Connect with us

Sepakbola

10 Duel Manchester United Vs Liverpool Terdramatis Sepanjang Masa

Published

on


Finroll.com, Jakarta — Rivalitas Manchester United kontra Liverpool akan selalu menjadi yang terbesar di sepak bola Inggris, termasuk pada era Premier League. Duel dua klub raksasa Premier League tersebut selalu sarat pertaruhan gengsi dan harga diri.

Atmosfer tersebut diyakini tak akan berubah saat Manchester United menjamu Liverpool di Old Trafford, Minggu (20/10/2019). Meskipun posisi kedua tim di klasemen tak bersaing ketat, duel di Old Trafford tersebut diyakini akan sepanas biasanya.

BACA JUGA :  

Liverpool di atas angin menjelang duel itu meskipun berstatus tim tamu. Klub berjuluk The Reds bercokol kukuh di puncak klasemen dengan torehan 24 poin dari delapan laga.

Nasib Setan Merah bagaikan bumi dan langit jika dibandingkan dengan Liverpool. MU malah terpuruk di peringkat ke-12 klasemen, dengan hanya menorehkan sembilan poin dari delalapan laga.

Manchester United baru mendulang dua kemenangan, tiga hasil seri, dan sisanya kalah. MU hanya unggul dua poin dari batas zona degradasi. Apakah MU punya peluang memenangi laga ini?

Jika bicara peluang, Manchester United akan berat untuk menghentikan Liverpool yang sedang on fire. Namun, laga diprediksi tetap berjalan sengit dan dramatis, seperti episode-episode sebelumnya.

Berikut ini 10 duel Manchester United  kontra Liverpool yang terdramatis sepanjang masa, seperti dilansir Four Four Two.

1. Manchester United 2-1 Liverpool, 1977

Liverpool sangat difavoritkan memenangi laga ini karena telah mengamankan titel Liga Inggris dan akan bermain di final Piala Champions. Bahkan, beberapa pemain MU mengakui Liverpool lebih difavoritkan bakal memenangi final Piala FA 1977 ini.

“Kami tidak percaya diri. Kami tahu akan melawan sengit, tapi mereka sangat bagus,” kata striker MU, Stuart Pearson.

Tapi siapa yang butuh kepercayaan diri? Buktinya MU berhasil memenangi laga tersebut berkat gol Lou Macari. Sebelumnya, Jimmy Case sempat menyamakan kedudukan setelah MU unggul melalui Pearson.

2. Liverpool 2-1 Manchester United, 1983

Pertandingan di final Milk Cup 1983 (Piala Liga Inggris) ini digelar di Stadion Wembley. Hampir 100 ribu fans menyesaki stadion demi menonton dua klub musuh bebuyutan tersebut. Manajer MU saat itu, Ron Atkinson, sedang memburu trofi pertama sebagai bos Setan Merah.

Namun, setelah MU unggul cepat melalui Norman Whiteside, bek tengah Gordon McQueen dan Kevin Moran mengalami cedera. MU pun harus bekerja keras untuk mempertahankan keunggulan.

Pemain Liverpool, Alan Kennedy mencetak gol penyama kedudukan di menit-menit akhir. Alhasil pertandingan harus diteruskan dengan babak perpanjangan waktu.

Ronnie Whelan memastikan kemenangan The Reds melalui golnya, sekaligus memberikan gelar Piala Liga Inggris untuk kali ketiga secara beruntun untuk Liverpool.

3. Liverpool 3-3 Manchester United, 1988

Manchester United sangat membutuhkan tiga poin saat melawat ke Anfield pada April 1988. Saat itu, Liverpool berkibar di puncak klasemen liga dengan keunggulan 11 poin.

Kapten MU, Bryan Robson, sempat membawa MU unggul, tapi kemudian Liverpool mengambil alih kendali dan unggul 3-1 saat jeda, melalui gol Peter Beardsley, Gary Gillespie, dan Steve McMahon.

MU terlihat akan sulit mengejar ketertinggalan. Namun, menjelang pertandingan berakhir Setan Merah berhasil menyamakan skor melalui  Robson dan Gordon Strachan.

Strachan menggila setelah mencetak penyeimbang. Dia berselebrasi dengan cara melakukan gerakan seolah sedang merokok di depan tribune suporter tuan rumah.

4. Liverpool 3-3 Manchester United, 1994

Manchester United, pada awal-awal era dominasinya mereka, sudah memimpin 3-0 saat pertandingan baru berjalan 25 menit.

Menjelang laga ini, MU bermodal 17 pertandingan tak terkalahkan secara beruntun di liga, serta unggul 21 poin atas Liverpool yang bercokol di urutan kesembilan. Tak heran, MU bisa unggul cepat melalui gol Steve Bruce, Ryan Giggs, dan tendangan bebas Denis Irwin.

Namun, siapa sangka The Reds mampu bangkit, dimotori dua gol Nigel Clough. Neil Ruddock kemudian menyamakan kedudukan saat laga tersisa 11 menit.

5. Manchester United 2-2 Liverpool, 1995

Eric Cantona, yang baru kembali bermain setelah menjalani sanski akibat melakukan tendangan kung-fu ke suporter Crystal Palace, tampil gemilang. Dia memberikan assist yang mampu dikonversi menjadi gol oleh Nicky Butt saat pertandingan baru berjalan dua menit.

Namun, Liverpool punya pahlawan juga pada laga itu. Robbie Fowler mencetak dua gol yang membuat Liverpool berpeluang menang.

Kemenangan di depan mata itu buyar setelah MU mendapat hadiah penalti dan dieksekusi sempurna oleh Eric Cantona.

6. Manchester United 1-0 Liverpool, 1996

Lagi-lagi final Piala FA. Tapi, laga ini bukan menjadi favorit para pemain Liverpool.

Pertandingan berjalan tanpa gol hingga hampir 90 menit. Manchester United akhirnya menjadi pemenang berkat gol tunggal Eric Cantona lima menit sebelum bubaran.

Kemenangan ini membuat tim besutan Sir Alex Ferguson menjadi tim pertama yang menenangi gelar ganda juara Liga Premier League dan Piala FA, sebanyak dua kali.

7. Manchester United 2-1 Liverpool, 1999

Perjalanan Manchester United meraih treble winner pada musim itu tak bisa dilepaskan dari laga babak kelima Piala FA melawan Liverpool di Old Trafford.

Michael Owen membawa The Reds unggul terlebih dulu, dan sepertinya Liverpool akan menang karena masih unggul saat laga tersisa dua menit.

Namun, skenario tersebut hancur sudah. Dwight Yorke dan Ole Gunnar Solskjaer berhasil membawa MU melakukan comeback dengan gol masing-masing pada menit ke-88 dan 90.

8. Manchester United 0-1 Liverpool, 2000

Kemenangan ini sangat besar artinya bagi Liverpool, karena saat itu MU sedang mendominasi liga. Gol tunggal Liverpool dicetak Danny Murphy melalui tendangan bebas.

Sayangnya, kemenangan Liverpool itu tak mampu mencegah MU kembali menjuarai Premier League.

9. Manchester United 1-4 Liverpool, 2009

Laga ini jelas-jelas menjadi salah satu penampilan terbaik Liverpool di Old Trafford. Menjelang laga ini, skuat asuhan Rafael Benitez benar-benar butuh kemenangan untuk meraih gelar juara pertama di era Premier League.

Cristiano Ronaldo membawa MU unggul lebih dulu. Namun, Fernando Torres mampu mencundangi bek tengah MU, Nemanja Vidic, yang akhirnya kena kartu merah. Tiga gol The Reds lainnya dicetak Steven Gerrard (penalti), Fabio Aurelio, dan Andrea Dossena.

Tebak siapa yang meraih titel Premier League musim itu? Tentu saja bukan Liverpool.

10. Manchester United 3-2 Liverpool, 2010

Fans Manchester United mungkin sepakat Dimitar Berbatov layak dibeli dengan harga 30 juta pounds hanya gara-gara penampilannya pada laga ini.

Pemain asal Bulgaria itu mencatatkan hattrick, termasuk overhead kick indah yang memperdaya kiper Liverpool, Pepe Reina.

Kapten Liverpool, Steven Gerrard sempat membuat Liverpool menjaga harapan dengan dua golnya sehingga skor menjadi 2-2. Namun, Berbatov berhasil mematahkan harapan The Reds dengan gol ketiganya saat pertandingan tersisa enam menit. (bola.com)

Sepakbola

5 Fakta Menarik Persebaya Juara Piala Gubernur Jatim 2020

Published

on

By

Keberhasilan Persebaya Surabaya meraih gelar juara Piala Gubernur Jatim 2020 diiringi lima fakta menarik. Persebaya meraih gelar juara Piala Gubernur Jatim 2020 setelah menang 4-1 atas Persija Jakarta dalam laga final yang berlangsung di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Kamis (20/2) sore WIB.

FINROLL.COM — Gol Oktafianus Fernando sempat disamakan Marko Simic. Persebaya kemudian mencetak tiga gol pada babak kedua melalui Makan Konate, Ricky Kambuaya, dan Mahmoud Eid.

Kesuksesan dalam ajang pramusim kali ini dapat menjadi modal bagi Bajul Ijo menjalani laga Liga 1 2020 yang akan dimulai pada 29 Februari.

Berikut lima fakta menarik Persebaya juara Piala Gubernur Jatim 2020:

1. Persebaya sudah meraih dua gelar juara di ajang Piala Gubernur Jatim. Sebelum tahun 2020, skuat yang memiliki ciri khas warna hijau itu sudah pernah meraih gelar juara pada 2006.

2. Uston Nawawi yang pada 2006 turut mengantar Persebaya menjadi juara Piala Gubernur Jatim sebagai pemain, tahun ini kembali naik podium dengan status sebagai asisten pelatih.

3. Persebaya menjadi kesebelasan tersubur dalam penyelenggaraan Piala Gubernur Jatim 2020. Dalam lima laga, anak asuh Aji Santoso mencetak 15 gol.

Fakta Menarik Persebaya Juara Piala Gubernur Jatim 2020

4. Satu kekalahan menodai keberhasilan Persebaya meraih gelar juara Piala Gubernur Jatim 2020. David Da Silva dan kawan-kawan takluk 0-1 dari Bhayangkara FC dalam laga kedua fase grup.

5. Selama penyelenggaraan Piala Gubernur Jatim 2020, Persebaya mencetak 15 gol yang disarangkan 10 pemain. David Da Silva dan Makan Konate tercatat sebagai pemain tersubur Persebaya dengan tiga gol. (CNN INDONESIA)

Continue Reading

Sepakbola

Hasil Liga Champions: Atalanta Hancurkan Valencia

Published

on

By

Atalanta berhasil menaklukkan Valencia dengan skor telak 4-1 pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions di Milan, Rabu (19/2). Atalanta berhasil memimpin 1-0 saat pertandingan baru berjalan 16 menit. Gol Atalanta dipersembahkan oleh gelandang mereka, Hans Hateboer.

FINROLL.COM — Hateboer sukses menggetarkan gawang Valencia usai menerima umpan dari Alejandro Gomez yang mengarah tepat pada dirinya di depan gawang.

Setelah gol tersebut, kepercayaan diri Atalanta makin meningkat. Mereka terus menekan Valencia yang tengah dilanda krisis pemain. Atalanta terus menekan Valencia sedangkan tim asal Spanyol itu belum mampu melepaskan tembakan ke gawang.

Tiga menit jelang babak pertama bubar, Josip Ilicic menggandakan keunggulan Atalanta. Menerima sodoran bola dari Mario Pasalic, Ilicic melepaskan tendangan keras kaki kanan. Bola sudah bisa ditepis kiper Valencia, Jaume tetapi tetap meluncur deras ke dalam gawang.
Hasil Liga Champions: Atalanta Hancurkan ValenciaAtalanta tampil gemilang di leg pertama 16 besar Liga Champions. (AP Photo/Antonio Calanni)

Unggul 2-0 di babak pertama membuat Atalanta makin percaya diri. Terbukti, Atalanta mampu mendapatkan dua gol tambahan di 20 menit pertama babak kedua. Gol ketiga Atalanta dipersembahkan oleh Remo Freuler.

Gol Freuler tercipta dengan indah. Freuler melepaskan tendangan ke arah tiang jauh yang membuat Jaume tak berdaya dan tak mampu bereaksi. Hatebour kemudian kembali mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-63.

Hateboer lepas dari kawalan lini belakang Valencia dan berlari di sisi kiri pertahanan Valencia. Hatebour lalu melepaskan tendangan keras yang menggetarkan gawang Valencia.

Tiga menit berselang, kesalahan lini belakang Atalanta dalam mengoper bola membuat Denis Cherysev mendapat bola. Pemain yang baru masuk di babak kedua itu kemudian melepaskan tendangan dari luar kotak penalti yang tak mampu dibendung Pierluigi Gollini.

Setelah momen tersebut, kedua tim masih bertekad untuk mencari gol tambahan sebagai bekal menghadapi leg kedua. Namun skor 4-1 untuk Atalanta bertahan hingga akhir pertandingan.

Susunan Pemain

Atalanta (3-4-1-2)

Pierluigi Gollini; Rafael Toloi, Mattia Caldara (Duvan Zapata 75), Jose Luis Palomino; Hans Hateboer, Marten de Roon, Remo Freuler, Robin Gosens; Mario Pasalic; Josip Ilicic, Alejandro Gomez (Ruslan Malinovsky 81)

Valencia (4-4-2)

Jaume; Daniel Wass, Mouchtar Diakhaby, Eliaquim Mangala, Jose Gaya; Ferran Torres, Daniel Parejo, Geoffrey Kondogbia, Carlos Soler; Gonaclo Guedes (Denis Cheryshev 64), Maximilliano Gomez (Kevin Gameiro 73) (CNN INDONESIA)

Continue Reading

Sepakbola

Fakta Menarik Kemenangan Atletico Madrid atas Liverpool di Liga Champions

Published

on

By

Bek Atletico Madrid, Sime Vrsaljko, berebut bola dengan gelandang Liverpool, Roberto Firmino, pada leg pertama 16 besar Liga Champions di Stadion Wanda Metropolitano, Madrid, Rabu (19/2) dini hari WIB. Atletico menang 1-0 atas Liverpool. (AFP/Javier Soranio)

Finroll.com, Jakarta –Atletico Madrid membuktikan diri mampu menghentikan tren positif Liverpool. Namun, tentu saja kedua tim tidak bertemu di Premier League, melainkan di leg pertama 16 besar Liga Champions yang digelar di Stadion Wanda Metropolitano, Madrid, Rabu (19/2/2020) dini hari WIB.

Atletico Madrid berhasil menang 1-0 atas Liverpool dalam pertandingan tersebut. Tim asuhan Diego Simeone itu menang berkat gol tunggal Saul Niguez yang dicetak saat laga baru berjalan empat menit.

Kekalahan Liverpool ini tak lepas dari permainan bertahan penuh yang diterapkan oleh Atletico Madrid setelah meraih keunggulan cepat. Mohamed Salah, Sadio Mane, dan Roberto Firmino tampak frustrasi untuk bisa mencetak gol tandang dalam pertandingan ini.

Tentu saja ini menjadi modal yang bagus bagi Atletico Madrid yang akan menantang The Reds di Anfield pada 11 Maret mendatang. Tapi, keunggulan satu gol tak akan membuat Atletico Madrid begitu mudah mengamankan tempat di perempat final Liga Champions.

Manajer Liverpool, Jurgen Klopp, bahkan sudah berjanji akan mempersiapkan tim yang lebih baik untuk memberikan pembalasan kepada Atletico Madrid di Anfield tiga pekan ke depan.

Berikut ini sejumlah fakta menarik yang terjadi dalam pertandingan 16 besar Liga Champions antara Atletico Madrid dan Liverpool.

Fakta Menarik

Bek Atletico Madrid, Santiago Arias menggiring bola saat bertanding melawan Liverpool pada pertandingan leg pertama babak 16 Liga Champions di stadion Wanda Metropolitano di Madrid, Spanyol, Selasa (18/2/2020). Atletico Madrid menang tipis atas Liverpool 1-0. (AP Photo/Manu Fernandez)

  1. Sejak musim lalu, Liverpool sudah kalah sebanyak enam kali dalam 10 laga tandang di Liga Champions. Tidak ada tim yang menelan kekalahan lebih banyak dalam partai tandang saat ini, di mana Liverpool menyamai torehan Red Star Belgrade.
  2. Jurgen Klopp selalu gagal meraih kemenangan dalam tujuh partai tandang terakhirnya melawan tim Spanyol di Liga Champions, termasuk tiga di antaranya saat sudah bersama Liverpool.
  3. Atletico Madrid berhasil memenangi 12 dari 13 laga kandangnya di semua kompetisi besar Eropa. Tim Spanyol itu juga mencatat 11 cleansheet dalam rentetan hasil positif tersebut.
  4. Dua dari tiga kekalahan Liverpool di semua kompetisi musim ini berasal dari Liga Champions, juga kalah 0-2 dari Napoli pada September 2019.
  5. Gol pembuka untuk Atletico Madrid merupakan gol tercepat yang pernah bersarang di gawang Liverpool dalam ajang Liga Champions sejak Gabriel Jesus melakukannya pada menit kedua untuk Manchester City pada April 2018.
  6. Saul Niguez menjadi pemain kedua yang berhasil mencatatkan 10 gol di Liga Champions untuk Atletico Madrid, setelah Antoine Griezmann yang sudah mencetak 21 gol saat masih berseragam Atleti.
  7. Sejak awal musim 2013-2014, kiper Atletico Madird, Jan Oblak, berhasil mencatatkan 26 cleansheet dalam 49 penampilan di Liga Champions. Tak ada kiper yang memiliki torehan lebih banyak dalam kurun waktu ini, di mana ia menyamai Marc-Andre ter Stegen yang telah mencetak 26 cleansheet dalam 57 pertandingan.

Pemain Terbaik

Gelandang Atletico Madrid, Saul Niguez berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Liverpool pada pertandingan leg pertama babak 16 Liga Champions di stadion Wanda Metropolitano di Madrid, Spanyol, Selasa (18/2/2020). Atletico Madrid menang tipis atas Liverpool 1-0. (AP Photo/Bernat Armangue)

Saul Niguez layak menjadi pemain terbaik dalam pertandingan antara Atletico Madrid dan Liverpool di leg pertama 16 besar Liga Champions itu. Bukan hanya gol penentu kemenangan yang dicetaknya, tapi Saul memang berkontribusi besar dalam kemenangan itu.

Saul tercatat sampai lima kali melakukan dribel dengan sukses, menjadi yang terbanyak di antara pemain lain yang ada dalam laga itu.

Tidak hanya itu, pemain berusia 25 tahun itu juga tampil baik saat membantu timnya menjalankan strategi bertahan, di mana ia tiga kali menang duel udara dan dua tekelnya bersihu menjadi yang kelima

Gol ke gawang Liverpool itu menjadi gol kelima Saul Niguez di fase knockout Liga Champions. Dalam edisi-edisi sebelumnya, Saul juga pernah mencetak gol di fase 16 besar, perempat final, dan juga semifinal.(bola.com)

Sumber: BBC Sport

Disadur dari: Bola.net (Yaumil Azis/Ari Prayoga, published 19/2/2020)

Continue Reading
Advertisement

Advertisement

Trending