Connect with us

Peristiwa

Cerita Dibalik Digesernya Moeldoko Sebagai Menkopolhukam

Published

on


Moeldoko terpental dari bursa Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan dan Menteri Pertahanan di Kabinet Jokowi Jilid II. Mengapa kursi Menkopolhukam jatuh ke tangan Mahfud Md?

Menurut seorang petinggi partai pemerintah yang mengetahui penyusunan kabinet, Moeldoko tergeser lantaran Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto keukeuh meminta jabatan Menteri Pertahanan.

Prabowo bahkan menyisihkan Ryamizard Ryacudu yang digadang-gadang oleh PDIP tetap di posisi Menteri Pertahanan jika Prabowo tak minat duduk di sana. Mahfud Md akhirnya juga digeser oleh Presiden Jokowi, dari proyeksi menjabat Jaksa Agung menjadi Menkopolhukam.

Posisi Prabowo sebagai Menteri Pertahanan membuat kursi Menkopolhukam tak bisa diduduki mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Moeldoko. Padahal, semula Moeldoko diproyeksikan Jokowi menjadi Menteri Pertahanan atau Menkopolhukam.

Seperti dikutip dari Majalah Tempo edisi pekan ini, Partai Gerindra keberatan bila jabatan Menkopolhukam diisi Moeldoko. Itu karena Moeldoko junior Prabowo di Akademi Militer (Akmil) Magelang.

Moeldoko Angkatan 1981, sedangkan Prabowo tujuh tahun di atasnya, yakni Angkatan 1974. Walhasil Moeldoko bertahan di Kantor Staf Presiden (KSP).

Rupanya Mahfud lebih dekat dengan Prabowo.

“Tidak boleh Bapak ke kantor saya. Saya yang menghadap Bapak,” ujar Mahfud Md pekan lalu, menirukan ucapan Prabowo. “Artinya, dia terbuka untuk bicara. Itu sikap sportif tentara.”

Figur Mahfud Md, yang pernah menjadi Ketua Tim Pemenangan Prabowo-Hatta di Pilpres 2014, memang lebih diterima oleh Prabowo. Bahkan, Mahfud dinilai bisa menjadi “jembatan baru” bagi Presiden Jokowi dan Prabowo.

Mahfud sebagai Menkopolhukam sekaligus untuk mengatasi potensi friksi di kabinet, terutama bidang hukum, pertahanan, dan keamanan. Menkopolhukam memang bertugas mengkoordinasi kementerian dan lembaga di ketiga bidang tersebut.

Menurut Mahfud, hubungannya dengan Prabowo berjalan baik. Prabowo pun menyatakan siap bekerja sama dengannya selaku atasan. Bahkan, dia menolak jika Mahfud, yang kantornya di sebelah Kementerian Pertahanan, datang ke kantornya.

Moeldoko enggan berkomentar banyak ketika ditanya soal tergeser akibat Prabowo. Dia hanya menyatakan bahwa Presiden Jokowi masih menginginkannya dia bertahan di Istana.

“Sewaktu kami menghadap Pak Jokowi, beliau sampaikan, ‘Sampean bertiga (Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Sekretaris Negar Pratikno, dan Moeldoko) harus tinggal di seputaran Istana’,” ujarnya menirukan perintah Presiden Jokowi.

Pada Rabu pekan lalu, 23 Oktober 2019, baik Mahfud Md, Prabowo, maupun Moeldoko dipertemukan dalam sebuah perhelatan: Pelantikan Menteri Kabinet Indonesia Maju oleh Presiden Jokowi.

International

Serangan ke Pusat Rehabilitasi Narkoba Meksiko, 24 Tewas

Published

on

By

Finroll.com, Jakarta – Sejumlah pria bersenjata melakukan serangan ke sebuah pusat rehabilitasi narkoba di kota Irapuato, Meksiko hingga menewaskan sedikitnya 24 orang dan tujuh lainnya luka-luka.

Pihak berwenang mengatakan serangan membabi buta itu terjadi pada Rabu (1/7). Sekretaris keamanan publik Irapuato, Pedro Cortes mengatakan pelaku penyerangan sempat masuk ke area pusat rehabilitasi dan memaksa orang-orang yang berada di sana untuk berlutut ke tanah hingga melepaskan tembakan ke beberapa orang.

“Kami mendapat laporan bahwa para pria bersenjata menggunakan mobil merah, belum ada informasi lebih lanjut soal para pelaku,” ujar Cortes.

“Laporan awal yang kami terima diketahui 24 orang tewas dan tujuh lainnya cedera.”

Saat ini pihak berwenang sedang berupaya menemukan kendaraan yang digunakan oleh para penyerang. Belum diketahui motif di balik serangan ini.

Serangan serupa ke pusat rehabilitasi narkoba di Guanajuato juga sempat terjadi pada 6 Juni lalu. Dalam serangan tersebut dilaporkan sembilan orang tewas di tempat, sementara satu lainnya meninggal ketika tiba di rumah sakit.

Irapuato berada di Provinsi Guanajuato yang kerap terjadi kekerasan dan kejahatan secara terorganisir. Guanajuato merupakan pusat industri penting di Meksiko. Daerah tersebut merupakan pusat manufaktur otomotif, penerbangan, dan industri berat internasional lainnya.

Denyut bisnis di Irapuato menarik kelompok kejahatan seperti Jalisco dan kartel narkoba Santa Rosa de Lima melancarkan aksi pemerasan, penculikan, hingga pencurian bahan bakar.

Penembakan oleh pria bersenjata bukan pertama kali terjadi di Meksiko. Sebelumnya pada 21 Juni lalu pihak berwenang menangkan 26 anggota kartel narkoba Santa Rosa de Lima setelah membakar sebuah kendaraan untuk memblokir jalan di kota Celaya, Salamanca, dan Villagran.

Serangkaian kekerasan yang terjadi di Meksiko mendapat reaksi dari Presiden Andres Manuel Lopez Obrador yang mengatakan jika pemerintahannya tidak akan membiarkan adanya kekacauan dan aksi anarkis kelompok bersenjata di negaranya.

Meksiko tahun lalu mencatat rekor 34.582 kasus pembunuhan, tertinggi sejak pencatatan dimulai resmi pada 1997.(cnnindonesia.com)

Continue Reading

Nasional

Underpass Senen Jakarta Pusat Ditutup 30 Hari

Published

on

By

Pekerja menyelesaikan proyek pembangunan underpass Senen Extension di kawasan Senen, Jakarta. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Finroll.com, Jakarta – Arus lalu lintas di underpass Senen, Jakarta Pusat dari arah Cempaka Putih menuju ke arah Senen ditutup akibat proyek perpanjangan underpass mulai Selasa (30/6).

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan penutupan jalan itu akan berlangsung selama satu bulan atau 30 hari.

“Ditutup sementara sehubungan pekerjaan pembangunan underpass Senen extension di Simpang Senen, Jakarta Pusat,” kata Sambodo saat dihubungi, Selasa (30/6).

Kendati demikian, kata Sambodo, pihaknya telah menyiapkan rute alternatif lain bagi pengendara. Rute itu disiapkan agar para pengendara terhindar dari kepadatan lalu lintas di seputar Simpang Senen.

“Untuk mengurangi kepadatan lalu Iintas di Simpang Senen. kendaraan dari arah Timur atau Pulogadung dapat melalui jalan alternatif,” ucap Sambodo.

Lebih lanjut, Sambodo mengimbau kepada para pengendara untuk tetap mengikuti rambu-rambu lalu lintas dan petunjuk petugas di lapangan.

Berikut ini alternatif jalan yang disiapkan selama penutupan Underpass Senen:

1. Arah Ancol:
-Jalan Letjend Suprapto
-Jalan Tanah TInggi Barat
-Jalan Benyamin Sueb

2. Arah Tugu Tani:
-Jalan Kemayoran Gempol
-JalanGaruda
-Jalan Bungur Raya
-Jalan Gunung Sahari 3
-Jalan Gunung Sahari
-Jalan Budi Utomo

3. Arah Matraman:
-Jalan Salemba Raya

(cnnindonesia.com)

 

Continue Reading

Peristiwa

Mengenal Fenomena Awan Mammatus yang Muncul di Langit Irak

Published

on

By

Ilustrasi Awan Mammatus. (Foto: Craig Lindsay via Wikimedia Commons (CC-BY-SA-3.0))

Finroll.com, Jakarta – Fenomena awan Mammatus menjadi perbincangan setelah muncul di Irak. Awan berbentuk seperti gantungan kantung itu sempat diabadikan oleh seorang warga kota Amedi di Irak.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengatakan awan ini berbentuk seperti kantong atau tonjolan dengan jumlah yang cukup banyak.

Ada banyak istilah untuk awan mammatus, seperti mamma, mammatocumulus, atau mammory cloud. Kata ini sebenarnya berasal dari bahasa Latin “mamma,” yang berarti payudara atau ambing yang dikenal sebagai istilah di peternakan.

Mammatus terjadi ketika udara dari lapisan awan turun ke udara jernih di bawah dan menguapnya tetesan awan. Hal ini mendinginkan udara dan membuatnya turun lebih cepat. Beberapa awan ikut terseret ke bawah sehingga membentuk sebuah kantung.

Dilansir dari Forbes, berbagai penelitian menunjukkan  bahwa pembentukan, ukuran, bentuk, dan skala mammatus tergantung pada kelembaban awan, stabilitas awal, dan kecepatan terminal hidrometeor (tetesan, kristal es) di awan mammatus.

Dilansir dari Erathsky, orang-orang selalu mengaitkan awan ini dengan cuaca buruk seperti badai. Berlawanan dengan pandangan tersebut, awan ini tidak memanjang ke arah permukaan bumi untuk membentuk tornado.

Mammatus terbentuk oleh udara yang tenggelam harus lebih dingin daripada udara di sekitarnya dan memiliki kadar air atau es yang tinggi. Awan terbentuk di udara yang naik, oleh karena itu mammatus terbentuk di udara yang tenggelam.

Mammatus bisa berumur panjang jika udara yang tenggelam mengandung tetesan besar dan kristal salju karena partikel yang lebih besar membutuhkan jumlah energi yang lebih besar untuk terjadinya penguapan. Seiring waktu, tetesan awan akhirnya menguap dan akan membuat mammatus larut di udara.

Diberitakan sebelumnya, Kepala Subbidang Prediksi Cuaca BMKG, Agie Wandala Putra mengatakan awan ini terbentuk dari dasar awan. Jenis awan ini muncul saat terjadi perkembangan awan Cumulonimbus.

Awan Cumulonimbus sendiri kata Agie merupakan jenis awan yang sering dihubungkan dengan hujan lebat dan kejadian ekstrem.

Lebih lanjut kata Agie, friksi angin tersebut bisa juga disebut pola turbulensi kecil di bawah awan Cumulonimbus sehingga bentuk awan Mammatus jadi bervariasi, bisa lonjong, bulat bahkan bentuknya acak

Dilansir dari Accuweather, mammatus juga bisa terbentuk di bawah awan cirrocumulus, altostratus, altocumulus dan stratocumulus. Oleh karena itu, mammatus bukanlah tanda bahwa tornado akan terbentuk. Sementara terkait dengan badai petir, awan mammatus tidak selalu merupakan indikator cuaca buruk.(cnnindonesia.com)

Continue Reading
Advertisement

Advertisement
Advertisement

Trending