Connect with us

Investasi

Aduh! Target Investasi 2018 Meleset Dari Target Karena…

Published

on


Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat, realisasi investasi sepanjang 2018 lalu hanya mencapai Rp721,3 triliun. Realisasi ini pun meleset dari target yang telah di tetapkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN), yakni sebesar Rp765 triliun.

Finroll.com – Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat, realisasi investasi sepanjang 2018 lalu hanya mencapai Rp721,3 triliun.

Realisasi ini pun meleset dari target yang telah di tetapkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN), yakni sebesar Rp765 triliun.

“Di tahun fiskal 2018, kita tidak berhasil mencapai target. Jadi 94 persen dari target realisasi final 2018,” ungkap Kepala BKPM, Thomas Lembong di kantornya, Rabu (30/1).

Meski demikian ia menyebut jika realisasi investasi 2018 meningkat 4,1 persen dibandingkan pada tahun 2017.

Sementara total realisasi Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) 2018 mencapai Rp328,6 triliun, atau meningkat 25,3 persen dibandingkan 2017 yang hanya sebesar Rp262,3 triliun.

Baca Lainnya: Gubernur BI Optimistis Nilai Tukar Rupiah Tahun Ini Menguat, Ini Alasannya

“Realisasi 2018 ini merupakan cerminan dari upaya tahun sebelumnya. Kurangnya eksekusi implementasi kebijakan pada tahun lalu berimbas pada perlambatan investasi di tahun ini, di samping adanya hambatan dari faktor eksternal,” sambungnya.

Di sisi lain dirinya mengaku adanya transisi perizinan  sistem Online Single Submission (OSS) sedikit banyak mempengaruhi tren perlambatan investasi di tahun 2018.

“Namun, kami percaya bahwa realisasi investasi selanjutnya akan meningkat dengan adanya pembenahan sistem OSS dan kebijakan pro investasi yang lebih nendang dari tahun sebelumnya,” imbuhnya.

Lembong juga menyebut salah satu faktor melesetnya target investasi di 2018, adalah akibat perang dagang Amerika-China yang akhirnya menyebabkan terjadi penurunan investasi asing.

“Data UNCTAD menunjukkan FDI internasional secara global tahun lalu turun 20%. Jadi 2018 memang tahun yang sangat sulit untuk penanaman modal asing secara global,” tandasnya.

Sumber: Berbagai sumber

 

Investasi

Erick Larang BUMN Ikut Tender Proyek di Bawah Rp14 Miliar

Published

on

By

Erick Thohir Wajibkan BUMN Bina Pengusaha Kecil

FINROLL.COM — Menteri BUMN Erick Thohir melarang perusahaan pelat merah mengikuti tender proyek di bawah Rp14 miliar. Ia mengatakan, proyek dengan nilai tersebut diprioritaskan untuk Usaha Kecil Menengah Mikro (UMKM).

“Untuk proyek di bawah Rp14 miliar, BUMN tidak ada lagi yang masuk ke situ,” ujarnya saat menghadiri dalam diskusi online, Jumat (29/5).

Menurut Erick, pemerintah ingin agar pembangunan infrastruktur di Indonesia tak tersentralisasi di BUMN atau pihak swasta berskala besar.

Memang, dalam Peraturan Presiden tentang Pengadaan Barang dan Jasa, BUMN tidak dilarang mengerjakan proyek konstruksi antara Rp50 miliar sampai dengan Rp100 miliar.

Namun, banyak pengusaha nasional yang mengeluhkan dominasi BUMN dalam proyek infrastruktur yang sedang digenjot pemerintah.

Karena itu lah, lanjut Erick, proyek bernilai kecil harus diprioritaskan bagi pengusaha swasta nasional berskala kecil ke depan.

Kementeriannya juga telah melakukan pemetaan agar belanja modal perusahaan milik negara diprioritaskan untuk proyek yang dikerjasamakan dengan UMKM.

Di samping itu, Erick menyampaikan bahwa BUMN fokus untuk merampungkan penugasan proyek strategis nasional (PSN) yang jadi penugasan dari pemerintah. Tujuannya, agar rantai pasok (supply chain) Indonesia terus membaik dan perekonomian dapat pulih lebih cepat usai pandemi covid-19.

Dia menambahkan, pemerintah juga fokus untuk mendorong investasi asing untuk bisa dikerjasamakan dengan perusahaan-perusahaan swasta nasional dalam waktu ke depan.

“Ketika dari Amerika, Jepang, pindah ke Indonesia kita harus ber-partner. Yang penting kita jangan hanya jadi pasar,” pungkas Erick.

Continue Reading

Business

Harga Jual Emas Antam Berada Di Posisi Rp931 Ribu Per Gram

Published

on

By

Finroll – Jakarta, Harga jual emas PT Aneka Tambang (Persero) Tbk atau Antam berada di posisi Rp931 ribu per gram pada Senin (6/4) atau turun Rp3.000 dari Rp934 ribu per gram pada Sabtu (4/4). Begitu juga dengan harga pembelian kembali (buyback) turun Rp3.000 per gram dari Rp835 ribu menjadi Rp832 ribu per gram pada hari ini.

Berdasarkan data Antam, harga jual emas berukuran 0,5 gram senilai Rp490 ribu, 2 gram Rp1,81 juta, 3 gram Rp2,69 juta, 5 gram Rp4,47 juta, 10 gram Rp8,88 juta, 25 gram Rp22,1 juta, dan 50 gram Rp44,13 juta. Kemudian, harga emas berukuran 100 gram senilai Rp88,2 juta, 250 gram Rp220,25 juta, 500 gram Rp440,3 juta, dan 1 kilogram Rp880,6 juta.

Harga jual emas tersebut sudah termasuk Pajak Penghasilan (PPh) 22 atas emas batangan sebesar 0,45 persen bagi pemegang Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Bagi pembeli yang tidak menyertakan NPWP memperoleh potongan pajak lebih tinggi sebesar 0,9 persen.

Sementara harga emas di perdagangan internasional berdasarkan acuan pasar Commodity Exchange COMEX berada di posisi US$1.644,9 per troy ons atau melemah 0,05 persen. Sedangkan harga emas di perdagangan spot stagnan di US$1.620,74 per troy ons pada pagi ini.

Analis sekaligus Kepala Riset Monex Investindo Ariston Tjendra mengatakan pergerakan harga emas di pasar internasional akan cenderung menguat hari ini. Proyeksinya, harga emas bergerak di kisaran US$.1600 sampai US$1.650 per troy ons.

“Harga emas bisa turut menguat mengikuti sentimen positif aset berisiko,” kata Ariston kepada CNNIndonesia.com.

Indeks saham cenderung positif karena pelaku pasar mencari peluang rebound. Pelaku pasar mencari peluang karena kasus positif virus corona di beberapa negara belum kembali bertambah. Misalnya, Amerika Serikat, Italia, Spanyol, dan negara Eropa lain.

“Data ini bisa diartikan bahwa masa puncak pandemi mungkin akan segera berlalu,” ujarnya.

Sebaliknya, Analis Asia Valbury Futures Lukman Leong memperkirakan harga emas cenderung tertahan karena minim sentimen pada awal pekan. Ia memperkirakan harga emas bergerak di kisaran US$1.610 hingga US$1.625 per troy ons pada hari ini.

“Emas mulai berkonsolidasi dalam satu sampai dua minggu ini, kalaupun ada penguatan, itu cenderung teknikal saja karena data-data ekonomi cukup buruk,” ungkapnya.

Sumber : CNN Indonesia

Continue Reading

Investasi

Lega deh! Harga Emas Antam Naik Lagi Rp 7.000/gram

Published

on

Harga emas logam mulia acuan yang diproduksi PT Aneka Tambang Tbk (Antam) pada perdagangan Kamis (2/4/2020) naik 0,81% sebesar Rp 7.000 menjadi Rp 869.000/gram, dari hari sebelumnya Rp 862.000/gram. Harga emas Antam rebound setelah Rabu kemarin ambles sebesar Rp 13.000.

Berdasarkan pencatatan data harga Logam Mulia di gerai Jakarta Gedung Antam di situs logammulia milik Antam hari ini (2/4/2020), harga tiap gram emas Antam ukuran 100 gram menguat 0,81% berada di Rp 86,9 juta dari harga kemarin Rp 86,2 juta per batang.

Emas Antam kepingan 100 gram lumrah dijadikan acuan transaksi emas secara umum, tidak hanya emas Antam. Harga emas Antam di gerai penjualan lain bisa berbeda.

Harga emas Antam naik seiring dengan harga emas spot dunia pada penutupan hari Rabu kemarin yang naik 1,34% menjadi US$ 1.592 per ons di tengah penyebaran wabah virus corona yang semakin masif.

Sementara kepemilikan SPDR Gold Trust yang merupakan produk investasi ETF (exchange traded fund) emas terbesar di dunia naik 0,18% menjadi 968,75 ton pada Rabu kemarin.

“Harga emas harus naik karena penyebaran virus semakin intensif di samping upaya karantina wilayah untuk mengurangi penyebaran,” kata Ed Moya, analis di platform perdagangan online OANDA. “Harga emas harus didukung [untuk menguat] karena resesi global yang akan datang pada pasar akan lebih dalam dan lebih lama,” tambah Ed Moya.

 

Di sisi lain, harga beli kembali (buyback) emas Antam hari ini naik 0,49% atau Rp 4.000 ditetapkan pada Rp 822.000/gram, dari posisi kemarin Rp 818.000/gram. Harga itu menunjukkan harga beli yang harus dibayar Antam jika pemilik batang emas bersertifikat ingin menjual kembali investasi tersebut.Untuk jenis lain, Antam juga menawarkan emas batik dan emas tematik serta menampilkan harga hariannya di situs yang sama.

Di sisi lain, Antam juga menjual emas batangan dengan dasar ukuran mulai 1 gram hingga 500 gram di berbagai gerai yang tersedia di berbagai kota, dari Medan hingga Makassar.

Harga dan ketersediaan emas di tiap gerai bisa berbeda. Harga emas tersebut sudah termasuk PPh 22 0,9%. Masyarakat bisa menyertakan NPWP untuk memperoleh potongan pajak lebih rendah yaitu 0,45%.

Beberapa faktor yang mempengaruhi harga emas adalah nilai tukar rupiah, penawaran-permintaan, permintaan industri emas, isu global, tingkat inflasi, dan tingkat suku bunga.

Penguatan harga emas Antam biasanya mencerminkan kecenderungan masyarakat untuk memburu emas ritel ketika kondisi tidak kondusif, sehingga mencerminkan fungsi logam mulia sebagai instrumen yang dinilai lebih aman (safe haven) untuk masyarakat di dalam negeri.

Sumber Berita : CNBC Indonesia

Continue Reading
Advertisement

Advertisement

Trending