Connect with us

News

Cara Mudah Atasi Sariawan Saat Menjalankan Ibadah Puasa

Published

on


Cara Mudah Atasi Sariawan Saat Menjalankan Ibadah Puasa

Finroll.com – Sariawan adalah luka kecil, dangkal, dan terasa nyeri yang muncuk pada jaringan lunak dalam mulut, pada dasar gusi, bawah lidah, atau sepanjang sisi rongga mulut. Sariawan sering disebut juga dengan aphthous ulcer, aphthous stomatitis, canker sores, atau mouth ulcer. Sariawan bisa muncul hanya satu atau beberapa buah sekaligus, namun sariawan tidak menular.

Sariawan dapat timbul karena beberapa faktor seperti infeksi virus, hormon, alegi makanan, siklus menstruasi, kekurangan vitamin, atau cedera mulut. Kekurangan vitamin tertentu, seperti B-3 (niacin), B-9 (asam folat), atau B-12 (cobalamin), bisa membuat Anda lebih rentan terkena sariawan. Kekurangan seng, besi, atau kalsium juga dapat memicu atau memperburuk sariawan.

Sariawan biasanya sembuh tanpa perawatan. Namun, ada banyak perubahan gaya hidup bermanfaat yang bisa Anda lakukan untuk mengobati sariawan. Sikat dan gosok gigi Anda secara teratur untuk mencegah infeksi bakteri. Hindari makanan pedas untuk mempercepat proses penyembuhan. Minum susu atau makan yogurt atau es krim juga dapat membantu mengurangi rasa sakit.

Saat puasa sariawan begitu menganggu dan menyakitkan. Sariawan saat puasa dapat disebabkan oleh mulut kering, kekurangan vitamin atau kurangnya kebersihan mulut. Jika Anda mengalami sariawan saat puasa, maka Anda harus segera mengatasinya. Hal ini supaya ibadah di bulan Ramadan tidak terganggu akibat perihnya mulut yang sariawan.

Berikut cara mengatasi sariawan saat puasa yang dihimpun dari berbagai macam sumber:

Air Garam

Setelah sahur dan berbuka, bilas mulut dengan air garam. Berkumur dengan air garam dapat membantu mengeringkan sariawan. Larutkan satu sendok teh garam dapur biasa dalam setengah cangkir air hangat dan aduk larutan. Kumur menggunakan larutan tersebut selama 15 hingga 30 detik sebelum meludahkannya. Anda dapat terus membilasnya dengan air garam setiap beberapa jam jika perlu.

Baking soda

Membilas mulut Anda dengan campuran air hangat dan soda kue (1 sdt per 1/2 gelas air) juga dapat membantu mengatasi rasa sakit dan penyembuhan. Baking soda memiliki sifat basa alkali. Baking soda dapat menetralkan asam di mulut Anda yang dapat mengiritasi sakit sariawan. Baking soda juga akan membunuh bakteri di mulut Anda.

Ini akan membantu menyembuhkan sariawan lebih cepat. Campurkan 1 sendok teh baking soda ke dalam setengah cangkir air hangat. Kumur dan bilas mulut Anda dengan campuran ini. Untuk menyelesaikannya, bilas dengan air tawar.

Konsumsi Vitamin B-12

Vitamin B-12 mendukung fungsi normal otak dan sistem saraf dan memiliki peran penting dalam pembentukan sel darah merah. Sebuah studi kecil menemukan bahwa mengonsumsi suplemen vitamin B-12 mengurangi jumlah rasa sakit dari sariawan, jumlah alergi, dan jumlah borok yang dialami dalam sebulan.

Anda dapat mengonsumsi suplemen vitamin B-12 yang dijual bebas. Konsumis vitamin B-12 ini setelah sahur dan berbuka agar asupan vitamin dapat terus terpenuhi.

Hindari makanan pedas, asin atau asam

Anda harus menghindari makanan yang sangat pedas, asin, atau asam, yang dapat mengiritasi sariawan dan menghentikannya dari penyembuhan. Bahkan minuman panas dan makanan dengan pinggiran yang kasar, seperti sepotong roti bakar, dapat menyebabkan ketidaknyamanan bagi penderita sariawan.

Saat berbuka puasa, minumlah air hangat sebelum mengonsumsi makanan dan minuman lain. Air terlalu panas dan dingin akan menyebabkan pelindung mukosa mulut terganggu sehingga mudah terkena sariawan. Anda juga perlu memperbanyak makan sayuran dan buah-buahan yang mengandung vitamin C seperti jeruk dan jambu biji.

Lidah buaya

Mengoleskan gel lidah buaya secara langsung ke sariawan dapat membantu meredakan iritasi, serta mengurangi rasa sakit dan peradangan. Meskipun ada bukti ilmiah terbatas tentang manfaat lidah buaya untuk sariawan. Lidah buaya dianggap aman untuk digunakan oleh Pusat Nasional untuk Kesehatan Pelengkap dan Integratif (NCCIH).

Madu

Madu telah terbukti efektif dalam mengobati sariawan. Madu memiliki sifat antiseptik dan dapat dioleskan langsung ke sariawan. Ini juga dapat dikombinasikan dengan chamomile dalam teh, yang harus dibiarkan sedikit dingin sebelum diminum. Konsumsi madu saat berbuka dan sahur juga bermanfaat dalam menjaga kebugaran tubuh.

Advertisement Valbury

Nasional

Keberangkatan Belum Jelas, Kuota Haji Sisa 11 Ribu Orang

Published

on

Finroll – Jakarta, Kementerian Agama (Kemenag) mencatat kuota haji untuk Indonesia masih tersisa sekitar 11 ribu jelang penutupan pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahap kedua pada Rabu (20/5).

Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Muhajirin Yanis mengatakan hingga Selasa (19/5) sore, baru 188.375 orang dari kuota 221 ribu yang telah melakukan pelunasan biaya haji dan siap diberangkatkan.

“Masih ada 11.143 kuota jemaah haji reguler yang belum terlunasi,” kata Yanis dalam keterangan tertulis di situs kemenag.go.id seperti dikutip CNNIndonesia.com, Rabu (20/5).

Yanis menuturkan sebanyak 179.584 orang melakukan pelunasan pada tahap pertama yang tutup 15 April. Sementara 10.014 baru melakukan pelunasan pada tahap kedua.

Dia juga menyampaikan masih ada sekitar 1.700 petugas haji yang belum melunasi BPIH. Jumlah itu terdiri dari 198 orang Pembimbing Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU) dan 1.478 Petugas Haji Daerah (PHD).

Meski proses pelunasan berjalan, Yanis mengaku belum tahu terkait keputusan pemberangkatan haji tahun ini. Pemerintah masih menunggu pengumuman dari Arab Saudi.

“Semoga segera ada keputusan. Apapun keputusannya, dana jemaah haji aman,” ucap Yanis.

Dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi VIII DPR RI bersama Kemenag, Rabu (15/4), Kepala BPKH Anggito Abimanyu mengatakan ada tren penurunan jemaah haji di Indonesia dalam kondisi pandemi virus corona.

Anggito menduga penurunan pendaftar haji terjadi karena dampak ekonomi dari pandemi. Saat itu, baru baru sekitar 160 ribu orang yang telah melunasi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH).

“Pada saat ini kami harus akui pimpinan bahwa pendaftar haji tahun ini turunnya hampir 50 persen karena kondisi ekonomi masyarakat kita memang tertekan,” kata Anggito dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi VIII DPR RI bersama Kemenag, Rabu (15/4).

Jika haji digelar, Indonesia rencananya akan mengirim 221 ribu orang jemaah mulai 26 Juni. Namun Presiden Joko Widodo belum memutuskan apakah akan memberangkatkan jemaah atau tidak di tengah pandemi. Ia masih menunggu kabar dari Saudi hingga 1 Juni.

Sumber : CNN Indonesia

Continue Reading

International

Sumpah Xi Jinping: China Siap Sebar Vaksin ke Dunia!

Published

on

Presiden China Xi Jinping buka suara merespons sederet tudingan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump. Dalam sejumlah kesempatan, Trump menuding China gagal menangani virus corona baru penyebab Covid-19 sehingga menjadi pandemi.

FINROLL.COM — Dalam pidato untuk Majelis Kesehatan Dunia (WHA), Xi mengatakan China sudah sangat transparan terkait Covid-19. Ia bahkan menyebut Negeri Tirai Bambu sudah melakukan berbagai cara menolong negara lain.

“China selalu memiliki sikap terbuka, transparan dan bertanggung jawab,” ujarnya sebagaimana dikutip AFP, Senin (18/5/2020).

Xi menambahkan China juga mendukung evaluasi komprehensif terhadap pandemi. Tapi, ia meminta penyelidikan harus dipimpin oleh WHO dan memegang prinsip objektivitas.

Di kesempatan yang sama, dia menjanjikan bakal membagikan vaksin segera setelah ditemukan. Vaksin, kata dia, ketika sukses dibuat akan menjadi barang umum milik global. “Ini akan menjadi kontribusi China untuk memastikan aksesibilitas dan keterjangkauan vaksin di negara-negara berkembang,” katanya sebagaimana ditulis juga oleh The Strait Times, Selasa (19/5/2020)

Xi pun akan memberi bantuan pada WHO hingga US$ 2 miliar.

Sebelumnya Trump menuding China gagal membendung Covid-19. Ia pun sempat berujar memiliki bukti, yang bisa mengaitkan awal COVID-19 dengan sebuah laboratoriun virologi di Wuhan. Wuhan sendiri adalah ibu kota provinsi Hubei, di China tengah. Kota itu menjadi pusat pertama penyebaran virus corona baru itu di akhir 2019.

Trump pun sempat berujar enggan berkomunikasi dengan Xi. Ia bahkan mengancam memutus hubungan dengan China. Hal itu membuat global khawatir akan ancaman babak baru perang dagang.

Hingga kini, berdasarkan data Worldometers, total kasus Covid-19 global mencapai 4,8 juta jiwa. Di mana sebanyak 212 negara dan teritori terinfeksi. (CNBCIndonesia.com)

Continue Reading

International

India Perpanjang Lockdown, dalam 24 Jam Ada 4.987 Kasus Corona

Published

on

Finroll – Jakarta, Pemerintah India menyatakan lockdown atau penguncian masih berlanjut hingga 31 Mei mendatang. Kementerian Dalam Negeri India mengatakan, perpanjangan ini menyusul kasus infeksi virus corona yang masih tinggi.

Hingga Minggu (17/5), dilaporkan terjadi lonjakan terbesar kasus infeksi dengan rekor 4.987 kasus hanya dalam 24 jam terakhir.

Di bawah pedoman baru yang dikeluarkan oleh Kementerian Dalam Negeri, pemerintah India memberikan kepada negara-negara bagian dan wilayah untuk membuat keputusan dalam fase keempat penguncian India.

Pergerakan kendaraan penumpang dan bus di seluruh negara akan diizinkan di daerah-daerah yang tidak terkontaminasi virus, tentu dengan persetujuan bersama dari negara bagian dan wilayah serikat pekerja.

Pun demikian dengan daerah zona merah, hijau, dan oranye keputusannya diambil oleh masing-masing pemerintah negara bagian dan wilayah serikat pekerja berdasarkan pedemoan dari Kementerian Kesehatan India.

Pedoman baru yang dikeluarkan oleh Departemen Dalam Negeri pada hari Minggu juga mengimbau agar masyarakat bekerja dari rumah.

Menurut perintah Kementerian sebelumnya, perpindahan orang akan tetap dilarang keras sejak pukul 19.00 hingga 07.00 pagi, kecuali untuk kegiatan penting.

Sekolah dan perguruan tinggi akan tetap ditutup dengan dialihkan ke belajar online.

Pemerintah juga menutup perjalanan jalur udara untuk domestik dan internasional, kecuali jika diizinkan oleh Departemen Kesehatan.

Juga layanan kereta api, bioskop, pusat perbelanjaan akan tetap ditutup. Termasuk tempat pertemuan sosial, politik, olahraga, agama dan budaya juga tetap dilarang di India.

India telah melakukan lockdwon di seluruh negeri sejak akhir Maret.

India juga menjadi negara tertinggi kedua kasus infeksi corona di Asia, melampaui China. Dengan tambahan 4.987 kasus pada Minggu (17/5), maka total kasus infeksi di India tembus 90.927 kasus.

Sumber : CNN Indonesia

Continue Reading
Advertisement

Advertisement

Trending