Kamis, 10 Juni 2021

Ikan Spesies Baru Ditemukan di Lombok, Perkuat Megabiodiversitas Indonesia


Gelar Indonesia sebagai negara Megabiodiversitas kedua di dunia nampaknya masih akan bertahan seiring dengan bertambahnya laporan ragam flora dan fauna baru yang terus ditemukan dari waktu ke waktu.

Terbukti, sampai saat ini selalu ada laporan keanekaragaman hayati yang ditemukan di seluruh penjuru tanah air yang terdiri dari berbagai spesies yang belum pernah diklasifikasikan sebelumnya oleh para ahli. Belum lama ini, spesies baru dari Family Mullidae atau banyak dikenal dengan julukan Goatfishes ditemukan di wilayah Lombok, NTB, dan sukses mencuri perhatian peneliti .

Diidentifikasi oleh dua orang peneliti bernama Franz Uiblein dan Hiroyuki Motomura, detail penemuan ini dipublikasi dalam sebuah jurnal yang dimuat lewat situs Biotaxa.org. Bukan hanya satu, sejatinya ada 3 jenis spesies ikan yang ditemukan dari Family Mullidae ini.

ikan baru

Ketiganya–dengan nama ilmiah dari setiap spesies, yaitu Upeneus dimipavlov (Vietnam), Upeneus elongatus (Jepang), dan Upeneus willwhite (Indonesia). Untuk spesies yang berasal dari Indonesia, dijelaskan bahwa spesies tersebut awalnya ditemukan di pasar ikan yang berada di wilayah Tanjung Luar, kecamatan Keruak, Kabupaten Lombok Timur.

Spesies ikan satu ini memiliki ciri khas berupa kumis yang menonjol di bagian dagu dan berfungsi sebagai kemosensor untuk mendeteksi mangsa layaknya moluska, cacing, dan binatang air berkulit keras berukuran kecil, layaknya udang dan kepiting (krustasea) di wilayah sedimen. Masih berdasarkan jurnal yang sama, habitat ikan ini diprediksi berada di dasar laut berpasir yang dangkal.

Sumber : goodnewsfromindonesia.id

Komentar

mood_bad
  • Belum ada komentar.
  • Tambahkan komentar

    BACAAN TERKAIT