Agar Tidak Tergerus Fintech, Ini Saran Wapres JK Untuk Bank

  • Bagikan

Finroll.com – Wakil Presiden Jusuf Kalla, terus mendorong agar bank di Indonesia melakukan berbagai inovasi terkait jasa layanan keuangan agar tidak tergerus finance tech (fintech).

“Sekarang ini tentu dibutuhkan lagi lebih canggih ilmunya, karena saingannya fintech,” ujarnya saat memberikan pidato di Seminar Nasional Perbanan Institute, Rabu (27/2).

“Kalau dulu bank itu jadi kepercayaan, orang simpan uang kemudian bank kasih kredit. Sekarang dari simpan ke kredit menjadi satu,” lanjutnya.

JK menambahkan, dalam perkembangan global kebutuhan masyarakat akan jasa layanan keuangan sudah berbeda. Masyarakat saat ini lebih membutuhkan kecepatan dan kemudahan dalam memenuhi kebutuhan perbankan.

Sehingga akhir-akhir ini munculah berbagai perusahaan rintisan (startup business). Untuk itu kemunculan ini diminta JK menjadi acuan mengembangkan bisnis layanan mereka.

Baca Lainnya: Ma’ruf Amin Mau Fintech Syariah Berkembang Pesat di Indonesia

Sementara resikonya adalah pengurangan sumber daya manusia atau tenaga kerja, sebab perusahaan jasa keuangan akan lebih banyak menggunakan teknologi ketimbang manusia.

“Ke depannya semua tentu berubah. Dalam bisnis perbankan itu juga kemudian akan ada kehilangan pekerjaan, ada pekerjaan baru,” sambungnya.

“Kalau dulu dunia perbankan itu bisnis kepercayaan, sekarang mesti ditambah bisnis kepercayaan dan teknologi. Karena orang berpikir kalau saya kirim uang dulu hitungannya hari, kemudian jam, sekarang detik,” jelasnya.

Sumber: Antara

  • Bagikan
-->