Jumat, 29 Januari 2021

Realme X50 Pro, Gawai High End untuk Hiburan Modern


Di bulan Maret tahun 2020 kemarin, Realme secara resmi meluncurkan Realme X50 Pro ke pasar global. Di Indonesia, smartphone ini hadir pada tanggal 25 Agustus 2020. Bagi Anda yang membutuhkan smartphone berkelas premium, tentunya peluncuran gawai ini sangatlah dinantikan. Dengan harga 12 jutaan, smartphone Realme terbaru ini memang menawarkan spesifikasi yang sangat menjanjikan. Berikut adalah ulasan spesifikasi serta kelebihan dari Realme X50 Pro yang menarik untuk dikupas.

1. Body dan Display

Dari segi penampilan, Realme X50 Pro hadir dengan tampilan warna solid yang terlihat berkelas. Bagian punggung smartphone yang terbuat dari kaca membuat penampilannya menjadi semakin terlihat mewah. Smartphone Realme ini mengusung body berukuran 159 x 7.42 dengan dimensi ketebalan 8.9 mm. Layar smartphone ini terdiri dari panel Super AMOLED seluas 6.44 inch beresolusi 1080 x 2400 pixel. Desain notch kamera depan berbentuk punchhole membuat layar smartphone Realme ini jadi terlihat semakin lapang. Untuk perlindungan layar dari goresan, Realme membekali gawai terbarunya ini dengan lapisan Corning Gorilla Glass terbaru. Smartphone ini hadir dengan 2 variasi warna yang elegan, yaitu Moss Green dan Rust Red.

2. Dapur Pacu

Sebagai salah satu smartphone high-end yang diluncurkan Realme, tentunya Anda memilki ekspektasi yang cukup tinggi dari segi dapur pacu. Realme X50 Pro dibekali dengan chipset Qualcomm SM8250 Snapdragon 865. Kemampuan chipset tersebut dalam memproses data juga diperkuat dengan prosesor Octa-core yang membuat kinerja komponen menjadi lebih efisien. Selain itu, smartphone ini juga dibekali dengan kartu grafis Adreno 650 yang berfungsi untuk mengolah data grafis.

3. Kapasitas Memori

Untuk mendukung aktivitas Anda dalam membuka aplikasi favorit, Realme X50 Pro mengusung 2 variasi kapasitas RAM, yaitu RAM 6 GB dan 8 GB. Untuk penyimpanan memori internal pun, smartphone Realme ini menyediakan ruang yang sangat melegakan. Anda dapat memilih variasi memori internal sebesar 128 GB dan 256 GB.

4. Dukungan Fitur Kamera

Untuk sektor kamera belakang, smartphone Realme X50 Pro ini mengusung Quad-camera. 4 lensa kamera tersebut adalah lensa kamera utama beresolusi 64 MP yang didukung dengan lensa telephoto beresolusi 12 MP, lensa ultrawide beresolusi 8 MP, dan lensa depth yang memiliki resolusi 2 MP. Pada bagian kamera depan, smartphone Realme ini mengusung 2 lensa kamera, yaitu: lensa 32 MP dan 8 MP. Untuk perekaman video, lensa kamera belakang mampu merekam video dengan kualitas 4K. Sedangkan, bagian kamera depan menawarkan resolusi HDR.

5. Kapasitas Baterai
Dari segi dukungan baterai, Realme X50 Pro hadir dengan kapasitas sebesar 4200 mAh. Kapasitas baterai yang cukup besar tersebut juga didukung dengan kemampuan Fast Charging berteknologi SuperDart Flash Charge. Dengan daya output mencapai 65W, memungkinkan pengisian daya menjadi 100% penuh dalam waktu 35 menit.

infimas Mulia

Kelebihan Realme X50 Pro

Ulasan singkat spesifikasi di atas tentunya dapat memberikan Anda gambaran tentang kualitas yang ditawarkan Realme X50 Pro. Ulasan kelebihan Realme X50 Pro berikut ini menjadi alasan mengapa perangkat ini layak dinobatkan sebagai smartphone flagship Realme terbaik:

1. Tampilan Layar Super AMOLED

Salah satu keunggulan yang paling dibanggakan dari seri Realme X50 Pro terbaru ini adalah panel layarnya. Smartphone dari Realme ini mengusung layar tipe Super AMOLED seluas 6.44 inch yang menghadirkan kualitas visual yang memuaskan. Panel layar tersebut menghasilkan kekayaan kontras warna yang lebih berwarna, jernih, dan tajam. Hal tersebut membuat Anda dapat menikmati kualitas resolusi grafis bersertifikasi HDR 10+ yang sangat memanjakan mata.

Dengan panel layar yang mumpuni tersebut, seluruh aktivitas hiburan yang Anda lakukan pun akan semakin terasa memuaskan. Anda dapat bermain game dengan kualitas grafis tertinggi maupun menonton film-film Netflix dan Amazon Prime dengan kualitas HD. Ditambah lagi, dengan adanya perlindungan Corning Gorilla Glass 5 yang membuat layar smartphone ini menjadi awet dan terlindung dari goresan maupun benturan.

2. Kemampuan Refresh Rate yang Mencapai 90 Hz

Tidak hanya memanjakan para penikmat film, Realme X50 Pro juga hadir untuk memuaskan keinginan bermain para gamer. Layar smartphone ini memiliki kemampuan laju penyegaran yang mencapai 90 Hz. Dengan kemampuan refresh rate secepat itu, Anda dapat bermain aneka macam mobile games seru dengan kapasitas grafis seberat apapun dengan lancar. Tidak hanya mendukung refresh rate 90 Hz, sampling touch rate yang dimiliki smartphone Realme ini pun patut diacungi jempol. Seri Realme X50 Pro ini hadir dengan sampling touch rate sebesar 180 Hz. Tingginya sensor sentuh tersebut membuat smartphone ini sangat responsif terhadap sentuhan jari. Sehingga, aktivitas bermain game dengan smartphone ini pun akan terasa semakin menyenangkan.

3. Dukungan Quad- Camera Manjakan Pencinta Fotografi

Fitur Quad-camera yang diusung Realme X50 Pro ini pun menjadi salah satu poin yang membuat perangkat ini sangatlah unggulan. Tak tanggung-tanggung, lensa kamera utama yang disematkan pada bagian punggung gawai ini memiliki resolusi 64 MP. Selain itu, hasil fotografi Anda akan terlihat semakin luas dan memuaskan berkat sokongan lensa Ultra Wide beresolusi 8 MP. Kedalaman dan detail foto yang dihasilkan pun terlihat maksimal berkat dukungan lensa telephoto dan sensor depth.

Realme juga mempersenjatai seri X50 Pro ini dengan fitur-fitur fotografi yang menarik. Salah satunya adalah fitur AI Color. Fitur tersebut dapat membantu meningkatkan rentang dinamis dan saturasi warna dari objek yang akan Anda potret. Fitur Nightscape 3.0 juga memungkinkan Anda untuk memperoleh hasil foto yang tetap tajam dan detail walaupun saat malam hari sekalipun. Anda juga bisa mengaktifkan fitur Tripod Mode. Mode ini akan aktif jika Anda memasangkan smartphone Realme ini pada tripod. Namun, perlu diperhatikan bahwa ponsel tersebut harus dalam kondisi diam selama 50 detik untuk mendapatkan kualitas foto malam yang memuaskan.

4. Perekaman Video yang Memuaskan
Selain untuk kebutuhan fotografi, Anda juga dapat memperoleh kualitas perekaman video yang menarik. Kamera gawai Realme ini mengusung fitur pemutaran video dengan resolusi 4K dengan kemampuan frame rate mencapai 30 hingga 60 fps. Tak hanya itu, adanya fitur “Ultra Steady” pada perangkat ini juga memudahkan Anda memperoleh kualitas video yang stabil dan minim goncangan. Tidak hanya bagian kamera belakang saja, kualitas perekaman video dengan kamera depan pada smartphone ini juga sangat memuaskan. 2 lensa kamera selfie ini mengusung resolusi 32 MP dan 8 MP. Hasil perekaman video dengan menggunakan kamera depan tersebut mampu memberikan kualitas video beresolusi HDR yang sangat memuaskan.

5. Performa Chipset Snapdragon Tangguh untuk Kebutuhan Gaming
Sebagai smartphone flagship terbaik dari Realme, X50 Pro menawarkan performa mesin yang sangat mengagumkan. Hal tersebut berkat dukungan chipset Qualcomm Snapdragon 865 terbaru. Chipset ini dikenal sangatlah bertenaga dan mampu mengolah data secara optimal. Performa dari chipset ini bahkan setingkat di bawah prosesor Snapdragon 865+ yang disematkan pada seri ASUS ROG Phone 3. Tak mengherankan, banyak gamers yang rela menabung untuk memiliki smartphone Realme X50 Pro ini.

Kecepatan performa Realme X50 Pro sudah teruji lewat hasil uji benchmark dari AnTuTu 8. Berdasarkan data tersebut, Realme X50 Pro memiliki poin sebesar 592447. Poin tersebut membawa smartphone ini berada di bawa Oppo Find X2 Pro dan di atas Samsung Galaxy S20. Performa chipset Snapdragon yang tertanamkan di dalam perangkat ini juga didukung dengan kartu grafis Adreno 650. Anda juga akan semakin nyaman bermain game berjam-jam tanpa perlu khawatir gawai ini menjadi panas dan mengakibatkan kinerja smartphone menjadi lambat. Karena, Realme X50 Pro ini dibekali dengan sistem pendingin Vapor Cooling System. Fitur pendingin tersebut membantu menjaga agar mesin smartphone tetap dingin. Sehingga, resiko overheating pun dapat dihindari.

6. Dukungan Audio Memuaskan dari Dolby Atmos

Realme X50 Pro menawarkan audio system yang sangat mumpuni untuk membuat aktivitas hiburan Anda terasa semakin memuaskan. Baik aktivitas bermain mobile games maupun streaming film-film terbaru dari Netflix, pengalaman Anda akan terasa semakin imersif. Realme menyematkan 2 buah speaker pada bagian atas dan bawah piranti. Speaker tersebut sudah mengantongi sertifikasi Dolby Atmos yang menjamin kualitasnya. Tak hanya itu, Realme juga menerapkan fitur 1216 Super Linear yang memungkinkan jangkauan suara speaker ini menjadi lebih luas. Sehingga, sangatlah ideal bagi Anda yang sedang marathon film bersama dengan keluarga atau teman-teman.

7. Fitur SuperDart Flash Charge untuk Pengisian Daya Kilat

Dari segi kapasitas baterai, Realme X50 Pro menawarkan baterai berdaya 4200 mAh yang cukup mumpuni. Anda dapat menjalankan berbagai aplikasi gaming maupun streaming film tanpa perlu khawatir penggunaan daya baterai menjadi boros. Untuk aktivitas berselancar di jagat internet saja misalnya, baterai smartphone ini mampu bertahan hingga kurang lebih 13 jam. Untuk aktivitas menonton video di YouTube atau aplikasi streaming lainnya, baterai smartphone ini mampu bertahan selama kurang lebih 17 jam. Pengisian daya baterai ini pun berlangsung sangat cepat berkat dukungan SuperDart Flash Charge. Fitur yang berdaya output 65W ini mampu mengisi daya baterai hingga penuh dalam jangka waktu 35 menit saja.

8. Kapasitas RAM dan Memori Internal yang Melegakan
Untuk mendukung kinerja perangkat, Realme X50 Pro memiliki 2 variasi RAM yang bisa Anda pilih. Variasi RAM tersebut adalah RAM 6 GB dan 8 GB. Dengan kapasitas RAM sebesar itu, smartphone ini mampu menjalankan banyak aplikasi sekaligus. Sehingga, sangatlah ideal bagi Anda yang harus bermultitasking. Tak hanya itu, aktivitas gaming dengan spek berat sekalipun terasa sangat ringan. Untuk memori internal pun, smartphone ini mengusung kapasitas yang melegakan. Anda dapat memilih variasi memori internal seluas 128 GB atau 256 GB. Karena kapasitas memori internal pada gawai ini sudah besar, Realme X50 Pro tidak menyediakan slot untuk kartu microSD.

Realme X50 Pro memang merupakan smartphone flagship unggulan dari Realme. Kelebihan yang dimiliki gawai ini, mulai dari tipe dan luas layar, desain, hingga dari segi dapur pacu dijamin akan sangat memuaskan Anda. Sehingga, tidaklah mengherankan jika smartphone ini dilepas dengan kisaran harga 12 juta. Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk memiliki smartphone canggih ini?

(adv)

BACAAN TERKAIT