Connect with us

Ragam

Cek Fakta, Viral Ikan Berwajah Manusia

Published

on


Belakangan viral video ikan berwajah mirip manusia di media sosial dan grup WhatsApp. Kalau dilihat sekilas memang tampak ikan yang bergerak tersebut menampilkan fitur layaknya wajah manusia.

Tapi sebenarnya bagaimana faktanya? Pengecekan laman Snopes atas video ikan berwajah manusia itu menghasilkan beberapa temuan dan fakta lho. Kamu penasaran ya, yuk simak cek fakta ikan ‘berwajah manusia’ tersebut.

Awal mula video

Penelusuran laman Snopes menunjukkan, video ikan berwajah manusia direkam di sebuah lokasi di China. Dari pengecekan audio dalam salinan video tersebut, suara orang yang muncul terdengar bercakap menggunakan bahasa China. Makanya berkesimpulan video ini asalnya dari China.

TikTok

Video ikan berwajah manusia ini pertama kali menyebar pada platform Douyin atau populer dengan nama TikTok. Selain di TikTok, video ini menyebar di media sosial China, Weibo.

Snopes mengakui mendapatkan video viral tersebut dari akun Facebook Newsflare. Namun video postingan akun itu merupakan salinan bukan video atau rekaman asli.

Asli atau tidak?

Laman Snopes melabeli video ikan ‘berwajah manusia’ itu dengan status ‘belum terbukti’. Karena laman ini belum mendapatkan informasi sahih atas video viral tersebut.

Laman ini mengakui fitur wajah mirip manusia memang nyata terlihat dalam video viral tersebut, kalau dilihat dari berbagai sudut pandang tertentu. Namun demikian karena belum ada informasi sahih maka video ini dilabeli ‘belum terbukti’.

Snopes mengatakan, video viral November 2019 ini tampak lebih meyakinkan dibanding video ikan berwajah manusia lainnya yang viral Juni 2019. Untuk foto viral pada Juni 2019, Snopes mengonfirmasi foto tersebut adalah rekaan digital yang membuat wajahnya mirip manusia.

Ikan berwajah manusia lainnya

Nah ternyata guys, perlu kamu tahu. Sebelumnya sudah ada penampakan ikan dengan wajah mirip manusia lho. Dan kelihatannya ikan berwajah manusia ini satu jenis.

Portal Ifeng News dalam laporannya April 2019 menunjukkan, ada ikan yang nampak punya wajah mirip manusia terlihat di sekitar Tsuruola City, Prefektur Yamagata, Jepang.

Dari gambar yang lebih dekat, ikan di Jepang itu memang terlihat punya fitur yang tak lazim, yang mana mirip wajah manusia.

Nah, pada 2010 juga sempat viral tuh, serangkaian foto serupa ikan dengan wajah manusia. Kalau versi ini dilaporkan oleh laman Daily Mail. Dalam laporannya kala itu, wajah manusia pada ikan itu terlihat kalau dipandang dari sudut tertentu saja.

Ragam

Erick Thohir Bantah Bagi-bagi Jabatan Taruh Yenny di Garuda

Published

on

Jakarta — Menteri BUMN Erick Thohir memastikan tidak ada indikasi bagi-bagi jabatan terkait penunjukkan putri pertama Abdurrahman Wahid, Yenny Wahid, sebagai Komisaris Independen PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, termasuk Komisaris Utama Triawan Munaf.

“Kalau ibu Yenny, gak usah dipertanyakan lah. Kan figur wanita yang bagus. Dengan ibu Yenny, tentu sekarang pramugari, front officer perempuan, paling tidak ada yang melindungi atau ada yang bisa diajak bicara,” tuturnya, usai rapat di Kementerian Pertahanan, Kamis (23/1).

Apalagi, sambung Erick, Yenny memiliki latar belakang sebagai aktivis dan penggerak perempuan, tentu kehadirannya akan membantu para pekerja perempuan.

Namun, Erick membantah penunjukkan Yenny dilakukan untuk menyelesaikan isu terkait pilot dan awak kabin (pramugari) nakal yang santer jadi pembicaraan publik.

“Saya tidak mau komen case per case (kasus per kasus). Tetapi kan apa yang dilakukan pasti kami objektif lah. Bukan karena hal ini dan hal itu,” tegas Erick.

Menurut dia, penunjukan Yenny bukan untuk mewakili pihak manapun. Ia menegaskan kehadiran Yenny mewakili masyarakat di maskapai penerbangan pelat merah tersebut.

Sementara, terkait Triawan Munaf, Erick menyebut penunjukan dilakukan agar perusahaan bisa berinovasi mengikuti perkembangan zaman. “Kalau pak Triawan jelas beliau itu sebuah figur yang berinovasi ya kan industri kreatif dan bisa di era Garuda ini kan persaingannya sudah bukan pesawat saja,” terang dia.

Kemarin, Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa Dony Oskaria sebagai Wakil Direktur Utama, Tumpal Manumpak Hutapea sebagai Direktur Operasi, Rahmat Hanafi sebagai Direktur Teknik.

Kemudian, Ade R Susardi sebagai Direktur Layanan, Pengembangan Usaha, dan Teknologi Informasi, M Rizal Pahlevi sebagai Direktur Niaga dan Kargo, Fuad Rizal sebagai Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko, dan Aryaperwira Adileksana sebagai Direktur Human Capital.

Sementara, selaku Wakil Komisaris Utama, Elisa Lumbantoruan Komisaris Independen.

Continue Reading

Ragam

Dolar AS “Ngamuk” di Asia, Rupiah Jadi yang Terburuk?

Published

on

Jakarta — Nilai tukar rupiah melemah melawan dolar Amerika Serikat (AS) pada perdagangan Selasa (21/1/2020). Dolar AS sedang mengamuk di pasar Asia, nyaris semua mata uang utama dibuat tak berdaya.

Rupiah membuka perdagangan dengan melemah tipis 0,04% ke Rp 13.630/US$. Pelemahan tersebut terus bertambah hingga 0,26% di level Rp 13.660/US$ pada pukul 12:00 WIB.

Selepas tengah hari, pelemahan rupiah semakin membesar hingga 0,33% ke Rp 13.670/US$. Level tersebut menjadi yang terlemah bagi rupiah pada hari ini, sebelum mengakhiri perdagangan di level Rp 13.650/US$, melemah 0,18% di pasar spot, melansir data Refinitiv.

Hingga pukul 16:10 WIB, won Korea Selatan menjadi mata uang terburuk dengan pelemahan 0,66%, disusul oleh China sebesar 0,55%. Hanya yen Jepang yang mampu menguat 0,18% melawan dolar AS pada hari ini.

Fakta hanya yen yang menguat menunjukkan sentimen pelaku pasar hari ini sedang memburuk dan memilih bermain aman dengan masuk ke aset safe haven. Rupiah dengan pelemahan yang “hanya” 0,18% bisa dikatakan masih cukup bagus apalagi melihat performa rupiah sejak awal tahun yang begitu perkasa.

Berikut pergerakan dolar AS melawan mata uang utama Asia hari ini.

Sentimen Pelaku Pasar Memburuk, Mata Uang Asia Terpuruk
Continue Reading

Ragam

Rivki Mokodompit Tiba di Yogyakarta, Langsung Gabung Persebaya?

Published

on

By

Rivki Mokodompit tiba di hotel tempat menginap skuat Persebaya di kawasan Sleman, Yogyakarta. Kedatangan Rivki menguatkan rumor ia bakal bergabung dengan Persebaya pada Liga 1 2020. (Bola.com/Aditya Wany)

Finroll.com, Jakarta – Rivky Mokodompit sudah tiba di Sleman, Minggu malam (19/1/2020). Dia terlihat berada di hotel tempat menginap Persebaya Surabaya di kawasan Depok, Sleman, Yogyakarta.

Berdasarkan pengamatan Bola.com di lapangan, mantan penjaga gawang PSM Makassar itu tiba di hotel pukul 22.15 WIB. Dia langsung menujuk resepsionis untuk menujuk kamar tempatnya menginap.

Bola.com berkesempatan menyapa Rivky yang baru tiba dari Kalimantan tersebut. Sayangnya, dia menolak permintaan wawancara karena masih kelelahan setelah menempuh perjalanan panjang.

Kehadiran Rivky di hotel tempat Persebaya menginap semakin menguatkan kabar yang selama ini beredar. Selama beberapa hari terakhir, klub berjulukan Bajul Ijo itu telah mengincar pemain berusia 31 tahun tersebut.

Sebelumnya, pelatih Persebaya, Aji Santoso, menyampaikan kepada Bola.com bahwa akan ada penjaga gawang baru yang tiba, Minggu malam. Aji kemudian enggan memastikan saat kiper yang dimaksud adalah Rivky Mokodompit.

Saat ini, Persebaya sedang dalam agenda training centre alias pemusatan latihan selama sepuluh hari di Sleman, Yogyakarta. Makanya, Rivku langsung menuju Sleman untuk segera mengikuti latihan bersama klub barunya.

Kedatangan Rivky diperlukan Persebaya untuk menambah stok kiper. Sebelum Rivky datang, mereka hanya memiliki satu kiper, yaitu Ernando Ari Sutaryadi, yang kini malah mengikuti program bersama Timnas Indonesia U-19.

Persebaya sendiri telah resmi melepas dua kiper di akhir musim, yaitu Miswar Saputra dan Imam Arief. Bajul Ijo sempat mendapat tanda tangan Angga Saputra, namun pemain itu dikabarkan bertahan di Tira Persikabo.

Tanpa Kiper selama TC di Yogyakarta

Persebaya tanpa kiper pada TC di Jogjakarta. (Bola.com/Aditya Wany)

Persebaya Surabaya tidak memiliki penjaga gawang selama melakoni training centre alias TC di Yogyakarta. Satu-satunya kiper yang sudah dikontrak, Ernando Ari Sutaryadi, kini sedang bergabung Timnas Indonesia U-19.

Sejauh ini, Persebaya memang belum memiliki penjaga gawang setelah melepas Miswar Saputra dan Imam Arief. Nasib Abdul Rohim juga belum pasti. Sedangkan, Angga Saputra yang masuk incaran dikabarkan harus bertahan untuk Tira Persikabo.

“Ini masih menjadi diskusi di antara kami, jajaran pelatih. Kami harus bergerak cepat untuk posisi penjaga gawang. Kami kekurangan pemain di posisi itu karena Ernando juga masih berada di timnas,” kata Aji Santoso, pelatih Persebaya, kepada Bola.com, Minggu (19/1/2020).

“Setidaknya dua kiper muda itu bisa belajar banyak selama mengikuti TC bersama tim senior. Itu bagus juga untuk perkembangan mereka supaya bisa lebih terasah lagi,” imbuh pelatih berusia 49 tahun tersebut.

Pelatih kiper Persebaya, Beny van Breukelen, justru merasa senang bisa menangani dua kiper muda selama TC ini. Sebab, pria berusia 56 tahun itu memiliki target bisa mengorbitkan banyak kiper muda untuk Persebaya.

“Saya berharap selama musim ini akan ada tujuh penjaga gawang yang ikut berlatih dengan saya. Tiga atau empat di antaranya masuk skuat senior, sisanya kiper tim Elite Pro. Saya ingin semuanya bisa berlatih sama-sama,” ucap Beny.(bola.com)

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

Asco Global

Trending