Connect with us

Science & Technology

Facebook Bakal Ganti Nama WhatsApp dan Instagram

Published

on


Penggabungan Facebook, Instagram dan WhatsApp Akan Terealisasikan di 2020

Finroll.com  –  Facebook dikabarkan berencana mengganti nama resmi WhatsApp dan Instagram. Kedua layanan media sosial tersebut kabarnya akan mengusung nama ‘Whatsapp from Facebook’ dan ‘Instagram from Facebook’.

Perubahan nama kedua aplikasi populer tersebut pertama kali diungkap oleh jurnalis The Information, yang kemudian dikonfirmasi oleh juru bicara Facebook.

Juru bicara Facebook mengatakan embel-embel kata “from Facebook” di belakang WhatsApp dan Instagram ditujukan untuk memperjelas kepemilikan Facebook atas kedua platform tersebut.

“Kami ingin memperjelas produk dan layanan yang merupakan bagian dari Facebook,” kata juru bicara seperti dilansir The Information.

Kendati demikian, sumber terdekat mengatakan tampilan kedua aplikasi tersebut di ponsel dan tablet pengguna akan tetap sama. Mengutip Techradar, embel-embel ‘from Facebook’ akan muncul di Apple App Store dan Google Play Store.

Belum diketahui kapan Facebook akan memberlakukan nama baru untuk Instagram dan WhatsAppp.

Belum diketahui alasan di balik langkah Facebook mengganti nama kedua anak perusahaannya. Belakangan salah satu pendiri Facebook, Chris Hughes menuding perusahaan melakukan praktik monopoli.

Hughes mengkritik kekuatan Zuckerberg dalam memimpin perusahaan. Menurutnya, Zuck terlalu banyak mengekang dan ikut campur dalam urusan kedua anak perusahaannya itu.

“Kami adalah bangsa dengan tradisi mengekang dalam monopoli, tidak peduli seberapa baik niat para pemimpin perusahaan-perusahaan ini. Kekuatan Mark [dalam memimpin perusahaan] belum pernah terjadi sebelumnya,” tulis Hughes dalam opininya untuk The New York Times seperti dilansir Reuters.

Science & Technology

Demi Menekan Harga, Apple Pasang Baterai iPhone 12 Lebih Kecil

Published

on

Finroll – Jakarta, Rumor beredar Apple akan menggunakan kapasitas baterai yang jauh lebih rendah pada iPhone 12 dibandingkan dengan iPhone 11 yang meluncur pada September 2019 lalu.

Pengurangan kapasitas baterai iPhone 12 diduga terkait dengan rumor kalau iPhone berusaha menekan harga iPhone 12 agar sama dengan iPhone 11.

Bahkan kabar lain menyebut Apple akan mematok harga lebih murah untuk jajaran iPhone 12. Harga iPhone 12 akan dimulai dengan harga US$649 atau sekitar 9,4 juta.

Harga iPhone 12 berbeda hampir US$50 dengan iPhone 11. Saat dirilis September 2019, iPhone 11 dibanderol US$699 atau berkisar Rp10,1 juta.

Menurut laporan Mysmartprice, tiga model baterai pada iPhone 12 telah muncul di platform sertifikasi. Ketiga model itu yakni UL Demko, Safety Korea, dan China 3C. Ketiganya tercatat dengan model A2471, A2431 dan A2466.

Kapasitas baterai tiga model iPhone 12 rata-rata hanya berkisar 2000-an mAh saja. iPhone 12 dengan bentang layar 5,4 inci memiliki baterai berkapasitas  2227 mAh, sedangkan dua varian iPhone 12 Max (6,1 inci) hadir dengan 2775 mAh.

Model termahal iPhone 12, yaitu iPhone 12 Pro Max (6,7 inci) hadir dengan baterai berkapasitas 3,687 mAh. Ponsel ini menjadi satu-satunya ponsel yang memiliki kapasitas baterai di atas iPhone 11.

Apabila rumor tersebut benar, maka kapasitas baterai iPhone 12 akan kalah dibandingkan dengan iPhone 11.

Sebab, iPhone 11 Pro memiliki baterai 3.046 mAh, naik dari baterai 2.658 mAh di iPhone XS. Sementara iPhone 11 Pro Max memiliki baterai 3.969 mAh, naik dari baterai 3.174 mAh di iPhone XS Max. Untuk iPhone 11 reguler, disematkan baterai berkapasitas 3110 mAh.

Apple meningkatkan kapasitas baterai di iPhone 11 Pro dan Pro Max. Akibatnya baterai di dua tipe ponsel ini lebih berat dan lebih tebal daripada yang digunakan pada model XS dan XS Max.

IPhone 11 Pro Max memiliki masa pakai baterai terbesar dari semua iPhone. Ponsel dapat bertahan hingga lima jam lebih lama dari iPhone XS Max per pengisian daya.

Dilansir dari Macrumors, rumor kapasitas baterai ini akan mengecewakan bagi para Apple Fanboy. Kapasitas baterai sangat mengecewakan mengingat Apple dilaporkan mengembangkan modul perlindungan baterai khusus yang 50 persen lebih kecil dan lebih tipis dari komponen yang sama di iPhone sebelumnya.

IPhone 12 series yang dikabarkan juga dapat memiliki kebutuhan baterai yang lebih tinggi daripada iPhone sebelumnya.

Artinya, Apple harus mengulik peningkatan efisiensi energi yang serius agar baterai dengan daya lebih kecil itu, bisa memiliki performa seperti iPhone 11.

Keempat perangkat iPhone 12 dirumorkan memiliki layar OLED, dukungan 5G, bingkai metal 4-iPhone baru, RAM hingga 6GB RAM, kamera belakang tiga-lensa dengan penginderaan 3D.

Dilansir dari T3, ada desas-desus bahwa iPhone 12 memiliki layar refresh rate 90Hz hingga 120Hz. Refresh rate ini tentu akan memakan daya baterai jauh lebih besar dari layar standar 60Hz.

Sebelumnya, Apple juga akan menghilangkan adaptor pengisi daya atau charger untuk iPhone 12. Apple berencana akan menjual charger dengan kecepatan pengisi yang lebih besar yakni 20W secara terpisah.

Imbas dari langkah tersebut, Apple akan menghentikan produksi charger 5W dan 18W pada akhir tahun 2020. Adaptor 20W ini dikabarkan memiliki bentuk yang sama dengan versi 18W dan mendukung USB-C Power Delivery untuk pengisian cepat.

Apple juga mengungkapkan akan meniadakan earbud kabel di dalam kotak iPhone terbarunya.

Sumber : CNN Indonesia

Continue Reading

International

Mengenal Teknologi Kereta Peluru Jepang Shinkansen Terbaru

Published

on

By

Ilustrasi kereta cepat Jepang Shinkansen. (Rsa via Wikimedia Commons (CC-BY-SA-3.0)

Finroll.com, Jakarta – Jepang baru saja meluncurkan kereta Shinkansen N700S yang mulai beroperasi pada 1 Juli. Kereta ini disebut telah memecahkan rekor dari sisi kecepatan dan kelancaran perjalanan.

Kereta juga disebut mampu mengangkut penumpang dengan aman ketika terjadi gempa bumi. Kereta ini didukung oleh teknologi termutakhir Jepang sehingga mampu memberikan performa di atas rata-rata.

Kereta memiliki kecepatan maksimal 360 kilometer per jam, rekor baru yang ditetapkan selama uji coba pada 2019, menjadikannya salah satu kereta tercepat di dunia. Namun dari sisi operasional, kecepatan akan dibatasi di 285 kilometer per jam.

Perusahaan perakit  kereta baru ini sangat menekankan keamanan. Kereta ini memiliki sistem kendali dan rem otomatis yang ditingkatkan sehingga  berhenti lebih cepat jika terjadi keadaan darurat.

Kereta juga dilengkapi dengan sistem self-propulsion baterai lithium-ion  yang pertama dari jenisnya di dunia. Sistem ini memungkinkan kereta tetap berjalan meski saat listrik padam.

Kereta juga mampu berjalan ke lokasi yang lebih aman dengan kecepatan rendah apabila kereta berhenti di daerah berisiko tinggi, misalnya di jembatan atau di terowongan saat gempa bumi.

Dilansir dari Japan Times, lebih banyak kamera juga telah dipasang di setiap gerbong, ditingkatkan dari  dua kamera menjadi enam di setiap gerbong.

Beberapa komponen juga ditingkatkan sehingga akan memakan lebih sedikit di bawah kereta dibandingkan dengan  model yang lama. Hal ini membuat jumlah gerbong bisa ditingkatkan dari 4 menjadi 16 gerbong.

Desain Ini juga mengurangi konsumsi energi sekaligus mempercepat waktu produksi, menjadikannya pilihan yang lebih menarik bagi operator internasional.

“Dengan membuat mekanisme di bawah lantai N700S lebih ringan dan lebih ringkas, kami menciptakan standar baru. Standar baru ini juga akan membantu dalam mengembangkan bisnis kami ke luar negeri,” ujar wakil kepala departemen bisnis kereta  Central Japan Railway (JR Central), Masayuki Ueno.

Dilansir dari CNN, penampilan N700S tidak terlihat terlalu berbeda dari model N700 atau N700A yang lama.

Tapi apabila dilihat lebih dekat, kereta baru memiliki hidung yang lebih bersudut, ‘pipi’ yang lebih lebar dan desain lampu yang lebih ramping.

Di bagian interior, kursi yang dirancang baru memungkinkan penumpang untuk berbaring lebih jauh, menawarkan kenyamanan lebih terutama untuk pengendara jarak jauh. Setiap kursi juga memiliki colokan listrik tersendiri.

Pencahayaan interior telah dirancang untuk menciptakan suasana yang lebih lembut dan lebih santai. Rak bagasi di atas kepala akan menyala di setiap pemberhentian untuk mengingatkan penumpang terhadap barang-barang mereka.

Sistem suspensi aktif baru dapat membantu menyerap gerakan kereta sehingga perjalanan akan terasa lebih mulus dan minim getaran.

Huruf ‘S’ dari N700S adalah singkatan dari ‘Supreme’ melayani jalur Tokaido Shinkansen, yang menghubungkan Stasiun Tokyo dan Stasiun Shin-Osaka di Osaka.

Ini adalah model kereta peluru baru pertama yang ditambahkan ke jalur Tokaido Shinkansen oleh JR Central dalam 13 tahun, Peluncuran yang semula dijadwalkan bertepatan dengan Olimpiade Tokyo pada 2020 yang ditunda menjadi 2021 akibat pandemi Covid-19.

Sumber : CNN Indonesia

Continue Reading

Science & Technology

Jelang Pemilu AS, Facebook Pertimbangkan Larang Iklan Politik

Published

on

Finroll – Jakarta, Facebook dikabarkan sedang mempertimbangkan untuk memberlakukan larangan iklan politik di jejaring sosialnya menjelang Pemilihan Presiden 2020 di Amerika Serikat yang berlangsung pada 3 November.

Kabar ini bocor dari sumber terdekat yang kerap berhubungan dengan perusahaan Facebook. Namun kabar untuk melarang iklan politik di lamannya, Facebook belum membuat keputusan akhir dilansir CNN, Minggu (12/7).

Seorang juru bicara Facebook menolak berkomentar terkait kabar tersebut.



Perusahaan media sosial itu dikecam karena kebijakannya mengecualikan iklan dan konten politis dari cek fakta. Tahun lalu, pesaingnya, Twitter, melarang iklan politik pada platformnya, sementara Facebook menyatakan bahwa pihaknya tidak ingin menekan konten politik.

Bulan lalu, juru kampanye kandidat presiden Partai Demokrat Joe Biden menerbitkan surat terbuka kepada CEO Facebook Mark Zuckerberg yang meminta perusahaan untuk memeriksa fakta iklan politik dalam dua pekan menjelang pemilu.

Dalam unggahan Twitter pada Jumat (10/7), direktur digital tim kampanye Biden, Rob Flahtery, memperlihatkan adanya masalah misinformasi dalam konten yang belum dibayar di situs web Facebook.

“Ini mengingatkan bahwa masalah Facebook adalah 80 persen tentang konten yang belum dibayar dan segala sesuatu yang mereka lakukan tentang konten berbayar adalah upaya untuk mengalihkan perhatian Anda,” cuit dia mengutip Antara.

Facebook beberapa pekan terakhir telah membuat geram karyawan dan anggota parlemen atas keputusannya untuk tidak bertindak pada unggahan presiden AS Donald Trump.

Lebih dari 900 pengiklan telah menandatangani boikot iklan di Facebook, yang diinisiasi oleh kelompok pembela hak sipil untuk mendorong raksasa media sosial itu mengambil langkah-langkah konkret untuk memblokir ujaran kebencian dan misinformasi, salah satunya soal unggahan terkait kematian George Floyd.

Sumber : CNN Indonesia

Continue Reading
Advertisement

Advertisement
Advertisement

Trending