Connect with us

MotoGP

Akhir Musim 2018, Casey Stoner Tinggalkan Ducati

Published

on


Akhir Musim 2018, Casey Stoner Tinggalkan Ducati

Finroll.com – Pembalap asal Australia, Casey Stoner dikabarkan tidak melanjutkan kerja sama kontrak dengan Tim Ducati pada akhir musim 2018.

Seperti dilansir Motorspot, Rabu, 14/11/2018, Stoner memilih untuk tidak melanjutkan keterlibatannya dengan Ducati, di mana ia memenangi gelar MotoGP musim 2007.

Stoner kembali menuju Borgo Panigale musim 2016, berperan sebagai pembalap tes dan duta Ducati usai menyudahi kerja samanya bersama Honda.

Namun, Stoner sama sekali tidak mengendarai motor musim ini, GP18 sejak tes pramusim pertama di Sepang. Hal ini disebabkan ia masih dalam masa pemulihan pascaoperasi bahu kanannya.

Kontrak Stoner bersama Ducati akan habis pada akhir 2018, dan pada Selasa (13/11) telah dikonfirmasi bahwa kerja sama keduanya tak akan berlanjut.

“Saya ingin berterima kasih kepada Ducati untuk semua kenangan indah, khususnya dukungan dan antusias fans Ducati semangat yang kami bagi untuk dunia balap dan sepeda motor, saya akan selalu mengingat ini,” ujar Stoner.

“Selama tiga tahun terakhir, saya sangat menikmati pekerjaan saya dengan tim tes, insinyur dan teknisi. Kami bekerja sama untuk meningkatkan paket Desmosedici GP, dan dari dengan tulus saya berharap yang terbaik bagi tim untuk masa depan mereka.”

CEO Ducati, Claudio Domenicali, menambahkan: “Casey akan tetap selalu tetap di hati Ducatisti, dan mewakili mereka kami berterima kasih atas kolaborasi penting yang ia tawarkan kepada kami selama tiga musim terakhir.

“Indikasi dan saran teknisnya, bersamaan dengan kerja sama, dan masukan dari pembalap pabrikan dan Michele Pirro, telah membuat Desmosedici GP menjadi salah satu motor paling kompetitif di grid. Sarannya bagi pengembangan motor produksi (massal) kami juga sangat berharga, dan juga berguna.

“Ducati, beserta banyak penggemar ingin mengucapkan terima kasih yang tulus, dan berharap yang terbaik bagi Casey dan keluarganya untuk masa depan yang tenang dan bahagia.”

MotoGP

GP Inggris dan Australia Batal, MotoGP 2020 Semakin Rontok

Published

on

By

MotoGP 2020 semakin rontok setelah Dorna Sports mengumumkan pembatalan MotoGP Inggris dan Australia. Total sudah enam seri balapan yang dibatalkan.

CEO Dorna Sports selaku pengelola MotoGP, Carmelo Ezpeleta, mengatakan keputusan pembatalan MotoGP Inggris dan Australia diambil setelah pihaknya menemui jalan buntu untuk menggelar balapan di dua sirkuit legendaris tersebut.

“Kami sedih untuk mengumumkan pembatalan dua ajang ikonis ini setelah tidak menemui jalan untuk memasukkan logistik dan menjalani operasional karena pandemi dan perubahan jadwal,” ujar Ezpeleta dalam rilis resmi.

MotoGP Inggris di Sirkuit Silverstone semula dijadwalkan berlangsung 28-30 Agustus 2020. Sementara MotoGP Australia di Sirkuit Phillip Island memiliki jadwal pada 23-25 Oktober 2020.

Ini adalah kali pertama sejak 70 tahun sejarah balap motor Grand Prix tidak seri balapan di Inggris. Sementara Phillip Island sudah menggelar balapan Grand Prix sejak 1989.

“Atas nama Dorna Sports, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh penggemar atas pengertian dan kesabaran mereka saat kita menunggu situasi membaik. Kami tidak sabar menjalani balapan di Silverstone dan Phillip Island tahun depan,” ucap Ezpeleta.

Total sudah enam seri balapan MotoGP 2020 yang dibatalkan. Selain Inggris dan Australia, seri balapan yang sudah dibatalkan adalah Qatar, Jerman, Belanda, dan Finlandia.

Empat seri balapan: Spanyol, Prancis, Italia, dan Catalunya hingga kini belum memiliki jadwal baru setelah ditunda. Sementara MotoGP Thailand, Amerika Serikat dan Argentina sudah memiliki jadwal baru setelah diundur dari awal musim.

Dorna Sports sendiri dikabarkan siap menggelar balapan pertama MotoGP 2020 di Sirkuit Jerez, Spanyol, pada 19 Juli mendatang. (CNN/GPH)

Continue Reading

MotoGP

MotoGP Virtual Seri Keempat Rossi Akan Tampil Lagi

Published

on

Finroll – Jakarta, Valentino Rossi bakal tampil pada MotoGP Virtual Race seri keempat, Minggu (17/5), yang bakal menggunakan Sirkuit Misano Marco Simoncelli sebagai lokasi adu kebut.

Absen pada balapan virtual pertama, Rossi sempat mengikuti balapan MotoGP Virtual seri kedua yang berlokasi di Sirkuit Red Bull Ring, Austria, pada 12 April.

Dalam balapan tersebut, Rossi tercatat beberapa kali terjatuh dan menempati peringkat ketujuh dari 10 pebalap yang ikut serta.

Pebalap gaek tim Monster Energy Yamaha itu kemudian menyatakan tidak mengikuti seri ketiga di Sirkuit Angel Nieto, Jerez, awal Mei.

Selain Rossi, para pebalap yang akan tampil diantaranya adalah Maverick Vinales, serta kakak beradik dari tim Honda Marc Marquez dan Alex Marquez.

Berbeda dari seri ketiga yang mengikutsertakan pebalap-pebalap dari kelas MotoGP, Moto2 dan Moto3, balapan kali ini menghadirkan 11 joki kuda besi MotoGP dan sembilan dari MotoE.

Para pebalap MotoGP akan menyelesaikan sembilan lap dan pebalap MotoE akan berpacu dalam lima lap.

Dari tiga balapan MotoGP Virtual yang sudah berlangsung, terdapat tiga juara berbeda. Alex Marquez menjadi kampiun seri pertama, Francesco Bagnaia finis terdepan pada seri kedua, dan Maverick Vinales yang menguasai seri ketiga.

 

Daftar Pebalap MotoGP Virtual Race Seri Keempat:

 

Repsol Honda Team: Marc Marquez dan Alex Marquez

Monster Energy Yamaha MotoGP: Maverick Viñales dan Valentino Rossi

Ducati Team: Michele Pirro

Team Suzuki Ecstar: Joan Mir

Aprilia Racing Team Gresini: Lorenzo Savadori

Petronas Yamaha SRT: Fabio Quartararo

Pramac Racing: Franceso Bagnaia

LCR Honda Idemitsu: Takaaki Nakagami

Reale Avintia Racing: Tito Rabat

Sumber : CNN Indonesia

Continue Reading

MotoGP

Rossi Gabung Petronas Yamaha Bukan Aib

Published

on

By

Peluang Valentino Rossi gabung Petronas Yamaha di MotoGP 2021 cukup besar. Bergabung Petronas Yamaha yang berstatus sebagai tim satelit Yamaha bukan sebuah aib bagi The Doctor.

Rossi memulai karier di kelas primer Grand Prix (500cc/MotoGP) pada 2000 memperkuat tim satelit Honda bernama Nastro Azzuro Honda. Bahkan Rossi merebut gelar juara dunia 500cc/MotoGP pertamanya bersama tim satelit tersebut.

Pada musim 2000, Honda mempromosikan Rossi ke kelas 500cc. Namun, ketika itu Honda sudah memiliki tiga pebalap di tim pabrikan Repsol Honda: Alex Criville, Sete Gibernau, Tadayuki Okada.

Tidak mau kehilangan peluang mendapatkan Rossi, Honda kemudian membentuk tim satelit Nastro Azzuro Honda. Meski memperkuat tim dengan status sebagai tim satelit, Rossi mendapat sepeda motor dan fasilitas yang sama dengan pabrikan.

Ketika itu Rossi bekerja sama dengan Mick Doohan sebagai mentor dan Jeremy Burgess sebagai kepala mekanik. Meski gagal merebut gelar juara dunia 500cc, Rossi menjadi pebalap Honda terbaik pada musim 2000 dengan finis di posisi kedua di belakang Kenny Roberts Jr. yang menjadi juara dunia.

Pada 500cc musim 2001, Rossi sukses menjadi juara dunia bersama Nastro Azzuro Honda mengalahkan Max Biaggi yang memperkuat Yamaha. Rossi meraih 13 finis podium termasuk 11 kemenangan.

Kembali memperkuat tim satelit Petronas Yamaha bukan aib atau hal memalukan bagi Rossi, yang berstatus salah satu pebalap terbaik dalam sejarah MotoGP. Terlebih pihak Yamaha sudah memastikan akan memberi Rossi sepeda motor dan fasilitas pabrikan jika tampil di MotoGP 2021 bersama Petronas Yamaha.

Rossi diklaim akan bergabung dengan Petronas Yamaha setelah posisinya di tim pabrikan digeser Fabio Quartararo. The Doctor berpeluang menjadi rekan setim Franco Morbidelli yang merupakan mantan anak didiknya di VR46 Academy.

Rossi sendiri dikabarkan sudah memulai pembicaraan dengan Petronas Yamaha. Sementara itu CEO Petronas Yamaha Razlan Razali mengatakan keputusan pebalap baru, termasuk rumor Rossi, akan dipastikan dalam beberapa bulan ke depan.

“Valentino Rossi jelas sebuah opsi, tapi saat ini saya tidak bisa menjawab apapun. Hal itu harus kami putuskan pada Juli atau Agustus 2020,” ucap Razali. (CNN)

Continue Reading
Advertisement

Advertisement

Trending