OPPO DESIGNED BY OPPO. Secara keseluruhan, pengaturan tombol dan bentuk bodi sama seperti smartphone pada umumnya, tapi OPPO cukup memanfaatkan setiap bagian sisi bodi. Namun smartphone tersebut dirasa cukup berat untuk digenggam, mungkin karena memasang baterai yang besar, sehingga membuat smartphone lebih berat.

3. Hardware dan Performa

OPPO F11 Pro mengusung chipset MediaTek Helio P70 dengan fabrikasi 12 nanometer, semakin kecil ukuran transistor, maka performa yang ditawarkan jauh lebih cepat. Chip tersebut merupakan motor untuk kelas menengah. Dari segi grafis Helio P70 menggunakan Mali-G72 yang berjalan lebih kencang dalam mengolah grafis jika dibandingkan dengan chip sekelasnya, Snapdragon 660, dan 30 persen lebih cepat dari chip pendahulunya.

Chip yang terpasang dapat menunjang sensor kamera hingga 32 MP untuk single-camera sehingga tak heran jika chipset ini dapat memberikan pengalaman fotografi terbaik. Untuk bermain game, Helio P70 memberikan pengalaman gameplay yang responsif, karena mendapatkan peningkatan game seluler yang mencakup optimalisasi multi-threading unik, serta fokus pada peningkatan latensi di area pengguna yang kritis.

Dalam bermain game populer yang sering menghasilkan beban berat, P70 memberikan DOU 7 persen lebih baik dan daya hingga 35 persen lebih rendah dibandingkan P60. Tempo menjajalnya dengan mengunduh game HAWK, Mobile Legend dan game biasa Candy Crush. Game tersebut merupakan game dengan grafis yang penuh dengan warna. Dengan didampingi kapasitas RAM 6GB dan memori internal 64GB, Tempo cukup menikmati beberapa game tersebut, tapi grafis salah satu game, HAWK, kurang memuaskan. Ruang penyimpanannya juga bisa diperluas dengan microSD hingga kapasitas 256GB.

Hal lain yang mengganggu, yaitu letak speaker di sisi bawah dan kabel jack earphone saat bermain game, karena menghalangi tangan. Jadi, jika tidak ingin merasa terganggu, sebaiknya menggunakan earphone Bluetooth. Untuk menonton video dengan OPPO F11 Pro cukup nyaman, karena layar yang besar tanpa notch, dan cukup baik untuk menikmati kontennya.

Hadir dengan kapasitas baterai yang besar, yakni 4.000 mAh, OPPO F11 Pro seharusnya cukup untuk pemakaian seharian bahkan dua hari. Namun, ketika dicoba baterai cukup terkuras hanya untuk bermain game sekitar satu sampai jam. Smartphone menjalankan sistem operasi Android terbaru Pie. Secara keseluruhan performa smartphone cukup baik, dan bisa dimanfaatkan bagi kalangan kelas menengah untuk menemani aktivitas sehari-hari.

4. Kamera

OPPO memasang dua kamera utama, masing-masing hadir dengan sensor utama 48 MP beraperture f/ 1.8 dan sensor kedalaman 5 MP dengan aperture f/ 2.4. Sedangkan kamera depan Pop-up bersensor 16 MP beraperture f/ 2.0. Baik kamera belakang atau pun depan, keduanya sudah dibekali dengan teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI).

Untuk kamera belakang dapat mendeteksi lebih banyak cahaya ketika mengambil foto dalam kondisi minim cahaya, yang memastikan hasil gambar yang lebih detail. Ketika mengambil foto portrait di malam hari, teknologi Tetracell yang terdapat di kamera akan menganalisis dan menggabungkan data yang diperoleh dari empat piksel yang berdekatan, untuk membuatnya setara dengan ukuran piksel tunggal. Teknologi itu melipat-gandakan ukuran piksel fotosensitif, sehingga mampu mengabadikan foto portrait yang lebih terang dan minim noise pada malam hari. Sedangkan fitur zoom-nya cukup signifikan, hasilnya gambar yang jauh bisa terlihat.

Untuk kamera depan, kini OPPO fokus pada jargon portrait master, fitur tersebut terpasang pada OPPO F11 Pro. Fitur ini dapat memudahkan pengguna mengambil foto portrait yang tajam. Selain itu, F11 Pro menerapkan teknologi Ultra Night Mode dan Color Mapping, teknologi yang memanfaatkan kecerdasan buatan dan pengurangan multi-frame noise. Ketika mengambil foto portrait malam hari, smartphone secara otomatis membedakan wajah dengan latar belakangnya, serta memastikan objek sebagai fokus foto tersebut.

Kamera depan bisa muncul hanya ketika fitur tersebut digunakan. Kelebihannya adalah kamera bekerja secara otomatis tidak manual, kalau buka kamera depan otomatis kamera akan muncul, sedangkan jika diubah menggunakan kamera belakang maka akan turun sendiri. Pop-up kamera tersebut sudah melalui pengujian yang bisa bertahan hingga 5 sampai 6 tahun.

Dari segi kamera, tampaknya OPPO memang ingin memanjakan pengguna dengan fitur kamera yang berkualitas tinggi pada kelas menengah. Secara keseluruhan, kamera tersebut dapat menghasilkan gambar yang jernih, lebih sedikit noise, dan cocok bagi para pembuat konten pemula.

5. Pesaing

OPPO F11 Pro berada di segmen yang cukup kompetitif. Begitu banyak alternatif untuk smartphone di pasar Rp 4 jutaan. Saingan terdekatnya adalah Vivo V15 yang juga memiliki fitur kamera depan yang tersembunyi. Bedanya Vivo V15 meletakkan kamera di sisi atas tepat di sebelah kiri.

Vivo mempersenjatainya dengan chipset yang sama dengan OPPO F11 Pro, Helio P70 chipset, yang didampingi dengan kapasitas RAM 6 GB dan memori internal 64 GB yang bisa diperluas dengan microSD. Perbedaan yang tampak lainnya adalah kamera belakang, OPPO hanya memasang dua kamera belakang, sedangkan Vivo tiga kamera belakang. Vivo V15 dibanderol seharga Rp 4,399 juta pada saat peluncurannya.

Selain itu, yang membedakan adalah dari segi sensor kamera, jika Vivo V15 lebih fokus pada kamera depan, lain hal dengan OPPO F11 Pro yang hanya memasang kamera depan 16 MP, namun memiliki dual kamera belakang masing-masing sensornya 48 MP plus 5 MP

Seri lain adalah yang baru-baru ini dirilis adalah Samsung Galaxy A50 yang dibanderol seharga Rp 4,099 juta. Meskipun tidak hadir dengan kamera Pop-up, pabrikan asal Negeri Gingseng itu patut untuk dijadikan pertimbangan bagi pembeli. Dengan desain yang cukup ringan, kapasitas baterainya sama 4000 mAh.

Galaxy A50 memiliki layar FHD+ berukuran 6,4 inci Infinity-U Super AMOLED dengan resolusi 2340×1080 piksel. Smartphone itu didesain dengan bentuk 3D Curved Edge Design dan dipasang chip Exynos 9610. Dari segi kamera juga berbeda, A50 memiliki tiga kamera utama dengan masing-masing sensor 25 MP, 8 MP dan 5 MP dan kamera depan 25 MP.

Bulutangkis

Taklukkan Shesar Hiren, Anthony Ginting Kampiun PBSI Home Tournament

Published

on

By

Anthony Sinisuka Ginting menjuarai Mola TV PBSI Home Tournament setelah di final mengalahkan Shesar Hiren Rhustavito, Jumat (10/7/2020). (PBSI)

Finroll.com, Jakarta – Unggulan pertama, Anthony Sinisuka Ginting, merebut gelar juara pada ajang Mola TV PBSI Home Tournament. Bertanding pada final di Pelatnas Cipayung, Jumat (10/7/2020), Anthony mengalahkan Shesar Hiren Rhustavito dua gim langsung, 21-19, 21-15.

Tak hanya di final, Anthony Sinisuka Ginting tampil baik di semua pertandingan sepanjang Mola TV PBSI Home Tournament. Ia bahkan tak pernah kehilangan satu gim pun. Menikmati setiap permainannya menjadi kunci bagi Anthony untuk tampil cemerlang.

“Puji Tuhan saya bisa menyelesaikan turnamen ini dengan baik. Kuncinya coba menikmati permainan meskipun ini home tournament, tapi saya anggap seperti turnamen resmi. Apalagi sudah hampir empat bulan tidak ada turnamen. Dari pikiran, mental dan semuanya disiapin banget,” ujar pemain asal klub SGS PLN Bandung ini, melalui rilis dari PBSI.

Anthony sempat tertinggal di awal gim pertama. Namun pelan-pelan ia mulai menyusul dan balik mengungguli Shesar. Anthony bisa meredam serangan-serangan Shesar yang cukup tajam.

“Waktu ketinggalan itu saya terburu-buru mau dapat poin, mau menyerang tapi pertahanan Shesar sudah siap,” ungkap Anthony.

“Dari permainan depan netnya jangan sampai ketinggalan. Saya lebih mengontrol pergerakan dia dan maksimalkan perhitungan dari panjang lebar lapangan untuk akurasi pukulan saya. Jangan sampai Shesar netting dan pengembalian saya ke atas. Dia kan pemain menyerang, jadi saya berusaha meredam semua kelebihan dia,” beber Anthony Sinisuka Ginting.

Shesar Akui Keunggulan Anthony

Meskipun tampil cemerlang di turnamen ini, Anthony tetap mengevaluasi performanya dan mempersiapkan diri lebih baik lagi jelang turnamen resmi.

“Saya harus kurangi kesalahan sendiri, mental dan fokus yang paling utama. Dari pertandingan pertama sampai final ini, masih banyak bola-bola saya yang enggak seharusnya mati malah mati. Kalau fokus hilang sedikit bisa banyak poin yang hilang,” ujar Anthony.

Sementara itu, Shesar mengatakan Anthony lebih taktis dan efisien dalam melakukan serangan, sehingga membuatnya kesulitan.

“Di gim pertama saya sudah memimpin dan kehilangan fokus. Saya kurang disiplin dan gampang memberi bola serangan buat Anthony. Pada gim kedua saya mau mempercepat permainan tapi kurang taktis dibanding Anthony,” ucap Shesar.(Bola.com)(GE)

Continue Reading

Ragam

Arab Saudi Mulai Pendaftaran Haji Bagi Warga Asing

Published

on

FINROLL.COM. Pemerintah Arab Saudi memulai proses pendaftaran calon jemaah haji bagi warga asing yang bermukim di sana mulai hari ini, Senin (6/7).

Mereka memperkirakan persentase warga asing yang beribadah haji pada tahun ini mencapai 70 persen dari total keseluruhan jemaah, setelah pemerintah setempat memutuskan menggelar ibadah tahunan itu secara terbatas akibat pandemi virus corona.

Seperti dilansir AFP, Arab Saudi hanya mengizinkan sekitar seribu warga asing yang sudah berada di sana untuk menunaikan ibadah haji tahun ini. Mereka akan memulai rangkaian ibadah pada akhir bulan ini.

Menurut keterangan Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi, proses pendaftaran calon haji bagi warga asing akan digelar sampai Jumat (10/7) mendatang. Mereka harus mendaftar melalui situs kementerian di https://localhaj.haj.gov.sa.

Warga asing yang diizinkan beribadah haji hanya yang berusia 20 sampai 65 tahun. Mereka juga harus dinyatakan tidak memiliki penyakit bawaan seperti diabetes atau jantung.

Sedangkan warga Saudi yang diizinkan melakukan ibadah haji kemungkinan besar hanya mencapai 30 persen dari jumlah keseluruhan jemaah. Para tenaga medis dan keamanan yang baru sembuh dari Covid-19 diperkenankan menunaikan ibadah haji.

“Mereka akan diseleksi berdasarkan basis data siapa saja yang sembuh dari infeksi virus,” demikian keterangan Kementerian Haji dan Umrah seperti dikutip dari kantor berita Arab Saudi, Saudi Press Agency.

Seluruh calon jemaah haji wajib menjalani pemeriksaan virus corona sebelum diizinkan memasuki Mekah. Setelah beribadah haji, mereka juga harus menjalani karantina.

Keputusan Arab Saudi menggelar haji terbatas menuai beragam tanggapan. Sebagian memuji langkah itu, tetapi pihak lainnya menyatakan kecewa karena Saudi tidak melakukan dialog dan menetapkan keputusan sepihak.

Di sisi lain, kasus infeksi virus corona di Arab Saudi sampai saat ini tercatat mencapai lebih dari 213 ribu orang, dengan hampir 2.000 pasien di antaranya meninggal.

Continue Reading

Ragam

Syarat Rapid Test Digugat, Gugas Covid Diadukan ke Ombudsman

Published

on

FINROLL.COM.Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dilaporkan ke Ombudsman RI terkait syarat rapid test bagi penumpang yang akan bepergian menggunakan transportasi publik di tengah pandemi virus corona (covid-19). Sebelumnya ia telah menggugat aturan syarat rapid test tersebut ke Mahkamah Agung.

Syarat rapid test ini tertuang dalam Surat Edaran Gugus Tugas Nomor 9 Tahun 2020 bagi penumpang yang akan bepergian menggunakan pesawat, kereta api, maupun kapal laut.

“Kami mengadukan Gugus Tugas ke Ombudsman terkait aturan perubahan kewajiban rapid test bagi penumpang transportasi umum seperti diatur dalam SE Nomor 9 Gugus Tugas,” ujar pelapor, Muhammad Sholeh, melalui keterangan tertulis yang diterima, Selasa (7/7)

Diketahui, ketentuan dalam Surat Edaran tersebut mengubah masa berlaku rapid test yang semula tiga hari menjadi 14 hari. Ketentuan ini berlaku pula untuk masa berlaku tes PCR yang semula tujuh hari menjadi 14 hari.

“Meski sudah diubah dari tiga hari menjadi 14 hari tetap menyusahkan penumpang. Kami menuntut dihapus kewajiban rapid test, bukan diubah masa berlakunya,” katanya.Sholeh tak mempermasalahkan masa berlaku tes tersebut. Namun menurutnya kewajiban rapid test itu menyusahkan penumpang yang akan bepergian.

Sholeh menilai, Gugus Tugas tak berwenang mengatur syarat penumpang. Menurutnya, ketentuan tentang penumpang yang akan bepergian di tengah pandemi menjadi kewenangan Kementerian Perhubungan.

“Kebijakan rapid test berbiaya mahal ini sangat merugikan calon penumpang. Sebab tidak semua penumpang orang kaya,” ucap Sholeh.

Ia juga mengkritik pihak maskapai penerbangan yang saat ini mengadakan rapid test dengan biaya murah. Sholeh khawatir rapid test itu sekadar menjadi kepentingan bisnis alih-alih kesehatan.

“Ini sangat berbahaya sebab maskapai bukan rumah sakit, bukan lab kesehatan, sehingga tidak berwenang menggelar rapid test,” tuturnya. Sholeh sebelumnya telah menggugat kewajiban rapid test ke Mahkamah Agung (MA) dengan berpedoman pada SE Gugus Tugas Nomor 7 Tahun 2020. Dalam Surat Edaran tersebut masih mengatur masa berlaku hasil rapid test negatif tiga hari dan tes PCR tujuh hari.Laporan ini disampaikan Sholeh pada Senin (6/7) sore secara daring. Ia meminta Ombudsman segera menginvestigasi syarat wajib rapid test bagi penumpang agar dihapus.

Tak lama muncul Surat Edaran Nomor 9 Tahun 2020 yang mengubah masa berlaku hasil rapid test dan tes PCR menjadi 14 hari.

 

 

Continue Reading
Advertisement

Advertisement
Advertisement

Trending