Connect with us

Keuangan

Bank BTPN Resmi Hadirkan Jenius, Solusi Life Finance di Bali

Published

on


Keterangan foto : booth Jenius dari bank BTPN di Bali

 

 

Finroll.com – Jenius, solusi life finance bagi masyarakat digital savvy resmi hadir di Bali. Sebagai salah satu inovasi digital dari Bank BTPN, Jenius terus mendapatkan sambutan hangat dari masyarakat melek digital atau digital savvy di Indonesia.

 

Kini, Jenius resmi hadir di Bali sebagai solusi life finance yang simpel, cerdas, dan aman. Masyarakat digital savvy di Bali dapat mengunduh aplikasi revolusioner ini di App Store atau Google Play Store, ataupun mengunjungi booth Jenius yang berada di ground floor Mall Bali Galeria & Trans Studio Mall Bali. Dalam kesempatan yang sama, Jenius sekaligus memperkenalkan pilihan saldo mata uang asing Jenius untuk transaksi menggunakan mata uang negara lain dengan cara yang simpel, cerdas, dan aman.

 

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Nielsen, dalam lima tahun terakhir sebanyak 37% masyarakat Indonesia telah menggunakan smartphone, sementara itu penggunaan internet sehari-hari meningkat sebanyak 22%. Dalam hasil survei Jenius Financial Study bertajuk Indonesia Digital Savvy Behavior 2019, Jenius mengulas mengenai pengaruh digital terhadap perilaku konvensional masyarakat digital savvy di Indonesia.

 

Studi tersebut dilakukan kepada 2.055 responden di 11 kota besar di Indonesia. Pada hasil riset tersebut, grup Gen Z (di bawah usia 24 tahun), Gen Y (25 – 38 tahun), Gen X (39 – 53 tahun), hingga Baby Boomers (54 – 68 tahun) mengakses beragam kategori aplikasi melalui smartphone, mulai dari hiburan, chatting, hingga finansial.

 

Dalam riset independen yang dilakukan Jenius kepada masyarakat digital savvy di Bali mengungkapkan bahwa 98% responden telah memanfaatkan teknologi digital untuk membantu urusan finansial mereka.

 

Irwan Sutjipto Tisnabudi, Head of Digital Banking Bank BTPN menjelaskan, “Hasil studi ini menunjukkan bahwa kehidupan masyarakat Indonesia semakin terintegrasi dengan internet yang didukung dengan akses melalui smartphone. Fenoma ini juga terjadi di Bali yang juga berdampak pada bagaimana masyarakat digital savvy di Bali melakukan berbagai aktivitas termasuk dalam aspek finansial.

 

Hal ini didukung dengan terus berkembangnya Bali sebagai salah satu destinasi favorit bagi wisatawan domestik dan mancanegara. Jenius hadir di Bali untuk memberikan layanan finansial yang lebih simpel, cerdas, dan aman.”

 

Jenius merupakan aplikasi revolusioner yang dilengkapi dengan kartu debit Visa untuk mengatur life finance melalui smartphone.

 

“Jenius percaya bahwa disadari atau tidak, setiap keputusan dalam hidup memiliki konsekuensi terhadap aspek finansial. Oleh karena itu, kehadiran Jenius sebagai solusi life finance yang simpel, cerdas, dan aman bagi masyarakat digital savvy di Bali melalui integrasi antara elemen gaya hidup dan finansial akan membantu mereka mengambil keputusan dengan lebih bijak,” tambah Irwan.

 

Dalam kesempatan yang sama, Irwan menjelaskan inovasi terbaru dari Jenius yang terinspirasi dari aspirasi masyarakat digital savvy di Indonesia. “Untuk memenuhi kebutuhan digital savvy yang begitu dinamis, pada 23 Mei 2019 lalu Jenius memperkenalkan pilihan saldo mata uang asing yang semakin memberikan kemudahan dalam bertransaksi.

 

Kini dengan menggunakan kartu utama (m-Card), pengguna dapat mengaktifkan saldo mata uang asing antara lain Dolar Amerika Serikat (USD), Dolar Singapura (SGD), dan Yen Jepang (JPY) untuk melakukan transaksi. Setelah mengaktifkan saldo mata uang asing, pengguna Jenius bisa melakukan transaksi jual dan beli mata uang asing dengan Rupiah (IDR) dan sebaliknya melalui aplikasi Jenius.

 

Pengguna juga bisa menentukan salah satu saldo yang akan dihubungkan ke m-Card serta menikmati kemudahan bertransaksi di luar negeri dengan saldo mata uang asing yang dimiliki,” ungkap Irwan.

 

Lebih lanjut, melalui fitur-fitur yang ada di Jenius masyarakat digital savvy dapat mengatur finansial mereka seperti membuka tabungan, melakukan transaksi, dan mengelola rekening lebih simpel, cerdas, dan aman, kapan saja melalui smartphone.

 

Untuk melakukan aktivasi, masyarakat digital savvy dapat menggunakan fitur Video Call KYC. Melalui layanan ini, calon pengguna Jenius dapat melakukan aktivasi di mana saja, tanpa perlu datang ke booth maupun kantor cabang Bank BTPN. Selain itu, fitur unik di Jenius antara lain Send It yang dapat digunakan untuk mengirimkan uang dan membayar tagihan telepon, kartu kredit, e-commerce, internet, televisi berlangganan, transportasi, dan isi pulsa melalui smartphone.

 

Fitur $Cashtag memberikan pilihan bagi pengguna untuk mengingat dan memberikan informasi nomor rekening ke pihak lain dengan lebih simpel, karena diciptakan bukan dengan deretan angka melainkan nama.

 

Sebagai solusi pengelolaan finansial yang menyeluruh, Jenius menyediakan beberapa jenis tabungan dalam satu akun Jenius seperti Flexi Saver, Dream Saver, dan Maxi Saver. Flexi Saver merupakan tabungan fleksibel dengan bunga menarik yang bisa ditarik atau disetor kapan saja tanpa terikat periode waktu tertentu.

 

Tabungan Dream Saver dapat digunakan untuk mewujudkan tujuan spesifik serta dapat secara otomatis ditarik dari saldo aktif baik harian, mingguan, atau bulanan. Sementara itu, Maxi Saver adalah deposito berjangka dari Jenius dengan bunga optimal. Dengan demikian, pengguna Jenius dapat membuat tabungan deposito tanpa perlu mengantre di kantor cabang, serta dapat menentukan periode simpanan secara fleksibel, yaitu mulai dari 1 hingga 12 bulan.

 

Selain itu, setiap pengguna Jenius berkesempatan mendapatkan hingga 5 (lima) kartu debit yang dilengkapi dengan jaringan Visa dan GPN yang berfungsi untuk melakukan alokasi finansial sesuai dengan kebutuhan. Kartu debit Jenius antara lain kartu debit utama (m-Card), kartu debit virtual (e-Card), dan kartu debit tambahan (x-Card) dapat digunakan di jaringan ATM Bersama/Prima.

 

Untuk mendukung aktivias sehari-hari pengguna, terdapat fitur e-Wallet Center yang memudahkan pengguna untuk top-up GOPAY, OVO, LinkAja, dan M-Tix.

 

Nadia Karina, pengguna Jenius dan digital savvy di Bali, berbagi pengalamannya dalam menggunakan Jenius untuk mengelola finansial sehari-hari, termasuk pada saat travelling.

 

“Jenius membantu saya dalam mengelola keuangan sehari-hari menjadi lebih praktis dan simpel. Fitur x-Card saya gunakan untuk mengelola pos-pos pengeluaran berdasarkan kebutuhan. Selain itu, fitur Dream Saver sangat membantu saya untuk disiplin menabung demi mewujudkan beberapa impian. Tak hanya itu, saya juga dengan mudah dapat top up saldo transportasi online, transfer uang ke teman melalui $Cashtag, dan berbelanja online,” ujar Putri Indonesia 2019 wakil Provinsi Bali ini.

 

Di Jenius, berbagai fitur unik terus dikembangkan melalui semangat kokreasi bersama masyarakat digital savvy. “Jenius lahir melalui proses kolaborasi dan kokreasi dengan para digital savvy. Semangat ini terus kami bawa dalam pengembangan fitur-fitur unik Jenius. Dengan memperkenalkan Jenius di Bali, kami berharap dapat berkolaborasi dan berkokreasi bersama untuk layanan perbankan yang semakin lengkap dan relevan dengan kebutuhan para digital savvy di kota ini,” tutup Irwan.

 

Informasi tentang PT Bank BTPN Tbk. (Bank BTPN) merupakan bank devisa hasil penggabungan usaha PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk. (BTPN) dengan PT Bank Sumitomo Mitsui Indonesia (SMBCI).

 

Bank BTPN melayani segmen mass market yang terdiri dari para pensiunan, pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM); segmen consuming class; serta segmen korporasi. Bisnis tersebut didukung unit-unit bisnis Bank BTPN, yaitu BTPN Sinaya – unit bisnis pendanaan, BTPN Purna Bakti – unit bisnis yang fokus melayani nasabah pensiunan, BTPN Mitra Usaha Rakyat – unit bisnis yang fokus melayani pelaku usaha mikro, BTPN Mitra Bisnis – unit bisnis yang fokus melayani pelaku usaha kecil dan menengah, BTPN Wow! – produk Laku Pandai yang fokus pada segmen unbanked, Jenius – platform perbankan digital untuk segmen consuming class, serta unit bisnis korporasi yang fokus melayani perusahaan besar nasional, multinasional, dan perusahaan-perusahaan Jepang.

 

Selain itu, Bank BTPN memiliki anak usaha yaitu BTPN Syariah yang fokus melayani nasabah dari komunitas prasejahtera produktif. Melalui Program Daya, yaitu program pemberdayaan mass market yang berkelanjutan dan terukur, Bank BTPN secara reguler memberikan pelatihan dan informasi untuk meningkatkan kapasitas nasabah sehingga memiliki kesempatan tumbuh dan mendapatkan peluang untuk hidup yang lebih baik.

 

PT Bank BTPN Tbk. menduduki peringkat kedua di Indonesia dalam World’s Best Bank 2019 yang dirilis oleh Forbes pada akhir Februari 2019. Bekerja sama dengan Statista, survei dengan pendekatan customer-centric dilakukan terhadap 40.000 konsumen di seluruh dunia dengan mengumpulkan opini mengenai bank yang sedang dan pernah mereka gunakan.

 

Penilaian dilihat berdasarkan faktor kepuasan pelanggan, kepercayaan, biaya, layanan digital, dan informasi finansial. Pencapaian ini membuktikan bahwa rangkaian inovasi yang telah dilakukan, mulai dari BTPN Sinaya, BTPN Wow! hingga Jenius, membuat PT Bank BTPN Tbk. meraih posisi yang cukup tinggi di hati masyarakat Indonesia.(red)

Advertisement

Keuangan

Ekonomi Triwulan III-2019, Ekonomi RI Tumbuh 5,02%

Published

on

By

Foto: Lidya Kembaren

Finroll.com, Jakarta – Badan Pusat Statistik (BPS) merilis angka pertumbuhan ekonomi triwulan III-2019. BPS melaporkan Ekonomi RI tumbuh 5,02% di triwulan III-2019.

Hal tersebut disampaikan Kepala BPS Suhariyanto di Gedung BPS, Selasa (5/11/2019).

Konsensus pasar yang dihimpun CNBC Indonesia memperkirakan ekonomi sepanjang Juli-September tumbuh 5,02% secara tahunan, melambat dibandingkan kuartal sebelumnya yaitu 5,05%.

Ekonomi Indonesia tumbuh 3,06% dari triwulan II-2019. Ekonomi Indonesia sejak triwulan I hingga triwulan III-2019 mencapai 5,04%.

BACA JUGA : 

Foto: Lidya Kembaren

Continue Reading

Keuangan

Rupiah Menguat ke Rp 14.005/US$ Pukul 13:00 WIB

Published

on

By

Ilustrasi Rupiah (REUTERS/Thomas White)

Finroll.com – Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) menguat di perdagangan pasar spot hari ini. Namun dolar AS masih bertahan di kisaran Rp 14.000.

Hari ini, Selasa (4/11/2019) pukul 13:00 WIB, US$ 1 dibanderol Rp 14.005. Rupiah menguat 0,04% dibandingkan posisi penutupan perdagangan kemarin.

BACA JUGA : 

Berikut kurs dolar AS di pasar Non-Deliverable Forwards (NDF) pada pukul 12:34 WIB:

Periode Kurs
1 Pekan Rp 14.010,5
1 Bulan Rp 14.041
2 Bulan Rp 14.082,5
3 Bulan Rp 14.126
6 Bulan Rp 14.276
9 Bulan Rp 14.431
1 Tahun Rp 14.601
2 Tahun Rp 15.323,1

Berikut kurs Domestic NDF (DNDF) pukul 11:41 WIB:

Periode Kurs
1 Bulan Rp 14.020
3 Bulan Rp 14.110

Berikut kurs dolar AS di sejumlah bank nasional pada pukul 12:34 WIB:

Bank Harga Beli Harga Jual
Bank BNI Rp 13.940 Rp 14.120
Bank BRI Rp 13.995 Rp 14.065
Bank Mandiri Rp 13.875 Rp 14.125
Bank BTN Rp 13.970 Rp 14.120
Bank BCA Rp 13.964 Rp 14.062
CIMB Niaga Rp 13.770 Rp 14.270
Bank Panin Rp 13.996 Rp 14.025
Continue Reading

Keuangan

Risiko Molornya Kesepakatan Dagang AS-China Tekan Rupiah

Published

on

By

Nilai tukar rupiah berada di level Rp14.060 per dolar Amerika Serikat (AS) pada perdagangan pasar spot, Jumat (1/11) pagi. Posisi tersebut melemah 17,5 poin atau 0,12 persen dibanding penutupan Kamis (31/10) sore, Rp14.042,5 per dolar AS.

Pagi hari ini, mayoritas mata uang di kawasan Asia menguat terhadap dolar AS. Yuan China tercatat menguat 0,23 persen, yen Jepang 0,07 persen, dan bath Thailand 0,0,03 persen. Penguatan juga terjadi pada ringgit Malaysia dan dolar Singapura sebesar masing-masing 0,02 persen.

Sementara itu, pelemahan terhadap dolar AS terjadi pada dolar Hong Kong sebesar 0,01 persen, rupee India 0,05 persen, dan peso Filipina 0,1 persen.

Di negara maju, mayoritas nilai tukar menguat terhadap dolar AS. Poundsterling Inggris menguat 0,12 persen, euro 0,04 persen, dan dolar Australia 0,02 persen.

Kepala Riset PT Monex Investindo Futures Ariston Tjendra memperkirakan sentimen negatif dari potensi gagalnya perjanjian dagang antara AS dan China dapat menekan rupiah hari ini.

“Bloomberg melaporkan bahwa pejabat Tiongkok meragukan perjanjian dagang yang komprehensif dengan AS bisa tercapai,” ujarnya kepada CNNIndonesia.com, Jumat (1/11).

Sementara itu, menurut Ariston, laporan inflasi tidak terlalu berpengaruh kepada pergerakan rupiah hari ini.

“Kurs rupiah terhadap dolar AS berpotensi bergerak di kisaran Rp14.000-14.100 per dolar,” jelasnya.

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

Asco Global

Trending