Connect with us

News

Viral! Gaji PNS DKI Capai Rp 20 juta

Published

on


Kepala Badan Kepegawaian Daerah DKI Jakarta, Chaidir mengatakan, gaji pegawai yang baru diangkat menjadi PNS Golongan III A tembus hingga Rp 20 juta. Hal itu terungkap dari wawancara CNN Indonesia dengan Chaidir.

Bahkan salah satu sumber CNBC Indonesia yang merupakan salah satu lurah di wilayah DKI Jakarta mengakui bahwa gaji yang didapatkannya sebesar Rp 30 juta. “Memang ada kenaikan, ini gaji yang didapat seorang lurah bisa Rp 30 juta. Ini pas zaman pak Ahok [Gubernur DKI 2014-2017 Basuki Tjahaja Purnama] naiknya,” kata sumber tersebut.

Menanggapi hal itu, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo menegaskan bahwa gaji PNS daerah memang sudah diatur dan berbeda setiap jabatannya. Selain itu, gaji juga tergantung dengan kemampuan daerah tersebut. Oleh karenanya, Tjahjo menganggap itu merupakan suatu hal yang wajar.

“Tidak masalah. Karena di UU-nya itu, semua sistem tunjangan, kinerja itu ada kalimat disesuaikan dengan kemampuan daerah,” kata Tjahjo di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (21/11/2019).

“Jadi kalau tunjangan kinerja seorang camat seorang kepala kelurahan, guru, seorang dokter Puskesmas di DKI lebih tinggi dari daerah lain, saya kira wajar,” kata Tjahjo melanjutkan.

Pasalnya, kata Tjahjo, tunjangan kinerja setiap daerah memang tidak bisa dipukul rata. Selain karena mempertimbangkan letak geografis, ada aspek pendapatan daerah yang juga menjadi salah satu indikator.

“Itu saya kira penyeragaman itu memang di satu sisi perlu tapi di sisi lain potensi daerah beda. Secara geografis juga beda,” jelasnya.

Nasional

3.586 Pasien Covid-19 di Wisma Atlet Sembuh

Published

on

By

Ilustrasi. Petugas medis bersiap di ruang perawatan Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta. (ANTARAFOTO/KOMPAS/HERU SRI KUMORO)

Finroll.com, Jakarta – Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, mencatat hingga 5 Juli 2020 sebanyak 3.586 orang pasien Covid-19 telah sembuh.

Kepala Penerangan Kogabwilhan I Kolonel Marinir Aris Mudian, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Minggu (5/7), mengatakan jumlah pasien sembuh merupakan akumulasi dari pencatatan sejak 23 Maret 2020.

“Sejak 23 Maret-5 Juli 2020, pasien terdaftar sebanyak 5.393 orang, pasien sembuh 3.586 orang,” katanya seperti yang dikutip dari Antara.

Pasien yang harus dirujuk ke RS lain sebanyak 148 orang, sedangkan tiga pasien meninggal dunia.

Data terbaru, jumlah pasien yang dirawat inap di RSD Wisma Atlet saat ini sebanyak 667 orang, terdiri atas 349 pria dan 318 wanita.

Pasien yang dinyatakan positif COVID-19 dari hasil swab sebanyak 648 orang dan 19 orang positif dari tes rapid, sementara pasien dalam pengawasan (PDP) dan orang dalam pemantauan (ODP) nihil.

Wisma Atlet Kemayoran resmi difungsikan sebagai RS Darurat COVID-19 oleh Presiden Joko Widodo pada Senin, 23 Maret 2020 yang memiliki total kapasitas untuk menampung 12 ribu orang.

Tak hanya di RSD Wisma Atlet, Aris juga menyampaikan data terbaru pasien sembuh COVID-19 yang dirawat di RS Khusus Infeksi di Pulau Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau.

RSKI Pulau Galang mencatat pasien rawat inap sebanyak 104 orang (72 pria dan 32 perempuan), terdiri atas 21 pasien positif COVID-19, 13 orang PDP, dan ODP sebanyak 70 orang.

Rekapitulasi mulai 12 April-5 Juli 2020, pasien terdaftar sebanyak 343 orang, dan 237 pasien sudah diperbolehkan pulang atau memilih isolasi mandiri.

Ada dua pasien yang memerlukan rujukan ke RS lain, sementara pasien yang meninggal dunia nihil.

RSKI Pulau Galang yang dibangun sejak 9 Maret 2020 untuk mengantisipasi melonjaknya pasien COVID-19 di Indonesia, telah diresmikan operasionalnya pada 6 April 2020.

Sementara itu, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto mengatakan kasus COVID-19 pada Sabtu (4/7) bertambah 1.447 positif terinfeksi SARS-CoV-2, sedangkan 651 pasien sembuh.

“Sehingga total positif 62.142 dan 28.219 sembuh,” kata Yuri dalam jumpa pers daring.

Jumlah pasien yang meninggal karena COVID-19 menjadi 3.089 orang setelah bertambah 53 orang. Hingga saat ini, jangkauan diagnosis spesimen total diperiksa 894.428 sampel.

Sumber : Cnnindonesia.com

Continue Reading

International

Rekor Terbanyak Positif Corona Afrika Selatan, 10 Ribu Sehari

Published

on

By

Afrika Selatan melaporkan lebih dari 10 ribu kasus Covid-19 baru dalam satu hari, Sabtu (4/7). Laporan tersebut menjadi rekor kasus terbanyak dalam satu hari. (AP/Themba Hadebe)

Finroll.com, Jakarta –  Afrika Selatan melaporkan lebih dari 10 ribu kasus Covid-19 baru dalam satu hari, Sabtu (4/7). Dalam laporan harian yang dirilis Kementerian Kesehatan Afrika Selatan, 10.853 kasus infeksi wabah virus corona dikonfirmasi saat itu.

Laporan tersebut menjadi rekor kasus terbanyak dalam satu hari. Angka itu menambah total kasus Covid-19 di Afrika Selatan menjadi 187.977 sejak kasus pertama ditemukan di sana, Maret 2020.

Sementara itu, Afrika Selatan juga melaporkan 74 kematian baru dan membuat total korban meninggal akibat virus corona menjadi 3.026 orang.

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan sudah memperkirakan lonjakan kasus setelah melonggarkan lockdown secara bertahap, setelah penerapan lockdown ketat demi meredam penyebaran virus corona sejak 27 Maret.

Hal itu dilakukan karena pemerintah setempat sedang berjuang mencapai keseimbangan antara menyelamatkan nyawa dan ekonomi negara. Ekonomi Afrika Selatan diproyeksikan menyusut lebih dari tujuh persen pada 2020 akibat pandemi Covid-19.

“Apa yang telah kami upayakan adalah menyeimbangkan menyelamatkan nyawa rakyat kami dan juga tetap menjalani kehidupan,” kata Presiden Cyril Ramaphosa pada Jumat (3/7) seperti dilansir dari AFP.

Afrika Selatan kini menempati posisi ke-17 negara dengan kasus Covid-19 terbanyak di dunia. Ia berada di bawah Prancis dan Jerman yang melaporkan lebih dari 204 ribu dan 197 ribu kasus hingga Minggu (5/7) pagi waktu Indonesia.

Posisi pertama dan kedua masih ditempati Amerika Serikat serta Brasil yang melaporkan lebih dari 2,8 juta dan 1,5 juta kasus Covid-19. Secara keseluruhan, korban meninggal akibat virus corona di dunia telah mencapai 528.364 orang.(cnnindonesia.com)

Continue Reading

Nasional

833 Pedagang Pasar Tradisional Positif Corona

Published

on

By

Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) mencatat 833 pedagang pasar terjangkit virus corona, 35 di antaranya meninggal dunia. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso).

Finroll.com, Jakarta – Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) mencatat 833 pedagang pasar tradisional terinfeksi virus corona (covid-19) per Minggu (5/7) atau terjadi penambahan 65 kasus baru. Sebanyak 35 orang di antaranya meninggal dunia.

Berdasarkan data Ikappi, ratusan kasus positif tersebut tersebar di 164 pasar di 72 kabupaten/kota dan 24 provinsi di Indonesia. Kasus terbanyak masih di wilayah DKI, yaitu 217 kasus positif di 37 pasar.

“DPP Ikappi menilai banyak hal yang perlu di evalusi bersama. Bukan hanya pemerintah daerah tetapi juga kami para pedagang pasar, juga perlu mengevaluasi atas apa yang sudah kami lakukan beberapa saat terakhir,” ujar Ketua Bidang Organisasi DPP Ikappi Muhammad Ainun Najib dalam keterangan resminya.

Ikappi menilai peran pemerintah daerah atau pengelola pasar menjadi sangat penting untuk saat ini. Keberpihakan terhadap pasar tradisional dengan melakukan pencegahan terhadap covid-19 menjadi kunci penyebaran itu bisa di hentikan.

Menurut Ikappi, data 164 pasar dari total keseluruhan 14 ribu pasar di Indonesia, masih terlampau kecil. Memang hingga saat ini sudah lebih dari 500 pasar yang telah melakukan rapid test dan/atau swab test, tapi jika jumlahnya bisa diperbanyak upaya memangkas mata rantai penyebaran bisa lebih ditingkatkan.

Najib mengingatkan apabila pedagang sehat maka ekonomi daerah juga akan terus bangkit.

“Upaya-upaya seperti ini yang harus kita dorong bersama agar ada kesamaan pandangan dan visi bahwa kita harus menghentikan penyebaran covid-19 di pasar traditional,” imbuhnya.

Hal kedua yang tak kalah penting, menurut Ikappi, adalah sosialisasi penggunaan masker dan juga edukasi bahaya covid-19 bersama para pedagang.

“Libatkan pedagang dalam setiap kebijakan yang di ambil, sehingga itu dapat dijalankan secara bersama sama. Untuk terciptanya kesadaran diri dari pedagang yang dimulai dari keterlibatannya terhadap program yang di jalankan oleh pemerintah daerah,” tandas Najib.(cnnindonesia.com)

Continue Reading
Advertisement

Advertisement
Advertisement

Trending