Connect with us

Makro Ekonomi

Berkontribusi Majukan Sektor UMKM, Cashwagon Hadirkan Layanan Installment Loan

Published

on


Finroll.com — Kehadiran pinjaman online (fintech) yang bertujua meningkatkan inklusi keuangan belakangan dimana setiap masyarakat memiliki akses layanan keuangan formal belakangan justru tercoreng dengan menjamurnya fintech illegal.

Minimnya literasi masyarakat membedakan fintech resmi dan illegal menjadi salah satu faktor yang menimbulkan sikap antipati masyarakat terhadap kehadiran fintech.

Melihat anomali tersebut, CEO PT Kas Wagon Indonesia (Cashwagon) yang juga pengurus di Asosiasi Fintech Indonesia menanggapi.

“Yang terjadi saat ini kan fintech peer to peer (P2P) ini kan citranya jelek karena kehadiran fintech illegal, dan hal ini memangmenjadi pr kami baik pelaku bisnis fintech sendiri, Asosiasi, bahkan OJK dalam mengedukasi serta memberikan sosialisasi kepada masyarakat untuk tidak sembarangan memilih ilegal company yang nantinya akan mendatangkan kerugian,” ucap Asri Anjarsari saat ditemui di Jakarta (25/9/2019).

Asri menjabarkan, yang paling penting masyarakat bisa membedakan mana perusahaan fintech resmi dan mana yang ilegal.

“Jadi ada 3 hal yang perlu diperhatikan untuk tidak terjerat dengan jerat fintech ilegal atau mengetahui fintech p2p yang resmi, yakni memiliki ijin OJK, kemudian memiliki alamat kantor yang jelas, karena umumnya fintech ilegal itu tidak memiliki kantor apalagi izin OJK,” sambung Asri.

Dalam kesempatan yang sama Asri juga menjelaskan pihaknya (Cashwagon) juga baru saja memperkenalkan produk terbaru yang menyasar para pelaku ekonomi mikro (UMKM), yakni Installment Loan.

“Kita punya satu produk baru yang baru kita launching, yakni Installment loan dimana kita memberikan pinjaman yang bisa dicicil untuk jangka waktu 2-3 bulan yang mana diharapkan mampu membantu sektor UMKM dimana untuk bunga lebih rendah yakni 0,4 persen per hari.

“Ini salah satu komitmen kami untuk berkontribusi meningkatkan inklusi keuangan khususnya bagi sektor makro ekonomi ini,” jelas Asri.

Disinggung terkait plafon pinjaman produk installment loan, Asri menambahkan, “Untuk plafon nilai pinjaman sendiri ini mulai 2,5 hingga 10 juta rupiah,” tutup Asri.(red)

Advertisement Valbury

Makro Ekonomi

Kena PHK, Karyawan Indosat Dapat Rp 1 Miliar Lebih plus Bonus

Published

on

By

PT Indosat Tbk (ISAT) atau Indosat Oredoo memberikan kompensasi Rp 1 miliar lebih ditambah bonus kepada karyawan yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK). Indosat mengalokasikan Rp 663 miliar sebagai paket kompensasi, ditambah bonus Rp 18,3 miliar kepada 667 karyawan yang kena PHK.

“Kami telah menyelesaikan Reorganisasi Perusahaan kami pada akhir Februari, dan 92% karyawan yang terkena dampak telah menerima kompensasi yang jauh lebih baik dari pada yang dipersyaratkan oleh Undang-Undang,” kata Director & Chief Human Resources Officer Indosat Ooredoo, Irsyad Sahroni dalam siaran pers yang disampaikan Kamis (2/4/2020).

Irsyad juga menyatakan bahwa perusahaan telah mengambil semua langkah yang diperlukan untuk membantu karyawan yang terkena dampak reorganisasi.Secara rinci, Indosat mengalokasikan Rp 663 Miliar untuk mendanai paket kompensasi, dengan angkatan pertama sebesar Rp 343 Miliar untuk 328 karyawan yang terkena dampak, tidak termasuk bonus 2019 sebesar Rp18,3 Miliar, yang akan dibayarkan sebelum 15 April 2020.

Salam siara pers tersebut, Indosat mengumumka reorganisasi bisnis dilakukan sebagai bagian dari strategi tiga tahun untuk bertransformasi menjadi brand yang lebih gesit dan terpercaya telah diterima dengan baik oleh karyawannya.

Irsyad mengatakan, rencana reorganisasi ini telah diterima oleh 92% dari total 677 karyawan yang terkena dampak dan telah menjalani fase transisi yang lancar pada akhir Maret lalu.

“Dengan dimulainya langkah-langkah ini, reorganisasi struktur perusahaan sebagian besar telah selesai,” kata Irsyad.

Irsyad menambahkan PHK bahwa bahwa kebijakan ini adalah saat yang sulit bagi karyawan Indosat. Indosat akan mengeksplorasi semua opsi yang memungkinkan untuk memberikan dukungan dan untuk memperingan dampak pada rekan-rekan kami. Selain itu, dia juga mengatakan, perusahaan saat ini sedang melalui proses mediasi dengan 52 karyawan yang terkena dampak yang memutuskan untuk menolak tawaran kompensasi dan melalui penyelesaian perselisihan hubungan industrial.

“Memang benar beberapa karyawan yang terkena dampak memutuskan untuk melakukan penyelesaian perselisihan hubungan industrial, dan kami menghormati dan mengikuti proses yang mengacu pada prosedur dan hukum yang berlaku. Proses dimulai dengan pertemuan bipartit yang dilakukan pada akhir Februari lalu dan dilanjutkan dengan proses mediasi yang dipimpin oleh masing-masing Kantor Tenaga Kerja setempat sebelum merebaknya Covid-19. Kami selalu mengikuti semua proses yang sesuai dengan Hukum yang berlaku dan diatur oleh Kantor Tenaga Kerja dan Pemerintah,” pungkasnya.

Artinya jika 677 karyawang kena PHK menerima paket kompensasi plus bonus, maka, setiap karyawan akan menerima lebih dari Rp 1 miliar. (CNBC/GPH)

Continue Reading

Makro Ekonomi

Syarat Menikmati Listrik Gratis dari Jokowi

Published

on

By

Pemerintah menyisihkan anggaran untuk memberikan listrik gratis kepada masyarakat di tengah dampak sosial dan ekonomi dari pandemi virus corona. Setruman listrik dari PLN secara cuma-cuma ini tidak dapat dinikmati seluruh masyarakat.

Berikut CNNIndonesia.com rangkuman syarat dan ketentuan bagi penerima manfaat listrik gratis.

Pertama, listrik gratis hanya dapat dinikmati oleh golongan pelanggan dengan kapasitas daya listrik 450 Volt Ampere (VA). Data PT PLN (Persero) mencatat terdapat 24 juta pelanggan listrik 450 VA yang merupakan masyarakat golongan menengah ke bawah.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap listrik gratis dapat membantu masyarakat ekonomi bawah untuk berjuang melawan dampak ekonomi virus corona.

Lihat juga: Rp405 T Jokowi Tanpa BLT, Jurang Kemiskinan Menganga Lebar
Kedua, untuk pelanggan listrik dengan daya 900 VA bersubsidi akan diberikan diskon sebesar 50 persen. Pelanggan golongan ini berjumlah kurang lebih 7 juta pelanggan.

“Artinya hanya bayar separuh untuk April,Mei, dan Juni 2020” ujarnya Jokowi, Selasa (31/1).

Ketiga, fasilitas listrik gratis bagi pelanggan 450 VA dan diskon separuh harga bagi golongan 900 VA bersubsidi hanya berlaku selama 3 bulan terhitung mulai April, Mei, hingga Juni 2020.

Lihat juga: PLN Gratiskan Tagihan Listrik 24 Juta Orang Miskin 3 Bulan
PLN menyatakan siap mendukung kebijakan pemerintah menggratiskan tarif listrik bagi 24 juta pelanggan dengan daya 450 VA. Mereka juga menyatakan siap memberikan diskon harga 50 persen bagi 7 Juta pelanggan dengan daya 900 VA bersubsidi.

Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini mengatakan tarif gratis dan keringanan tarif tersebut akan berlaku selama tiga bulan, yakni April, Mei, dan Juni 2020.

“Kebijakan pembebasan tagihan untuk pelanggan 450 VA dan keringanan tarif listrik 50 persen tersebut sudah dibicarakan dan dikoordinasikan dengan PLN,” tandasnya. (cnn/gph)

Continue Reading

Business

Corona, 11 Juta Jiwa Bisa Jatuh Miskin Di China

Published

on

By

Finroll – Jakarta, Pandemi virus corona mengancam pertumbuhan ekonomi China mandek. Jika ramalan Bank Dunia itu benar, diperkirakan 11 juta orang di Asia Timur akan jatuh miskin.

Kepala Ekonom Bank Dunia untuk Asia Timur dan Pasifik Aaditya Mattoo mengungkapkan pandemi ini mengakibatkan guncangan global yang belum pernah terjadi sebelumnya.

“Pandemi ini dapat menghentikan pertumbuhan dan meningkatkan kemiskinan di seluruh kawasan,” ujarnya, Selasa (31/3).

Menurut Mattoo, dalam skenario terbaik, ekonomi kawasan Asia Timur akan menurun tajam. Ia memproyeksi ekspansi China akan melambat dari 6,1 persen menjadi hanya 2,3 persen.

Pasalnya, dua perlima populasi dunia sedang dalam karantina dan lock down. Dua hal ini mengakibatkan penutupan bisnis dan transportasi demi menekan risiko penyebaran covid-19.

Mattoo menilai dunia masih bisa lolos dari potensi resesi, namun tetap akan mengalami perlambatan yang tajam. Dua bulan lalu, ekonom Bank Dunia masih memperkirakan China bisa tumbuh sekitar 5,9 persen. Angka tersebut pun menjadi skenario terburuk sejak 1990 silam.

Namun, sekarang negara dengan ekonomi terbesar kedua di dunia menghadapi proyeksi yang lebih ‘mengerikan’. Hal tersebut tercermin dalam rekor kontraksi aktivitas manufaktur pada Februari dan produksi industri yang turun untuk pertama kalinya dalam 30 tahun.

Wilayah Asia Timur dan Pasifik, tidak termasuk China, dapat mengalami perlambatan pertumbuhan menjadi 1,3 persen atau menyusut 2,8 persen dalam skenario yang lebih buruk dibandingkan dengan 5,8 persen tahun lalu.

“Pandemi itu sangat mempengaruhi ekonomi kawasan Asia Timur dan Pasifik, selain itu kedalaman dan lamanya guncangan itu tidak pasti,” kata laporan Bank Dunia.

Bank Dunia memperingatkan pengendalian pandemi mungkin akan memulihkan ekonomi. Namun, risiko tekanan keuangan akan berlangsung lama bahkan melewati tahun ini.

“Yang paling rentan adalah negara-negara yang sangat bergantung pada perdagangan, pariwisata, dan komoditas, dan yang bergantung pada arus keuangan yang fluktuatif,” jelasnya.

Mattoo mengatakan 17 negara di kawasan Asia Timur dan Pasifik merupakan kunci rantai global dan bertanggung jawab atas 70 persen perdagangan dunia. Saat ini, semuanya telah terpengaruh dan sekarang memiliki beberapa kasus virus corona dengan jumlah tertinggi di dunia.

“Di dunia yang saling bergantung ini, di mana nasib ekonomi kita saling terkait, goncangan secara simultan mempengaruhi semua negara penting ini,” katanya.

Bank Dunia menyerukan tindakan keras dengan prioritas pertama pada penahanan penyebaran virus serta langkah untuk meredam guncangan bagi rumah tangga yang kehilangan upah atau pekerjaan.

Mattoo melanjutkan belum terlambat untuk mengikuti contoh Korea Selatan yang meningkatkan pengujian dan penahanan, sehingga ekonomi dapat mulai kembali normal lebih cepat.

“Ini bukan ilmu roket. Dengan bantuan, bahkan negara-negara miskin pun bisa melakukannya,” pungkasnya.

Sumber :CNN Indonesia

Continue Reading
Advertisement

Advertisement

Trending