Connect with us

News

7 Kewenangan Ahok Sebagai Komisaris Utama Pertamina

Published

on


Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok resmi ditunjuk menjadi Komisaris Utama PT Pertamina (Persero). Juru bicara Pertamina Fajriyah Usman mengatakan secara umum, Ahok dan komisaris lain, memiliki tugas seperti pada umumnya.

“Secara umum, kalau Dewan Komisaris melakukan tugas pengawasan pengelolaan perusahaan,” kata Fajriyah saat dihubungi di Jakarta, Ahad, 24 November 2019.

Penunjukan Ahok sebagai komisaris sebelumnya diumumkan Menteri BUMN Erick Thohir pada Sabtu, 23 November 2019. “Saya rasa bagian terpenting adalah bagaimana target-target Pertamina bisa tercapai, bagaimana mengurangi impor migas bisa tercapai. Kita perlu figur pendobrak supaya ini semua sesuai target,” ujar Erick memberi alasan penunjukkan Ahok.

Dalam UU BUMN, kewajiban dan wewenang seorang komisaris BUMN sebenarnya telah dijelaskan rinci. Dalam penjelasan Pasal 31, komisaris memiliki lima kewajiban. Kelima kewajiban itu adalah:

1. memberikan pendapat dan saran kepada RUPS mengenai rencana kerja dan anggaran perusahaan yang diusulkan direksi.
2. mengikuti perkembangan kegiatan persero, memberikan pendapat dan saran kepada RUPS mengenai setiap masalah yang dianggap penting bagi pengurusan persero.
3. melaporkan dengan segera kepada pemegang saham apabila terjadi gejala menurunnya kinerja persero.
4. memberikan nasihat kepada direksi dalam melaksanakan pengurusan persero.
5. melakukan tugas pengawasan lain yang ditetapkan anggaran dasar persero dan atau berdasarkan keputusan RUPS.

Selain kewajiban, komisaris juga memiliki tujuh wewenang. Ketujuh wewenang itu adalah:

1. melihat buku-buku, surat-surat, serta dokumen-dokumen lainnya, memeriksa kas untuk keperluan verifikasi dan memeriksa kekayaan persero.
2. memasuki pekarangan, gedung, dan kantor yang dipergunakan oleh perseroan.
3. meminta penjelasan dari direksi dan/atau pejabat lainnya mengenai segala persoalan yang menyangkut pengelolaan persero,
4. meminta direksi dan/atau pejabat lainnya dengan sepengetahuan direksi untuk menghadiri rapat komisaris.
5. menghadiri rapat direksi dan memberikan pandangan-pandangan terhadap hal-hal yang dibicarakan.
6. memberhentikan sementara direksi, dengan menyebutkan alasannya.
7. wewenang lain yang dianggap perlu sebagaimana diatur dalam anggaran dasar persero.

Sebelumnya, Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu atau FSPPB Arie Gumilar menolak penunjukkan Ahok. Ia menilai Ahok tak cocok menjabat di Pertamina karena pekerjaan mengatur perusahaan energi ini tidak gampang dan memerlukan konsentrasi tinggi.

Arie khawatir, karakter Ahok yang dia nilai menggebu-gebu tersebut bakal berdampak pada organisasi Pertamina. Ia juga was-was seumpama Ahok menjabat lalu membuat pernyataan kontroversial, hal ini bakal mempengaruhi distribusi energi dan pelayanan BBM kepada masyarakat.

Nasional

Di Jatim Kasus Positif Corona Hampir Sentuh 5.000 Orang

Published

on

Finroll – Jakarta, Kasus positif virus corona (Covid-19) di Jawa Timur per Senin (1/6) nyaris menyentuh angka 5.000 orang, atau tepatnya 4.920 orang.

Sebanyak 95 kasus baru tercatat pada Senin (1/6). Dari total 4.920 kasus kumulatif itu, 3.775 di antaranya masih menjalani perawatan.

“Tambahan 95 kasus positif, ada 9 kasus yang masih dicari domisilinya,” kata Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi, Senin (1/6) malam.95 kasus baru itu, kata dia, rinciannya yakni 25 kasus di Kota Surabaya, 14 di Kota Batu, 11 di Kabupaten Jombang, 9 di Sidoarjo, 5 di Gresik, 4 di Kabupaten Kediri, 4 di Bondowoso, 4 di Bojonegoro.

Kemudian 3 kasus di Kabupaten Lamongan, 2 di Kabupaten Malang, Nganjuk, 2 di Trenggalek, 2 di Jember, 1 di Kota Madiun, 1 di Kota Malang, 1 di Kabupaten Pacitan dan 1 di Kabupaten Mojokerto. Sementara 9 kasus masih belum ada domisilinya.

Pasien sembuh atau terkonversi negatif di Jatim bertambah 45 orang. Rinciannya 45 di Tulungagung, 3 di Lamongan, 8 di Kabupaten Magetan, 2 di Lumajang, 2 di Jember, 3 di Kabupaten Mojokerto, 4 di Ponorogo, 1 di Bojonegoro dan terbanyak 17 di Kota Surabaya.

Dengan demikian jumlah pasien terkonversi negatif di Jatim mencapai 699 orang. Angka itu setara dengan 14,21 persen dari total keseluruhan kasus.

Pasien meninggal dunia juga bertambah sebanyak 6 orang. Rinciannya 1 di Kab Lamongan, 1 di Kota Kediri, 1 di Kab Bojonegoro dan 3 di Kota Surabaya. Tambahan sebanyak 6 pasien meninggal itu membuat angka kasus kematian di Jatim mencapai 418 orang.

Sementara itu untuk pasien dalam pengawasan (PDP) di Jatim saat ini tercatat ada 6.678 pasien. Sebanyak 3.202 pasien di antaranya masih diawasi, 2.848 pasien selesai diawasi atau sembuh, dan 637 pasien lainnya meninggal dunia

Kemudian orang dalam pemantauan (ODP) tercatat ada 24.737 orang, yang masih dipantau 4.058 orang, selesai dipantau 20.576 orang, dan 103 orang lainnya meninggal dunia.

Sumber : CNN Indonesia

Continue Reading

International

Jam Malam Diterapkan dari LA sampai New York Untuk Cegah Kerusuhan

Published

on

Finroll – Jakarta, Pemerintah Amerika Serikat (AS) memperpanjang aturan jam malam untuk 25 kota di 16 negara bagian.

Aturan jam malam diberlakukan sebagai langkah antisipasi meluasnya  kerusuhan di tengah aksi protes atas kematian George Floyd, seorang warga berkulit hitam berdarah Afrika-Amerika oleh seorang polisi di Minneapolis, Minnesota, AS.

Kebijakan jam malam berlangsung di California, Beverly Hills, Los Angeles, Colorado, Denver, Florida, dan Miami.

Lalu, di Georgia, Atlanta, Illinois, Chicago, Kentucky, Louisville, Minnesota, Minneapolis, St. Paul, New York, dan Rochester,

Kemudian, di Ohio, Cincinnati, Cleveland, Columbus, Dayton, Toledo, Oregon, Eugene, Portland, Pennsylvania, dan Philadelphia.

Selanjutnya, di Pittsburgh, South Carolina, Charleston, Columbia, Tennessee, Nashville, Utah, Salt Lake City, Washington, Seattle, Wisconsin, dan Milwaukee.

Wali Kota Los Angeles, Eric Garcetti mengatakan kebijakan jam malam mulanya diberlakukan di pusat kota. Namun pemerintah setempat akhirnya memperluas ke seluruh bagian kota.

Pemerintah Los Angeles mewajibkan masyarakat untuk berada di dalam rumah, setidaknya mulai pukul 20.00 hingga 05.30 waktu setempat. Kebijakan ini mulai berlaku pada hari ini, Minggu (31/5).

“Jam malam ini tersedia untuk melindungi keselamatan mereka dan keselamatan semua orang yang tinggal dan bekerja di kota kami,” ungkap Garcetti dalam sebuah pernyataan dikutip dari CNN.

Selain itu, pemerintah setempat juga akan mengerahkan seluruh petugas keamanan untuk memastikan perlindungan kepada masyarakat di tengah kerusuhan atas aksi protes. Bahkan, pasukan Garda Nasional California ikut turunkan.

Kendati memberlakukan kebijakan jam malam, Garcetti memastikan pemerintah tetap memberi hak kepada masyarakat untuk melakukan aksi solidaritas antirasisme.

“Saya akan selalu melindungi hak masyarakat Los Angeles untuk membuat suara mereka didengar dan kami dapat memimpin gerakan melawan rasisme tanpa takut akan kekerasan atau vandalisme,” ujarnya.

“Sebagian besar orang turun ke jalan melakukannya dengan damai, kuat, dan dengan hormat untuk alasan sakral yang mereka perjuangkan,” sambungnya.

Senada, Wali Kota Philadelphia Jim Kenney juga telah menandatangani perintah eksekutif untuk memperpanjang kebijakan jam malam.

Rencananya, kebijakan jam malam akan dilangsungkan di seluruh bagian kota mulai malam ini sampai Senin (1/6) pagi.

Jam malam diberlakukan mulai 20.00 sampai 06.00 waktu setempat.

“Orang dapat meninggalkan rumah mereka hanya untuk pergi bekerja di bisnis penting atau untuk mencari perhatian medis atau bantuan polisi,” kata Kenney.

Sumber : CNN INDONESIA

Continue Reading

International

26 Ribu Sehari, Brasil Capai Rekor Tertinggi Kasus Corona

Published

on

Finroll – Jakarta, Brasil pada Kamis (28/5) mencatatkan rekor tertinggi kasus baru virus corona sebanyak 26.417.

Dikutip dari CNN, Kementerian Kesehatan Brasil mengatakan dengan penambahan tersebut maka total kasus Covid-19 di negara itu menjadi 438.238.

Sementara jumlah kematian baru mencapai 1.156 sehingga total keseluruhan mencapai 26.754. Brasil selama tiga hari berturut-turut mencatat lebih dari 1.000 kematian dalam sehari.

Meski tingkat infeksi dan kematian corona masih tinggi, Wali Kota Sao Paulo Bruno Covas mengumumkan pedoman baru untuk secara bertahap membuka kembali kota.

Sao Paulo merupakan salah satu wilayah di Brasil yang terpapar parah virus corona.

Pada Rabu, Sao Paulo melaporkan 129 kematian baru dan 3.096 kasus baru, yang merupakan 15 persen dari total keseluruhan di Brasil. Kota ini mencatat 54.948 kasus Covid-19.

Bruno Covas dalam konferensi pers mengatakan bahwa beberapa sektor di kota itu diminta untuk menyusun rencana pembukaan kembali. Setelah rencana ini disetujui oleh pemerintah kota, maka dapat dibuka kembali.

Sejumlah bisnis yang diizinkan untuk mengajukan rencana pembukaan kembali yakni kantor, toko ritel, dealer mobil, agen properti dan pusat perbelanjaan. Tempat makan dan gym tidak termasuk. Sementara belum ada rencana untuk pembukaan kembali sekolah dan taman bermain.

Rencana datang setelah para ahli memperingatkan bahwa Amerika Latin menjadi pusat krisis baru corona. Brasil terpapar parah virus corona dan menjadikannya sebagai negara dengan kasus corona terbanyak kedua di dunia setelah AS.

Bahkan pada Senin dan Selasa lalu, Brasil mencatatkan angka kematian harian lebih tinggi daripada AS.

Sejumlah pihak menilai lonjakan kasus Covid-19 Brasil terjadi lantaran buruknya penanganan pemerintah, terutama respons Presiden Jair Messias Bolsonaro dalam menanggapi pandemi. Kebijakannya dianggap kontroversial.

Lihat juga: Kasus Corona Naik Lagi, Korsel Kembali Terapkan Pembatasan

Seperti halnya Presiden AS Donald Trump, sejak awal penyebaran, Bolsonaro kerap menganggap virus corona tak ubahnya flu biasa.

Akibat Covid-19, Brasil mengalami krisis kesehatan masyarakat terburuk sejak wabah virus Zika pada tahun 2015. (dea)

Sumber : CNN Indonesia

Continue Reading
Advertisement

Advertisement

Trending