Dokter: Kerja sama penanganan kanker perlu diperluas hingga ke daerah

  • Bagikan
Jakarta (ANTARA) – Dokter spesialis penyakit dalam konsultan hematologi onkologi medik dari Rumah Sakit MRCCC Siloam Hospitals Semanggi, Aru W Sudoyo mengatakan kerja sama penanganan kanker harus diperluas hingga ke daerah.

“Sehingga, dapat mempermudah pasien di daerah untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang lebih maksimal, terutama penanganan kanker,” ujar Aru dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis.

Dia menyambut baik kerja sama antara MRCCC Siloam Hospitals Semanggi dengan Siloam Hospitals Banjarmasin. Dengan demikian, akses dan komunikasi dokter spesialis onkologi dan pasien kanker di Siloam Hospitals Banjarmasin dengan dokter spesialis dan konsultan onkologi di MRCCC Siloam Hospitals Semanggi akan terbuka lebar.

Baca juga: YKPI: Penanganan pasien kanker terlambat akibat ketakutan dan jarak RS

Baca juga: Penanganan kanker perlu kolaborasi komprehensif

“Jika ditemukan kasus-kasus yang perlu penanganan lebih lanjut di Jakarta, hal ini tentunya dapat dilakukan karena riwayat medis pasien sudah dipelajari oleh para dokter spesialis,” ujarnya.

Menurut dia, kerja sama tersebut harus semakin diperluas ke daerah lain agar semakin banyak pasien kanker yang dapat ditangani dengan baik di daerah.

Sementara itu, Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor dan Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina meresmikan Siloam Hospitals Banjarmasin sebagai rumah sakit ke-40 dari jaringan Siloam Hospitals Group melalui penandatanganan prasasti pada Selasa (24/5). Hadir pada acara tersebut tokoh masyarakat setempat, rekanan perusahaan dan asuransi, serta manajemen dan staf Siloam Hospitals Banjarmasin.

Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor  mengatakan pembangunan kesehatan sejatinya tidak hanya dilakukan oleh pihak pemerintah saja, juga kerja sama dengan pihak swasta dan masyarakat.

Baca juga: Rendahnya deteksi dini tantangan penanganan kanker di Indonesia

Baca juga: Strategi penanganan kanker demi turunkan angka kematian pasien

“Kami menyambut baik dan mendukung kehadiran Siloam yang merupakan bagian dari grup rumah sakit terkemuka di Indonesia. Dengan pengalaman, jaringan, kompetensi, dan komitmen untuk keselamatan pasien, kami percaya Siloam dapat berkontribusi positif dalam melayani lebih banyak masyarakat, terutama di wilayah Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan,” kata Sahbirin.

Kehadiran rumah sakit swasta, lanjut Sahbirin, membuktikan kepedulian pihak swasta untuk memajukan dan meningkatkan dunia kesehatan.

Pewarta: Indriani
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2022

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

-->