Minggu, 21 Februari 2021

iPhone vs Android, siapa yang lebih unggul?


Peluncuran iPhone terbaru selalu dibandingkan perangkat Android sebagai OS pesaingnya, demikian juga saat pengumuman Iphone 12 kali ini. Apa kecanggihan iPhone 12 dibandingkan dengan ponsel premium berbasis Android?

Menurut pengamat gadget Lucky Sebastian, saat ini secara teknologi hardware, flagship Android dan iPhone sebenarnya mirip dan tidak jomplang lagi seperti dulu.

“Malah kebanyakan teknologi baru sudah ada lebih dulu di smartphone Android seperti misalnya yang dibawa besar-besaran kali ini oleh Iphone 12 koneksi 5G, di mana Android sudah lebih dulu menggunakannya bahkan sekarang sudah sampai di smartphone mid-range,” komentar Lucky saat dihubungi detikINET, Kamis (15/10/2020).

Dari sisi kemampuan computational photography, lanjutnya, sekarang juga sudah mirip antara iPhone dan Android. Bahkan sekarang iPhone sudah bisa memotret di malam hari dengan ‘terang’ lewat kemampuan low light pada kameranya. Sementara itu, di Android fitur tersebut sudah sampai di smartphone seri mid-range.

“Video dengan teknologi HDR juga sudah ada di Android. Jadi sekarang ini antara iPhone baru dan flagship Android kira-kira bisa dikatakan mirip-mirip saja,” ujarnya.

Memang, masih ada fitur Android yang belum ada di iPhone 12. Untuk kecanggihan teknologi yang hype seperti refresh rate 120 Hz, saat ini baru dimiliki Android karena iPhone belum mengimplementasikannya. Meski demikian, secara keseluruhan teknologi hardware iPhone dan flagship Android kini seimbang.

Keunggulan iPhone 12

finroll iphone12
Iphone 12

Jika demikian, apa kelebihan utama Iphone 12 yang baru diluncurkan jika dibandingkan dengan Android?

“Kelebihan iPhone dibandingkan Android adalah kontrol antara hardware dan software yang lebih kuat dan lebih terintegrasi, karena iOS tidak dipasarkan atau digunakan brand lain, hanya untuk iPhone,” sebut Lucky.

Selain itu, kata Lucky, pengembangan desain chipset iPhone juga bisa dikatakan sangat maju, sehingga sangat bertenaga.

“Dengan integrasi yang kuat ini, secara angka, misalnya besaran RAM, kapasitas baterai, walau iPhone tidak sebesar angka di flagship Android, tetapi kemampuannya tetap sama, jadi bisa dikatakan sangat efisien,” simpulnya.

indonesia mining mineral recovery exhibition 2021

Keunggulan Android

finroll android
Android

Nah sekarang kami akan menunjukan beberapa kelebihan Android 10 yang berfokus pada tiga tema penting, yaitu mendukung teknologi canggih, melindungi privasi pengguna, dan meningkatkan kontrol kesejahteraan digital. Nah, artikel gadgetdiva kali ini akan membahas tentang kelebihan apa saja yang ada pada Android 10?

Sejatinya ada banyak kelebihan yang akan bikin kamu tertarik, tak hanya beberapa kelebihan Android 10, tapi banyak. Namun beberapa di bawah ini dianggap lebih menarik dan bisa diandalkan. Berikut adalah salah satu keunggulan dari Android.

Jaringan 5G

Salah satu dari 10 kelebihan Android 10 adalah jaringan seluler 5G yang menawarkan kecepatan internet lebih tinggi dengan latensi yang rendah. Google tak ingin ketinggalan dengan dukungan teknologi seluler terbaru terhadap Android 10, sehingga 5G diadopsinya.

Live Caption

Saat pengguna menonton video atau mendengarkan file audio (pesan suara) atau bahkan podcast, dengan Android 10, pengguna dapat memiliki teks untuk konten secara real-time. Ini akan membantu pengguna memahami video / audio dengan cepat dan mudah. Ini merupakan dua di antara 10 kelebihan Android 10 yang bikin kamu tertarik.

Smart Reply

Fitur Smart Reply adalah fitur yang sangat berguna, fitur ini tersedia di aplikasi Gmail. Saat pengguna ingin membalas email, fitur ini akan membantu untuk memprediksi kata apa yang akan dibalas dalam sebuah chat. Ini juga berlaku untuk emoji.

Dark Theme ( Tema Gelap)

Tak kalah dari iPhone, Android juga menyediakan fitur Dark Theme. Jadi semua aplikasi dapat diaktifkan ke Dark Theme. Namun, aplikasi pihak ke-3 masih dapat memiliki penarapan sendiri dengan dark theme khusus jika diperlukan. Pengaktifan Dark Theme juga diyakini dapat menghemat baterai.

Sejatinya semua merek Handphone maupun iPhone maupun android mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Itu semua tergantung kepada pemakainya, lebih nyaman menggunakan yang mana.

(source : inet.detik.com)

BACAAN TERKAIT