Fakultas Kedokteran Unismuh Makassar siap ikuti IISMA di luar negeri

  • Bagikan
fakultas kedokteran unismuh makassar siap ikuti iisma di luar negeri 61e5349ba664a.jpeg
fakultas kedokteran unismuh makassar siap ikuti iisma di luar negeri 61e5349ba664a.jpeg

Kegiatan internasionalisasi merupakan keharusan karena sudah menjadi tuntutan bagi perguruan tinggi. Karena itu FKIK siap untuk berkolaborasi dengan mitra baik dalam maupun luar negeri

Makassar (ANTARA) – Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Muhammadiyah Makassar siap mengikuti Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) 2022 dan International Online Discussion Program (IODP) 2022 untuk belajar selama satu semester di luar negeri.

Kesiapan itu dikemukakan Dekan FKIK Unismuh Makassar Prof Suryani As’ad saat FKIK bersama Lembaga Pengembangan Bahasa, Kerjasama, dan Urusan Internasional (LPBKUI) Unismuh Makassar menggelar sosialisasi (IISMA) 2022 dan IODP 2022 secara virtual di Makassar, Sulawesi Selatan, Senin.

Ia mengatakan kegiatan yang mengusung tema “Challenge Your Future” memberikan informasi dan berbagi pengalaman belajar serta adaptasi budaya di luar negeri.

Narasumber pada sosialisasi IISMA 2022 adalah Yordan Gunawan, SH MBA MA, dosen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dan sekaligus Ketua Asosiasi Kantor Urusan Internasional Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah.

Pada pertemuan virtual tersebut dijelaskan, kegiatan internasionalisasi merupakan keharusan karena sudah menjadi tuntutan bagi perguruan tinggi. Karena itu FKIK siap untuk berkolaborasi dengan mitra baik dalam maupun luar negeri.

Dalam pemaparan materinya, Yordan Gunawan menyampaikan bahwa IISMA merupakan program beasiswa dari Pemerintah Indonesia untuk putra/putri terbaik Indonesia yang ingin belajar selama satu semester di universitas terkemuka di luar negeri.

Kegiatan ini dikelola oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kemendikbudristek. Mahasiswa yang terpilih akan menghabiskan satu semester di universitas mitra luar negeri untuk belajar, merasakan budaya negara lain dan merasakan atmosfir belajar yang berbeda.

Mahasiswa yang lulus seleksi, lanjutnya, ditanggung mulai dari biaya pendaftaran, biaya kuliah, tunjangan transportasi, tunjangan hidup, asuransi kesehatan, tunjangan visa, serta tes PCR.

Yordan juga menyampaikan bahwa kegiatan ini memberikan dampak yang sangat positif bagi mahasiswa terutama mental dan pengetahuan mereka di masa yang akan datang.

Mahasiswa setelah mengikuti program ini, akan kembali ke kampus dan tidak ada penambahan waktu studi untuk menggantikan masa yang dihabiskan satu semester selama mengikuti IISMA.

Dalam kesempatan ini, Kepala Program Studi Pendidikan Dokter Unismuh, Dr dr Ami Febriza MKes menyampaikan bahwa pihaknya memberikan dukungan penuh kepada mahasiswa yang akan mengikuti kegiatan tersebut. Selain sosialisasi IISMA, sosialisasi kegiatan internasional yang dapat diikuti mahasiswa oleh semua prodi adalah IODP 2022 yang bekerjasama dengan With the World-Japan.

Baca juga: UKPI FKIP Unismuh Makassar buka seleksi pertukaran mahasiswa ke Jepang

Baca juga: Unismuh-Singapore Polytechnic lanjutkan kerja sama inovasi sosial

Baca juga: Unismuh kirim alumni mengajar di Timor Leste

Baca juga: FKK Unismuh Makassar siapkan posko kesehatan pemudik
 

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2022

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

-->