Connect with us

Automotive

Berikut Daftar Mobil dan Motor yang Akan Hadir di IIMS 2019

Published

on


Berikut Daftar Mobil dan Motor yang Akan Hadir di IIMS 2019

Finroll.com – Pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 siap digelar 25 April – 5 Mei 2019 di di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Selaku Professional Exhibition Organizer (PEO), PT Dyandra Promosindo berharap acara ini dapat menjadi platform untuk menjembatani produk lokal Indonesia menuju pasar internasional.

Selain menampilkan produk otomotif kendaraan roda dua dan empat beserta aksesorinya, IIMS juga akan menampilkan produk lokal.

“Pameran seperti ini yang menjadikan Indonesia menjadi lebih berkembang lagi, terutama di industri otomotif,” kata Bambang Trisulo, Komisaris Independen PT Dyandra Media International,Tbk.

Menggunakan tagline ‘Your Infinite Automotive Experience’, acara ini akan dimeriahkan 36 merek otomotif roda empat dan dua.

Akan hadir di Hall D1 JIExpo, Kemayoran. Brand premium roda empat yang turut memeriahkan IIMS antara lain Audi, BMW, Jeep, Mercedes-Benz, MINI, dan Volkswagen.

Sejumlah exhibitor lain kendaraan roda empat yang telah menyatakan keikutsertaannya yakni Chevrolet, Datsun, DFSK, Honda, Hyundai, Mazda, Mitsubishi, Nissan, Suzuki, Toyota, dan Wuling.

Untuk kendaraan roda dua, acara IIMS akan dimeriahkan 17 merek, yakni Aprilia, Benelli, BMW Motorrad, Gesits, Harley-Davidson, Honda, Husqvarna, Kawasaki, KTM, Kymco, Lambretta, Moto Guzzi, Piaggio, Royal Enfield, Suzuki, Triumph, dan Vespa.

“Dalam pagelaran tahun ini, IIMS 2019 akan menampilkan beberapa produk lokal seperti FIN Komodo sebagai kendaraan multi kondisi yang sesuai dengan iklim dan kondisi kita. Selain itu kehadiran Gesits sebagai motor listrik,” ujar Hendra Noor Saleh, Presiden Direktur PT Dyandra Promosindo.

Akan ada world premiere di IIMS 2019

Mengusung konsep ”Your Infinite Automotive Experience”, Indonesia International Motor Show (IIMS) siap diselenggarakan 25 April – 5 Mei 2019.

PT Dyandra Promosindo selaku Professional Event Organizer (PEO) mengungkapkan akan terdapat banyak kejutan dalam pameran otomotif yang berlangsung selama 11 hari tersebut, salah satunya world premiere.

“Saya baru dikasih tahu tadi, kalau akan ada world premiere. Tapi saya enggak bisa sebut merek apa. Iya mobil,” kata Hendra Noor Saleh, Project Director IIMS di Kemayoran, Jakarta.

Selain itu, pria yang akrab disapa Ko Hen itu optimistis akan ada beberapa model baru yang siap memeriahkan salah satu pameran otomotif terbesar di Indonesia tersebut.

“Tentu saja kami berharap akan lebih banyak (model baru), tapi kan tahu sendiri kalau hal ini pasti dirahasiakan,” ujar Ko Hen.

Selain itu, pertumbuhan ekonomi yang diprediksi meningkat 5.4 persen dan hadirnya inftrastruktur baru yang membentang dan kawasan barat hingga ujung timur Indonesia, diharapkan mampu memberikan kontribusi positif terkait penjualan mobil (1,1 juta unit) dan motor (6,4 juta unit) sepanjang tahun 2019.

[sumber: liputan6]
Advertisement Valbury

Automotive

Nissan Jawab Dugaan Konspirasi Ghosn di Depan Pemegang Saham

Published

on

Finroll – Jakarta, Nissan Motor Co menyangkal laporan media yang menyatakan perusahaan melakukan konspirasi pada mantan pejabat chairman Carlos Ghosn. Konspirasi itu juga pernah diutarakan berulang kali oleh Ghosn usai ditangkap di Jepang karena tuduhan pelanggaran keuangan pada 2018.

“Saya tahu di cetak dan media ada pembicaraan tentang konspirasi tetapi tidak ada fakta untuk mendukung hal ini,” ucap Motoo Nagai, chairman komite audit Nissan saat rapat tahunan pemegang saham perusahaan, Senin (29/6).

Automotive News menjelaskan saat rapat para pemegang saham meminta penjelasan terkait masalah Ghosn. Nagai berpendapat investigasi pada Ghosn sudah dilakukan secara internal dan eksternal dari lembaga hukum.

Di rapat yang berlangsung selama dua jam itu pemegang saham juga meminta CEO Nissan Makoto Uchida menjelaskan rencananya mengembalikan kepercayaan publik pada perusahaan usai skandal Ghosn. Uchida juga dicecar cara membangkitkan kembali penjualan di Amerika Serikat dan China.

Uchida yang mengisi jabatan CEO sejak Desember menjanjikan bakal mengundurkan diri jika dia gagal membalikkan keadaan Nissan yang pada bulan lalu melaporkan kerugian pertama keuangan tahunan pertama selama 11 tahun.

Carlos Ghosn. (AP Photo/Maya Alleruzzo)

Nissan juga telah mengumumkan mengencangkan ikat pinggang dengan memangkas biaya dan mengecilkan produksi. Nissan berencana mengurangi jumlah model produk global sekitar seperlima dan mengurangi kapasitas produksi, termasuk di Indonesia dan Spanyol, serta melakukan PHK, termasuk di Meksiko.

Saat ini Nissan menargetkan menjual 5 juta unit per tahun, jauh di bawah ambisi sebelumnya 8 juta unit.

Sumber : CNN Indonesia

Continue Reading

Automotive

Dirilis 10 Juli, Ninja 250 cc Baru Diklaim Lebih Bertenaga

Published

on

Finroll – Jakarta, Kawasaki memastikan Ninja 250 cc empat silinder meluncur di Indonesia pada 10 Juli 2020. Peluncuran sempat tertunda sejak April imbas pandemi Covid-19 terus meluas di Tanah Air.

Kawasaki mengumumkan jadwal peluncuran motor Ninja 250 cc empat silinder melalui akun resmi video berbagi perusahaan, sementara peluncuran pada 10 Juli bakal ditayangkan virtual melalui akun yang sama.

“Lihat peluncuran ZX-25R Juli 2020,” demikian pesan yang ditulis Kawasaki dalam videonya, Senin (29/6).

Ninja 250 cc empat silinder pertama diungkap ke publik secara global pada perhelatan Tokyo Motor Show 2019.

Head Sales and Promotion Kawasaki Motor Indonesia (KMI) Michael C. Tanadhi pernah mengatakan perusahaan tidak akan mendatangkan motor tersebut secara utuh bakal pasar Indonesia. KMI akan merakit lokal motor pesaing Honda CBR250RR dan Yamaha R25 itu di pabriknya di Indonesia.

Sejumlah komponen yang digunakan juga dipastikan berasal dari Indonesia sehingga meningkatkan kandungan lokal.

Michael juga menyebutkan produk baru Kawasaki ini memiliki tenaga lebih besar dibandingkan versi Ninja 250 cc pada pasar Jepang.

“Bedanya cukup lumayan dari segi power (hp) dan torsinya (nm). Tapi yang bisa saya konfirmasi perbedaan tenaga untuk sementara antara versi Indonesia dan Jepang saja,” kata Michael.

Michael menjelaskan Ninja 250 cc empat silinder di Jepang punya mesin dengan tenaga lebih kecil dari Indonesia imbas spesifikasi mesin menyesuaikan ketentuan regulasi emisi Euro 4. Namun, ia tak menyebut dengan detail perbedaan tenaga yang dimaksud.

Ada juga perbedaan katalitik konverter dan electronic control unit (ECU) setelah memperhitungkan kondisi jalan di masing-masing negara.

“Power di Jepang lebib kecil karena mereka menyesuaikan dengan Euro 4. Sedangkan Indonesia ini sepeda motor standarnya masih Euro 3, jadi dampaknya tenaga menjadi lebih besar dari versi Jepang,” ucap dia.

Sumber : CNN Indonesia

Continue Reading

Automotive

Imbas Corona, Harga Mobil Bekas Disebut Turun Rp30 Juta

Published

on

Finroll – Jakarta, Harga mobil bekas turut terkena dampak pandemi Covid-19. Hal tersebut dirasakan pedagang mobil bekas di WTC Mangga Dua, Jakarta.

Senior Manager bursa mobil bekas WTC Mangga Dua Herjanto Kosasih mengatakan harga mobil bekas terkoreksi sekitar Rp20 juta sampai Rp30 juta. Namun penurunan harga kembali lagi tergantung kondisi kendaraan.

“Ya bisa turun segitu [Rp20 juta-Rp30 juta] contoh mobil Avanza, itu dari harga bekas normal. Tapi ini tergantung dengan kondisi juga ya,” kata Herjanto beberapa waktu lalu.

Sejak pertengahan Maret 2020, pemerintah telah mengimbau perusahaan untuk menerapkan kebijakan bekerja dari rumah (work from home). Selain itu, beberapa pemerintah daerah juga menerapkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Menurut Herjanto imbasnya menurunkan minat beli konsumen terhadap mobil bekas. Selain itu pandemi juga berdampak pada perekonomian masyarakat. Sebab sejumlah perusahaan yang tidak beroperasi normal, melakukan PHK pada sejumlah pekerja imbas pandemi Covid-19. Tak sedikit masyarakat menjual mobilnya dengan harga terjangkau.

Dijelaskan Herjanto kondisi ini memunculkan istilah baru, yaitu “harga covid”. Istilah itu sebab pedagang membeli stok mobil dengan banderol lebih murah dari pemilik mobil pada masa pandemi.

“Ya biasanya banyak orang BU (butuh uang) saat pandemi terus dibeli. Sama pedagang kemudian dijual lagi tentu tidak terlalu mahal. Ambil margin tipis saja,” ucap Herjanto.

“Jadi mereka beli saat corona awal-awal dan lagi murah-murahnya.’

Herjanto memprediksi penjualan mobil bekas dengan harga lebih terjangkau hingga akhir tahun ini.

Pemilik Madina Mora Motor, dealer mobil bekas, Husen Lubis juga mengakui harga kendaraan bekas belum maksimal meski kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dilonggarkan. Memasuki masa transmisi, harga mobil bekas tak kunjung stabil.

“Jadi memang sekarang ini orang jual dengan istilah harga corona. Harga memang lebih murah 20-30 persen. Tapi mudah-mudahan sudah naik lagi walau cuma sekitar 10 persen saja,” ungkapnya.

Harga Avanza Bekas

Harga mobil bekas diharapkan kembali ke titik awal seiring dengan meningkatkan daya beli konsumen pasca pelonggaran PSBB.

Senior Manager bursa mobil bekas WTC Mangga Dua Herjanto Kosasih mengatakan sejak pelonggaran PSBB muncul ‘mobil primadona’ yang menjadi incaran masyarakat dengan konfigurasi tiga baris bermuatan tujuh penumpang.

“Dan yang laku dicari orang sekarang mobil tujuh penumpang saja,” ucap Herjanto.

Mobil tujuh penumpang ini antaranya kelas Low Multi Purpose Vehicle (MPV) yakni Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Mitsubishi Xpander, Suzuki Ertiga, Honda Mobilio, hingga Wuling Confero.

Selain itu Toyota Rush dan Daihatsu Terios bekas juga banyak diburu konsumen. Sedangkan medium Sport Utility Vehicle (SUV) seperti Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner generasi pertama mulai dibidik pembeli. Mobil-mobil bekas yang laku di pasaran dengan kisaran harga Rp100an juta ke atas

Nah itu naik daun sekarang, mobil Jepang dan China,” ucap dia.

Khawatir tertular masyarakat gunakan mobil pribadi

Herjanto berharap industri mobil bekas kembali membaik. Kesempatan itu melihat ada kekhawatiran masyarakat menggunakan transportasi umum dan sebaliknya membeli mobil pribadi dengan harga terjangkau.

“Ya yang tadinya naik kendaraan umum atau taksi online pada beli mobil sendiri akhirnya. Yang tadinya naik ojol [ojek online], beli motor sendiri. Kalau grafik kenaikan belum terlalu terlihat,” tutup Herjanto.

Sumber : CNN Indonesia

Continue Reading
Advertisement

Advertisement

Trending