Connect with us

Business

50 Perusahaan Ini Dinilai Kinerja Baik oleh Forbes Indonesia, Berikut Daftarnya

Published

on


Setelah melalui seleksi yang ketat, Forbes Indonesia menyerahkan penghargaan terhadap 50 perusahaan terbaik yang telah terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Mereka dinilai telah menunjukan kinerja keseluruhan yang positif dalam beberapa tahun terakhir. Pemberian penghargaan bertajuk Best of The Best menjadi yang ke-9 kalinya digelar.

“Mereka diberi peringkat berdasarkan paduan penilaian menggunakan beberapa matrics, termasuk rata-rata return on equity selama tiga tahun, pertumbuhan penjualan dalam tiga tahun, dan pertumbuhan laba tiga tahun,” kata Direktur Pelaksana Forbes Indonesia, Roger Finnie di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, dilansir dari VIVAnews.

Ia menjelaskan secara ekonomi, lingkungan bisnis di Indonesia beberapa tahun terakhir memang menunjukkan stabilitas yang kokoh. Ditopang oleh daya beli konsumen yang masih baik dan optimistis, sehingga bisnis domestik masih tangguh dan mampu mempertahankan kinerjanya.

“Perekonomian Indonesia telah terbukti mampu menjawab tantangan internal dan global dengan sangat luar biasa, menunjukkan betapa bersemangat dan tangguh bisnis lokal saat ini. Ini menandakan kekuatan kepercayaan konsumen juga,” tuturnya.

Sementara itu, 50 perusahaan yang mendapat penghargaan tersebut terbilang mampu lebih baik memanfaatkan kondisi tersebut.

“Kami mengharapkan kebijakan dan sinergi dari pemerintah yang baru dapat mendukung bisnis dan menumbuhkan ekosistem digital, untuk bertahan melawan pelambatan ekonomi global tahun ini dan tahun-tahun mendatang,” tutur dia.

Berikut Forbes Indonesia 50 Best of the Best Companies 2019 secara berurutan yakni:

1. Unilever Indonesia
2. Bukit Asam
3. lndoritel Makmur Internasional
4. Surya Citra Media
5. Pakuwon Jati
6. Japfa Comfeed Indonesia
7. Ace Hardware Indonesia
8. Bank Central Asia
9. Wijaya Karya
10. lndofood CBP Sukses Makmur
11. Bank Rakyat Indonesia
12. Charoen Pokphand Indonesia
13. Mayora lndah
14. United Tractors
15. Bank Mega
16. Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul
17. Kimia Farma
18. Bank OCBC NISP
19. Bank Negara Indonesia
20. lndah Kiat Pulp & Paper
21. Kresna Graha Investama
22. PT PP
23. BFI Finance Indonesia
24. Selamat Sempuma
25. Adira Dinamika Multi Finance
26. Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur
26. Sri Rejeki lsman
28. Nippon Indosari Corpindo
29. Bank Rakyat Indonesia Agroniaga
30. Duta Pertiwi
31. Enseval Putera Megatrading
32. Tunas Ridean
33. Delta Djakarta
34. Humpuss lntermoda Transportasi
35. Global Mediacom
36. BISI International
37. Siantar Top
38. Wijaya Karya Beton
39. Adhi Karya
40. Citra Marga Nusaphala Persada
41. Trimegah Sekuritas Indonesia
42. Island Concepts Indonesia
43. Mahaka Radio Integra
44. lndal Aluminium Industry
45. Jembo Cable Company
46. Wahana Ottomitra Multiartha
47. Sekar Laut
48. Ateliers Mecaniques D’lndonesia
49. Batavia Prosperindo Finance
50. Alkindo Natatama

Advertisement Valbury

Keuangan

Tinggalkan Level 4.000, IHSG Menguat ke 5.076

Published

on

By

IHSG ditutup menguat pada Rabu (8/7). Indeks ditutup di level 5.076 naik 89,09 poin atau 1,79 persen.(ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Finroll.com, Jakarta – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat pada Rabu (8/7). Indeks ditutup di level 5.076 naik 89,09 poin atau 1,79 persen.

RTI Infokom mencatat, investor membukukan transaksi sebesar Rp9,26 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 9,83 miliar saham. Pelaku pasar asing mencatatkan beli bersih atau net buy di seluruh pasar sebesar Rp78,31 miliar.

Pada penutupan kali ini, 221 saham menguat, 174 mengalami koreksi, dan 174 lainnya stagnan. 9 dari 10 indeks sektoral kompak menguat dipimpin sektor keuangan sebesar 3,59 persen.

Sementara itu, nilai tukar rupiah pada pukul 16.10 WIB terpantau melemah tipis 0,13 persen ke level Rp14.438 per dolar AS.

Di sisi lain, pasar saham di Asia bergerak fluktuatif. Kondisi itu ditunjukkan oleh Nikkei225 di Jepang yang turun 0,78 persen dan indeks Kospi turun 0,24 persen. Sedangkan, Hang Seng Composite di Hong Kong naik 0,59 persen.

Sementara, mayoritas bursa saham Eropa mayoritas naik. Indeks FTSE100 di Inggris naik 0,15 persen dan indeks DAX di Jerman menguat 0,10 persen. Namun, CAC All-Tradable di Prancis turun 0,38 persen.

Sumber : CNN Indonesia

Continue Reading

Keuangan

Kementerian BUMN Akan Bubarkan Jiwasraya

Published

on

Finroll – Jakarta, Kementerian BUMN mengatakan terdapat peluang bagi pemerintah untuk menutup PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Ini merupakan konsekuensi dari pembentukan perusahaan asuransi baru, yaitu PT Nusantara Life.

Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo penutupan perusahaan asuransi tertua di Indonesia itu dilakukan apabila semua nasabah Jiwasraya sudah memindahkan polisnya ke Nusantara Life.

“Ya (Jiwasraya) pada akhirnya tutup, pada akhirnya tutup. Tapi memang kami harapkan seluruh pemegang polis ini, kami harapkan nanti mau untuk pindah begitu. Karena yang Jiwasraya memang tidak ada pesertanya,” ujarnya di Komisi VI DPR, Selasa (7/7).

Rencananya, kata dia, Kementerian BUMN akan mulai negosiasi dengan pemegang polis Jiwasraya pada Agustus 2020 secara terbuka. Imbauan ini berlaku untuk nasabah polis tradisional maupun saving plan.

Namun, pemindahan polis dari Jiwasraya ke Nusantara Life menunggu suntikan Penyertaan Modal Negara (PMN) dari pemerintah. Ia mengatakan jika pemegang polis hendak memindahkan kepemilikannya ke Nusantara Life, maka mereka harus bersedia menyesuaikan tingkat imbal hasil (yield).

Pasalnya, imbal hasil yang ditawarkan Jiwasraya selama ini sangat tinggi dibandingkan tingkat suku bunga di pasar. “Kalau bunganya sekarang 12 persen-13 persen harus turun ke bunga normal di kisaran 6 persen-7 persen,” paparnya.

Sebelumnya, ia mengatakan pemerintah telah mulai pembentukan Nusantara Life. Perusahaan ini nantinya akan berada di bawah holding asuransi, PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero).

Seperti diketahui, perusahaan asuransi tertua di Indonesia itu tengah terjerat kasus gagal bayar. Gagal bayar Jiwasraya mulai tercium oleh publik pada Oktober-November 2018. Perseroan mengumumkan tidak dapat membayar klaim polis jatuh tempo nasabah saving plan sebesar Rp802 miliar.

Dalam perkembangannya, kasus Jiwasraya merambah ranah hukum lantaran berkaitan dengan tindak pidana korupsi. Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Agung mendakwa enam terdakwa kasus dugaan korupsi pengelolaan keuangan dan dana investasi Jiwasraya dengan total kerugian negara Rp16,8 triliun.

Terbaru, Kejagung kembali menetapkan satu tersangka baru yang merupakan pejabat aktif di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Selain itu, Kejagung menjerat 13 merupakan manajer investasi yang diduga terlibat dalam pelarian uang nasabah.

Sumber : CNN Indonesia

Continue Reading

Ekonomi Global

Harga Minyak Dunia Turun Karena Lonjakan Baru Kasus Corona

Published

on

Finroll – Jakarta, Harga minyak mentah dunia turun tipis pada akhir perdagangan Selasa (7/7), waktu Amerika Serikat (AS). Pelemahan dipicu oleh kekhawatiran turunnya permintaan karena lonjakan baru kasus virus corona. Kondisi itu diimbangi oleh proyeksi produksi AS yang lebih rendah.

Mengutip Antara, harga minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman September kehilangan dua sen, menjadi ditutup pada 43,08 dolar AS per barel. Sementara minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Agustus turun hanya satu sen menjadi 40,62 dolar AS per barel.

Sebelumnya, 16 negara bagian AS telah melaporkan rekor peningkatan kasus baru Covid-19 dalam lima hari pertama Juli. Hal tersebut membuat Florida memberlakukan kembali pembatasan aktifitas ekonomi, sementara California dan Texas juga melaporkan tingkat infeksi yang tinggi.

Berbagai negara lain dunia, seperti Australia, juga dilanda dengan gelombang infeksi baru.

Analis senior di Price Futures Group di Chicago Phil Flynn menuturkan meski di awal sesi pasar bangkit karena perkiraan permintaan yang lebih tinggi, tapi pasar menghapus keuntungan ketika fokus kembali ke kasus virus corona yang meningkat.

Badan Informasi Energi AS (EIA), meramalkan bahwa permintaan minyak global akan pulih sampai akhir tahun 2021, memperkirakan permintaan 101,1 juta barel per hari (bph) pada kuartal keempat tahun depan.



“Permintaan minyak global terus pulih lebih cepat dari perkiraan sebelumnya,” kata Linda Capuano, administrator EIA. Ia mencatat bahwa konsumsi bahan bakar cair global pada kuartal kedua turun rata-rata 16,3 juta barel per hari dari tahun sebelumnya.

Arab Saudi memang sempat menaikkan harga jual resmi minyak mentah Agustus pada Senin (6/7/2020) sebagai tanda ia melihat permintaan meningkat. Tetapi beberapa analis mengatakan langkah itu dapat membebani margin yang sudah buruk untuk para penyuling.

Sementara itu, awal pekan lalu pasar minyak mentah AS menghadapi beberapa ketidakpastian dari keputusan pengadilan yang memerintahkan penutupan pipa Dakota Access, arteri terbesar yang mengangkut minyak mentah dari lembah serpih Bakken di North Dakota ke wilayah Midwest dan Gulf Coast, karena masalah lingkungan.

Sumber pasar di Bakken mengatakan terjadi penutupan pipa 570.000 barel per hari, sementara jika pernyataan dampak lingkungan selesai, kemungkinan akan mengalihkan beberapa aliran minyak ke transportasi dengan kereta api.

Sumber : CNN Indonesia

Continue Reading
Advertisement

Advertisement
Advertisement

Trending