Rabu, 8 Juli 2020

TikTok Mundur Dari Hong Kong, Kenapa ?


Firoll.com – Aplikasi TikTok yang merupakan sebuah aplikasi berbagi video yang sangat banyak diminati berbagai kalangan, kini akan berhenti beroperasi dari pasar Hong Kong dalam beberapa hari mendatang, ini alasanya !

Dikutip dari reuters, keputusan TikTok untuk berhenti beroperasi dari Hong Kong terjadi setelah pemerintah China mengeluarkan undang-undang keamanannya yang kontroversial di kota semi-otonom. Dalam upaya untuk melakukan kontrol lebih besar atas internetnya, memaksakan penyensoran, serta memaksa perusahaan yang beroperasi di wilayah tersebut untuk menyerahkan data pengguna.

Aplikasi TikTok sendiri dimiliki oleh ByteDance yang berbasis di China. Namun, perusahaan mengatakan data pengguna aplikasi tersebut tidak disimpan di China. Pernyataan itu diungkapkan perusahaan TikTok setelah pemerintah India mengeluarkan pernyataan mengenai larangan 59 aplikasi lainnya termasuk TikTok di negara Asia Selatan, seperti yang dikutip dari GSMArena, Rabu, (8/7).

Sementara itu, TikTok mengatakan bahwa data pengguna belum diberikan kepada pemerintah sebelumnya dan tidak akan melakukan hal itu. Banyak sekali yang resah terkait masalah privasi data pengguna tersebut.

Terlepas dari itu semua, apakah aplikasi berbagi video dapat bertahan dengan keputusan kontroversial seperti ini atau malah bernasib sama seperti yang lainnya yang terjadi di India dan kehilangan keuntungan miliaran dolar sebagai hasilnya.

Foto : Inetdetik|GoogleSearch

BACAAN TERKAIT