Jumat, 19 Februari 2021

Minyak Kayu Putih : Dari Mana Minyak Kayu Putih Berasal?


Minyak kayu putih, merupakan salah satu oil atau minyak yang paling sering kali kita gunakan. Biasanya kita gunakan setelah mandi atau di saat kita merasa kembung, tidak enak badan, dan pusing.

Minyak kayu putih dihasilkan dari daun dan ranting kayu putih. Tanaman kayu putih ini memiliki nama ilmiah Malaleuca leucadendron. Tumbuhan ini tumbuh dengan baik di wilayah Indonesia bagian timur dan Australia bagian utara. Buah dari minyak kayu putih ini juga dikenal dengan nama buah gelam.

Lalu mengapa disebut minyak kayu putih? Apakah karena pohonnya memiliki kayu berwarna putih?

finroll pohon kayu putih

Nama pohon ini memang diambil dari warna batang pohon yang berwarna putih keabu-abuan.

Uniknya, ketika berdekatan dengan pohon kayu putih kita akan mencium aroma minyak kayu putih. Hal ini dikarenakan minyak kayu putih ini mudah sekali menguap ke udara.

Uniknya, ketika berdekatan dengan pohon kayu putih kita akan mencium aroma minyak kayu putih. Hal ini dikarenakan minyak kayu putih ini mudah sekali menguap ke udara. Di dalam minyak kayu putih terdapat zat kimia minyak atsiri yang memberikan aroma serta manfaat pada minyak kayu putih.

Minyak atsiri merupakan salah satu salah satu bahan utama dalam pengobatan alternatif. Dalam dunia medis, minyak atsiri seringkali dipergunakan sebagai bahan utama dalam metode pengobatan aromaterapi maupun naturopati.

Ciri_ciri pohonnya adalah memiliki daun yang tersusun bergantian, panjang 7-27 cm, lebar 1-4 cm, berbentuk panjang dan meruncing. Selain itu bunga pada pohon berwarna krem atau putih kehijauan dan tumbuh di ujung cabang. Berbunga kapan saja sepanjang tahun dan diikuti oleh buah-buahan berbentuk kapsul kayu berukuran 4-5 mm, dan muncul di sepanjang batang. Pohon kayu putih dapat tumbuh hingga ketinggian 20-25 meter dengan kulit batang tebal dan berwarna putih.

Manfaat minyak kayu putih

Minyak kayu putih ini dapat mengatasi insomnia atau sulit untuk tidur, mengatasi demam, flu, dan batuk. Meredakan sakit gigi, membantu dalam penyembuhan luka dan goresan, mengatasi radang kulit, mencegah infeksi pada luka, memberikan perlindungan terhadap virus, dan banyak manfaat yang lainnya.

bahkan saat ini, berdasarkan sebuah informasi beredar di media sosial dan kemudian jadi viral yang menyebutkan jika minyak kayu putih ini dapat menyembuhkan pasien COVID-19. Informasi itu secara klinis belum dipastikan kebenarannya. 

(Sumber : Bobo.id)

Jababeka industrial Estate

BACAAN TERKAIT