Senin, 31 Mei 2021

5 Hewan Langka yang Hanya Ada di Indonesia, Lindungi Keberadaannya


Indonesia tak hanya terkenal sebagai negara yang kaya akan budaya dan kulinernya. Namun, Indonesia juga terkenal memiliki kekayaan flora dan fauna yang beragam.

Flora dan fauna langka juga banyak ditemukan di Indonesia. Sayangnya perdagangan satwa langka di Indonesia masih terus langgeng dan tak terkendali. Mengingat harga jual dari satwa langka tersebut sangat fantastis sehingga menyilaukan mata para pemburu.

Perdagangan satwa langka secara ilegal masih menjadi ancaman serius bagi satwa langka di Indonesia. Satwa langka yang diperdagangkan secara ilegal berdasarkan berbagai fakta yang ditemukan di lapangan kebanyakan adalah hasil tangkapan dari alam, bukan dari penangkaran. Jenis-jenis satwa langka yang dilindungi dan terancam punah juga masih diperdagangkan secara bebas di pasar-pasar hewan seluruh Indonesia.

Padahal dalam undang-undang sudah diatur mengenai larangan baik memperjual-belikan satwa yang dilindungi maupun memelihara atau memiliki satwa langka yang dilindungi tersebut. Dalam undang-undang No.5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistemnya dalam Bab V Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa, pasal 21 ayat (2) menyebutkan bahwa setiap orang dilarang menangkap, melukai, membunuh, menyimpan, memiliki, memelihara, mengangkut, dan memperniagakan satwa yang dilindungi dalam keadaan hidup.

Maka dari itu perlu kerja sama antara masyarakat dan pemerintah untuk terus berupaya melindungi satwa langka tersebut agar tidak diperjual belikan dan menemui kepunahan. Berikut ini 5 hewan langka yang hanya ada di Indonesia.

  1. Badak Jawa
2 2

Hewan langka yang hanya ada di Indonesia berikutnya adalah Badak Jawa. Hewan ini juga terancam punah sebab populasinya dari tahun ke tahun semakin menyusut. Hal ini tak lain karena Bada Jawa mengalami kesulitan untuk berkembang biak dan mereka hanya hidup selama 80 tahun.

2. Harimau Sumatera

1 6

Hewan langka yang hanya ada di Indonesia yang pertama adalah Harimau Sumatera. Bisa dibilang Harimau sumatera termasuk satwa kritis karena terancam punah, memprihatinkan sekali karena jumlahnya kini hanya tinggal sekitar 500 ekor.

Hal ini tak lain dikarenakan ulah manusia yang melakukan penebangan hutan secara serampangan dan pemburuan liar juga dituding sebagai penyebab langkanya harimau ini. Harimau ini hanya terdapat di hutan Sumatera.

3. Burung Elang Jawa

CIMB NIAGA
3 3

Jenis burung ini memiliki bentuk yang gagah, sayang populasinya hanya tinggal 250 ekor saja. Habitatnya tersebar hampir merata di sekitar hutan di Pulau Jawa seperti di Gunung Slamet, Gunung Salak, Gunung Anjasmoro, Gunung Kawi, Taman Nasional Baluran, Taman Nasional Alas Purwo, Taman Nasional Gunung Halimun, Taman Nasional Gede Pangrango dan Taman Nasional Muara Betiri.

4. Cenderawasih

4 1

Cenderawasih merupakan spesies endemik yang termasuk ke dalam keluarga Paradisaeidae, atau burung dari surga (paradise). Burung agung dan penuh warna ini dapat ditemukan di Papua, pulau paling timur di Indonesia.

Burung ini, terutama spesies jantannya, memiliki bulu yang sangat berornamen dan halus dengan warna-warna yang cerah dan ekor panjang yang menggantung dengan anggun di tubuh mereka. Cenderawasih bisa memiliki beberapa campuran warna, dari kuning, cokelat, merah, oranye, hingga warna biru dan ungu yang berbeda-beda.

5. Orang Utan

5 2

Hewan langka yang hanya ada di Indonesia selanjutnya adalah Orang Utan. Ciri khas hewan langka ini ialah memiliki rambut yang begitu panjang jika dibandingkan jenis kera lainnya.

Buah-buahan adalah makanan utama dan juga kesukaannya. Di Indonesia, wilayah penyebarannya adalah dataran rendah juga hutan hujan tropis di Pulau Kalimantan.

Komentar

mood_bad
  • Belum ada komentar.
  • Tambahkan komentar

    BACAAN TERKAIT