Kontribusi ekosistem Gojek pada PDRB Surabaya capai Rp18 triliun

  • Bagikan
kontribusi ekosistem gojek pada pdrb surabaya capai rp18 triliun 61eedf9cd62c9.jpeg
kontribusi ekosistem gojek pada pdrb surabaya capai rp18 triliun 61eedf9cd62c9.jpeg

mitra mengapresiasi berbagai dukungan yang diberikan Gojek

Surabaya (ANTARA) – Kontribusi ekosistem Gojek dan GoTo Financial pada produk domestik regional bruto di Kota Surabaya diperkirakan mencapai Rp18 triliun, di tahun 2021 atau setara dengan 3,3 persen PDRB Kota Surabaya.

Peneliti Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI) Dr Alfindra Primaldhi dalam keterangan tertulisnya, Senin mengatakan, angka kontribusi ekosistem Gojek dan GoTo Financial itu merupakan riset terbaru dan ini merupakan penelitian keempat terkait dampak ekosistem Gojek yang dilakukan setiap tahunnya.

“Pada riset tahun ini, kami melihat mitra dalam ekosistem Gojek mulai mengalami peningkatan pendapatan dibandingkan awal pandemi. Hal ini menunjukkan ekosistem Gojek membantu percepatan proses pemulihan pada mitranya,” katanya.

Ia mengatakan, temuan menarik lainnya dari riset ini adalah bagaimana layanan Gojek telah menjadi pilihan utama bagi konsumen di Kota Surabaya, serta kemampuan ekosistem Gojek mendukung mitra-mitranya selama pandemi sehingga mereka optimis terhadap pemanfaatan platform dalam jaringan sebagai tempat mencari nafkah dan ingin terus bermitra dengan Gojek ke depannya.

Baca juga: PD Pasar gandeng ojek daring ajak masyarakat belanja dari rumah
Baca juga: Pemkot Surabaya dan GoTo ajak UMKM manfaatkan ekosistem digital

Ia mengatakan, solusi teknologi dan non-teknologi Gojek membantu mitra driver dan UMKM lebih tangguh dan lebih cepat pulih dari dampak pandemi melalui peningkatan pendapatan di tahun 2021 dibanding 2020.

“Mitra mendapatkan banyak manfaat dari platform dalam jaringan sebagai tempat mencari nafkah. Selain itu, sebanyak dua pertiga mitra driver memprioritaskan fleksibilitas waktu dalam kemitraan dengan Gojek. Fleksibilitas ini memungkinkan mereka membagi waktu antara pekerjaan dan keluarga,” ujarnya.

Selain itu, 9 dari 10 mitra driver GoRide menyatakan mereka tetap dapat memiliki pendapatan selama pandemi untuk menafkahi diri dan keluarga melalui kemitraan dengan Gojek. Mayoritas mitra GoRide dan GoCar menyatakan kemitraan dengan Gojek meningkatkan kualitas hidup mereka.

“Mitra mengapresiasi berbagai dukungan yang diberikan Gojek seperti potongan harga dari program Swadaya, inisiatif menjaga keamanan, kesehatan. dan higienitas mitra, serta layanan kepesertaan BPJSTK/asuransi,” ujarnya.

Baca juga: 4.463 mitra GoJek di Surabaya telah terdaftar BPJS Ketenagakerjaan
Baca juga: Transportasi daring di Surabaya berkontribusi Rp2,2 triliun per tahun
Baca juga: Gojek tingkatkan perekonomian UMKM Surabaya

 

 

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2022

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

-->