Senin, 25 Oktober 2021

EIG tandatangani perjanjian untuk akuisisi 10% saham APLNG


Akuisisi Saham Terbesar yang Dipimpin Sponsor dalam Proyek LNG Terintegrasi

Washington–(ANTARA/Business Wire)- EIG, investor institusi terkemuka untuk sektor energi dan infrastruktur global, hari ini mengumumkan telah menandatangani perjanjian definitif di mana mereka akan mengakuisisi 10% saham Australia Pacific LNG Pty Limited (“APLNG” atau “Proyek”) dari Origin Energy Limited (“Origin”) dengan harga pembelian ekuitas sebesar $1,592 miliar.

Perjanjian inovatif ini merupakan akuisisi pertama saham dalam proyek LNG terintegrasi operasional oleh sponsor ekuitas swasta.

Hal-hal Penting Aset dan Alasan Strategis

Proyek LNG terintegrasi tingkat satu dengan fasilitas pencairan yang sudah mapan, APLNG adalah proyek LNG terbesar dengan kapasitas pencairan di pesisir timur Australia serta pemasok utama LNG ke Asia dan gas ke pasar domestik Australia. Proyek ini, yang berlokasi di Gladstone, Queensland, memiliki rekam jejak dalam mencapai kapasitasnya secara konsisten sebesar 9,0 Mtpa dan memegang posisi areal terdepan yang mencakup cekungan Surat dan Bowen yang produktif, menyediakan cadangan berumur panjang. Proyek tersebut beroperasi dengan biaya impas yang kompetitif secara global dan di posisi yang baik untuk memenuhi permintaan LNG yang terus meningkat di kawasan Asia-Pasifik.

Proyek ini dioperasikan oleh ConocoPhillips (operator hilir) dan Origin Energy (operator hulu) serta mempertahankan kontrak LNG jangka panjang dengan dua rekanan tingkat investasi, Sinopec dan Kansai Electric.

Selama lima belas tahun terakhir, EIG telah berinvestasi di sembilan proyek LNG terpisah yang berlokasi di enam negara, dan akuisisi ini merupakan kelanjutan dari strateginya untuk mendapatkan paparan ke aset LNG berkualitas tinggi. Akuisisi tersebut juga dibangun di atas kehadiran investasi EIG di Australia dan menyediakan platform bagi EIG untuk pertumbuhan LNG global di masa depan.

R. Blair Thomas, Ketua dan CEO EIG, berkata, “Ini adalah transaksi terobosan yang mencerminkan kepercayaan kuat kami terhadap aset, mitra kami, dan pentingnya LNG sebagai penggerak penting transisi energi. Transaksi tersebut memanfaatkan pengalaman luas EIG dalam LNG global untuk memberikan arus kas yang menarik dan stabil bagi investor kami.”

Rincian Transaksi Utama

Sebagai bagian dari transaksi ini, EIG akan berhak untuk menominasikan satu anggota Dewan Direksi APLNG serta akan mempertahankan hak dan perlindungan pemegang saham yang lazim.

Jababeka industrial Estate

Transaksi ini telah mendapat persetujuan dari Dewan Peninjau Investasi Asing Australia dan tunduk pada pelepasan hak memesan efek terlebih dahulu oleh ConocoPhillips dan Sinopec, serta kondisi penyelesaian lain yang lazim.

Morgan Stanley bertindak sebagai penasihat keuangan EIG sehubungan dengan transaksi ini dan Allens Linklaters serta Latham & Watkins bertindak sebagai penasihat hukum.

Tentang EIG

EIG adalah investor institusi terkemuka di sektor energi dan infrastruktur global dengan pengelolaan sebesar 22,5 miliar dolar AS per 30 Juni 2021. EIG berspesialisasi dalam investasi swasta dalam energi dan infrastruktur terkait energi secara global. Selama 39 tahun sejarahnya, EIG telah menjanjikan lebih dari 38,0 miliar dolar AS untuk sektor energi melalui lebih dari 373 proyek atau perusahaan di 38 negara di enam benua. Klien EIG mencakup banyak program pensiun terkemuka, perusahaan asuransi, dana abadi, yayasan dan dana kekayaan negara di AS, Asia dan Eropa. EIG berkantor pusat di Washington, D.C. dengan kantor di Houston, London, Sydney, Rio de Janeiro, Hong Kong dan Seoul. Untuk informasi tambahan, silakan kunjungi situs web EIG di www.eigpartners.com.

Kontak

Sard Verbinnen & Co.

Kelly Kimberly / Brandon Messina

+1 212-687-8080

Sumber: EIG

Pengumuman ini dianggap sah dan berwenang hanya dalam versi bahasa aslinya. Terjemahan-terjemahan disediakan hanya sebagai alat bantu, dan harus dengan penunjukan ke bahasa asli teksnya, yang adalah satu-satunya versi yang dimaksudkan untuk mempunyai kekuatan hukum.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar

mood_bad
  • Belum ada komentar.
  • Tambahkan komentar

    BACAAN TERKAIT