Minggu, 28 Februari 2021

Mengenal Ikan Cupang Indonesia Yang Tidak Kalah Menakjubkan!


Ikan cupang menjadi salah satu ikan yang cukup digemari beberapa bulan terakhir. Pandemi Covid-19 yang mengharuskan orang untuk tetap berada di rumah, membuat sebagian orang tertarik memelihara ikan dengan nama latin Betta Splendens, atau biasa dikenal dengan nama Betta fish ini.

Indonesia merupakan negara maritim yang berada di dalam kawasan laut yang sangat luas. Bahkan secara geografis, Indonesia adalah negara kepulauan dengan dua per tiga luas lautan ketimbang daratan. Di dalam pulau-pulau itu juga terdapat sungai-sungai yang didiami oleh fauna air yang tak kalah menakjubkan. Salah satunya ikan hias air tawar, yakni ikan cupang.

Habitat asli ikan cupang ada di negara-negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Beberapa daerah yang memiliki basis ikan cupang terbesar yaitu Jawa, Kalimantan, Sumatera dan Sulawesi. Sekitar 40 spesies ikan cupang hidup di seluruh kepulauan nusantara. Simak penjelasannya berikut ini :

Berikut Deretan Ikan Cupang Asli Indonesia

1. Ikan Cupang Channoides (Snakehead Betta)

Ikan ini hidup di Sungai Mahakam, Kalimantan Timur. Kadang-kadang orang menamainya sebagai ikan cupang kepala ular karena beberapa spesies memiliki bentuk kepala yang sama dengan B. channoides. Namun sifatnya tidak seagresif ular. Ikan ini justru begitu tenang dan kalem. Mereka pun cocok hidup berdampingan dengan ikan cupang alam lain. Tentu saja dengan catatan ikan lain itu memiliki sifat yang non-agresif juga.

Ikan betina memiliki warna yang lebih terang, kepala yang lebih runcing dan tubuh yang lebih gemuk. Sedangkan ikan jantan memiliki warna tubuh yang lebih gelap dan bentuknya juga lebih panjang. Jika tumbuh dengan baik, ukurannya bisa mencapai 12 cm. Suhu air idealnya antara 24-26 derajat Celcius dan pH antara 6,5-7,5.

2. Ikan Cupang Hendra (Betta Hendra)

Ikan cupang ini begitu khas dengan warna biru tua dan biru menyalanya. Warna tersebut dihiasi dengan sentuhan warna hitam dari ujung kepalanya. Lalu pada kepalanya terdapat motif garis vertial merah.

Habitatnya ada di Palangkaraya, Borneo dan Kalimantan Timur. Ukurannya cukup mungil, hanya sampai ukuran 4-6 cm saja. Ukuran pH idealnya antara 4-6,5 dan suhunya 22-27 derajat Celcius.

Dinamai Betta Hendra karena yang pertama kali menemukan dan mengekspor spesies ikan ini bernama Hendra Tommy dari Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Wah, keren banget ya!

3. Ikan Cupang Ocellata (Betta Ocellata)

Ikan cupang ini berasal dari Sebuku, Kalimantan Timur. Ada juga yang datang dari Malaysia. Ikan cupang ini begitu agresif, sehingga tidak bisa rukun jika ditempatkan bersama ikan cupang lain. Selain galak, ikan ini juga senang meloncat ke permukaan air. Ia memang kerap memangsa serangga yang dekat-dekat dengan permukaan air.

Tumbuhnya bisa mencapai ukuran 12 cm. Ukuran pH air kisaran 6,5-7,5 dan suhunya antara 24-26 derajat Celcius. Cukup sulit untuk membedakan mana Ocellata jantan dan betina. Sirip dan warnanya memang mirip. Namun biasanya ikan dengan bentuk tubuh lebih panjang itu berjenis kelamin jantan.

Jababeka industrial Estate

4. Ikan Cupang Rubra (Betta Rubra)

Ikan cupang ini begitu istimewa. Pada tahun 1908, Rubra dipercaya sudah punah. Namun pada tahun 2017 kemarin, ikan cupang ini kembali eksis di Aceh dan Sumatera. Mereka hidup di rawa dengan black water alias air hitam. Ukuran pH-nya antara 6,0-6,5. Suhunya sekitar 23-28 derajat Celcius.

Rubra jantan memiliki motif garis vertikal yang warnanya merah. Pejantan bertugas menyimpan telur atau anak ikan pada mulutnya (mouth brooder), sebagai bentuk inkubasi oral. Ada perkiraan kalau ikan sangat setia terhadap pasangannya, sehingga eksistensinya sempat divonis punah.

5. Ikan Cupang Patoti (Betta Patoti)

Ikan ini ditemukan sekitar 10 tahun yang lalu di Samarinda dan Balikpapan. Sama seperti cupang rubra, cupang yang satu ini juga memiliki perilaku memijah dengan cara mouth brooder. Selain itu, mereka juga hobi meloncat ke permukaan air. Sehingga anda disarankan untuk selalu menutup bagian atas dari akuarium.

Ikan ini cocok dengan perairan yang pH-nya 5-6,5 dan suhu antara 23-26 derajat Celcius. Tubuhnya didominasi warna cokelat muda dan ada garis vertikal warna hitam yang menghiasinya. Penampilannya begitu unik.

Tentu saja masih banyak lagi ikan cupang Indonesia lainnya. Namun 5 ikan cupang di atas saja sudah begitu indah dan menggoda untuk kamu pelihara, bukan?

Sumber : ekor9

BACAAN TERKAIT