Kamis, 17 Januari 2019

Bank Indonesia Kembali Tahan Suku Bunga Acuan di 6 Persen


Finroll.com – Bank Indonesia hari siang ini memutuskan menahan suku bunga acuan (BI 7 Days Repo Rate) di level 6 persen.

“Berdasarkan asesmen ekonomi global dan dalam negeri, RDG BI pada 16-17 Januari 2019 memutuskan untuk mempertahankan BI 7 Days Repo Rate 6%,” ujar Gubernur BI, Perry Warjiyo di kantornya, Jakarta, Kamis (17/1).

Terkait dengan ini, Ia menyebut suku bunga deposit facility dan lending facility juga ikut naik.

“Suku bunga deposit facility tetap 5,25%. Lending facility jadi 6,75%,” sambungnya. Langkah tersebut dilakukan untuk menekan defisit transaksi berjalan hingga turun ke batas yang aman.

Baca Lainnya: OPEC Kurangi Pasokan, Harga Minyak Dunia Naik

“Keputusan tersebut sesuai dengan jaga daya tarik aset keuangan domestik. Sehingga mendukung stabilitas moneter, stabilitas sistem keuangan,” imbuhnya.

“BI optimalkan bauran kebijakan, perkuat kerja sama dengan pemerintah dan kendalikan defisit transaksi berjalan,” sambungnya.

Di sisi lain, kebijakan BI yang menahan suku bunga acuan di 6% sesuai dengan prediksi ekonom beberapa waktu lalu.

“BI akan mempertahankan pada level 6%, ini mempertimbangkan stabilnya nilai tukar rupiah dalam satu bulan terakhir,” ujar Ekonom Permata Bank, Josua Pardede, Rabu (16/1).

Dirinya menambahkan, ekspektasi inflasi tahun ini cenderung terkendali meski ada peningkatan di awal tahun seiring dengan kondisi musim hujan yang mengerek harga kebutuhan pokok.

CIMB NIAGA

Sumber: Detik Finance

BACAAN TERKAIT