Connect with us

Nasional

5 Proyek Bandara Raksasa RI, Ada yang Bisa Lewati Changi

Published

on


Indonesia dalam beberapa tahun belakangan gencar membangun infrastruktur bandar udara. Presiden Joko Widodo beralasan, pembangunan bandara di seluruh penjuru Indonesia akan mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

PT Angkasa Pura II juga mengalokasikan belanja modal senilai Rp11 triliun pada 2019. Berikut bandara-bandara megah yang ada di Indonesia dihimpun oleh redaksi :

1. Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) atau Bandara Kertajati
Bandara Kertajati yang terletak di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, digadang menjadi bandara terbesar kedua di Indonesia setelah Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang. Setelah mangkrak di tahun 2003, akhirnya pemerintah mengebut pembangunannya pada 2014. Bandara dengan luas sekitar 1.800 hektare (ha) ini akan melayani penerbangan ke Denpasar, Surabaya, Ujung Pandang, Balikpapan dan Medan. Termasuk embarkasi penumpang haji dari Jawa Barat.

Bandara yang dibangun dengan nilai proyek Rp2,6 triliun ini akan dapat memfasilitasi hingga 5,6 juta penumpang untuk tahun pertama. Pada tahun berikutnya, bandara diperkirakan akan mampu menampung hingga 18 juta penumpang. Bandara juga dilengkapi dengan ruang tunggu ekslusif dengan miniature Ka’bah. Landasan pacu (runway) berukuran 2.500×60 meter dan akan diperpanjang menjadi 3.000×60 meter sehingga bisa melayani 800 pergerakan pesawat berbadan besar.

PT Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) selaku pengelola berencana membangun asrama haji embarkasi Jabar seluas 17 ha dengan kapasitas 1.200 orang. BIJB juga akan membangun apartemen empat tower berkapasitas 1.000 kamar. Seluruh proyek dikerjakan akhir tahun 2018.

Bandara ini sebelumnya diresmikan Presiden Joko Widodo pada 24 Mei 2018. Adapun penerbangan sipil perdana di bandara itu dilakukan 8 Juni 2018.

2. Bandara Kediri
Bandara Kediri, Jawa Timur, merupakan bandara yang dibangun oleh perusahaan rokok PT Gudang Garam Tbk (GGRM) dengan luas sekitar 500 hektare (ha). Per Juli tahun lalu GGRM telah membebaskan lahan seluas 400 ha. Hingga tahun lalu, perusahaan mengaku sudah menghabiskan dana sekitar Rp1 triliun. Diprekirakan investasi pembangunan bandara ini memakan biaya senilai Rp1-10 triliun.

Bandara Kediri masuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN), dipertegas dalam Peraturan Presiden (Perpres) No 3/2018 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional. Pembangunannya akan dibangun dengan skala internasional dengan panjang landasan pacunya juga akan disesuaikan dengan kebutuhan maskapai internasional.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sebelumnya membeberkan landas pacu bandara ini akan dibangun dengan panjang 3.000 meter dengan pembangunan tahap awal sekitar 2.400 meter. Kendati demikian, belum diketahui kapan pelaksanaan pembangunan bandara akan dilakukan.

3. Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) atau Bandara Kulon Progo
Bandara yang akan dibangun di atas lahan seluas 587 hektar ini digadang bakal menjadi satu di antara bandara terbesar dan termegah di Indonesia. Data PT Angkasa Pura I, NYIA pada tahap pertama pembangunannya (2020-2030) akan memiliki terminal seluas 130 ribu meter persegi dengan kapasitas hingga 15 juta penumpang per tahun.

Adapun panjang runway akan dibangun dengan panjang 3.200 meter dan lebar 45 meter. Nantinya, pada pengembangan tahap II (2031-2041) terminal akan dikembangkan menjadi 195 ribu meter persegi hingga mampu menampung 20 juta penumpang per tahun. Runway pun akan diperanjang hingga 3.600 meter dan lebar 45 meter dengan apron yang bisa diparkiri 45 peswat. Bandara juga akan dijadikan kawasan logistic, kawasan industry, serta kawasan wisata dalam satu kawasan ekonomi terpadu. Konektivitas antar kota dihubungan dengan jalan nasional dan juga jalur kereta api.

4. Bandara Baru di Bali Utara
Pembangunan bandara baru di Bali Utara ini diharapkan akan mampu mengembangkan pariwisata di Bali bagian utara. Bandara yang akan dibangun di Kubutambahan, Buleleng, ini rencananya akan mulai dibangun tahun ini. Diharapkan pembangunan bandara ini akan melengkapi fasilitas di Bandara I Gusti Ngurah Rai yang hanya terdiri dari satu runway.

Akhir tahun lalu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melongok area calon bandara. Rencananya bandara bakal melayani low cost carrier (LCC). Budi menyebut lokasi pembangunan bandara baru bakal ditetapkan usai uji kelayakan. Dari tiga lokasi Grogak, Celukan Bawang, dan Kubutambahan disebut paling ideal untuk pembangunan bandara baru.

Rencananya runway bandara bakal dibangun sepanjang 3.000×45 meter. Kapasitas bandara Bali Utara diprediksi bakal lebih besar dibanding Bandara I Gusti Ngurah Rai karena dibangun di atas lahan seluas 300-400 hektar.

5. Pengembangan Bandara Soekarno-Hatta II
PT Angkasa Pura II mulai mengembangkan masterplan pembangunan Bandara Soekarno-Hatta II. Direktur Utama PT AP II Muhammad Awaluddin sempat mengatakan sembari akan membangun Terminal 4 di kawasan bandara, selanjutnya pihaknya akan mengembangkan Bandara Soekarno Hatta II untuk menunjang pertumbuhan pergerakan penumpang dan pesawat.

Rencananya, Bandara Soekarno Hatta II akan diperluas ke arah Timur bandara yang ada saat ini. Hal ini menyusul kekhawatiran jumlah penumpang yang akan melonjak jelang tahun 2025 mencapai 100 juta penumpang. Bandara Soekarno-Hatta II akan dibangun di atas lahan seluas 2.000 ha.

Di sisi lain, pembangunan Terminal 4 kini sedang disiapkan. Rencananya proyek ini akan menelan anggaran sebesar Rp11 triliun. Pembangunannya baru akan dimulai tahun 2020. Adapun lahan terminal 4 berdiri di atas lahan bekas Cengkareng Glof Club. Luas Terminal 4 390 ribu meter persegi atau hampir sama dengan luas lahan Terminal 3.

Terminal 4 akan memiliki kapasitas 40 juta penumpang per tahun. Kapasitas sebesar itu akan menjadikan terminal ini sebagai terminal penumpang pesawat terluas di Indonesia.

Lebih lanjut, ketika Terminal 4 nanti dioperasikan maka kapasitas Bandara Soekarno-Hatta menjadi 110 juta penumpang per tahun. Adapun saat ini bandara tersebut sudah beroperasi dengan Terminal 1, 2, dan 3.

Dengan kapasitas 110 juta penumpang pada 2025, maka Soekarno-Hatta akan menjadi bandara terluas di ASEAN pada tahun itu.

Adapun kapasitas Bandara Changi di Singapura pada 2019 diperkirakan akan mencapai 85 juta penumpang per tahun usai pembukaan Jewel Changi Airport dan ekspansi Terminal 1, seperti dikutip dari siaran pers perseroan tertanggal 23 Januari 2018.

Dikutip dari Nikkei Asian Review, Changi memiliki rencana pengembangan bandara hingga berkapasitas 150 juta penumpang tapi baru pada 2030.

CNBCIndonesia
Advertisement

Nasional

Menteri Terbaik Versi Survei, Prabowo Tak Mau Besar Kepala

Published

on

By

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menganggap hasil Survei Indo Barometer yang menempatkan dirinya sebagai menteri dengan kinerja paling baik, adalah sebuah cambukan untuk  bekerja lebih baik. Prabowo disebut tak mau besar kepala atas hasil survei tersebut.

FINROLL.COM — Hal itu disampaikan Staf Khusus Menteri Pertahan Bidang Komunikasi Publik dan Hubungan Antar Lembaga, Dahnil Anzar Simanjuntak saat ditanya wartawan di Kompleks Kementerian Pertahanan, Jakarta, Kamis (20/2).

“Pak Prabowo posisinya ingin kerja saja. Selebihnya silakan dinilai positif dan negatifnya,” kata Dahnil.

Sebelumnya, Indo Barometer merilis hasil surveinya terkait isu-isu nasional era Jokowi-Ma’ruf Amin, pekan lalu. Salah satu isu yang disurvei soal kinerja para menteri.

Berdasarkan pendapat 1.200 responden dari 34 provinsi, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menjadi menteri paling populer di jajaran kabinet periode kedua Presiden Jokowi.

Prabowo juga menempati posisi teratas sebagai Menteri dengan kinerja yang bagus di mata masyarakat. Untuk kategori pertanyaan menteri terbaik, Prabowo mendapatkan 26,8 persen suara, tertinggi dari menteri lain seperti Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menko Polhukam Mahfud MD.

Dahnil berkata Prabowo melihat hasil survei Indo Barometer dari dua kacamata berbeda. Meski hasilnya memang cukup baik, tetapi Prabowo menilai pendapat responden sebagai hasil yang positif sekaligus negatif.

“Bagi beliau itu cambuk. Artinya kalau dia positif dia cambuk, artinya ada ekspektasi yang tinggi dari masyarakat. Harapan yang tinggi dari masyarakat. Harapan itu bisa negatif, bisa positif,” kata dia.

Dahnil menambahkan survei Indo Barometer juga akan memacu Prabowo bekerja lebih baik lagi agar menjawab harapan masyarakat atas kerja yang telah dilakukan selama empat bulan ini.

“Karena ketika kemudian kita tidak mampu menjawab harapan, mereka juga bisa membenci lebih,” ujar Dahnil. (CNN INDONESIA)

Continue Reading

Nasional

Tony Blair Akan Temui Jokowi Urusi Ibu Kota Baru

Published

on

FINROLL.COM — Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengungkapkan Tony Blair akan bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Tujuan kedatangan mantan perdana menteri Inggris itu untuk membahas rencana investasi di ibu kota baru.

Selain Tony, ia menyebut CEO Softbank Masayoshi Son juga akan menemui kepala negara.

“Nanti tanggal 28 kami berharap Masayoshi Son datang menghadap presiden bersama Tony Blair,” katanya, Rabu (19/2).

Untuk diketahui, Jokowi meminta Masayoshi Son dan Tony Blair untuk menjadi dewan pengarah pembangunan ibu kota negara baru. Selain keduanya, ia juga meminta Putra Mahkota Abu Dhabi Sheikh Mohammed bin Zayed (MBZ) sebagai anggota dewan pengarah.

Selain menjadi dewan pengarah, Luhut menuturkan Tony juga menyatakan minat investasi di ibu kota baru.

“Ya komitmen dia ada, mereka sudah sebutkan. Saya tidak mau buka angkanya,” ucapnya.

Guna melanjutkan persiapan ibu kota baru, Luhut telah memanggil kementerian teknis terkait. Meliputi, Kementerian ATR, Kementerian PUPR, Kementerian BUMN, dan Kementerian PPN atau Bappenas.

Ditemui usai rapat, Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo menuturkan mereka membahas struktur finansial, belanja modal (capital expenditure), dan desain ibu kota baru. Namun, pembicaraan belum final.

“Intinya kan lagi merencanakan perpindahan populasinya berapa, kemudian kebutuhan capex baik untuk perumahan, pusat pemerintahan, maupun juga infrastruktur pendukung seperti listrik, air, dan sebagainya,” ucapnya.

Sebagaimana diketahui, Jokowi telah menetapkan lokasi ibu kota baru. Ia memilih Kecamatan Samboja, Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kecamatan Sepaku Semoi, Kabupaten Kutai Kartanegara di Kalimantan Timur. Untuk merealisasikan rencana tersebut, pemerintah membutuhkan dana sebesar Rp466 triliun.

Continue Reading

Nasional

4 WNI Positif Corona di Luar Negeri

Published

on

By

Meski kasus positif corona belum ditemukan di Indonesia, pemerintah sudah mengonfirmasi ada empat WNI yang menderita COVID-19. Kasus pertama merupakan WNI yang berada di Singapura. Ia diketahui positif terinfeksi corona pada 4 Februari lalu.

FINROLL.COM — Berdasarkan keterangan Kementerian Kesehatan Singapura ((Ministry of Health Singapore/MOH)), WNI tersebut berprofesi sebagai asisten rumah tangga. Ia berusia 44 tahun dan tertular karena kontak dengan penderita lain.

Saat ini ia berada di ruang isolasi Singapore General Hospital (SGH). Menurut Kementerian Luar Negeri hingga Senin (17/2/2020), kondisi WNI ini dalam keadaaan stabil.

Kasus terbaru terjadi di Kapal Pesiar Diamond Princess. Sejak awal Februari lalu, kapal pesiar ini memang dikarantina Jepang saat merapat di Yokohama karena satu penumpangnya terinfeksi corona di Hong Kong.

Dari pembicaraan dengan Dubes Jepang, Menlu Retno Marsudi mengatakan ada tiga dari 78 WNI yang menjadi kru kapal, positif terinfeksi. Meski demikian, Menlu enggan memaparkan detil soal korban.

“Tiga dari 78 kru WNI dinyatakan confirmed,” tegasnya saat ditemui wartawan di Kantor Kementerian Luar Negeri.

Dua penderita dibawa ke RS di kota Chiba. Sementara yang satu sedang menjalani proses untuk menuju ke RS.

Ia pun mengatakan Tim KBRI juga sudah menuju ke Chiba. Ini dilakukan guna memastikan WNI kita mendapatkan penanganan yg baik dari otoritas di Jepang.

Total orang yang ada di dalam kapal mewah itu adalah 3711, terdiri dari 2.666 penumpang dan 1.045 kru. Berdasarkan arcGis pukul 14:14, kini ada 455 penderita corona dari kapal itu.

Secara global, sudah adav 73.335 kasus corona. Dengan jumlah korban tewas mencapai 1.873 dan korban sembuh 12.803

Continue Reading
Advertisement

Advertisement

Trending