Rabu, 13 Februari 2019

AS Akan Beri Sanksi Negara-Negara yang Membeli Produk Huawei


Finroll.com – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Michael Pompeo segera menerbitkan ultimatum untuk negara-negara yang membeli produk Huawei Technology Co.

Dilansir laman Bloomberg, Rabu, (13/2/2018), Pompeo menyebut bahwa kontrak dengan raksasa jejaring China dapat membatasi ketersediaan peralatan AS.

“Jika peralatan itu terletak di tempat di mana kita memiliki sistem Amerika yang penting, itu membuat kita lebih sulit untuk bermitra bersama mereka,” kata Pompeo kepada wartawan di Budapest, Senin 11/2, Waktu AS.

“Kami ingin memastikan bahwa kami mengidentifikasi peluang dan risiko dengan menggunakan peralatan itu. Dan kemudian mereka akan membuat keputusan,” Cetusnya.

Perusahaan telekomunikasi yang berbasis di Shenzhen, China, itu telah menjadikan Hongaria sebagai basis utamanya di Eropa dan telah menggembar-gemborkan investasi senilai US$1,2 miliar di negara itu.

Kementerian Luar Negeri China pada hari Selasa menuduh AS “melakukan intimidasi.”

“Sisi AS menggunakan segala cara yang mungkin untuk mengarang tuduhan dan variasi yang tidak beralasan dari ‘teori ancaman Tiongkok’ ini atau itu untuk mengancam dan menabur perselisihan antara Cina dan negara-negara lain,” kata juru bicara kementerian itu, Hua Chunying, pada jumpa pers di Beijing.

“Kami percaya kerja sama persahabatan kami tidak menargetkan atau mempengaruhi negara lain dan kami juga berharap pengembangan hubungan China-Hongaria tidak akan terganggu oleh negara lain.”

Pompeo tidak menguraikan “sistem penting Amerika” apa yang dia maksud. Namun diplomat top AS itu membuat push-back terhadap Huawei menjadi tema utama perjalanannya ke Eropa minggu ini, dengan pemberhentian tambahan di Polandia, Slovakia, Belgia dan Islandia. Administrasi telah berpendapat untuk penyedia perangkat mobile generasi berikutnya untuk bergantung pada perusahaan AS seperti Cisco Systems Inc.

BACAAN TERKAIT